حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Saya adalah seorang Syi’ah

Posted by حَنِيفًا on November 22, 2009

Assalamu’alaikum,

Ali bin Ibrahim Al-Qomi

(Dia mengatakan dalam pengantar penafsiran Al-Quran)
Berkenaan dengan apa yang bertentangan dengan apa yang wahyu Allah berkata: (Kamu adalah bangsa terbaik dibangkitkan bagi orang-orang Propagasi Akhlak dan melarang apa yang jahat, dan percaya pada Tuhan. Al-Imran 110). “Lalu Abu Abdillah Qari ayat ini: yang terbaik membunuh bangsa yang setia, Hassan dan Hussein Bin Ali, damai atas mereka ? itu berkata kepadanya: Bagaimana aku mendapatkan anak dari Rasulullah saw? berkata: tapi aku: ((Engkau adalah imam terbaik melaju ke orang)) Jangan melihat pujian Allah bagi mereka dalam ayat terakhir.
(Dari kenikmatan – Beirut. Penafsiran Al-Quran Qomi c 1 / 36. )

Abu Abdillah berkata: “Al Qur’an yang diturunkan Jibril kepada Muhammad adalah 17 ribu ayat”. (Al Kafi jilid 2 h. 463.)

Alhamdulillah, setelah dibaca bolak-balik dengan seksama akhirnya saya dengan sepenuh hati bahwa sesungguhnya mengenai polemik tahrif Al Qur’an “benar” adanya.

Maksudnya “benar” adalah tahrif bagi yang beragama Syi’ah, tentu silahken saja:mrgreen: , sebab setiap faham Syi’ah harus, sekali lagi harus percaya bahwa Al Qur’an yang ada saat ini tidak otentik dan mengalami perubahan, begitu yakinnya mereka karena seperti menuruti katanyah Qori Abu Abdullah bahwa Al Qur’an berjumlah 17 ribu ayat dan dinamakan mushaf Ali bin Abi Thalib.

Abu Ja’far Muhammad bin al-Hasan al-Saffar

Diriwayatkan dari Abu Ja’far al-Saffar, ia berkata: “Apa tidak ada orang berkata bahwa ia mengumpulkan seluruh Al Qur’an diturunkan Allah kecuali seorang pendusta dan dikumpulkan dan disimpan sebagai terungkap hanya Ali bin Abi Thalib dan para imam setelah dia.
(al-Saffar: Wawasan Derajat halaman. 213.)

Saya sendiri sebagai orang yang beragama Islam sangat tidak mempercayainya. Dan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala saya sudah membuktikan sendiri bahwa Al Qur’an umat Islam tidak pernah bisa mengalami tahrif sampai akhir zaman, sebagaimana yang saya hitung ulang dari Jumlah huruf Surah Al Faatihah, Jumlah Total Surah, Juz serta Ayat Al Qur’an dan Jumlah Total Lafadz Allah. Dalam hal ini secara pribadi, saya mengucapkan terimakasih kepada Dr. Rashad Khalifa dan Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli walaupun ternyata hasil analisa kita berbeda tapi sedikit banyak saya termotivasi menyelidiki Al Qur’an dikarenakan hasil analisa beliau-beliau.😀

Kembali ke masalah pokok, menurut hemat saya dari Penafsiran Al-Quran Qomi c 1 / 36 diatas maka Abu Abdillah sang Qari “Al Qur’an” 17000 ayat-lah yang berani mengatakan SAYA ADALAH SYI’AH dan dalam dokumen yang sama saya dapati  ini:

Perhatikan !!!

Pada (QS 2:257) ada tulisan ALI BIN ABI THALIB dan pada (QS 3:33) ada WA ALI MUHAMMAD

Versi Agama Syi”ah:

Wa ladziina kafaruu biwilayah ALI BIN ABI THALIB auliyaa uhumuth thaaghuutu… (QS 2:257)
(Dan orang-orang yang kafir terhadap kepemimpinan Ali bin Abi Thalib itu, pelindung-pelindung mereka adalah syaithan….)

Innallaaha ashthafaa aadama wa nuuhaw wa aala ibraahiima wa aala ‘imraana WA ALI MUHAMMAD ‘alal ‘aalamiin…. (QS 3:33)
(Sesunguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga Imran DAN ALI-MUHAMMAD melebihi segalanya didunia.)

Versi Agama Islam:

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَـنِ الرَّجِيم

وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَوْلِيَاؤُهُمُ الطَّاغُوتُ

Wa ladziina kafaruu auliyaa uhumuth thaaghuutu… (QS 2:257)
(Dan orang-orang yang kafir itu pelindung-pelindung mereka adalah syaithan….)

إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى آدَمَ وَنُوحًا وَءَالَ إِبْرَهِيمَ وَءَالَ عِمْرَنَ عَلَى الْعَـلَمِينَ

Innallaaha ashthafaa aadama wa nuuhaw wa aala ibraahiima wa aala ‘imraana ‘alal ‘aalamiin…. (QS 3:33)
(Sesunguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga Imran melebihi segalanya didunia.)

Hal yang paling tidak mungkin dibantah lagi oleh orang-orang yang beragama syi’ah adalah baik Surah Al Baqaarah maupun Surah Ali Imraan diawali oleh huruf “ALIF-LAM-MIM” artinya kepalsuan fitnah tahrif Al Qur’an secara akurat terbongkar dengan system interlock 19.

Ada yang bisa membantu !! Apa maksudnyah tulisan pada Al Qur’an Versi Syi’ah ?! (lih.  awal 2:257)

قال الباقر

Wassalam, Haniifa.

76 Responses to “Saya adalah seorang Syi’ah”

  1. lovepassword said

    Hi Hi hi. Ngamanin Pertamax dulu. Ketularan Kang Boed.🙂

  2. salam silaturahmi, mas hanif. hmm … saya sendiri malah belum ngeh benar antara syiah dan sunni, mas, hehe …

  3. gadgetboi said

    saya dulu pernah sekolah internasional khusus islam. namun saya kaget (waktu itu smp) ternyata islam banyak “cabang”nya, selain sunni (kita), ada syiah, bohora (kalau di sini udah ditimpukin kayak ahmadiyah kali😛 ) dan banyak lagi …. kaget aja! kebanyakan islam-islam “nyeleneh” itu dari india rupanya … (contoh kasus di sini ahmadiyah)

  4. @Haniifa

    sori bahasa arabku masih kurang, kalau boleh tahu artinya
    قال الباقر

    apa sih?, sapa tahu aku bisa mengerti maksudnya. Maklum selama ini aku belajar dari teks non Arab.

    • @Mas Wedul Sherenian
      kalau boleh tahu artinya : قال الباقر
      _______________________
      Menurut sayah kira-kira : “BAQR BERKATA” atau “KATA BAQoRo

      sapa tahu aku bisa mengerti maksudnya.
      _______________________
      Kalau bisa dengan “tektualnyah”.😀

      #Haniifa.

      • BAQR itu nama orang apa ya?. Seperti Bakar. Bisa aja tambahan Ali bin Abi Thalib itu hanya menurut BAQR.

        Wa ladziina kafaruu biwilayah ALI BIN ABI THALIB auliyaa uhumuth thaaghuutu… (QS 2:257)
        (Dan orang-orang yang kafir terhadap kepemimpinan Ali bin Abi Thalib itu, pelindung-pelindung mereka adalah syaithan….)

        Mungkin jaman dahulu ini dilakukan hanya test case aja. Mereka mencoba merubah-ubah teks Al-Quran dan melihat dampaknya apakah diterima atau tidak. Dan ternyata kaum Syiah mudah disusupi.

      • @Mas Wedul Sherenian
        BAQR itu nama orang apa ya?. Seperti Bakar.
        ________________
        Subhanallah.😀

        Bisa aja tambahan Ali bin Abi Thalib itu hanya menurut BAQR.
        _____________________
        Qola = قال
        Al = ال
        Baqara (baca: Baqoro-h-😀 ) = باقر

        Bigaimana tanggapan @Kangmas sekarang jika,
        Qola Al Baqoro-h-
        or…
        Qola -Al- Baqoro-h-

        Wassalam, Haniifa.

      • boni said

        @ haniifa

        mas saya habis nanya ke teman yang tahu bahasa arab …” قال الباقر ” … katanya artinya bakar berkata-kata,bisa jadi juga bakar berbicara ngawur…dan maknanya juga bisa jadi bakar berbicara tanpa dasar yang jelas,itu sich katanya…!!!!!…saya pribadi sich kurang ngerti…!!!…cuman saya ingin tahu saja pendapat teman saya tentang kalimat itu…makanya tadi saya tulis di kertas dan saya bawa ke dia…dan itulah hasilnya….!!!!…he…he…he…maaf yach masih pendapat orang ntar dech kalau saya kuasai bahasa arab baru saya koment lebih bagus…!!!..he..he..he..

      • Dewi Yana said

        Assalamu’alaikum,
        Mohon maaf Mas Hanifa, saya tidak mengerti, jadi tidak bisa membantu. (Dewi Yana)

      • @Mas Boni
        Terimakasih berat lho, dah sedia capek-capek tanya sana-sani… semoga kebaikan @Mas Boni dibalas lebih oleh Allah subhanahu wa ta’ala, Amin.

        @Mba Dewi Yana
        Wa’alaikum Salam,
        Nggak apa-apa @mba, dan terimakasih juga sedia membaca artikel ini.

        Salam hangat tuk semua, Haniifa.

    • @Mas Hannifa

      wah kalau setahuku Al-Baqoroh artinya sapi betina jadi

      Qola Al Baqoro(h)
      or…
      Qola (Al) Baqoro (h)

      jadi artinya Kalau Qola Al Baqoroh = berkata sapi betina…kok lucu==> atau mungkin begini maksudnya :

      Al-Baqoroh menyebutkan : bla-bla-bla
      surat Al-Baqoroh menyebutkan : bla-bla-bla
      Allah berfirman pada surah Al-Baqoroh : bla-bla-bla

      kalau artinya “Al-Baqoroh menyebutkan” seolah yang mengatakan ini orang ke-3. So, orang ke-3 itu menambahkan Ali bin Abi Thalib.

      Sebenarnya ayat QS 2:57 versi Syiah ini gak mengandung dosa secara nilai katauhidan. Tapi dosa secara habluminallah karena merusak tatanan yang Allah berikan (menulisa ayat dengan tangannya dan mengatakannya dari Allah. Tapi wajar mereka begitu karena taqlid buta Immamah mereka pada Ali.

      Firman Allah dalam Al-Baqarah 79:

      “Maka amat celakalah bagi orang-orang yang menulis Al-Kitab dengan tangan mereka sendiri kemudian berkata, ‘ini dari Allah’. Dengan maksud untuk memperoleh keuntungan yang sedikit. Maka celaka besarlah bagi mereka karena apa yang ditulis dengan tangan mereka sendiri. Dan celaka besar pula bagi meraka karena apa yang mereka kerjakan.”

      maaf jika kurang sempurna, ntar tak tambah lagi kalau udah dapat ilham…hehehe

      • aku punya hipotesa nih :

        Orang Syiah mencoba membuat rujukan/penguat tentang keutamaan Ali dengan mengatakan :

        Abu Bakar mengatakan :(Dan orang-orang yang kafir terhadap kepemimpinan Ali bin Abi Thalib itu, pelindung-pelindung mereka adalah syaithan….)

        Jadi mereka seakan-akan menegaskan bahwa Abu Bakar pun mendukung Keutamaan Ali.

        Yang terjadi malah kata-kata ini menjadi ayat dalam Al-Quran, padahal sebenarnya kata-kata itu cuma CATATAN PINGGIR

        hehehe

        @Mas Haniifa pertanyaanku belum dijawab nih : Bagaimana caranya agar link yang kita klik di blog/thread lain langsung menuju ke komentar orang lain itu di blog/thread yang kita maksud, makaciiih.

      • @Mas Wedul Sherenian
        Maksudnya link sbb:

        Wedul Sherenian said
        November 26, 2009 at 1:58 am

        Arahkan kursor pada November 26, 2008 at 1:58 am
        Clik kanan.
        Copy link location.
        Paste

        Trima kasih sekali, penjelasaanya semakin melengkapi.

  5. qarrobin said

    Suatu (Sunnah)ketetapan bagi orang yang telah kami lepas berrisalah (kami utus) sebelum kamu dari Rosul-rosul Kami, dan tidak akan kamu dapati bagi (Sunnah)ketetapan Kami suatu perubahanpun.(Al Isro:77)

    Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan (bersifat) kaaffah (menyeluruh) bagi manusia. (Saba’:28)

    Kitab itu tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa(Al baqarah:2)

    Dia-lah yang membangkitkan di (kalangan) kaum yang ummiyy seorang Rasul dari (kalangan) mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan Hikmah. Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata. (Al Jumu’ah:2)

    Maka (cobalah mereka) berikan hadits(rangkaian) semisal nya(al quran) jika (mereka) adalah orang-orang yang shadiq (Ath thuur:34)

    Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan kebenaran; Maka dengan hadits(rangkaian) mana lagi mereka akan beriman sesudah Allah dan ayatayat-Nya. (Al Jatsiyah:6)

  6. adi isa said

    saya mantau aja ya kang, secara kalau soal yang begini, saya masih banyak belajar…

  7. batjoe said

    pinter-pinter banget nih semua orang ….
    salam aja buat semunya dan yang punya blog ini

  8. fachia said

    Jujur saya belum paham mas. Tolong pencerahannya..🙂

  9. dedekusn said

    Setiap kali kesini sy merasa kecil ‘pisan’ kang, ga bisa komen apa2😦

  10. Duh……….ente nih masih gak maju2, masih aja percaya Syiah tahrif terhadap Qur’an !

    • Cekixkix said

      @Om Ahmed Shahi Kusuma
      Doh… elo bisanya cuma omong doang… Cekixkix…kix…kix…
      Tanggapin dong, @om Eagle klo ente brani.

    • Eagle said

      @Saudara Ahmed Shahi Kusuma
      Dengan kata lain saudara menafsirkan “باقر” yang dimaksud Abu Bakr yang membuat tahrif AlQuran ?!

      Apakah saudara tidak tahu rujukan diatas berasal dari faham Syi’ah ?!

    • @Ahmed Shahi Kusuma
      Masud sampean maju ke jurang kehancuran…:mrgreen:

      • @haniifa
        Begini ya…………
        Saya justru bangga sebagaimuslim bahwa Al Quran adalah satu2nya kitab suci di muka bumi yang meskipun awalnya terdapat 3 seket,sunni,syiah, dan khawarij yg saling membunuh, SubhnaAllah……….ternyata tidak ada ta’rif di dalamnya. bandingkan dengan kitabb suci Kristen yg berbeda baik katholi dengan Protestan. Protestan misalnya tidak mengakui Kitab Hikmah Salomo, Tambhan danile dll sebagai bagian kitab suci??
        Justru bukankah itu menujukkan Quran menunjukkan keagungannya ,yaitu tidak mengalami ta’rif.
        Salam!

        @
        Alhamdulillah, tapi apa sebaiknya lebih bangga menjdi mu’min ?!
        Sebab muslim wal muslimat, mu’min wal mu’minat semua ISLAM.:mrgreen:
        Seandainya tingkatan mu’min lebih tinggi derajatnya daripada muslim di sisi Allah, bagaimana ?!
  11. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,
    Kang Haniif saya hanya mengira-ngira saja, walau pernah belajar bahasa Arab,tapi tidak bisa-bisa. Bahasa Arab itu betul-betul sulit.

    Qala = telah berkata ( past tense ). Al Baqir itu saya kira bukan nama orang atau nama diri ( proper name ), karena di depannya ada kata AL ( sama dengan THE ), jadi itu mungkin nama sebutan. Dan memang secara literal Al Baqir itu berarti orang yang luas ilmunya.
    Mohon maaf kalau salah. Mungkin hanya orang Syiah saja yang lebih tahu artinya.
    Terima kasih.
    Salam.

    • Eagle said

      Assalamu’alaikum,
      @Saudara Abdul Aziz
      Kalau boleh bertanya, apakah itu catatan asli Al Baqer ?!
      Saya kira bukan! tapi siapapun yang membuatnya, tujuan utamanya supaya umat islam ragu kepada AlQuran.

      Mudah-mudahan kita dijauhkan dari api fitnah.

      • ABDUL AZIZ said

        Wa’alaikumussalam,
        Itulah yang menjadi masalah. Syiah itu kan tidak terbuka. Mungkin orang-orang Syiah juga tidak semua mengetahui secara keseluruhan tentang komunitas mereka sendiri dan juga ajaran-ajarannya.
        Sekali lagi mohon maaf, saya tidak banyak tahu tentang Syiah ini.
        Terima kasih
        Salam

      • Eagle said

        @Saudara Abdul Aziz
        Alhamdulillah
        Saya ternyata sependapat dengan saudara, mohon maaf sebesar-besarnya bukan maksud menyangsikan ilm saudara tetapi saya sekedar menyakinkan analisis pribadi.

        Sekali lagi mohon maaf, jika pertanyaan saya dianggap terlalu berlebih-lebihan.

        Salam silahturahim.

      • Wa’alaikum Salam, @Kang Abdul Aziz
        Allahu Akbar,
        Subhanallah,
        Seph sekali @kang, Hatur tengkiu ahh….

        Salam kanu nuju takbiran, ti Bandung.

        @Mas Eagle.
        Terimakasih lebih memaknai.

        Salam hangat selalu, Haniifa.

    • Sugombal said

      Sory sekedar info, yg dimaksud QOLA ALBAQIR, maksudnya ABI ABDILLAH yaitu JA”FAR ASSODIQ, itu merupakan julukan nama cucu ROSULULLAH SAW, kalau saya tidak salah.., tp ulama2 shi’ah berbohong atas nama beliau…!!!

  12. dedekusn said

    Assalamu’alaikum…
    Kang Haniifa yg baik, sami2 Kang:
    Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 H
    MOHON MAAF LAHIR BATHIN

  13. dedekusn said

    Kang Haniifa hari ini jd Hotib kan?

  14. japs said

    Wa’alaikumsalam, Kang Haniif.

    Alhamdulillah tiap datang ke blog ini saya selalu tercerahkan.

    Selamat Idul Adha, juga. Salam untuk keluarga tercinta.

    Wassalamu’alaikum

    -japs-

  15. qarrobin said

    Assalamu’alaikum…

    Kang Haniifa yg baik, sami2 Kang:

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 H

    MOHON MAAF LAHIR BATHIN

  16. Assalamualaikum.
    Selamat Hari Raya idul Adha 1430 H sobat.
    salam kenal yaa

  17. […] Posts Darah orang-orang Syi'ah HalalAl Qur'an membuktikan bahwa bilangan nol bukan misteri.Saya adalah seorang Syi'ahISLIBRahasia Al Qur'an dibalik huruf […]

  18. the70no said

    Allahu Akbar
    Pak Haniif memang top bangeeeeetttttttt.

    @
    Alhamdulillah.
    Terima gajih terima gajih… hehehe😀
  19. Anwar said

    Saya ingin berdiskusi dengan anda, saya juga punya tulisan2 tentnag syiah. Silahkan kunjungi blog saya, dan baca artikel yang ada dalam label Lawan Syiah!

  20. @haniifa
    assalamu’alaikum
    terima kasih atas informasinya…krn sebelumnya saya tidak banyak tahu bagaimana bentuk konkrit perubahan (penambahan) yg dilakukan orang syi’ah terhadap al-qur’an…

    • Wa’alaikum Salam, @Mas Kusmardiyanto
      Demikian juga saya sangat berterima kasih, khususnya atas kontribusi @Mas pada terjemaahan kata “wahyu” dan “ilham”.

      Salam hangat selalu, Haniifa.

  21. Abdullah said

    Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

    Golongan Syi’ah terutamanya ulama-ulama yang menjadi paksi kepada agama mereka beri’tiqad bahawa al-Quran yang dihimpunkan oleh sahabat-sahabat r.a. dan berada di tangan umat Islam sekarang telah berlaku penyelewengan dan tokok tambah padanya. Di bawah ini akan dikemukakan sebahagian daripada mereka.

    Ali bin Ibrahim al-Qummi pengarang kitab tafsir tertua di sisi Syi’ah menyebutkan di dalam mukaddimahnya:

    فالقرآن منه ناسخ، ومنه منسوخ، ومنه محكم، ومنه متشابه، ومنه عام، ومنه خاص، ومنه تقديم، ومنه تأخير، ومنه منقطع، ومنه معطوف، ومنه حرف مكان حرف، ومنه على خلاف ما انزل الله

    Bermaksud: Al-Quran di antara ayatnya ada yang memansukhkan, ada yang dimansukhkan, ada yang muhkam dan ada yang mutasyabih, ada yang umum dan ada yang khusus, ada yang terdahulu dan ada yang terkemudian, ada yang terputus dan ada yang bersambung, ada yang diletakkan satu huruf di tempat satu huruf yang lain dan di antaranya ada yang berlainan dari apa yang diturunkan oleh Allah Taala

    [Tafsir Al-Qummi, Mukaddimah juz 1 hal. 6]

    Dan ramai lagi ulamak Syi’ah yang menerima bahawa telah berlakunya tahrif di dalam al-Quran seperti Syeikh Mufid di dalam Awailul Maqaalat hal 13, Al-Kasyani di dalam mukaddimah Tafsir As-Shafi, Abul Hasan Al-Amili di dalam mukaddimah Tafsir Mir’atul Anwar dan lain-lain lagi.

    Wabillahi Taufik Walhidayah,
    Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

    Wa’alaikum Salam Warrahmatullahi Wabarakatuh, @Abdullah
    Terima kasih atas informasinya.

    Salam hangat selalu, sahabat.

  22. patih said

    wuih baru tau nie ternyata perbedaan Syiah ma Suni begitu mencolok….
    kalo saya sih taunya Aswaja NU dan Muhamadiyah doang.

    bagus2 nie artikelnya…….
    salam kenal dari cah Brebes

  23. […] Komentar terbaru Mujizat Muhammad … on Rahasia Al Qur’an dibali…Mujizat Muhammad … on Agama Syi’ah sama dengan Agama…Eagle on Syurr ga dibalik jilbab h…Rubon on Syurr ga dibalik jilbab h…patih on Syurr ga dibalik jilbab h…patih on Saya adalah seorang Syi…dedekusn on Syurr ga dibalik jilbab h…Onta on Syurr ga dibalik jilbab h…Filar Biru on AboutSawali Tuhusetya on Syurr ga dibalik jilbab h…kusmardiyanto on Agama Syi’ah sama dengan Agama…boni on Darah orang-orang Syi’ah…Abdullah on Agama Syi’ah sama dengan Agama…Wedul Sherenian on Syurr ga dibalik jilbab h…Abdullah on Saya adalah seorang Syi… […]

  24. […] Saya adalah seorang Syi’ah […]

  25. Bang Zero said

    masih nyimak neh @Kang….

    BTW…saia da bikin blog neh…masih baru…masih belajar…balum banyak artikel…tapi silahkan mampir yah…(dulu: Opik)

    wassalam…

  26. Goda-Gado said

    numpang absen plus ninggal jejak dulu aja lah…

  27. […] Saya adalah seorang Syi’ah […]

  28. Sugombal said

    Sory sekedar info, yg dimaksud QOLA ALBAQIR, maksudnya ABI ABDILLAH yaitu JA”FAR ASSODIQ, itu merupakan julukan nama cucu ROSULULLAH SAW, kalau saya tidak salah.., tp ulama2 shi’ah berbohong atas nama beliau…!!!

  29. Roy Rey said

    Numpang Comment yah…

    Membaca..belajar…belajar…belajar

    Makasih… buat yg bikin blog

    Yang laen jga pada pinter2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: