حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Kebenaran Vs Kebathilan

Posted by حَنِيفًا on August 22, 2013

Assalamu’alaikum,…
Soal benar dan salah, tidak ada kaitan dengan senang atau tidak senang menurut kita.
Sebagai contoh:
“Senang” karena meniipu dan “Senang” padahal tertipu => keduanya sama-sama “SENANG”, padahal MERUGI menurut Al Qur’an !!!

Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman:
Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang hak dengan yang bathil, dan menyembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahui? (QS 3;71)

Astaghfirullohal adzim, … rupanya atas nama “Teman Satu Sekolah” dan atau “teman dekat” ternyata dengan menggunakan dalil2 yang islami mencoba menutup-nutupi sesuatu yang jelas-jelas busyuk. PassixBerikut ini adalah dialog yang dibungkus atas nama dalil Agama, dari rekan-rekan Wendi Erawan.
Note:
Ada yang sudah menyadari kekeliruan dan ada pula yang masih ngenyel.. 😀

  • Berbaik sangka lebih baik daripada berburuk sangka,,,,,banyak teman lebih baik daripada banyak musuh,,,,,,,,,,,,,Diam lebih baik daripada mengumbar nafsu,,, ,,,,,,Banyak Istri TIDAK Lebih Baik daripada Satu Istri,,,,,,,,,,,pagi all,,,,,,semangattttt,,,,,,,,^_^,,,,,,,,,,
    • Rubi Ono Ada kesalahan mind set bagi mayoritas umat Islam dalam memahami QS 4:3, sebenarna skala prioritas pernikahan yang di anjurkan oleh Alloh dan Rosululloh:
      1. Wanita YATIM => MONO GAMI
      2. Poligami 2,3 atu 4.
      3. Wanita biasa atau Budak. => MONOGAMI
      Nabi Muhammad s.a.w sebagai suri tauladan, mengambil seluruh skala prioritas tsb.
      Inkonteks: Keadilan berkaitan erat dengan Kekuasaan dan Kemampuan, btw… orang awam seperti kita, sangat amat patut memilih no.3.
      * Jadi ingat istri saya, yang dikuliahi soal poligami saman “teman”nya… hikz. *
    • Tie Ule heheheheheeh,,,,,,pa Rubi Ono,,,,,,,,,,comentnya slalu berbobot padahal aku bkn statusnya biasa2 aja jd seneng deh karna status ada yang coment jd nambah deh ilmunya ,,,,,,,,,,,,,,tapi ngomong2 siapa tuh yg ngasih kuliah soal polygami sm istrinya X aja aku bisa ikut belajar and lebih bijak juga kalau menghadapi orang yg polygami hehehe
    • Pipin Purnama Wati Teh Ule@ sangat ” setuju sekali.Good lah……semangat
    • Tie Ule Pipin Purnama Wati,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,siiiiiiipppppplahhhhhhh
    • Hendra Al Farisi Kuliah pagi hari ini menarik jg nih…mangga lajengkeun sim kuring mah mulungan elmu na weh…
    • Tie Ule Hendra Al Farisi,,,,,,,,,,,,,,,ya nih daripada ngelantur mendingan sm2 belajar ke pa Rubi Ono,,,,,,,,,,,,coment2nya yg selalu berbobot dan mendidik,tapi saya sebenarnya khawatir kalau ada orang2 yg tersinggung sm status saya ,,,,,mohon maaf tidak bermaksud menyinggung atw membuka aib orang tapi sekedar berbagi pengalaman aja juga sama-sama kita ambil hikmahnya
    • Hendra Al Farisi Betul bu ule…karena qta pada dasarnya hrs selalu husnuzon kepada sesama….
    • Irsyad Yeeeyy..lumpat kana banyak istri sagala…hehehe
    • Rubi Ono Berbaik sangka HANYA berlaku kepada Alloh subhanahu wa ta’ala saja.
      btw..
      Berbaik sangka, sekaligus berburuk sangka berlaku untuk manusia dan jin !!!.
      Kumaha pendapat Kang @Irsyad ?!
    • Irsyad Berbaik sangka kpd Allah dah PASTI..karena Allah sesuia dengan sangkaan mahkluknya…dan berbaik sangka kpd sesama manusia pun dianjurkan dalam agama seperti dalama hadist :
    • Irsyad Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
      Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hindarilah oleh kamu sekalian berburuk sangka karena buruk sangka adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan janganlah kamu saling membenci dan janganlah kamu saling bermusuhan tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. (HR : Muslim )
    • Rubi Ono Tegasnya bagaiman berbaik sangka sekaligus berburuk sangka kepada manusia dan jin, menurut Akang ?!
    • Irsyad Rubi Ono@ Tolong maksud pertanyaan nya kmha dgn “berbaik sangka sekaligus berburuk sangka kepada manusia dan jin”…klo berbaik sangka menurut saya tak bisa dibarengi dgn buruk sangka…tolong jelasin maksud pertanyaannya..Jazakallah
    • Rubi Ono Coba renungi ayat berikut : (QS 6:112)
      Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu SYAITAN-SYAITAN (dari jenis) MANUSIA dan (dari jenis) JIN, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.
    • Rubi Ono Kang @Irsyad: Ada banyak bertebaran peringatan “Anggaplah syaitan itu musuh yang nyata”, dan sudah barang tentu setan janis manusia dan setan jenis jin.
      btw..
      Berbaik sangka sekaligus berburuk sangka mempunyai konskuensi logis harus WASPADA, Insya Alloh.
    • Irsyad Subhanallah….
      Dalam ayat ini Allah menjelaskan, bahwa kaum Muslimin menghadapi permusuhan dari pada orang-orang musyrikin, maka demikian pulalah Allah menjadikan bagi tiap-tiap Nabi musuh-musuh yang terdiri dari setan-setan baik dari jenis manusia maupun dari jenis jin. Menurut keterangan Mujahid, Qatadah dan Hasan, di antara jin dan manusia itu ada yang menjadi setan-setan. Pendapat ini diperkuat pula oleh Abu Zar yang ditanya oleh Nabi Muhammad saw: “Wahai Abu Zar apakah kamu telah memohon perlindungan kepada Allah, daripada kejahatan-kejahatan setan yang berasal dari jin dan manusia?” Lalu Abu Zar bertanya, “Ya Rasulullah, adakan pula setan-setan dari manusia?” Dijawab oleh Nabi Muhammad saw: “Ya, benar-benar ada. Perhatikanlah surat Al Baqarah ayat 14, yang artinya: Dan apabila mereka kembali kepada setan-setan mereka, maka mereka berkata Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu”.
      Setan-setan itu adalah musuh bagi Nabi-nabi dan bagi para ulama yang menjadi pewaris Nabi-nabi; juga bagi setiap mubalig yang menyiarkan agama Allah. Setiap kali timbul hal yang bertentangan, pastilah yang satu akan mengalahkan yang lain, yaitu yang kuat tentu menghancurkan yang lemah dan termasuk Sunnatullah, yaitu bahwa kesudahan yang baik dan kemenangan terakhir tentu berada di pihak golongan yang benar. Bila mana turun hujan deras akan menimbulkan banjir, maka ia akan menimbulkan buih yang banyak sekali di atas permukaan air. Buih itu bilamana ditiup oleh angin, segera lenyap menghilang sehingga tinggallah hanya airnya saja yang tetap di bumi. Demikian pula kehidupan di dunia ini penuh dengan penuangan; dan seorang pejuang tidak dapat memelihara kedudukannya kecuali dengan kegigihan dan kesabaran. Demikian pula amal-amal yang diterima Allah di akhirat kelak hanyalah amal-amal yang dikerjakan dengan baik. Hal ini ditegaskan oleh firman Allah sebagai berikut: Apakah kamu mengira, bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang padamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu?. Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Bilakah datangnya pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat”.
      (Q.S Al Baqarah: 214)….Mudah2an bermanfaat..jika ada yg salah itu mutlak dari saya dan ijka ada benarnya itu datang dari Allah SWT…
    • Rubi Ono Insya Alloh, musuh Islam itu musyrikin (kafirun) dan munafiqun.. akan selalu ada sepanjang masa, oleh karena itu kita harus waspada.
      Btw…
      Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang dzalim. (QS 2:193)
      KECUALI KALAU MENURUT AKANG SUDAH TIDAK ADA LAGI MUSYRIKIN WAL MUNAFIQUN, SAYAH NO COMMENT !!!
    • Tie Ule pa Rubi Ono,,,,,,,,,,,,,,,a Irsyad,,,,,,,,,,aku jadi pendengar aja dan ngambilin ilmunya deh,makasih ya buat ilmu2nya yang berbobot
    • Irsyad Rubi Ono@Rasulullah shalallahu alayhi wasallam bersabda :
      Mangqola li’akhihi kafiru faqod baa’abihaa ‘ahaduhuma
      “Barangsiapa mengatakan kepada saudaranya; ‘Kamu kafir, ‘ maka (kekafirannya) akan kembali kepada salah satu di antara keduanya” (HR Bukhari,Muslim, Tirmidzi, Ahmad, Malik)
    • Irsyad Musuh Allah yang jelas adalah SYETAN LAKNATULLAH ALAIK…Semoga Allah menjauhkan kita semua dari godaan syetan dalam segala bentuk dan perbuatannya…AAmiin
    • Hendra Al Farisi Setuju kang irsyad….da jalmi mah kadang sok kena ku owah gingsir upami kirang iman na mah….
    • Irsyad Hendra@ Makanya iaman bukan di cari tetapi kita usahakan dengan mengorbankan harta, diri, dan waktu hanya di jalan agama dan di jalan Allah…Insya Allah..
    • Tie Ule Aamiin,,,,,,
    • Rubi Ono Kang @Irsyad, Saya akan katakan kafir kepada orang kafir, demikian juga saya katakan munafiq kepada orang munafiqun ?! Aneh sampean
    • Irsyad Sahabatku Rubi yg dirahmati Allah….kita belum tau apa dia kafir/munafiq sampai akhir jaman nanti..?? Kita jauh dari sempurna..kita tak tau apakah amal2 kita pasti diterima Allah..?? Apakah yg kita lakukan saat ini benar di mata Allah..??? Wallahu alambishawab…sebagai orang beriman kita harus ISLAH DIRI…dan pentingnya berbaik sangka terhadapa sesama manusia adalah dengan sllu mendoakan mereka2 yg sesat di jalan Allah agar Allah memberikan Taufiq serta hidayah-Nya utk mereka…melihat kesalahan org memang mudah tp koreksi dan sllu menilai kekurangan kita itu yg sulit…semoga Allah memberikan pemahaman dan merahmati kita semua Aamiin…
    • Rubi Ono Kang @Irsyad:
      “Barangsiapa mengatakan kepada saudaranya; ‘Kamu kafir, ‘ maka (kekafirannya) akan kembali kepada salah satu di antara keduanya” (HR Bukhari,Muslim, Tirmidzi, Ahmad, Malik)
      —————————————–
      TOLONG JELASKAN AYAT AL LAHAB ?!
      *Abdul Uzza bin Abdul Muthalib beliau SAUDARA NABI MUHAMMAD S.A.W *
    • Irsyad Apa yang kita anggap benar belum tentu benar dimata Allah dan apa yang kita anggap salah belum tentu salah di mata Allah…
    • Irsyad Surat atau ayat sahabatku..?? Surat Al-Lahab ayat berapa..??
    • Rubi Ono Nama surah diambil dari ayat 1, bro..
    • Irsyad Diriwayatkan bahwa ketika Nabi SAW diperintahkan untuk berdakwah secara terang-terangan kepada manusia, terutama kerabat dekat dan keluarga beliau. Beliau berdiri di atas bukit seraya memanggil, “Wahai sahabat!”Orang-orang Quraisy pun berkumpul.
      Beliau melanjutkan, “Bagaimana menurut kalian jika aku bercerita kepada kalian bahwa musuh akan menyerang kalian pagi atau sore hari? Apakah kalian percaya kepadaku?”
      Mereka menjawab, “Kami percaya.”
      Beliau berkata, “Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan tentang siksaan yang pedih.”
      Abu Lahab berkata, “Celakalah kamu, apakah hanya untuk ini kamu mengumpulkan kami!”
      Allah segera menurunkan surat ini.تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّAbu Lahab celaka dan mengalami kerugian yang besar. Ini doa buruk baginya. Terbukti ia telah celaka dan merugi. Buktinya firman Allah,
      مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَTidak ada gunanya harta benda Abu Lahab. Usaha dan pekerjaannya juga tidak menolongnya. Semua itu tidak ada gunanya, tidak dapat menggagalkan doa Nabi SAW. Padahal Abu Lahab itu paman beliau sendiri. Namanya Abdul Uzza. Dia merupakan musuh yang paling keras. Ia sering berjalan di belakang Nabi. Setiap kali Nabi SAW mengatakan sesuatu dia mendustakannya. Oleh karena itu Allah menyebutkan balasan atas perbuatannya itu. Ia akan memasuki neraka yang panasnya dan dahsyatnya tidak ada yang tahu selain Penciptanya. Neraka yang menjilat-jilat. Ia dan istrinya, si Pembawa kayu bakar akan merasakan api itu.
    • Rubi Ono Subtansi yang sayah tanyakan: APAKAH TIDAK KONTRADIKSI DENGAN HADITS YANG SAMPEAN UTARAKEN !!!
    • Irsyad Rubi@Subhanallah…Semoga Allah memberikan pemahaman serta hidayah-Nya utk kita semua….Aamiin
    • Rubi Ono Amiin.
      Lalu bagaimana dengan hadits yang sampean utaraken ?!
    • Rubi Ono Seingat sayah lho,… doh mudah-mudahan tidak keliru:
      Abu Lahab itu “teman” dekatnya Abu Jahal (Abdul Hakam bin Hisyam).
      btw…
      Kembali ke TS diatas, menurut sayah kita harus WASPADA terhadap “teman” dekat
    • Irsyad Waspada perlu akan tetapi janganlah kita ucapkan secara langsung ke seseorang toh kita juga gak suci dan benar amat…Maksud hadist diatas adalah anjuran bagi setiap muslim untuk memberikan nasihat dan mengenal perbuatan-perbuatan kebajikan, menambah wawasan ilmu yang bermanfaat serta memberikan nasihat yang baik…
    • Rubi Ono Tolong catat statement sampean sendiri “ANJURAN BAGI SETIAP MUSLIM *
      Silahken baca judul surah ke 23 dan ke 40… hehehe…
    • Irsyad Insya Allah…
    • Rubi Ono Insya Alloh, …. mulai saat ini Kang @Irsyad tidak akan lupa makna yang tersirat dan tersurat dari…
      “Allohummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mu’minina mal mu’minat, ….
    • Abu Fhatin Hindarilah olehmu semua prasangka,karena sebagian prasangka itu adalah dosa. (Alquran) Allahu’alam. Punten ah,teu acan lebaran ka sadayana taqaballahu mina wa minkum. & mohon maaf lahir bathin.
    • Irsyad Jalan Kebenaran Hanya Satu. “Kebenaran itu adalah dari Rabbmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.” (QS : Al-Baqarah: 147) “Barangsiapa yang mengajak orang lain kepada kebaikan maka baginya pahala semua orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (HR Muslim)
    • Rubi Ono Minal aidzin wal faidzin, kemballi…
      Wa qola Alllohu ta ‘ala:
      dan supaya Dia mengadzab ORANG-ORANG MUNAFIK laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka itu BERPRASANGKA BURUK terhadap Alloh. Mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang amat buruk dan Alloh memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka neraka Jahanam. Dan (neraka Jahanam) itulah sejahat-jahat tempat kembali. (QS 48:6)
      ……
      Shodaqollohul ‘adzim (Maha Benar Alloh dengan segala firmanNya)
    • Rubi Ono Si Fulan tersangka PENIPU… ?!
      Seluruh Polisi dan Hakim di dunia berdosa versi Oom @Abu Fathin dan Oom @Irsya, sebab berprasangka … hahaha.. lucu tenan kalian
    • Rubi Ono Kang @Irsyad: Dalam ilmu Hukum… insya Alloh, hadits yang Akang paparkan diadobsi menjadi “HUKUM POSITIP” atau lazimya “Praduga tak bersalah”, sudah barang tentu ada pula “Praduga bersalah” (tersangka).
      Al Qur’an mengajarkan diperlukan saksi-saksi jika seseorang di SANGKA melaukan tindakan yang mendzalimi sesamanya.
    • Abu Fhatin Rubiono ente yang lucu’ kasih contoh soal jauh dr pokok pembahasan. Lucu dng fikiran sendiri ente seperti orang ‘gila’ dia tertawa dengan apa yg dia fikirkan sendiri . Mudah”n ente d sadarkan dan di mudahkan menerima kebenaran dan nasihat baik. Aamiin.
    • Rubi Ono Oom @Abu Fathin: Didalam diri sampean ada sisi baik dan sisi buruk,.. apakah sampean merasa paling baik teyusss.. hikz.
    • Abu Fhatin Law mau diskusi bikin forum diskusi saja d fb ini. Sungguh kita dianjurkan dalam agama untuk menghindari perdebatan,karena perdebatan akan menghasilkan perpecahan ! Sebaik” perdebatan adalah dng meninggalkanya. Mohon maaf ya ! Irsyad lets go. .dont be here ‘ ulah cicing di dieu moal bener. Hayu balik :)))
    • Irsyad Ya Allah Ya Robb…sudah2 sahabat2ku seiman….tak perlu kita perdebatkan lagi ana jadi sedih…kita semua saudara yg penting sekarang ACTION dalam AMAL AGAMA YANG SEMPURNA….korbankan Harta, Diri, dan Waktu kita untuk jalan agama…satukan hati dan pikir dalam hal agama….risau umat karena banyak umat yang tersesat rangkul dengan Mahabah bukan mencela….Insya Allah Allah Memberikan Hidayah…Aamiin
    • Rubi Ono maka Alloh mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, (QS 91:8)
      Shodaqollohul ‘adzim (Maha Benar Alloh dengan segala firmanNya)

One Response to “Kebenaran Vs Kebathilan”

  1. Samaranji said

    Assalamu’alaikum…
    sekedar mau nitip sebuah gerakan para blogger utk menjerat kata kunci Cerita ABG Bugil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: