حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

YESUS ANAK DOMBA Setan Nyaho.

Posted by حَنِيفًا on November 7, 2012


YESUS ANAK DOMBA, Ben Jamin Setan Nyaho.
PAULUS ANAK KAMBING, Ben Jamin Setan Nyaho.
Haleluya… hehehe…
———< Quote: Sekilas Info >——————-
Rumah pelelangan di Kota Northamptonshire, Inggris, membuat kaum Yahudi marah sebab menjual benda peninggalan Partai Nazi Jerman di hari suci mereka.
Lihat Selengkapnya

— bersama Imelda Sang Puetry ChutheRania LarasatiPutri Mau-Tarik Kelamin-Yesus Sampe-MelarZulAli Irfan MurtadinSuara Independen,Tewel ImanuelSagala TauFathir ZiMuallaf NainggolanIban CallemsKopral CepotRejenk MasdaMantiko Pamatiak BungoMillabati Umayatus SayidaKisimaru JamesWisanggeni JolotundoLinda Perjanjian BaruAl Ba’bud SayyedIntan Permata LadiesVikersPdt Pondang BatitongJhon Luppi Muslimin IIHanifa Syafitri,Retno Minarsih RahayuBingung AgamaAmrozi IIISang Penyayat HatieZaelani Bukhari ReturnParrona DiArthaShinta PoetriCristina Aliah YusufMhd TaufiqAyu Ratna NingrumChi FebyEv Maruli Herbert LumbantobingMuhamad MakrusHandi YawanPdt David Markus SimanjuntakHoney MeriyTini Pertiwi AjjahYu Umi,Tuanku Imam AhmadRicki Aprian BongeBidadari Pantai UtaraSayahamba Sahayasajaya dan Ai Dinda.

Batal Suka ·  · Bagikan · 31 Oktober

  • Anda, Wisanggeni Jolotundo dan 23 lainnya menyukai ini.
  • Kisimaru James Sebenarnya UNTUK mengetahui apakah ISLAM ajaran yang benar atau salah bukanlah dgn MEMBANDINGKAN AJARAN ISLAM dgn AJARAN LAINNYA, tetapi BANDINGKANLAH ajaran ISLAM dgn NURANI kita masing2 :):).

    sbg contoh.. bandingkanlah MORAL NABI MUHAMMAD yg menikahi mantan ISTRI ANAKNYA sendiri dengan nilai MORAL secara umum. pasti kita semua tau apa jawabannya :):)

    GAMPANG KAN,…..
  • Jet Bush Hahahaha apa benar dapat sumber dari mana kisimaru, tentang moral NABI MUHAMMAD SAW, padahal dalam buku sejarawan kristen lebih banyak memuji beliau.
  • Herri JefriPart II tapi kl Islam dihina apa lu G peduli Sob? Kisimaru@
  • Haniifa Rubi Percakapan dimulai Hari Ini

    10:08 @Henris Zephan’yahu Ben Yeshav
    satan’yah qedar ben ismael,jika kamu bernyali datang lah kemari ke Israel,dan aku jamin kamu bakal mati mengenaskan.

    10:09 @Haniifa Rubi
    Haleluya… hehehe… :P:P

    10:23 @Henris Zephan’yahu Ben Yeshav
    najiz mulut mu menyebut kata itu.
    lebih baik ucapkan aja ini”idih na siqontol paktaqim ereksyi’in anslufi’in vaginatun wa huwal ni’matul janah rahmatan lilkelamin,:-y

    10:24 @Haniifa Rubi
    Galau lu yee…. hehehe…
    Haleluya… 
    Halelujah…
    Haleluye….

    10:29 @Henris Zephan’yahu Ben Yeshav
    sudah kuduga kamu tak lebih dari pengecut dan manusia bernyali kerdil,ga pantas kamu menginjak tanah kami.

    10:30 @Haniifa Rubi
    haleluya….7x .. hehehe
  • Satria biasa korban doktrin 1+1+1
    tuhan sex dengan keledai
    gampang kan :):)
  • Yesaya lbih gmpang lg klo firman yehezkiel yg jd pnutan freesex lo di jabarkan disini..menikah itu lbih mulia drpada freesex
  • Yesaya firman yehezkiel tentu memalukan,krna yesus sndiri yg berbuat,dan nabinya sndiri yg menulis di alkitab..
    #kristen=mesum
  • Yahminto Yisman Kalau yg dimaksud Yesus adalah Nabi Isa as, menghinanya ad perbuatan dosa. Karena dalam Islam Isa putra Mariam adalah manusia kekasih Alloh, seorang nabi, dan mempunyai kedudukan sangat mulia disisi Alloh. Yang menyebarkan kebohongan si Paulus, mengangkat Yesus jadi tuhan, agar ia bisa dipercaya sebagai rosul.
    @Kisimaru, Nabi Muhammad gak punya anak laki2, jadi gak punya menantu perempuan.
  • Senyum Terindah muhammad serigala .mateus 10:16
  • Putri Mau-Tarik Kelamin-Yesus Sampe-Melar putri cuma bisa komen : cas …….. cis ………. cus …….. encus
  • Haniifa Rubi @Yahminto Yisman
    Mohon maaf, Nabi Muhammad s.a.w mempunyai anak laki-laki dr Khadijah namun beliau wafat saat balita, demikian juga dari BUDAK YAHUDI YANG BERNAMA MARIA AL QIBTIYAH, berliau bernama IBRAHIM .. wafat saat kanak-kanak.
    Bus on they…. ABSOLUTE Isa Ibnu Maryam bukan YESUS BEN JOSHUA . !!!
  • Ma Bike YESUS BEN JOSHUA ,,,,pemain bola mana tuh
  • Wisanggeni Jolotundo yoshua pahabol..kalau gak salah ya bener main di persipura…hehehehehe
  • Hoiru Yaasin Yaasin srigala tu setan lo dasar bodo
  • Putri Salju Atas dasar ayat berikut ini diyakini bahwa yesus itu tuhan (Allah): Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa (ALLAH), kalau tidak MELALUI Aku”. 

    Wekekekekeke ……………………..bodoh dan ngawur sekali !!! Dari kata “melalui” dalam ayat tersebut justru secara tegas menunjukkan bahwa yesus bukan tuhan (Allah). Sama halnya dengan kalimat: “Tidak ada seorangpun bisa datang menemui Bapa Direktur perusahaan, kalau tidak melalui sekretarisnya”. Sudah jelas Bapa Direktur perusahaan berbeda dengan sekretarisnya!!
  • Rejenk Masda ilmu al kitab,kalah dgn ilmu akal manusia,
    di mana keagunannya al kitab?
  • Haniifa Rubi @Ma Bike ·
    Wanita YAHUDI itu diahapan para AHLUL KITABYIAH bukan di anggap manusia , jadi mereka tidak punya MARGA / SYEH / BANI !!!
    Coba tunjuken kepada sayah, Nama Wanita Yahudi yang menggukanan BINTI atau BEN ?!
    Isa Ibnu Maryam => Ibnu = setara dengan Bin / Ben.. :P:P
  • Heru Setiawan kalo wanita yahudi setan…n trus ibumu yg lonte itu cp?
  • Pandawa Dieng ribet banget mau ketemu ALLAH harus melaluai yesus… dodol tuhan lo gg sempurna tu.. dia nya aj gg di tolong mati di tiang jemuran… gimane mau nolong kita orang
  • Haniifa Rubi AGB YAHUDI enak kalau di coba’i, sebab mereka nda makan DOMBA dan BABI :P:P
  • Hellia Robin inilah manusia2 yg mengotorkan agama islam dengan hujahan2 yg tidak berasa…hahahahaha.. ^_^^_^
  • Yesaya domba2..buka sm kalian firman yesus melalui yehezhkiel..apa pantas kitab suci yg jd panutan mengajarkan mesum..
  • Yesaya kristen gk mau poligami,tp snang dgn sex bebas,slingkuh,pnya anak gk ada bpak,yesus smua yg nanggung,kasian yesus..ckck
  • Hellia Robin lihatkan saya ayatnya kalo ada ajaran mesum??
    jangan cuma bisa koar2 doang ngak pake bukti..
    hahahahha…

    jangan loh fkir saya tdk tahu al-qu’ran…hehheeee
  • Putri Salju Hellia Robin : BUKA SAJA “YEHESKEL” DAN KAMU AKAN DIBUAT NEFSONG SERTA HORNI DENGAN AYAT-AYAT MESUM DI SITU !!!
  • Putri Salju YESUS berkata:”Akulah jalan keselamatan”. Dan “orang sana” langsung menyimpulkan bahwa ITULAH BUKTI BAHWA YESUS ITU TUHAN !!! Wekekekeke ………….. sebuah kesimpulan yang TERLALU DIPAKSAKAN !! Kesimpulan yang lebih CERDAS tentu mengatakan bahwa dengan mengikuti jejak yesus, maka manusia akan memperoleh keselamatan di dunia dan akherat, YAITU MENYEMBAH ALLAH YANG ESA !!! Justru mereka-mereka yang mempertuhankan yesus itu SANGAT SANGAT DAN SANGAT BERTENTANGAN dengan jejak yesus !!! YESUS TIDAK PERNAH memerintahkan umatnya untuk MENYEMBAH DIA !!! Buanyaak sekali ayat-ayat Bible yang justru berisi perintah yesus untuk menyembah Allah Yang Esa !!
  • Putri Salju “Orang sana” berusaha keras untuk MENGKAIT-KAITKAN yesus kristus dengan Nabi Isa Alaihis salam dalam Al Qur’an, untuk menunjukkan bahwa Islam mengakui yesus kristus !! SAMPAI MODAR juga ‘nggak bakalan bisa terkait, karena Nabi Isa Alaihis salam TIDAK SAMA dengan yesus kristus yang mati disalib!! Al Qur’an SAMASEKALI TIDAK MENGAKUI yesus kristus yang mati disalib dan yang dipertuhankan karena menebus dosa manusia !!! Isa Alaihis salam ya tetap Isa Alaihis salam, seorang manusia biasa seperti nabi-nabi dan rasul-rasul lainnya (termasuk Muhammad SAW) !! Isa Alaihis salam yang lahir melalui vagina Mariam itu manusia biasa, bukan tuhan !!! SAMPAI KAPAN PUN ‘nggak bakalan Isa Alaihis salam identik dengan yesus kristus !!!
  • Usup Supriyadiyang/didapat/dari/alkitab/itu/perzinaan/mertua/dengan/menantunya//perzinaan/ayah/dengan/anaknya//perzinaan/seorang/anak/dengan/istri/ayahnya//perzinaan/kakak/dengan/adiknya//nah/kata/budayawan/inggris/george/bernard/shaw/alkitab/itu/berbahaya//
  • Kisimaru James Sebenarnya UNTUK mengetahui apakah ISLAM ajaran yang benar atau salah bukanlah dgn MEMBANDINGKAN AJARAN ISLAM dgn AJARAN LAINNYA, tetapi BANDINGKANLAH ajaran ISLAM dgn NURANI kita masing2 :):).

    sbg contoh.. bandingkanlah MORAL NABI MUHAMMAD yg menikahi mantan ISTRI ANAK ANGKATNYA sendiri dengan nilai MORAL secara umum. pasti kita semua tau apa jawabannya :):)

    GAMPANG KAN,…..
  • Yesaya lebih gampang lagi melihat firman yg mengatakan yesus menjolok2 kan tangannya ke keledai..
    #sperti itu kerjaan yesus
  • Putri Salju Kisimaru James : AJARAN MORAL ??? SAMPAI MODAR KAMU TIDAK AKAN TEMUKAN AYAT-AYAT MESUM DALAM AL QUR’AN !! BAGAIMANA HALNYA DENGAN AYAT-AYAT MESUM DAN CABUL YANG MENJIJIKKAN DALAM KITAB BIBLE YANG KAMU ANGGAP SUCI ITU ???
  • Yesaya yesus itu hyper sex..
    firman YEHEZKIEL,MATIUS,..
    KIDUNG AGUNG,
    SMUA LNGKAP,SELINGKUH,MALING,BIRAHI SM KELEDAI,
  • Al Ba’bud Sayyed James, menikahi mantan istri anak angkatnya??? dpt kabar dr mn? coba kau terangkan..
  • Yesaya DOMBA2..KLO KALIAN SYANG SM YESUS KALIAN..BACA SMUA KITAB KALIAN,DR BIBLE,PERJANJIAN BARU,AND LAMA..BARU BERKOAR..
  • Yesaya SUDAH SLESAI KLIAN BACA KLIAN IKUTI KELAKUAN YESUS KALIAN,BIAR KALIAN SMUA MSUK KE NERAKA JD BAHAN BAKAR API NERAKA
  • Usup Supriyadikisimaru/james/itu/memang/fakta/malah/allah/sendiri/yang/jadi/saksi/pernikahaannya/dan/anak/angkat/itu/bukan/anak/kandung/dan/itu/sebagai/penerang/bahwa/boleh/menikahi/janda/dari/anak/angkat./itu/bukan/incest/taboo//di/beberapa/suku/juga/menganggap/itu/hal/biasa/bedakan/antara/agama/dan/tradisi/bentuk/perkawinan//belajar/pengantar/sosiologi/sana//hahaha
  • Yesaya MATIUS: 20-22 
    TERBITAN 1928.
    “YESUS MENCOLOK_COLOKAN TANGANYA DI BURIT KELEDAI HINGGA KELUAR CAIRAN MANI.
    INIKAH TUHAN?
  • Kisimaru James Ba’bud…… Lu baru tau ya
  • Al Ba’bud Sayyed James, kau hrs sertakan bukti klo hny bgitu sampah!
  • Kisimaru James Ba’bud ….. Sana belajar lg sama arab
  • Al Ba’bud Sayyed Km yg hrs bnyk tau! bukan hny komen srampangan gtu!
  • Usup Supriyadisiapa/mengamati/kehidupan/muhammad/dengan/intensif/dan/tidak/dibarengi/apriori/akan/tahu/bahwa/pernikahannya/dengan/sekian/perempuan/tidak/sekadar/gejolak/seks/belaka!/juga/harus/dilihat/dari/kacamata/tradisi/yang/berlaku/di/bangsa/arab/yang/menghormati/perbesanan/dan/rata-rata/dengan/janda!/muhammad/tidak/sekadar/nabi/tetapi/kepala/negara/pada/masanya/bagian/dari/strategi/politis/agar/risalah/yang/dibawanya/bisa/disebarkan/tetapi/meski/begitu/muhammad/tetap/jadi/suami/yang/adil/serta/bertanggungjawab!//
  • Usup Supriyadi itu/semua/atas/petunjuk/allah/juga/tentunya.
  • Al Ba’bud Sayyed Tuhan mesum dgn keledai lbh menjijikkan! memalukan!!!
  • Usup Supriyadi rania/larasati/jangan/diikuti/ya/kelakuan/puan-puan/di/alkitab/misalnya/sebagaimana/perangainya/kotor/yang/diabadikan/dalam/amsal/dan/lainnya//kasihan?/atau/karena/keperempuananmu/yang/tidak/diselimuti/perspektif/akhirat-ilahiat?//yang/namanya/perasaan/mah/relatif//ibu/saya/pun/dipoligami/biasa/saja/malah/bersilaturahmi//tetapi/malah/saya/yang/kurang/suka/awalnya//namun/yang/penting/halal/bukan/zina/atau/selingkuh//
  • Jacky Chean apa tidak malu orkis tuhanya setiap hari di gambar seperti binatang….
  • Jacky Chean tapi malam saya datang ke pengajian dan kyainya adalah mantan pendeta dari manado yang menimba ilmu islam di laut jawa, katanya ORANG JAWA TIDAK PANTAS JADI PENDETA dan yang pantas adlah orang BATAK MANADO MALUKU KALIMANTAN DAN SULAWESI….DAN BERCERAMAH TENTANG MASALALUNYA DULU YANG MASIH JADI PENGINJIL DIA MENGAKU TENTANG MENGKAFIRKAN AL QUR’AN DAN MEFITNAH UMAT ISLAM.
  • Hellia Robin kitab Yehezkiel pasal 23 sebaiknya penuduh khususkan baca ayat 2 sd 4 dan baca berulang-ulang hingga mengerti ayatnya yang ke-4, disitu jelas tertulis “…Ohola ialah Samaria dan Oholiba ialah Yerusalem.” Jadi mengenai pasal 23 dari kitab Yehezkiel tidak dapat diartikan secara hurufiah karena apa yang disebut pada kitab Yehekiel menyangkut KETIDAKSETIAAN SAMARIA (OHOLA) DAN YERUSALEM (OHOLIBA) KEPADA ALLAH DENGAN GAMBARAN-GAMBARAN ALEGORIS, sehingga disebut PERSUNDALAN (KEPADA ILAH-ILAH LAIN SELAIN YHWH-baca Adonay) 
    Yehezkiel melukiskan mereka sebagai orang yang tidak setia kepada Allah dan telah berzina secara rohani karena bersundal dengan bangsa-bangsa lain. Persundalan di sini menunjuk kepada usaha Israel dan Yehuda untuk bersekutu dengan bangsa-bangsa fasik daripada mengandalkan Allah saja sebagai sumber kekuatan dan perlindungan.
    Israel mula-mula mengadakan persekutuan dengan Asyur (2Raj 15:19-29) dan kemudian dengan Mesir (2Raj 17:3-6); akhirnya mereka mulai menyesuaikan diri dengan kebiasaan kafir dan penyembahan berhala bangsa itu. “Adiknya”, Yehuda kemudian membuat hal yang sama (bd. 2Raj 24:1; Yes 7:1-25; 30:1-31:9).
    Ayat “Porno” tsb adalah ayat Sastra Awam kasaran yg pada zaman itu adalah hal biasa. Zaman dulu belum ada yg namanya sekolah etika seperti “John Roberts Power” misalnya. Selain itu Latar belakang Nabi Yehezkiel yg merupakan seorang awam yg hidup sebagai orang buangan tentulah mempengaruhi tutur kata ia berbicara yg kasar.
    Yehezkiel 1:1 Pada tahun ketiga puluh, dalam bulan yang keempat, pada tanggal lima bulan itu, ketika aku bersama-sama dengan PARA BUANGAN berada di tepi sungai Kebar, terbukalah langit dan aku melihat penglihatan-penglihatan tentang Allah.
    Dengan demikian ayat-ayat diatas adalah kiasan saja, maksud sebenarnya adalah kecaman terhadap penduduk kota Samaria dan Yerusalem yang memiliki perilaku tidak setia, sering berpaling dari ALLAH.
    Jadi, yang porno dan cabul adalah otak orang yg berotak porno ketika membaca….
  • Hellia Robin jika penuduh mengklaim bahwa ayat-ayat porno dalam Alkitab merupakan buatan manusia, maka seharusnya penuduh harus konsisten dengan kitabnya sendiri dan hadist-hadist muslim sbb:
    QS 52: 17 – 20
    Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan, mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka; dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka. (Dikatakan kepada mereka): “Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan”, mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.
    QS 55: 70 -77
    Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik, yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.
    QS 56: 35 – 36
    Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan,
    QS 78: 33 – 44
    dan gadis-gadis remaja BERDADA MONTOK* yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman).
    Kenapa kata berdada montok tidak disebutkan sama sekali dalam Quran bahasa Indonesia padahal dalam bahasa Arabnya ada jelas tertulis?
    QS 78: 33 ; Kawa’eba atraba
    Kata Arab ‘Kawa’eba’ berarti wanita perawan muda yang dadanya kencang montok dan berbentuk indah. Kata ‘atraba’ berarti usia yang sama. Tapi penerjemah Qur’an Indonesia terlalu malu untuk menerjemahkan dada montok tersebut sebab memang itu bertentangan dengan nurani sang penerjemah. Tapi bahasa Arabnya jelas menyebutkan hal itu. Karena merasa malu dan risih inilah para penerjemah Quran Indonesia dengan nekad mengedit kata2 Allah.
    Berikut ayat2 lain yang berkenaan dengan surga; QS 37: 40–48, 55: 56-58, 56: 22-24, 2: 25, dan 47:15.
    Q.S. 23:5, “dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,”
    * Q.S. 24:30, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat’”.
    * Q.S. 24:31, “Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’”
    * Q.S.70:29, “Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya,”

    jangan memandang hina kitab lain tapi pelajarilah kitab sendri…
    ^_^^_^
  • Muhamad Makrus jacky@lebih malu lg punya muke ky muke loe,udah tolol,jelek,tamngong,eslam lg,agama tukang loak………
  • Jacky Chean dari pengakuan pendeta yang masuk islam ,kristen adalah agama mati bejat….
  • Jacky Chean tuhanya mati
    agamanya mati
    alkitab cerita mati…. 
    inilah pengakuan mantan pendeta.
  • Jacky Chean bukan pengakuan dari saya tapi mantan pendeta.
  • Hellia Robin TIRMZI, vol. 2 p 138;
    Setiap lelaki yang masuk surga akan diberi 72 bidadari; tidak peduli pada umur berapa dia mati, ketika dia masuk surga dia akan menjadi seorang berumur 30 tahun dan tidak akan tambah tua. Lelaki di surga akan diberi keperkasaan yang sama dengan keperkasaan seratus orang lelaki.
    TIRMZI, vol. 2 p 35-40;
    Bidadari adalah wanita muda tercantik dengan badan tembus pandang. Sumsum tulang-tulangnya kelihatan bagaiman garis-garis dalam mutiara dan batu mirah. Dia terlihat bagaikan anggur merah di gelas putih. Dia berwarna putih dan bebas dari cacat fisik biasa perempuan seperti menstruasi, menopause, kencing dan berak, mengandung anak dan kekotoran-kekotoran lainnya yang berhubungan. Bidadari adalah seorang gadis berusia muda, berdada besar (montok) yang bulat menantang, dan tidak berayun-ayun(masih tegang) Bidadari-bidadari tinggal di dalam istana dengan sekelilingnya yang megah.
    Di bawah ini adalah hal2 yang lebih menakjubkan lagi yang akan menunggu muslim mukmin di surga islam menurut buku dari Imam Ghazzali yang berjudul Ihya Uloom Ed-Din. Buku ini dianggap paling penting setelah Quran oleh orang Islam Sunni.
    Volume 4, Halaman-4.430
    “Menurut Nabi Muhammad (SW) bidadari-bidadari di surga adalah wanita-wanita murni – bebas dari menstruasi, kencing, berak, batuk dan anak-anak. Bidadari-bidadari ini akan menyanyi di surga tentang kemurnian Ilahi dan memuja – kamilah bidadari-bidadari tercantik dan kami disediakan untuk suami-suami terhormat. Muhammad berkata bahwa penghuni surga akan mempunyai kekuatan seksual 70 lelaki. Dia berkata, “Seorang penghuni surga akan punya 500 bidadari, 4,000 wanita lajang dan 8,000 janda. Setiap dari mereka akan terus memeluk dia sepanjang hidupnya di dunia.”
    Volume 4, Halaman–4.431
    Muhammad berkata, “Jika penghuni surga ingin punya anak lelaki, akan dia dapatkan. Masa tinggalnya dalam rahim, disapih dan masa mudanya akan berlalu pada saat yang sama.” Muhammad berkata, “Penghuni surga tidak berjenggot dan tidak berbulu. Mereka berwarna putih dan mata mereka digambar dengan khol. Mereka akan jadi pemuda berusia 33 tahun. Mereka akan setinggi 60 cubits dan selebar 7 cubits.”
    Hadith: Al hadiths, Vol. 4, Page-172, No.34:
    Hozrot Ali (r.a) meriwayatkan bahwa Rasul Allah berkata, “Di surga ada satu pasar terbuka di mana tidak ada pembelian ataupun penjualan, tetapi ada lelaki dan perempuan. Jika seorang lelaki menginginkan seorang perempuan cantik, seketika itu dia bisa menyetubuhinya sesuai nafsunya….

    masih kurang faham yaa..apa mau di tambah lagi????

    TIRMZI, vol. 2 p 138;
    Setiap lelaki yang masuk surga akan diberi 72 bidadari; tidak peduli pada umur berapa dia mati, ketika dia masuk surga dia akan menjadi seorang berumur 30 tahun dan tidak akan tambah tua. Lelaki di surga akan diberi keperkasaan yang sama dengan keperkasaan seratus orang lelaki.
    TIRMZI, vol. 2 p 35-40;
    Bidadari adalah wanita muda tercantik dengan badan tembus pandang. Sumsum tulang-tulangnya kelihatan bagaiman garis-garis dalam mutiara dan batu mirah. Dia terlihat bagaikan anggur merah di gelas putih. Dia berwarna putih dan bebas dari cacat fisik biasa perempuan seperti menstruasi, menopause, kencing dan berak, mengandung anak dan kekotoran-kekotoran lainnya yang berhubungan. Bidadari adalah seorang gadis berusia muda, berdada besar (montok) yang bulat menantang, dan tidak berayun-ayun(masih tegang) Bidadari-bidadari tinggal di dalam istana dengan sekelilingnya yang megah.

    kalo kurang masih bisa saya tambah yaaa…
  • Jacky Chean itu cuma cerita mati
    sama kayak tuhanya mati matek bongko modar
  • Rejenk Masda SI ENCUS AKAN KEKAL DI NERAKA,,KRN MENANGGUNG DOSA UMATNYA,,,,
    KASIAN SI ENCUS
    SIAPA YANG MAU NANGGUNG DOSANYA YG TLAH KAWIN DGN KELEDAI?
  • Rejenk Masda SI ENCUS AKAN KEKAL DI NERAKA,,KRN MENANGGUNG DOSA UMATNYA,,,,
    KASIAN SI ENCUS
    SIAPA YANG MAU NANGGUNG DOSANYA YG TLAH KAWIN DGN KELEDAI?
  • Hellia Robin jacky@…adakah anda tidak mau mengakui kitab dan hadis-hadist anda????

    makanya renungkan ayat di bawa ini…

    Matius 7:3
    “”Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?””

    saya tidak suka menghujah..walaupun seringkali saya melihat bnyak org sesuka hati menghina tanpa tahu artinya..tapi karna iman saya sebagai org kristen saya sabar..

    salam damai.. ^_^^_^
  • Jacky Chean hellia_ ow itu hadis tho tak kiro bible kristen
  • Al Ba’bud Sayyed Hellia Robin, hadist2 yg kau sebutkan semua hadist palsu! mmg di surga bidadari menurut hadist Rasul betul ada, tp bukan bidadari sprti yg kau sebutkan via hadist palsu/plesetan dr kaum anda.. anda2 mmg dr dulu suka meleset2kan hadist n ayt quran tuk pembenaran kalian. dan kmi tdk mrs kebakaran jenggot! silakan sj kau kutib ayt2 quran/hadist tp jgn asal kutip.. sy bc komen_mu laksana bc beble, bgitulh isi alkitab sesungguhnya!
  • Hellia Robin adakah ini hadist????

    QS 56: 35 – 36
    Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan,
    QS 78: 33 – 44
    dan gadis-gadis remaja BERDADA MONTOK* yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman).
    Kenapa kata berdada montok tidak disebutkan sama sekali dalam Quran bahasa Indonesia padahal dalam bahasa Arabnya ada jelas tertulis?
    QS 78: 33 ; Kawa’eba atraba
    Kata Arab ‘Kawa’eba’ berarti wanita perawan muda yang dadanya kencang montok dan berbentuk indah. Kata ‘atraba’ berarti usia yang sama. Tapi penerjemah Qur’an Indonesia terlalu malu untuk menerjemahkan dada montok tersebut sebab memang itu bertentangan dengan nurani sang penerjemah. Tapi bahasa Arabnya jelas menyebutkan hal itu. Karena merasa malu dan risih inilah para penerjemah Quran Indonesia dengan nekad mengedit kata2 Allah.
  • Jacky Chean kalo berani pake bahasa arabnya jangan artinya doang
  • Hellia Robin QS 78: 33 ; Kawa’eba atraba
  • Chi Feby Waduh, hellia robin lg berperan layaknya paulus yang suka2 ng edit kitab. Sori bro! Semuanya gak ngaruh tuh. . . ^_^^_^
  • Haniifa Rubi @Hellia Robin
    wa kawaaiba atraaban as companions of Equal Age, (The Holy Quran-Trans., page: 1676) .. 
    Haleluya.. hehehe..
  • Hellia Robin saya tidak mau pengaruh anda..buat apa???
    saya bukanya suka debat..
    kehadiran saya di sini mau membetulkan fkiran2 manusia yg mengangap kitab kami kitab porno..
    saya sudah jelaskan dia atas..silakan di baca saja.. ^_^^_^
  • Jacky Chean hahahahahahah
    hanya bisa Qs.(qur’an surat)
    gax bsa nulis al qur’an ya….
  • Haniifa Rubi @Hellia Robin
    Sampean tidak hendak berdebat tapi jelas-jelas menghujat.
    SOAL DADA MONTOK, IDEAL dan atau buah dada yang memikat pria itu lain soal, yang jelas USAINYA SEBAYA lebih tepat.
    Jujur saja tidak semua pria suka yang berdada montox’, jadi dengan demikian tolong lah tasir sesuai dengan tafsiran yang paling dekat.
    Saya yakin sampean mengutip dari lit. ini:
    —< Quote >–
    In an attempt to appeal to the Western reader of Christian background, some translators of the Quran have wrongly interpreted its clear references to the sexual pleasure of paradise in a symbolic fashion. For example, in his commentary on the verse…
    bla..
    bla..
    bla
    Based on his mistaken interpretation, Yusef Ali was obliged to mistranslate all the obvious references to the physical pleasures of paradise. For example, in Soorah an-Naba (7 he translates verse 33 (wa kawaaiba atraaban) as companions of Equal Age, (The Holy Quran, (Trans.), p. 1676). Atraaban does mean of the same age according to Ibn Abbaas (Mukhtasar Tafseer Ibn Katheer, vol 3., pp 434 and 593), however Kawaaiba does not mean companion. Kawaaib is the plural of Kaaib which means a girl whose breasts are beginning to swell or one WHO HAS PROMINENT BREASTS (E. W. Lane, Arabic English Lexicon, vol. 2, p. 2616). Kawaaib means BUXOM GIRLS (J. Milton Cowan, ed., A Dictionary of Modern Written Arabic, (Beirut: Libraire Du Liban, 1980), p. 831).
    abal..abal.. :P:P
    -<quote>–
    Wassalam, Haniifa.
  • Chi Feby Dulu ku gak percaya kalau bible itu kitab porno, trus ku penasaran. Ku coba membuka bible. Eh emang bener! Bible kitab porno. . .
  • Al Ba’bud Sayyed Hahaha..! sdh sy bilang smpe kpnpun kau mencri klemahan quran tdk pernah kau temukan. ITU ayat yg kau posting ada yg kau kurangi n tambah2 menurut seleramu tuk pembenaran.
    QS 56:35_36_37 Kami mencptakan mrk (bidadari2 itu) scara lansung. lalu kami jadikan perawan2, yg penuh cinta (dan) sebaya umurnya, ini ayt msh panjang. Sama halnya QS 78:33_34, dan gadis_gadis montok yg sbaya, dan gelas2 yg penuh (berisi minuman). ni ayt jg msh panjang. secara garis besar sy artikan dgn sederhana ayt tsb bhw di surga sdh tntu penuh dgn kesucian knikmatan yg kekal dr Allah. bukan kesesatan kmunafikan dan tipu daya.. ni jg riwayat ayt tsb di turunkan blum sy kutip, krn ga kuasa ngetik jd sebaeknya sy sesuaikan dgn pola pikir anda yg sederhana sj. klo kau menyebut (berdada montok) itu mah kebiasaanmu berfikir mesum hehehe..
  • Al Ba’bud Sayyed Hahaha..! sdh sy bilang smpe kpnpun kau mencri klemahan quran tdk pernah kau temukan. ITU ayat yg kau posting ada yg kau kurangi n tambah2 menurut seleramu tuk pembenaran.
    QS 56:35_36_37 Kami mencptakan mrk (bidadari2 itu) scara lansung. lalu kami jadikan perawan2, yg penuh cinta (dan) sebaya umurnya, ini ayt msh panjang. Sama halnya QS 78:33_34, dan gadis_gadis montok yg sbaya, dan gelas2 yg penuh (berisi minuman). ni ayt jg msh panjang. secara garis besar sy artikan dgn sederhana ayt tsb bhw di surga sdh tntu penuh dgn kesucian knikmatan yg kekal dr Allah. bukan kesesatan kmunafikan dan tipu daya.. ni jg riwayat ayt tsb di turunkan blum sy kutip, krn ga kuasa ngetik jd sebaeknya sy sesuaikan dgn pola pikir anda yg sederhana sj. klo kau menyebut (berdada montok) itu mah kebiasaanmu berfikir mesum hehehe..
  • Chi Feby Al ba’bud@ maklumlah, HELLIA ROBIN kan suka edit2 kitab! Sama kaya paulus ihik ihik
  • Jacky Chean robin adlah penerus para gembala yang suka nge edit al qur’an
  • Hellia Robin haniifa@
    adakah saya menghujah seperti teman anda yg mngatakan tuhan kami binatang???
    tuhan mesum???

    coba jelaskan saya apa maksudnya buah dada montok itu????
    maaf..mohon tunjuk aja.. ^_^^_^
  • Hellia Robin chi@,,
    kalo mau lihat adakah paulus itu ajaran benar ato salah..sila buat pertanyaan..
    saya akan layan…heheeee
  • Al Ba’bud Sayyed Hellia Robin, berdada montok di alkitab ato quran, klo di quran sy blum pernah nemukan sprti anda mksd.. klo sprti komen sy sblumnya ada.
  • Hellia Robin baca di ats..capek saya mau tipe..
  • Chi Feby Flipi 1:18 tetapi tidak mengapa, sebab bagaimanapun juga kristus d britkan, baik dngn maksud palsu maupun dngn ju2r. Tentang hal itu, aku bersuka cita. Dan aku akan ttp bersuka cita. ROMA;tepapi jika kebenaran allah oleh dustaku, semakin melimpah bgi kmulia’anya. TERNYATA BERBOHONG, D DALAM AGAMA KRISTEN ITU SUNGGUH MULIA wkwkwkwkwkwk
  • Hellia Robin al@…
    kalo mau debat kita mula dari dari dari awal nabi ibrahim..
    siapkah yh layak di korbankan..ismael ato ishak..
    kalo tidak mau disini..sila inbox saya..
    no hujan..
    tidak pake kata2 kasar dan no oot..monggo
  • Tini Pertiwi Ajjah minum kopi dulu biar gk BT All..
  • Hellia Robin salah nama saya tujukan buat chi
  • Al Ba’bud Sayyed Hellia Robin, sy mo tnya,
    Matius 10:10= Yesus memperkenalkan muridnya hny membawa tongkat, sdngkan Markus 6:8= Yesus melarang muridnya meskipun hny membawa tongkat. ini ayt sbtulnya mn yg btul???
  • Chi Feby Pada waktu itu, pada hari sabat. Yesus brjalan melewati ladang gandum, karena merasa lapar yesus dan murid2nya lalu memetik [mencuri] bulir gandum dan memakanya hingga keluar kentut. preeeeeeeeeeeeeeeet MATIUS 12:21. HAHAHAHAHAHAHAHA tuhan kentut? Tuhan mencuri? MONGGO D JELASKAN BUNG hehe
  • Hellia Robin hahahahahahaha…!!!
    kasihan deh ngak berani juga…
    berani hujan doang..
    itu menunjukan anda tidak mampu..ckckckckc
  • Chi Feby Bilang aja kalau gak mau jelasin. Semuanya FAKTA! ku lihat dr kitabmu hehe
  • Hellia Robin al@..

    matius 10:9
    Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
    10:10
    Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

    bisa baca apa ngak???
  • Hellia Robin chi@..saya tdk akan jelaskan karna anda tdk akan pernh terima..buktinya ayat2 itu loh uda tambah2..
    percuma aja..heheeee
  • Chi Feby Udah d Edit lg y kitabnya hehe ^_^^_^
  • Hellia Robin hahaha..tuduhan loh itu..emang loh uda katam al-qu’ran apa??
    jangan2 kalo saya tanya sama kamu..kamu bisa diam2 aja..hahahahaha..
  • Chi Feby Ku bru mau mendalamai, mohon do’anya hehe ^_^^_^
  • Hellia Robin amin…amin…amin,moga dapat hidayah yaa..heheheeee
  • Al Ba’bud Sayyed Hahaha.. yg mn yg btul!
  • Chi Feby Ea, makasih. Smoga u cepat nyusul! Cepat brtobat k jalan yang benar..
  • Tini Pertiwi Ajjah chi_ amin.. Gw jg ikut berdoa untuk orang yg belum mendapat hidaya, semoga cepet dapat hidayah..
  • Ricki Aprian Bonge Ada apa dengan domba bodoh
  • Hellia Robin al@ dua2 benar..mana adan yg bertentangan..hehehee

    chi@..
    jalanku uda benar ko’…

    Allah Ta’ala berfirman,
    قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١
    ﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢
    ﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣
    ﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤
    ﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥
    ﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦

    “Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)
  • Hellia Robin ricki@…
    aku memang bodoh ko’..
    kalo kamu pntar tunjukan saya dalil alloh memerintahkan ibrahim menyembelih ismael..mohon tunjuk aja.. ^_^^_^
  • Al Ba’bud Sayyed Hellia, kali ini sy ngatakan kau goblok! mo berdalil mslh Ibrahim lg! hehehe.
  • Hellia Robin al@..
    hahahaha..gobloknya saya ini tdk kurang tdk sampai mengatakan org goblok..
    sesama manusia itu harus di hormati,
    meskipun maki2 saya..saya tdk akan membals..

    saya mnta ajar saja..mnta tunjuk apa itu salah???hehee
  • Suara Independen @Hellia Robin : Al-Qur’an, tepatnya surat Ash-Shaffat, ayat 99-113. Kira-kira, kisah globalnya sebagai berikut : Adalah mimpi Nabi Ibrahim AS yang menerangkan beliau menyembelih putranya, Ismail AS. Dalam Qur’an dijelaskan, “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata :”Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu !” Ia menjawab :”Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. (QS. 37:102) Bahwasanya mimpi seorang nabi merupakan wahyu, sehingga Nabi Ibrahim AS pun melakukan wahyu yang memerintahkan penyembelihan itu. “Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya)”. (QS. 37:103) Nabi Ibrahim AS telah melaksanakan perintah dalam mimpi itu tanpa keraguan, maka Allah SWT pun berfirman : “Dan Kami panggillah dia :”Hai Ibrahim”, (QS. 37:104). “…sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu”, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”. (QS. 37:105) Allah menerangkan itu semua, dan menyatakan : “Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata”. (QS. 37:106). Lalu, Allah SWT mengganti penyembelihan Ismail AS itu dengan firman-Nya, “Dan Kami tebus anak itu dengan dengan seekor sembelihan yang besar”. (QS. 37:107). Para ulama sepakat bahwa yang dimaksud dengan “Sembelihan Yang Besar” adalah kambing/domba.
  • Chi Feby Yeah ile, mulai ngarang2 lg
  • Hellia Robin Kisah kurban dalam QS Ash Shaaffaat 100-113
    QS Ash Shaaffaat 100-113
    100. Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.
    101. Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.
    102. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”
    103. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya).
    104. Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,
    105. sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
    106. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
    107. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.
    108. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian,
    109. (yaitu)”Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim.”
    110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
    111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.
    112. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh.
    113. Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ismail) dan atas Ishaq. Dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang Zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata.
    Pertanyaannya sesuai topik…Ishaq atau Ismael yang dikurbankan?
    Jawaban saya yaaa… ^_^^_^
    Marilah dengan cermat dan cerdas menganalisa permasalahan siapakah yang pantas dijadikan kurban??? apakah Ishak atau Ismail??
    1. Masalah Penyebutan Nama sang KURBAN
    Sebagai Muslim anda harus berpegangan total dgn Quran, betul atau tidak? yang menjadi jawaban anda haruslah dari Quran…betul? terbukti penulis menulis ada beberapa Hadits yang saling bertentangan??
    Jikalau DIA adalah ALLAH yang Sejati…. Mungkinkah DIA mengalami “GAGAL dan LUPA” apa yang di Firmankan-Nya? Bukankah Quran dan Hadits harusnya saling mendukung?
    – Di dalam Quran Adakah Nama ISMAIL disebut oleh Sang Khalik???
    Sedangkan di dalam ALKITAB tertulis :
    – Setelah semuanya itu Elohim menguji Abraham. Ia berfirman kepadanya: “Abraham,” lalu sahutnya: “Ya, Tuhan” (respon balik Abraham). Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” (Kejadian 22:1-2)
    – Dengan Jelas Nama ISHAK itu di sebut ALLAH Sang Khalik
    2. Masalah Komunikasi dan Ketegasan atau Kejelasan Perintah Menyembelih
    103. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya).
    104. Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,
    105. sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
    Latar belakang Jaman para Nabi saat itu adalah Sang Khalik sering berbicara kepada para Nabi melalui “MIMPI” atau perintah langsung melalui suara Sang Khalik atau melalui perantara Malaikat.
    Terjadi Komunikasi dua arah antara ALLAH Sang Khalik dan Nabi.
    – Di dalam surah Quran tersebut tidak adanya hubungan komunikasi 2 arah antara TUHAN dgn nabinya??? hanya memanggil “Hai Ibrahim” dapatkah dipastikan itu suara-Nya??? lalu tidak ada sahutan daripada Ibrahim.
    – dan di dalam surah Quran yang sama pula tidak ada perintah untuk menyembelih anak, melainkan hanya menjelaskan “membenarkan mimpi?” Apakah dapat dipastikan itu mimpi dari Sang Khalik???? menyeramkan….. mimpi menyembelih anak??? ckckckckckk…tragisssss…
    apakah mimpi itu terdapat perintah??? “TIDAK!!”
  • Hellia Robin istrehat dulu..mau makan..hehehheeeee
  • Suara Independen BENARKAH KISAH BIBLE?

    Satu-satunya dasar bagi orang-orang Yahudi dan Kristen mengimani Ishaq yang dikorbankan adalah penyebutan nama Ishaq dalam kitab mereka yaitu dalam Kejadian 22:2.

    “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishaq” . (Kejadian 22:2)

    Setelah dikaji, kalimat “ yakni Ishaq” dalam ayat tersebut mempunyai kejanggalan yang teramat serius, alasannya :

    Pertama : kalimat “yakni Ishaq” pada susunan tersebut adalah mubazir, karena kalimat tersebut telah sempurna justru bila tanpa “yakni Ishaq” :

    Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi,

    Dengan susunan tersebut tentu nabi Ibrahim sudah paham siapa yang disebut sebagai anak tunggal yang dikasihinya. Apa mungkin seorang ayah tidak tahu siapa anak tunggalnya?

    Kedua : Kalimat “yakni Ishaq” kontradiksi dengan kalimat sebelumnya yang menyatakan :

    Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi

    Karena ketika itu, Ismail telah lebih dahulu lahir sebagai anak nabi Ibrahim, penyebutan Ishaq sebagai anak tunggal dalam ayat tersebut tidak sesuai dengan sejarah dan itu berarti mengingkari Ismail sebagai anak sah Ibrahim.

    “Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu.” (Kejadian 25:12)

    Tentu saja menyebut Ishaq sebagai anak tunggal berarti mengingkari Ismail sebagai anak Ibrahim, mengingkari Ismail sebagai anak Ibrahim berarti mengingkari ayat-ayat dalam Bible itu sendiri.

    ISHAQ ANAK TUNGGAL ?

    Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi” (Kejadian 22:2)

    Siapakah anak tunggal yang dimaksud dalam ayat tersebut bila bukan Ishaq ?

    Ibrahim hanya mempunyai dua orang anak, yaitu Ismail dan Ishaq, Ishaq bisa disebut sebagai anak tunggal bila Ismail sebagai anak per-tama telah meninggal, tetapi kenyataannya Is-mail belum meninggal. Ismail bisa disebut se-bagai anak tunggal bila Ishaq belum lahir, keadaan yang kedua inilah yang paling mungkin.

    Al-Qur’an mengisyaratkan bahwa peristiwa perintah penyembelihan terhadap Ismail adalah sebelum Allah memberikan kabar gembira yang kedua kalinya kepada nabi Ibrahim akan lahirnya seorang anak lagi yaitu Ishaq, seperti disebutkan dalam QS. 37:101-11.

    Al-Qur’an menyatakan bahwa :

    “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, , Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu” (QS.As-Shaffat:102)

    Yang dimaksud pada umur sanggup adalah ketika seseorang sudah bisa untuk mencari kayu bakar, mengembala kambing, mencari air dan lain-lain, dan ketika Ismail mencapai pada umur sanggup Ishaq belumlah lahir, jadi ketika itu Ismail adalah anak tunggal nabi Ibrahim.

    Kisah ini jika kita kembalikan pada kitab Kejadian, sangat bersesuaian, dimana pada usia Ismail yang sudah lebih dari 10 tahun itu, beliau sudah cukup mengerti untuk berpikir dan tengah meranjak menuju kepada fase kekedewasan.

    Ibrahim yang mendapatkan perintah dari Allah itu, melakukan dialog tukar pikiran dengan putranya mengenai pengorbanan yang diminta oleh Allah terhadap diri anaknya ini. Lalu bagaimana dengan penuturan Taurat, kita lihat dibawah ini :

    Kejadian 22:2

    “Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

    Dari sini saja kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa Kitab Kejadian 22:2 sudah mengalami distorsi dengan penyebutan anak tunggal itu adalah Ishak (Isaac).

    Kejadian 16:16

    “Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.”

    Kejadian 21:5

    “Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.”

    Berdasarkan kedua ayat itu, maka anak Ibrahim yang lahir lebih dahulu ialah Ismail; Jika Kejadian 22:2 menerangkan bahwa firman Tuhan kepada Ibrahim untuk mengorbankan “anak tunggal”, jelas pada waktu itu anak Ibrahim baru satu orang. Lalu kemana anak yang satunya lagi ? Padahal kedua anak tersebut masih sama-sama hidup !
  • Suara Independen Jadi seharusnya ayat yang menerangkan kelahiran Ishaq itu letaknya sesudah ayat pengorbanan. Jadi setelah ayat yang menceritakan pengorbanan barulah diikuti oleh ayat kelahiran Ishak. Inilah yang disebut dengan “tahrif” oleh al-Qur’an, yaitu mengubah letak ayat dari tempatnya yang asli ketempat lain sebagaimana yang disitir oleh QS An Nisa’ ayat 46 :

    QS An-Nisa 46

    “Diantara orang-orang Yahudi itu, mereka mengubah perkataan dari tempatnya…”

    Dengan begitu semakin jelas saja bahwa Taurat memang mengandung tahrif (pengubahan, penambahan, pengurangan dsb), dan jelas pula bahwa kitab yang sudah diubah-ubah itu tidak dapat dikatakan otentik dari Tuhan melainkan merupakan kitab yang terdistorsi oleh ulah tangan-tangan manusia.

    Orang Kristen berargumen bahwa penyebutan Ishak sebagai anak tunggal Ibrahim tidak lain karena Ismail terlahir dari budak dan merupakan anak tidak sah….. menurut saya pendapat ini konyol dan tidak beralasan… sebab Kitab Kejadian 16:3 secara jelas menyebutkan bahwa sebelum Hajar melahirkan Ismail, ia telah di nikahi secara sah oleh Ibrahim.

    Kejadian 16:3

    “Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, —yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan—,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.”

    Adapula orang Kristen yang membantah dengan merujuk Kejadian 21:12 bahwa yang dimaksud dengan keturunan Ibrahim adalah yang berasal dari benih Sarah :

    “Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak”. (Kejadian 21:12)

    Tetapi pernyataan ini tertolak sendiri dengan ayat berikutnya yaitu Kejadian 21:13

    Kejadian 21:13

    “Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu”

    Sehingga yang dimaksud oleh ayat Kejadian 21:13 bukan soal “Ishak adalah anak asli keturunan Ibrahim dan menjadi anak tunggalnya” namun karena masalah warisan Ibrahim sebagaimana isi dari ayat Kejadian 21:9-10

    Kejadian 21:9-10

    “Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.. Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

    Seandainya Kristen berargumentasi bahwa Ismail diusir Ibrahim, atau karena Ibrahim membenci Ismail….. jawaban saya atas pernyataan tersebut adalah “itu adalah kedustaan para pendeta Yahudi yang mengedit Taurat”!…. Ibrahim tidaklah mengusir Hajar (Kejadian 21:11 itu ayat editan Yahudi saja)…. Bahkan sebenarnya hubungan antara Ibrahim, Ismail, dan Ishak sangat erat. Taurat mencatat setelah Ibrahim wafat, anak-anaknya (termasuk Ismail) menguburkan ayahnya bersama-sama. Ini menandakan hubungan keakraban mereka.

    Kejadian 25:7-9

    “Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, lalu ia meninggal…..Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela…..”

    Bila memang benar Sarah cemburu dan mengusir mereka, itu adalah masalah lain. Namun yang terpenting adalah Ibrahim, Ismail, dan Ishak saling mencintai satu sama lain. Kita bisa sama-sama melihat hubungan antara Ishak dan Ismail yang sangat akrab, melalui pernikahan antara anak Ishak (Esau bin Ishak) dan anak Ismail (Mahalat bin Ismail dan Basmat bin Ismail).

    Kejadian 28: 8-9

    “maka Esaupun menyadari, bahwa perempuan Kanaan itu tidak disukai oleh Ishak, ayahnya. Sebab itu ia pergi kepada Ismael dan mengambil Mahalat menjadi isterinya, di samping kedua isterinya yang telah ada. Mahalat adalah anak Ismael anak Abraham, adik Nebayot.”

    Kejadian 36:2-3

    “Esau mengambil….. Basmat, anak Ismael, adik Nebayot.”

    Ishak menginginkan agar keturunannya tidak bercampur dengan darah bangsa lain. Oleh karena itu Esau memperistrikan anak Ismail. Jadi kesimpulannya anak-anak Ismail adalah bangsa Ibrani juga. Ishak tidak akan membiarkan Esau memperisti anak Ismail jika Ishak menganggap anak Ismail adalah bukan Ibrani. Jadi Ibrani bukanlah hanya dialamatkan untuk bangsa Israel saja, melainkan bangsa-bangsa lain yang sedarah dengan Ibrahim.
  • Suara Independen Anak Remaja atau masih Balita ? Bukti Taurat Hasil Editan Yahudi

    Untuk lebih mempertajam analisa saya mengenai kebenaran isi ayat al-Qur’an yang menyebutkan bahwa alkitab itu sudah terdistorsi oleh tangan-tangan jahil manusia, maka pada kesempatan ini sayapun akan memperlihatkan bukti-bukti lain mengenainya yang masih berhubungan erat dengan kasus Ismail dan Ishak ini.

    Pengusiran Ismail dan Ibunya, Hajar yang dilakukan oleh Sarah sebagaimana yang dimuat didalam Kitab Kejadian terjadi pada waktu Ishak masih disapih karena ketakutan Sarah akan ikut terjatuhnya warisan ketangan Ismail yang juga merupakan putra dari Ibrahim (Lihat Kejadian 21:8-10).

    Kejadian 21:8-10

    “Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu. Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

    Silahkan pembaca perhatikan, betapa Kejadian 21:8-10 kontradiksi dengan Kejadian 21:14-21

    Kejadian 21:14-21

    14. Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

    15. Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,

    16. dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: “Tidak tahan aku melihat anak itu mati.” Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.

    17. Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: “Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.

    18. Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.”

    19. Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.

    20. Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah.

    21. Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.

    Kejadian 21:8-10 menceritakan Ismail sudah dewasa (berumur 14 tahun lebih) dan bermain dengan Ishak yang masih balita, hal ini membuat Sarah marah dan mengusir Ismail.

    Keesokan harinya….nah inilah yang aneh…. cerita Kejadian 21:14-21 justru menceritakan hal yang bertentangan dengan ayat yang sebelumnya diceritakan.
  • Suara Independen Kenapa bertentangan ?

    Karena dalam Kejadian 21:14-21 digambarkan seolah-olah Ismail masih seorang bayi yang digendong dibahu ibunya, kemudian Ismail yang menurut kitab Kejadian sendiri saat itu sudah berusia 16 tahun yang notabene sudah cukup dewasa kembali digambarkan bagai anak kecil yang mesti dibaringkan dibawah semak-semak (Kejadian 21:15) lalu diperintahkan untuk diangkat, digendong (Kejadian 21:18).

    Masa iya sih Hagar harus menggendong seorang anak laki-laki “dewasa” yang berusia 16 tahun, apa tidak terbalik seharusnya Ismail yang menggendong Hagar ?

    Kemudian disambung pada Kejadian 21:20 seolah Ismail masih sangat belia sekali sehingga dikatakan “…Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah”.

    Jadi dari sini saja sudah kelihatan telah terjadi kerusakan dan manipulasi sejarah dan fakta yang ada pada ayat-ayat Taurat, jelas sudah Taurat adalah kitab suci editan para pendeta Yahudi.

    QS An-Nisa 46

    “Yaitu orang-orang Yahudi, mereka mengubah perkataan dari tempat-tempatnya…..”

    Dalam satu perdiskusian agama dimilis Islamic Network beberapa tahun yang lampau, seorang rekan Kristen membantah kalimat “untuk diangkat, digendong… ” yang termuat didalam kitab Kejadian ini adalah dalam bentuk kiasan, jadi disana jangan diartikan secara harfiah, karena maksud yang ada pada ayat itu bahwa nasib hidup dan makan dari Ismail ada dipundak Hagar.

    Padahal jika kita mau melihat kedalam konteks ayat-ayat aslinya, akan nyatalah bahwa apa yang dimaksudkan dengan bentuk kiasan tersebut sama sekali tidak menunjukkan seperti itu.

    Mari kita kupas :

    Kejadian 21:14 (Alkitab LAI 1974)

    “Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

    Tidak lupa saya akan mengutip juga beberapa terjemahan ayat diatas didalam beberapa versi alkitab yakni Douay Rheims Bible (DRB), English Standard Version (ESV), dan King James Version (KJV) :

    (DRB) So Abraham rose up in the morning, and taking bread and a bottle of water, put it upon her shoulder, and delivered the boy, and sent her away. And she departed, and wandered in the wilderness of Bersabee.

    (ESV) So Abraham rose early in the morning and took bread and a skin of water and gave it to Hagar, putting it on her shoulder, along with the child, and sent her away. And she departed and wandered in the wilderness of Beersheba.

    (KJV) And Abraham rose up early in the morning, and took bread, and a bottle of water, and gave it unto Hagar, putting it on her shoulder, and the child, and sent her away: and she departed, and wandered in the wilderness of Beersheba.

    Jadi menurut Taurat, Ibraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi

    Lihat kalimat bahasa Inggris tidak menyebutkan Hagar dan Ismail tetapi hanya menyebutkan kata “…and sent HER away: and SHE departed, and wandered”[1]

    Jadi jelas yang diusir dan berjalan disana adalah Hagar sendirian, sebab Ismail ada dalam gendongan Hagar. Mustahil anak berusia 16 tahun digendong!!

    Lalu kita lanjutkan pada kalimat berikutnya :

    Kejadian 21:15 Alkitab LAI 1974

    “Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,”

    (DRB) And when the water in the bottle was spent, she cast the boy under one of the trees that were there.

    (ESV) When the water in the skin was gone, she put the child under one of the bushes.

    (KJV) And the water was spent in the bottle, and she cast the child under one of the shrubs.

    Jadi semakin jelas, ketika bekal air didalam kirbat sudah habis, lalu Ismail (yang secara jelas disebut sebagai THE CHILD dan THE BOY) yang digendong itu diturunkan dari tubuhnya dan dibaringkan dibawah pohon.

    Apakah masih mau bersikeras dengan mengatakan kalau kata “menggendong atau memikul” THE CHILD disana bukan dalam arti yang sebenarnya ?

    Lalu kita lihat sendiri pada ayat-ayat berikutnya dimana Hagar akhirnya mendapatkan mata air dan memberi minum kepada anaknya (THE CHILD) yang menangis kehausan lalu anak tersebut dibawah bimbingan Tuhan meranjak dewasa, jadi anak itu pada masa tersebut belumlah dewasa, padahal usianya kala itu sudah hampir 17 tahun.
  • Suara Independen Lelucon Kejadian pasal 22

    Ada 3 poin utama yang harus di perhatikan mengenai lokasi tempat tinggal :

    # Hajar dan Ismail melewati Bersyeba (kejadian 21:14), kemudian tiba dan berdomisili di Paran (Kejadian 21:21)

    # Ibrahim sedang berada di Bersyeba (Kejadian 21:33)

    # Sarah dan Ishak berdomisili di Hebron, Sarah wafat di Hebron (kejadian 23:2)

    Pada pasal 22,

    langsung disebutkan bahwa nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih anak tunggalnya. Artinya Ibrahim masih berada di Bersyeba.

    Kejadian pasal 22

    1. Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: “Abraham,” lalu sahutnya: “Ya, Tuhan.”

    2. Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

    3. Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
    4. Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.

    5. Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: “Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu.”

    6. Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

    7. Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: “Bapa.” Sahut Abraham: “Ya, anakku.” Bertanyalah ia: “Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?”

    8. Sahut Abraham: “Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.” Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

    9. Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

    10. Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
    11. Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan.”

    12. Lalu Ia berfirman: “Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.”

    13. Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

    14. Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.”

    15. Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,

    16. kata-Nya: “Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri—demikianlah firman TUHAN—:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

    17. maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

    18. Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”

    19. Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.
  • Suara Independen Bila kita simak dengan seksama, maka Kejadian pasal 22 memiliki dua keganjilan yakni :

    Kejanggalan pertama

    Kejadian pasal 22 ini mengisahkan seolah-olah Ishak berada di Bersyeba. Padahal tidak ada anak Ibrahim yang berdomisili di Bersyeba. Ishak dan ibunya justru tinggal di Hebron.

    Kejanggalan Kedua

    Setelah selesai ritual, pada Kejadaian 22:19 Ibrahim dan Ishak pulang ke Bersyeba. Jadi seolah-olah Sarah berdomisili di Bersyeba. Padahal Taurat mencatat Sarah berdomisili di Hebron hingga wafatnya (Kejadian 23:1-2).

    Kesimpulannya :
    Seandainya Ishak yang disembelih, seharusnya Kejadian pasal 22 menceritakan kepulangan Ibrahim ke Hebron, tempat tinggal Sarah, untuk membawa Ishak yang hendak dikurbankan. Kemudian setelah acara ritual pengurbanan selesai, mestinya Ibrahim mengembalikan Ishak kepada ibunya di Hebron. BUKAN DI BERSYEBA. Kedengkian pendeta Yahudi mengedit taurat sudah terlalu jelas didepan mata. Pendeta Yahudi mengedit nama tempat Paran (lokasi tempat tinggal Ismail) menjadi nama tempat tinggal Ishak. Namun pendeta Yahudi terburu-buru mengedit Paran menjadi Bersyeba, padahal harusnya Hebron. Serapat-rapatnya menutupi kebenaran akhirnya ketahuan juga, itulah perumpamaan untuk pengedit Taurat.

    Allah berfirman :

    “Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis alkitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.” (QS Al Baqarah 79)

    “Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. ” (QS Al Maa’idah 15)

    “Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.” (QS An Nisaa’ 115)

    “….. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran” (QS Al Baqarah 269)

    SEMOGA MENCERAHKAN, AAMIIN…
  • Jacky Chean kristentot ngentot tot tot tot
  • Hellia Robin jacky@…
    itu saja yang anda mampu katakan…
    saja juga mantan bajingan bro..lihat aja foto2 aku kalo ngak percaya..
    tapi saja bajingan berpendidikan..xixixixixixi ^_^^_^

    suaran@..
    jangan melankah terlalu jauh dulu..kita kopas satu2…
    heheheee…
    pada umumnya anda mendasari pandangan mereka atas ayat Kej 22:2; Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” kamu beranggapan karena Ismael adalah anak tunggal Abraham selama 13 tahun sebelum Ishak lahir, maka anak yang disebut dalam Kej 22:2 ini adalah Ismael. Namun sebenarnya, ayat- ayat Al Qur’an sendiri tidak ada yang menyebutkan secara eksplisit siapakah nama anak Abraham yang dikorbankan ini.
    Sedangkan Kitab Suci jelas menyebutkan secara eksplisit bahwa anak yang dikorbankan ini adalah Ishak, demikian:
    “Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal…” (Ibr 11:17)
    “Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?” (Yak 2:21)
    saya tahu anda beranggapan bahwa Kitab Suci kami telah ‘diselewengkan’ (terutama oleh Rasul Paulus) sehingga yang harusnya Ismael, kemudian dituliskan sebagai Ishak. Namun anggapan ini tidak benar, sebab jika kita membaca Kitab Suci, bahkan dari Perjanjian Lama itu sendiri kita ketahui bahwa anak perjanjian itu adalah Ishak:
    1. Ishaklah yang menjadi anak satu- satunya yang dijanjikan Allah, sebab Allah berjanji bahwa anak perjanjian itu akan lahir dari Sarah- bukan wanita yang lain (lih. Kej 17:15-21). Hal ini juga tercantum dalam Qur’an (Surah 11:69-73, 37:112-113, 51:24-30). Ismael tidak pernah disebut sebagai anak perjanjian.
    2. Ishak dikandung secara mukjizat atas ibu yang sudah tua dan mandul dan ayah yang juga sudah tua, dan inipun disebut dalam kitab Qur’an (lih. Kej 17:15-17, 18:9-15, 21:1-7; Gal 4:28-29; Surah 11:69-73, 51:24-30). Ismael dikandung tanpa melibatkan mukjizat dari Tuhan.
    3. Tuhan berjanji bahwa keturunan Ishaklah yang akan mewarisi tanah yang dijanjikan kepada Abraham (Kej 13:14-18; 15:18-21; 28:13-14). Ismael tidak mempunyai bagian di dalam tanah perjanjian yang dijanjikan kepada Abraham.
    Untuk alasan- alasan inilah Ishak disebut sebagai anak tunggal Abraham sebab Allah menganggap Ishak sebagai anak satu- satunya yang dijanjikan Allah kepada Abraham…

    kalo kitab kami sudah di rubah2..
    kenapa al qu’ran yg turun’a kebelakangan yg katanya sebagai penyempurna hadist-hadist masih allah mengatakan”hai muhammad,jika engkau meragui tentang apa yang aku turunkan,maka tanyalah orang-orang yg membaca kitab sebelummu…

    kenapa tidak di katakan”hai muhammad janganlah engkau percaya tentang apa yg telah aku trunkan karna orang-orang yg terlebih dulu membaca kitab sudah merubahnya..
    ^_^^_^
  • Suara Independen @Hellia Robin : Bro, tanggapan sy soal tanggapanmu itu sdh lengkap koq. Terutama pd komen sy yg kedua. 
    =============================================
    Soal : “kenapa tidak di katakan”hai muhammad janganlah engkau percaya tentang apa yg telah aku trunkan karna orang-orang yg terlebih dulu membaca kitab sudah merubahnya..”
    ==============================================
    Itu karena memang ada ayat2 yg TIDAK DIRUBAH shg tdk dikatakan JANGANLAH ENGKAU PERCAYA. Oleh sebab itu dikatakan : “hai muhammad, jika engkau meragui tentang apa yang aku turunkan, maka tanyalah orang-orang yg membaca kitab sebelummu…”
  • Suara Independen @Hellia Robin : Ma’af, sy undur diri dulu. Senang diskusi denganmu, Bro.
  • Hellia Robin belum terjawab…
    saya belum lihat ada ayat perintah allah kepada nabi ibrahim…
    menyembelih anak bukan hal yg biasa…ko’ hanya membenarkan mimpi..ckckckckckckck!!!

    ibrahim sudah ada dua orang anak..kenapa di bilang anak yang tunggal??
    karna allah hanya mngakui anak pejanjian allah kepada abraham yaitu lahir scara muzizat dari sara..

    (yakni ishak)
    kenapa harus dipersoalkan???
    adakah di dalam al qu’ran di jelaskan yg di korbanhakn adalah ismael???
    susahkan menyebutkan nama ismael???
    kenapa harus di tulis anak yang sabar???
    itu karna ada keraguan karna taurat terlebih dahulu sudah mencatakan yg di korbankan adalah ishak..heheheeee…

    masih banyak yg harus mau saya tanyakan..
    apa lagi soal tebus..
    kenapa anak ibrahim harus di tebus dengan binatang besar???
    kalo cuma mau test aja..apa ngak bisa di lepas gtu aja??

    fahami kata tebus yaa..hehehee
    kapan2 anda bisa jawab donk’..

    saya pun senang diskusi sama kamu.. ^_^^_^
  • Haniifa Rubi @Hellia Robin
    Al Qur’an sangat multi tafsir…. so, boleh jadi Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s di sunat (khitan) dan diberi hadiah berupa domba untuk di makan bersama… :D:D
  • Al Ba’bud Sayyed Hahaha.. !!! sy bc komenmu ktawa smbil ngerutu, dlm hati sy alangkh dangkalnya otak anak ini. mslh qurban, nilainya bukan terletak pd seekor kerbau ato domba sprtimu! dan Allah tdk btuh domba2 n darah sprti mu/kalian, melainkan nilai taqwa seorg hamba kpd Tuhan_nya. selain itu Allah menguji IBrahim dan Ismail ttg printah Allah tsb! krn sblumnya Ibrahim sdh bernazar/janji maka Allah menagih jnji_nya.. stlh bbrp sa’at berunding ttg perintah itu n tibalh wktu yg dprintahkan Ibrahim membawa Ismail di suatu tmpt (penyembelihan) Tp alangkh indahnya bgitu Ibrahim mengayunkan parang, Ismael sdh berdiri dismping ayahnya n digantikan qibas binatang sjenis lembu/domba.. krn tdk akn mungkin Allah minta qurban seorg anak manusia dgn cara di sembelih ato dipantek dgn alasan penebusan dosa. makna dr ritual tsb sesungguhnya Allah hny ingin menguji manusia. mknya kmi setiap bulan haji diprintahkan berqurban/menyembelih domba2 krn itu slh 1 printah yg tlh ditetapkan Allah. Sblum Ibrahim menyembelih Anaknya Ismail tntu sdh ada perintah Allah melalui (wahyu) dan yg mendptkan whyu tsb bukan hny Ibrahim, tp anaknya (Ismail) jg. krn tau itu perintah dr Allah, anakny tdk menolak krn dia tau ini adalh ujian.. faham!!!
  • Wisanggeni Jolotundo artinya dogma penebusan dosa mas yesus yg disesah dan disalib adalah dogma kutilika….hehehehehe
  • Al Ba’bud Sayyed Kita pikir scara sehat sj, mungkinkh Tuhan minta tebusan dosa dgn cara terkutuk (dipantek disalib ditiang jemuran)??? alangkh sadisnya bila tuhan minta sesembahan dgn cara terKUTUK tsb? bukankh Tuhan maha kuasa ats segalanya? lgpl tlh tertulis di alkit…Lihat Selengkapnya
  • Putri Salju Jika seandainya SETIAP LEMBAR halaman Bible yang memuat ayat yang saling bertentangan + ayat yang menunjukkan bahw Allah lebih besar daripada yesus + ayat yang menunjukkan bahwa yesus memerintahkan umatnya menyembah Allah dan bukan menyembah dia + ayat mesum + ayat yang tidak masuk akal itu DISOBEK dan DIBUANG, maka yang tersisa tinggal SAMPUL DEPAN dan SAMPUL BELAKANGnya saja !! Hheeeeeeeeeee …………………..
  • Imelda Sang Puetry Chuthe DIAM DIKIT NPA SICH….
  • Sayahamba Sahayasajaya fakta

    kisah kurban

    menyakiti perasaan kristen sebagai domba…Lihat Selengkapnya
  • Haniifa Rubi @ Sayahamba Sahayasajaya
    Om Shanti Amith- amit Krisna Idiot, Tuhan SAPI sampean juga di potong lho… hehehe…

3 Responses to “YESUS ANAK DOMBA Setan Nyaho.”

  1. mamat onta said

    KEBUSUKAN PENGIKUT OWOH :

    MEMBUNUH (OWOH WAKBAR)
    TIAP MENYAKITI ATAU MENGHANCURKAN APAPUN MEBYEBUTKAN MANTRA OWOH WAKBAR UNTUK APA??
    SESEMBAHAN PD OWOH DAJJAL BIN WAKBAR. .

    I S L A M

    IKUT

    SETAN

    LEWAT

    AJARAN

    MUHAMMAD

    LEBIH JELAS SILAHKAN JOIN DI FB “KESAKSIAN MANTAN MUSLIM”

    BIAR PD PINTAR PARA PENGIKUT DAJJAL MUHAMMAD BIN OWOH WAKBAR LAKNATTULAH .😉

  2. mamat onta said

    Hidayah islam
    ============
    Setelah muslim kalah debat, biasanya muslim berkata
    kepada non-muslim: Anda belum mendapat hidayah, itulah
    sebabnya Anda terus saja menentang kebenaran islam dan
    meragukan kesempurnaan agama yang diridhoi oleh awloh
    subhanahu wataala ini.
    Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan hidayah ini?
    Secara intelek, seorang muslim terpelajar akan berusaha
    untuk mempengaruhi seorang kafir agar mau masuk ke
    dalam agama Islam dengan cara menyerang keimanan si
    kafir itu lebih dahulu. Bila si kafir itu Nasrani, maka yang
    diserang adalah Yesusnya. Bila si kafir itu Budha atau
    Hindu, maka yang diserang adalah ritual ibadahnya.
    Ini sangat berbeda dengan gaya seorang misionaris (yang
    kerap saya jumpai) dalam mempengaruhi domba-domba
    agar masuk ke dalam agama mereka. Mereka tidak akan
    menyerang keimanan agama yang dianut kliennya, tapi
    mereka akan berkotbah panjang lebar tentang kebenaran
    agamanya sendiri, mirip seperti kotbah Petrus di bait suci
    Yerusalem. Ujung-ujungnya, mereka akan menawarkan
    kuasa pengampunan dosa (keselamatan) yang hanya
    dapat diperoleh lewat Yesus Kristus.
    Metode yang berbeda ini membuktikan bahwa Kristen
    memiliki DASAR AGAMA yang kuat, sehingga mereka
    berani menyodorkan kebenaran agamanya terlebih dahulu.
    Berbeda dengan Islam. Islam menyadari, kalau dasar
    agamanya begitu rapuh, dan banyak di dalamnya
    bersumber dari mitos-mitos dan pencucian otak semata,
    bukan berdasarkan fakta. Sumber iman mereka pun begitu
    rawan dan sama sekali tidak intelek, yaitu hanya dari
    BUALAN Muhammad seorang, sehingga itu bila dinalar,
    Islam tampak bodoh dan percaya begitu saja kayak kerbau
    yang dicucuk hidungnya. Maka tak heran kalau metode
    dakwah mereka adalah MENYERANG KEIMANAN AGAMA
    LAIN terlebih dahulu, setelah mereka berhasil
    melemahkannya, barulah mereka membius si korban
    dengan PROPAGANDA-PROPAGANDA murahan, yang
    penuh dengan kalimat-kalimat ADUHAI, seperti contohnya:
    ~~
    >>> Agama Islam agama sempurna
    Nabi Muhammad adalah nabi paling mulia dan makhluk
    paling sempurna
    Allah swt adalah satu-satunya Tuhan, tiada Tuhan selain
    awloh, dia adalah MAHA SEMPURNA.
    Alquran adalah kitab suci yang paling sempurna.<<<<
    ____
    Bila dakwahnya gagal, mereka akan memakai SIHIR. Dan
    sihir ini terbukti efektif pada zaman Muhammad, tapi tidak
    pada zaman sekarang.
    Dan sihir itu, hanya dapat efektif bila obyeknya adalah
    orang-orang idiot, orang-orang yang depresi, kehilangan
    semangat hidup, para pengangguran dan para pengumbar
    hawa nafsu.
    Sewaktu Muhammad berada di Mekkah, dia hanya berhasil
    menyihir 70-an orang saja. Dan itu sebagian besar dari
    kalangan budak.
    Setelah hijrah, Muhammad sukses menyihir orang-orang
    Arab badui dan gagal menyihir orang-orang Yahudi karena
    orang-orang Yahudi itu pintar dan tidak gampang ditipu.
    Sihir apakah yang dipakai Muhammad? Yaitu membacakan
    ayat-ayat Alquran.
    Dan orang yang berhasil dipengaruhi Muhammad lewat
    pembacaan ayat-ayat Alquran ini, olehnya dijuluki sebagai
    "ORANG YG TELAH MENDAPAT HIDAYAH AWLOH"
    Jadi, berhati-hatilah kalian bila kalian mendapat hidayah
    dari awloh. Itu tandanya kalian telah tersihir oleh roh
    setan/jinnya tanah Arab.
    Dan coba untuk menghayati kepribadian kalian sendiri
    setelah mendapat hidayah itu, kalian makin BAIK atau
    justru makin BEJAT atau…. kalian makin PENYABAR atau
    justru makin BERINGAS seperti yang sudah dicontohkan
    oleh sebagian besar masyarakat muslim di dunia..
    Salam kebenaran murtadin.

  3. mamat onta said

    ARTI UCAPAN YESUS: “BAPA YANG MENGUTUS AKU”
    Arti “utusan” bagi Yesus menurut Alkitab, dan arti “utusan”
    bagi Muhammad menurut Al Quran, tidaklah sama, bahkan
    bertolak belakang.
    Yesus mengatakan:
    “… Bapa yang mengutus Aku…” (Yoh 14:24).
    Okelah, Muhammad mengaku utusan Allah Swt.
    ” … Bapa yang diam di dalam Aku..” (Yoh. 14:10).
    Muhammad tidak pernah mampu mengatakan Allah Swt
    diam di dalam dirinya.
    “… Aku datang dan keluar dari Allah..” (Yoh 8:42).
    Muhammad tidak berani mengatakan bahwa ia keluar atau
    datang dari Allah. Karena banyak yang tahu bahwa
    Muhammad datang dari penggembalaan kambing,
    sebelumnya.
    “… Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku…” (Yoh
    14:10).
    Muhammad tidak berani mengatakan bahwa ia di dalam
    Allah, dan Allah di dalam Muhammad.
    #Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari
    bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari
    dunia ini.”# (Yoh 8:32).
    Muhammad tidak berani mengatakan bahwa ia berasal dari
    sorga, diutus dari sorga! Orang bisa mengira lahan
    kambing makan rumput adalah surga!
    “Aku dan Bapa adalah satu.” (Yoh. 10:30).
    Apalagi ini, Muhammad tidak berani mengatakan bahwa Ia
    dan Allah adalah satu.
    Maka adalah ada sebuah lelucon di dalam Al Quran:
    “Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia
    telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari
    ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk
    pemelihara bagi mereka.” (QS 4:80).
    Jauh sebelum Yesus datang sebagai Anak Manusia, Ia
    telah menyatakan diri-Nya:
    “Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak
    pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal
    itu terjadi Aku ada di situ.” Dan sekarang, Tuhan ALLAH
    mengutus Aku dengan Roh-Nya.” (Yesaya 48:18).
    Dan Bapa menyatakan siapa Yesus sebelum Firman-Nya
    itu diutusNya dalam rupa Anak Manusia:
    “Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia
    tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia
    akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan
    berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.” (Yesaya
    55:11).
    Dan setelah tampil sebagai Anak Manusia, Bapa Yang Tak
    Kelihatan memperdengarkan suaraNya kepada Yohanes
    Pembabtis dan pada kesempatan lain kepada murid-murid
    Yesus:
    #Dan tiba-tiba sedang ia (Petrus, red) berkata-kata
    turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari
    dalam awan itu terdengar suara yang berkata: “Inilah Anak
    yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan,
    dengarkanlah Dia.”# (Mat. 17:5)
    Dan setelah Yesus kembali ke Sorga, Ia mengatakan dalam
    alam Roh kepada Rasul Yohanes:
    “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan
    Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup,
    sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci
    maut dan kerajaan maut.” (Wahyu 1:17b-18).
    Jika di dalam Al Quran Muhammad mengatakan dia
    sebagai “utusan Allah Swt”, adalah jutru karena Allah Swt
    tidak dapat menunjukkan siapa dirinya. Allah Swt sampai
    kapan pun tidak akan pernah menunjukkan eksistensinya.
    Karena ia adalah allah fiktif buatan Muhammad. Jangan
    diragukan itu, jika anda mau selamat.
    Tetapi di dalam Alkitab, Yesus mengatakan Ia diutus oleh
    Bapa, justru karena Allah telah menunjukkan siapa diri-
    Nya di dalam Yesus. Itulah arti “utusan” yang bertolak
    belakang dengan arti menurut Muhammad. Yesus adalah
    utusan Bapa yang tidak Tampak dalam Pribadi Yang
    Tampak, sehingga Allah dapat bercakap-cakap dengan
    manusia, muka-dengan-muka.
    #Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-
    sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?
    Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;
    bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada
    kami.”# (Yoh 14:9).
    Allah swt tidak pernah bercakap-cakap dengan siapa pun.
    Tidak ada di dalam Al Quran menunjukkan Muhammad
    pernah berdialog dengan Allah Swt yang “katanya”
    mengutusnya.
    Allah itu Roh (Yoh 4:24). Dia Mahabesar. Roh itu ada di
    dalam dan di atas segala ciptaan-Nya (Efesus 4:6). Siapa
    yang dapat mengukur luasnya alam semesta ini? Tata
    surya matahari ini hanyalah sebagian kecil dari ciptaan
    Allah. Allah itu ada di tempat yang paling dekat dan
    sekaligus ada di tempat paling jauh.
    “Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat,
    demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari
    jauh juga?” (Yeremia 23:23).
    Allah disebut “Bapa”, oleh karena dari Dialah bersumber
    segala sesuatu.
    Allah disebut “Anak”, oleh karena yang oleh Firman-Nya
    itu telah diciptakan segala sesuatu, telah datang dalam
    rupa Anak Manusia. Firman itu sudah ada sejak Allah itu
    ada, dan bersama-sama dengan Allah. Dan Firman itu
    adalah Allah sendiri (Yoh 1:1-3+14, I Kor. 8:6)
    Tidak seorang pun dapat mengenal Bapa dan Anak jika
    bukan Bapa yang memberikan pengenalan kepadanya (Mat.
    11:27). Karena manusia adalah ciptaan Allah; ciptaan tidak
    lebih pintar dari Penciptanya.
    BUKTI YESUS ADALAH ALLAH:
    (1) Yesus menghardik Iblis
    #Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis!
    Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan,
    Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”#
    (Matius 4:10).
    Yesus tidak mengatakan: “Engkau dan aku harus
    menyembah, Tuhan, Allah kita.” Sama sekali tidak!
    Jika Yesus mengatakan: “Engkau harus menyembah Tuhan,
    Allahmu, …” maka Yesus memberitahukan bahwa Dia
    adalah wujud Allah yang Tampak, harus disembah, jangan
    dicobai.
    (2) Percakapan Yesus dengan Orang Buta yang sudah Dia
    Sembuhkan
    Yohanes 9:35-39
    #35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh
    mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata:
    “Percayakah engkau kepada Anak Manusia?”
    36 Jawabnya: “Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya
    kepada-Nya.”
    37 Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia;
    tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau,
    Dialah itu!”
    38 Katanya: “Aku percaya, Tuhan!” Lalu ia sujud
    menyembah-Nya.
    39 Kata Yesus: “Aku datang ke dalam dunia untuk
    menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat,
    dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat
    melihat, menjadi buta.”
    Jika Yesus bukan Allah, maka Yesus akan melarang orang
    itu dengan peringatan keras: “Jangan sebut aku Tuhan dan
    jangan sembah Aku, karena hanya Allah-lah Tuhan, dan
    hanya Dialah yang layak disembah.”
    Tetapi Yesus tidak mengatakan demikian.
    Jika anda bingung, itu karena anda belum mengenal Allah
    Yang Mahabesar, dan karena anda selalu menilainya dari
    persepsi kemanusiaan anda, yang Allah berikan kepada
    anda. Jika anda mampu memasukkan SEMUA air laut di
    bumi ini ke dalam sebuah ember plastik, maka anda akan
    memahami KESELURUHAN tentang Allah itu di dalam otak
    anda.
    Alkitab mengatakan, orang mengenal Allah, karena iman.
    “Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah
    dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat
    telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.” (Ibrani
    11:3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: