حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Sekawan Wawan syah ahlul bid’ah

Posted by حَنِيفًا on August 14, 2009

Assalamu’alaikum,

Alhamdulillah

Pada kesempatan ini saya diberi kuliah gratis … 😀 dari @Wawan soal pemahaman Azza Wa Jalla“, berikut penuturannya :

@Wawan said :

Arti dari kalimat “Allah Azza Wa Jalla” adalah Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung. Kata-kata “azza” adalah bentuk kata kerja intransitif, kata sifatnya adalah “Aziz” yang artinya Perkasa. Sedangkan kata-kata “jalla”kata kerja intransitif yang kata sifatnya adalah “jalil” yang artinya agung. Sehingga jika digabungkan kata-kata ” Azza Wa Jalla” berarti Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung. :coll:

Menurut “Kamus Umum Bahasa Indonesia” susunan W.J.S Poerwadarminta :
1. Kata “intransitif” E: ba. (kata kerja) tidak berpelengkap penderita (spt menangis, menepi)(hal. 385).
2. Kata “transitif” E: ba. (kata kerja) yang berpelengkap penderita….. (hal. 1089)
Catatan:
Lihat halaman KEPENDEKAN
E : Eropah
ba : Istilah ilmu bahasa.

Mungkin karena topik ini terlalu rumit dan panjang untuk dijelaskan, meski bisa saja disederhanakan dalam kasus ini, misalnya, ”Wawan mengernyitkan dahi” adalah kalimat transitif. Sedangkan ”Wawan mengernyit” adalah kalimat intransitif. Yang transitif dan intransitif dibedakan dengan pemakaian obyek langsung (”dahi” dalam kalimat di atas) dan obyek tidak langsung, bahkan tanpa obyek sama sekali (”Wawan mengernyit”).

Kalau orang mengatakan ”Saya akan berbicara keong”, tentu kita semua  akan bingung karena kalimatnya tidak lengkap sehingga bisa ditafsirkan ”berbicara kepada keong” atau ”berbicara tentang keong”. Tapi kalimat ”Saya akan membicarakan keong” tidak mendua arti. Jelaslah, yang terdahulu adalah kalimat intransitif (dengan obyek tidak langsung), dan yang belakangan adalah kalimat transitif. Maka, secara bahasa akan salah, meski artinya bisa dimengerti, apabila contoh kalimat kedua dipaksa menjadi ”Saya akan membicarakan tentang keong”.

Salah apa ? ”Saya akan membicarakan tentang keong” itu.

Ya, dalam kalimat di atas, ”membicarakan” adalah verba transitif (sehingga obyeknya langsung). Tidak dibutuhkan kata penghubung (tentang, dengan, mengenai, dll) dalam kalimat jenis ini. Kalau sampean @Wawan ngotot ingin memakai kata ”tentang” karena yang dibicarakan bukan hanya keong tapi juga hal-hal lainnya di sekitar keong, kalimat yang benar haruslah ”Saya akan membicarakan soal (ihwal, perihal) keong”.

Dalam kalimat intransitif pun tidak boleh ada paksaan. ”Saya akan berbicara tentang keong” tidak boleh dikatakan dengan ”Saya akan berbicara soal keong.” Pasalnya ”soal” adalah kata benda, bukan kata penghubung.

Dalam bahasa Keong @Wawan…. eh salah…😀 , Bahasa Inggris hal seperti ini sudah baku. Pada kalimat yang mengandung verba intransitif misalnya ”talk about snail”, tidak pernah diucapkan ”talk snail”. Sedangkan kalimat transitif ”I love you” tidak bisa dipaksa menjadi ”I love to you”.

Sehingga sebutan Allah Azza Wa Jalla setara dengan 1 Objek sebutan secara langsung  dan 2 objek sebutan secara tidak langsung

Astaghfirullahal adzim, jika kita telisik lebih jauh maka jelas sekali bertentangan dengan (QS 17:110) dimana kita diwajibkan menyebut Asma Allah atau Ar Rahman secara langsung:

Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (QS 17:110)

Ahlul Keong menjelaskan lebih runyam lagih :

@Wawan Ahlul bid’ah
Azza Wajjalla menujukkan sifat Allah, silahkan (haniifa: 😛 ) dlm penulisannya diganti dgn Allah Subhanahu Wata’ala juga

Penggunaan kalimat sebutan Allah Subhanahu wa ta’ala berasal dari transitif kalimat “Allah ilahun wahidun subhanahu” , dalam bentuk lengkapnya sbb:


أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَـنِ الرَّجِيمِ
يأَهْلَ الْكِتَـبِ لاَ تَغْلُواْ فِى دِينِكُمْ وَلاَ تَقُولُواْ عَلَى اللَّهِ إِلاَّ الْحَقَّ إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَـهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِّنْهُ فَـَامِنُواْ بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ وَلاَ تَقُولُواْ ثَلَـثَةٌ انتَهُواْ خَيْراً لَّكُمْ إِنَّمَا اللَّهُ إِلَـهٌ وَحِدٌ سُبْحَـنَهُ أَن يَكُونَ لَهُ وَلَدٌ لَّهُ وما فِى السَّمَـوَت وَمَا فِى الاٌّرْضِ وَكَفَى بِاللَّهِ وَكِيلاً

Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara. (QS 4:171)

Penggunaan kalimat “Allah Azza Wa Jalla” adalah hasil dari metodologi TRINITAS dan secara sengaja atau tidak sengaja infiltrasi dari pengaruh metodologi YAHUDI dalam pemahaman al-Quran sudah ikut merusak  pola pikir para ulama, cendekiawan, dan tokoh Islam, yang semestinya menjaga umat, maka keadaan ini bukanlah hal yang biasa-biasa saja, pada Nash Al Qur’an misalnya pada kalimat:

  1. Allah ‘Aziizun Hakiim
  2. Wa Allahu Sami’ul ‘alim
  3. Hu Wal Aziizul Hakiim
  4. Allahul Wahidul Qahhar
  5. Allahu Qawiyul ‘Aziiz

Di dalam Al Qur’an tidak ada satupun AZZA WAJJALA yang berarti “Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung” yang difahami oleh sekawan Wawan syah ahlul bid’ah. Sedangkan salah satu contoh dalam nash Al Qur’an adalah AZIIZUN HAKIM seperti tertuang pada (QS 2:220)

إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Innallaha ‘aziizun hakiim artinya Sesungguhnya Allah itu Yang Maha Perkasa lagi Hakim yang Maha Agung…

Wassalam, haniifa.

255 Responses to “Sekawan Wawan syah ahlul bid’ah”

  1. qarrobin said

    Pertamaaaaaxxxxxxxxx……………..

  2. Fietria said

    Keduaaaaxxxxxxxxxxx

  3. masblankon said

    Kacugaaaaxxxxxxxxxxx😆

  4. qarrobin said

    Begitu ya Kang @Haniifa
    infiltrasi meraksuk, resentimen yang meru(k)sak

    Salut dah pokoknya ama Kakang @Haniifa
    Hatur tengkiu

  5. lovepassword said

    Selain bahasa assembly ternyata kamu bisa bahasa Indonesia juga ya? Heran saya hik hik hik

  6. KangBoed said

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank akang Haniifa anu pangkasepna
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  7. Fietria said

    Mana si Wawan? Kok enggak muncul?
    Buat yang mau jihad tanpa mengorbankan nyawa, silakan rame-rame datang ke sini:
    http://fietria.wordpress.com/2009/06/25/keajaiban-ka'bah-dan-misteri-hajar-aswad/

  8. Assalamu’alaikum,
    Subhaanallah, pengetahuan Mas Haniifa sangat luas, tulisan ini menambah ilmu pengetahuan saya.
    (Dewi Yana)

  9. adi isa said

    new seleb di blog ini bernama @wawan

    so, kita tunggu aja klarifikasi dari beliau..hehehehe

    • haniifa said

      @Kang Adi Isa
      si Wawan memang celeb super duper munafiqun😀😆
      Beliau ini sejenis domba berbulu musang, hehehe….

      Salam hangat saudaraku.

      #Haniifa.

    • rubon said

      @Adi Isa
      Saudara Wawan sebenarnya baca artikel ini tapi tidak ada keberanian untuk berkomentar…. hehehe

      • adi isa said

        malu kali om…😀😆

      • rubon said

        Mungkin besar, memalukan-nya !!!😀😆

      • bangsat haniifa said

        haniifa cs taikucinglah…😛😛
        wong pada goblog keblinger ko di banggakan.. hufh..😦

      • cekixkix said

        @Om Bangsat Kresten bin Setan Rusuh
        Ceile, ternyate air pipis gue mengandung zat memabukan padahal yang gue makan jengkol ame ikan asin… @Om Bangsat Kresten, keliatanye semakin mabuk kepayang… Cekixkix…kix…kix….

    • qarrobin said

      karna pake smart yg lemot, @wawan mampir kesini aja gih

      katanyah si wawan
      “Siapa meninggal tanpa seorang imam, maka dia meninggal dalam keadaan jahiliah dan siapa yang mengangkat tangan (berlepas diri) dari ketaatan, maka dia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki hujjah pada dirinya”

      bukannya menurut wawan sendiri imam mahdi sekarang belum muncul, ketika wawan ko’it, ia meninggal tanpa seorang imam, jadi wawan meninggal dalam keadaan jahilliyah.

      kalo mau dipaksakan cukup dengan mempercayai saja, maka ajaran syi’ah ini sama dengan ajaran kristen, cukup percaya aja sama yg disalib maka akan masuk surga (qalaata mbah surip : enak dong, mantep dong, daripada kamu naik bajey, kesasar).

      kalo emang imam mahdi ghaib, coba dijelasken pake ilmu fisika, saya tunggu jawabannya dari ahlul syi’ah, jangan copas dari blog saya yah ilmunya, pelajari sendiri. Ilmu syi’ah jauh ketinggalan.

      Kalian selalu memusuhi umar, abu bakar dan usman. Padahal yang membunuh keluarga Ali adalah Muawiyah. Itupun karna Muawiyah membawa bendera bertuliskan ayat2 alquran, sebagai taktik untuk pembantaian.

      Ga perlu nunggu zulkarnayn untuk njelasin ke kalian, teman2 disini bisa membuktikan kalo imam mahdi bukan keturunan Ali. Katanyah imam mahdi keturunan muhammad, jelas ga bisa karna silsilah telah berakhir, muhammad itu bukan bapak dari salah seorang dari kamu.

      Soal ramalan Yezekiel, ga tepat tuh….hanya andai2, coba suruh syi’ah buat mesin-waktu(wanen), lihat dimasa depan. Hihihi….mereka akan terkejut kalo imam mahdi bukan keturunan Ali.

      • haniifa said

        @Kang Qarrobin Djuti
        Mantab’s sekali bro.

        katanyah si wawan
        “Siapa meninggal tanpa seorang imam, maka dia meninggal dalam keadaan jahiliah dan siapa yang mengangkat tangan (berlepas diri) dari ketaatan, maka dia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki hujjah pada dirinya”

        bukannya menurut wawan sendiri imam mahdi sekarang belum muncul, ketika wawan ko’it, ia meninggal tanpa seorang imam, jadi wawan meninggal dalam keadaan jahilliyah.

        kalo mau dipaksakan cukup dengan mempercayai saja, maka ajaran syi’ah ini sama dengan ajaran kristen, cukup percaya aja sama yg disalib maka akan masuk surga

        Subhanallah
        Jeli sekali pandanngan @Kang Qarrobin Djuti.

        Salam hangat saudaraku.

        #Haniifa.

      • rubon said

        Kelak si Wawan ko’itnya bareng sama Imam Mahdi Khayalan… langsung di adzab depan belakang.

      • qarrobin said

        saya tau kok buku yang wawan baca, saya juga punya…harusnya disaring dulu tuh buku.

        Saya juga pernah ikut diskusi para new member syi’ah, di walhi, mereka juga ngaku kalo dananya dari Israel.

        Ketika giliran saya yang memaparkan tentang langit(dari ibn arabi) dan alam amr(dari shadruddin al qanawi), ilmu mereka ga nyampe kesitu. Mereka bilang ilmu mereka paling tinggi, bahkan Shadruddin al-qanawi mereka anggap anggota syi’ah, padahal ada beberapa teorinya yang bertentangan dengan syi’ah

      • haniifa said

        @Mas Qarrobin Djuti
        Kemampuan mereka sebenarnya cukup lumayan, namun karena takut “murtad” sama IMAM-nya jadi hati dan fikiran mereka (baca: Kaum Islam Syi’ah dan Nashrani Kristen) menjadi kabut yang kelam.

        Sejarah membuktikan asal usul kaum Islam Syiah dari Imperium Persia dan Nashrani Kristen dari Imperium Rumawi… sakit hati karena mereka dikalahkan oleh ISLAM ini berkepanjangan dan diturun-temurunkan ke berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat dunia.

        Coba @mas, pelajari artikel berikut:
        https://haniifa.wordpress.com/2009/06/21/bukti-ramalan-dalam-al-quran/

        Wassalam, Haniifa.

      • qarrobin said

        udah ngaluncur kang, begitu ya genealoginya, pan-tesan

        wassalam, hatur tengkiu

      • haniifa said

        @Kang Qarrobin Djuti
        Subhanallah
        Begitu jelas bukan !!! musuh-musuh Islam jaraknya bagaikan selembar rambut… dan mereka sudah masuk dalam segala aspek kehidupan kita, Insya Allah rekan-rekan bisa membendung bahkan menyerang balik, Amin.

        Wassalam, Haniifa.

  10. the70no said

    Salut-salut sama @mas Haniifa

    @
    Hatur tengkiu, sahabat sejatiku
  11. hanifa said

    tai kucing lah…
    ________________

    @Rekan-rekan
    Oom hanifa = setan_rusuh@yahoo.com

    #Haniifa

    ________________

  12. Fietria said

    Memang ada yang aneh dengan si wawan, emailnya saja setan rusuh. Mirip dengan temannya aisya yang pakai email geblek

  13. hanifa said

    men ngapa pa da mikir ngonoh – ngonong pengin pada melbu surga apa…ujare surgane kakine haniifah apa..goblog goblog…dasar tai kucing ha ha ha ha ha….

  14. cekixkix said

    @Om Setan_rusuh@ yaahhh… ooooo
    Gue barusan nginjek ta’ik kucing mencrett, jilatin dong… Cekixkix…kix…kix…

  15. hanifa said

    dasar wong pinter nek keblinger gue dadi goblog…renungkanlah…ha ha ha ha…haniifa blogmu pa dadi waras gie…mikirrrr……

    • haniifa said

      Hua.ha.ha
      Dimana-mana juga artikel posisinya ada diatas, bukan komentar… huahaha
      so…
      Ada komentar aneh, pinter, keblinger bahkan komentar kayak sampean yang nggak karu-karuan tidak menjdi masalah… dasar dungu kok di ingu sehhh😀😆

  16. hanifa said

    siapa yang marahnya sngguhan hayoo berarti harus belajar lagi tentang …..ha ha ha…dasar wong pinter nek keblinger gue dadi goblog…ha ha ha ha….ee mambu…haniifah oho..oho…lg yuk..ihi ihi…

  17. hanifa said

    🙂

    • haniifa said

      Hua.ha.ha

      hanifa said
      August 15, 2009 at 9:20 am

      dasar wong nek pinter keblinger tu jd goblog…..ngaca…..puas aku….makasih pelayanannya besok sambung lagi😛 …tp mikir yah aja kesuen keblingere…ha ha ha ha…

      Nggak malu tuhh… apa sudah agak mendingan orgil nyah, setelah minum obat..😀😆

  18. gacoan haniifa said

    dasar wong pinter nek keblinger gue dadi goblog…:P

  19. gacoan haniifa said

    cekixkix aja kaya asu kowe meneng bae aja melu melu pengin tek sodomi apa hah…

  20. gacoan haniifa said

    hanifah memang orang yang pinter tapi sayang hanifah keblinger…dadi goblog terus gelem goblog2 na haduh…repot…hufh..:(

  21. gacoan haniifa said

    hanifa asu kowelahhh…..taikucing…tai mambu….

  22. haniifa said

    @All
    Sehubungan diskusi pada postingan Imam Mahdi adalah Nabi Muhammad s.a.w cukup memuaskan semua fihak maka sebaiknya dilanjutkan pada sesi berikutnya, yaitu bagian ke-2

    Salam hangat selalu, Haniifa.

  23. sportif dong said

    @Haniifa cs

    Jujur saya pernah khatam Al Qur’an. Akan tetapi masalah pemahaman adalah sangat penting, sebab banyak yg hafiz Al Qur’an dan pintar, namun banyak yg terjebak oleh pemahaman Islam yg keliru (radikal dan ekstrem), sehingga Islam tampil kepermukaan dunia Internasional dicap sebagai teroris, ciri2nya yaitu; keras dan kasar dlm ucapan dan perbuatan, suka menghina orang lain, menebar fitnah, menghasut, mencaci, memaki, mengumpat, tidak toleransi terhadap perbedaan, dlsb. Pendek kata mengaku Islam, namun selalu melakukan perbuatan keji dan munkar. A’udzubillahimindzalik. Astaghfirullahal ‘Adzim.

    • haniifa said

      @Mas Sportif Dong
      Astaghfirullahal ‘adzim

      Sombong sekali saudara !!!
      Dan saya hanya sekedar memberikan pemahaman hanya dan hanya satu ayat saja kepada rekan-rekan, ternyata membutuhkan waktu bertahun-tahun dan diskusi yang sangat melelahkan. Silahkan saudara pelajari kalau benar-benar paham ayat yang saya maksud.
      ini tarjamaah ayatnya:
      https://haniifa.wordpress.com/2008/03/18/45/

      Saya tunggu diskusi disana, jika saudara orang yang benar-benar faham.

      Wassalam, Haniifa.

    • sportif dong said

      @Haniifa cs

      Saya tidak merasa sombong (coba anda telaah lagi komentar2 saya). Dari awal diskusi saya meminta kalian semua untuk menampilkan dalil sebagai bahan rujukan, kemudian dibahas bersama. Hanya itu saya kira.😎

      • haniifa said

        @Sportif Dong
        Saudara menggunakan nickname @Sportif Dong, tapi sungguh tidak sportif…😀😆
        Kalau sampean keok diskusi sama saya, jangan libatken rekan-rekan saya dunk. ( Haniifa cs😛 )

        Dasar faham Syi’ah tukang sumber fitnah dan
        faham Kristen bibit fitnah.

      • haniifa said

        @Sportif dong
        Saya tidak merasa sombong
        _________________
        Benar saudara tidak merasa sombong, tapi sudah menjadi SOMBONG dan TAKABUR

      • sportif dong said

        Coba anda baca dan pahami lagi pemahaman (mazhab) Syi’ah yg saya sampaikan tsb diatas,😎

      • haniifa said

        @Sportif Dong
        Coba saudara fahami sejarah ISLAM… absolute tidak mazhab-mazhab yang ada adalah golongan kanan dan kiri, titik.

      • sportif dong said

        @Haniifa

        Yg mengatakan istilah Syi’ah adalah Nabi Muhammad saw, mau bukti? 😕

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong
        Itu pengakuan saudara sendiri, bahwa saudara adalah faham SYI’AH
        Mohon maaf saya tidak butuh bukti apapun pada statemen saudara, jadi kalau saudara ngotot maka akan saya hapus demi memudahkan arah diskusi.

        @All
        Clear😀

        Wassalam, Haniifa.

      • oho oho said

        halah …tai kucinglah….
        _________________

        @Oho-Oho
        setan_rusuh@yahoo.com ==> penjilat tai kucing … hehehe

        #Haniifa.

        _________________

      • oho oho said

        sedap…..kontole haniifa bengkong…ha ha ha😀😀😀

      • haniifa said

        @Kang Mas Oho Oho
        Hua.ha.ha.
        Sampean kuat ingatannya, padahal pengalaman waktu kita kecil dan saya udah lupa soal mencret itu, hihihi… sampean yang jilatin… ehh nyebokin…
        ma kasih lho @mas, tapi kalau sekarang janggan ahhh malu… 😛

    • rekan said

      @haniifa
      mungkin dia sekawanan wawan cs🙄

      @Rekan

      Insya Allah, mereka segolongan dengan syaitan .

      Naudzubillahi min dzalik.

  24. kajian yang menarik, mas hanif, terutama ttg pembahasan kalimat transitif dan intransitif. saya tak tahu persis apakah struktur bahasa arab memiliki kesamaan dg bahasa indonesia.

    • haniifa said

      @Mas Sawali Tuhusetya
      Mohon koreksinya @mas, kalau-kalau saya keliru…

      Soal struktur bahasa arab, jujur saja saya bukan ahlinya😦 ,tapi Insya Allah kalau di dalam Al Qur’an sampai saat ini saya belum menenukan pola perubahan kalimat transitif dan intransitif… sebaliknya kalau bentuk compound sentence banyak saya temui, tapi karena keterbatasan maka untuk sementara bentuk kalimat tersebut diasumsikan sebagai ayat mutasyabihat.

      Salam hangat selalu.

      #Haniifa.

  25. sportif dong said

    @Haniifa cs

    Lucu euy😆:mrgreen:

    • haniifa said

      @Sportif Dong
      Ya… memang lucu sekali, saudara tidak berkomentar sedikitpun pada link yang yang saya tunjuk. !!!
      Artinya kemampuan saudara terhadap pemahaman ayat-ayat Al Qur’an = NOL alias omong doang.

      #Haniifa.

  26. haniifa said

    @Saudara Sportif Dong
    Mari kita mulai diskusi soal pemahaman ayat jika saudara memang benar-benar mampu :

    Al Qur’an surah Al Ikhlas ayat 1
    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

    (QS 112:1) dalam tulisan latin
    Qulhu Wa Allahu Ahad

    (QS 112:1) dalam tulisan tarjamaah Inggris
    a. Say: He is Allah, the One and Only;… Tafsir Yusuf Ali,Malik
    b. Say: “He is Allah,the One.’ …. Tafsir Pickthal,QXP
    c. Proclaim, “He is the One and only GOD….. Tafsir Khalifa

    (QS 112:1) dalam tulisan tarjamaah Indonesia
    Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Satu”… Tafsir Depag, dll.

    Mana menurut saudara yang lebih baik ?!

    #Haniifa.

    • sportif dong said

      Iya benar anda hebat sekali, tapi jangan lupa pemahamannya, ok😎

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong

        Saya tidak butuh pujian atau apapun dari saudara, sekarang jawab saja pertanyaan saya dan kemukakan alasan saudara. !!!

    • haniifa said

      @Saudara Sporti Dong
      Mohon maaf saudara jangan lari dari akar masalah.

      Al Qur’an surah Al Ikhlas ayat 1
      قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

      (QS 112:1) dalam tulisan latin
      Qulhu Wa Allahu Ahad

      (QS 112:1) dalam tulisan tarjamaah Inggris
      a. Say: He is Allah, the One and Only;… Tafsir Yusuf Ali,Malik
      b. Say: “He is Allah,the One.’ …. Tafsir Pickthal,QXP
      c. Proclaim, “He is the One and only GOD….. Tafsir Khalifa

      (QS 112:1) dalam tulisan tarjamaah Indonesia
      Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Satu”… Tafsir Depag, dll.

      Mana menurut saudara yang lebih baik ?!
      (sebutkan alasannya…)
      Mana menurut saudara yang PALING BURUK ?!
      (sebutkan alasannya…)

      #Haniifa.

  27. sportif dong said

    Yang paling baik adalah dalam bahasa Al Qur’an. Alasannya karena Al Qur’an adalah firman Allah swt.

    • haniifa said

      Tujukan bahasa Al Qur’annya dan bagaimana saudara lafadzkan kemudian bagaimana saudara bisa fahami ?!

    • sportif dong said

      قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

      Qulhu Wa Allahu Ahad

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong
        Rupanya saudara kurang memahami arah pertanyaan saya, baiklah kalau begitu sekarang kita lanjutkan.

        A. (QS 112:1) dalam tulisan tarjamaah Inggris
        a. Say: He is Allah, the One and Only;… Tafsir Yusuf Ali,Malik
        b. Say: “He is Allah,the One.’ …. Tafsir Pickthal,QXP
        c. Proclaim, “He is the One and only GOD….. Tafsir Khalifa

        B. (QS 112:1) dalam tulisan tarjamaah Indonesia
        Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Satu”… Tafsir Depag, dll.

        Menurut saudara lebih mudah memahami tarjamaah versi (A atau B) ?!

        *** Jangan lupa beri alasan yang jelas ****

      • sportif dong said

        Menurut saya yg paling baik adalah bahasa Al Qur’an dan mengerti artinya sesuai bahasa daerahnya masing-masing. Alasannya karena sesuai dengan kemampuan masing-masing.

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong
        Mohon maaf dengan sangat, perhatikan sekali lagi dan nggak usah basa-basi.

        Cukup jawab A: karena B bla.bla.bla
        atau
        Cukup jawab B: karena A bla.bla.bla

        Sangat jelas bukan !!!

      • sportif dong said

        Lha itu kan sudah jelas meliputi A dan B. Kalo saya termasuk yg B, alasannya karena sesuai dgn kemampuan saya.

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong
        Saudara mengerti tarjamaah kedua versi tersebut ?!
        Sekali lagi dan nggak usah basa-basi.

        Cukup jawab A: karena B bla.bla.bla
        atau
        Cukup jawab B: karena A bla.bla.bla

        Sangat jelas bukan !!!

      • oho oho said

        go ngapa mikiri ngonoh-ngonoh wong pinter nek keblinger genah iya…njrimet sue sue dadi goblog😛😛

      • sportif dong said

        @Haniifa

        Jawaban saya B, karena A sama saja artinya🙂

        @Oho Oho

        Jangan gitu ah, mari kita sama-sama belajar🙂

      • haniifa said

        @All
        Mohon maaf sebesar-besarnya, untuk sementara komentar yang lain saya pending..

        @Sudara Sportif Dong
        Kalo saya termasuk yg B, alasannya karena sesuai dgn kemampuan saya.
        ________________________
        Apakah saudara tidak mampu memahami tarjamaahan versi A ?!

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong
        Jawaban saya B, karena A sama saja artinya
        ________________________________
        Yakin saudara akan statement sendiri

      • oho oho said

        haniifah wong pinter tapi kemlatak…hacim…😦

      • sportif dong said

        Saya mengerti dua-duanya, tapi untuk toleransi saya memilih B.

      • haniifa said

        @Mr. Sportif Dong

        Al Qur’an Sura 17 Verses 110
        Say: “Call upon Allah, or call upon Rahman: by whatever name ye call upon [name]Him, (it is well): for to Him [name] belong the Most Beautiful Names. Neither speak thy Prayer aloud, nor speak it in a low tone, but seek a middle course between.”

        Pertama:
        Apa pendapat saudara sekarang ?!
        c. Proclaim, “He is the One and only GOD…..” Tafsir Dr. Rashad Khalifa.

        Kedua:
        Perlu dipertanyaken kembali kemampuan saudara dalam Tata Bahasa Asing !!!
        a. Say: He is Allah, the One and Only;… Tafsir Yusuf Ali,Malik
        b. Say: “He is Allah,the One.’ …. Tafsir Pickthal,QXP

        He❓

        Wassalam, Haniifa.

      • sportif dong said

        Oh, no what-what :mrgreen:

      • haniifa said

        @Saudara Sportif Dong
        Oh, no what-what
        _________________________________
        Jadi paham syi’ah semua mengikari (QS 17:110), karena menurut pemahaman syi’ah bahwa :

        Jawaban saya B, karena A sama saja artinya

        Coba saudara lihat adakah kata Allah atau Ar Rahman
        c. Proclaim, “He is the One and only GOD”….. Tafsir Dr. Rashad Khalifa.

        *** Absolute tidak ada asma ALLAH atau AR RAHMAAN ***

        #Haniifa.

      • sportif dong said

        Udah kuno jebakan anda itu :mrgreen:

      • haniifa said

        @Mr. Sportif Dong
        Udah kuno jebakan anda itu
        _______________________________
        Kuno tapi tetap efektif untuk membongkar penyakit hati faham Syi’ah dan faham Kristen yang sangat membatu.

        Ini baru namanya toleransi, walau kurang setuju
        a. Say: He is Allah, the One and Only;… Tafsir Yusuf Ali,Malik
        b. Say: “He is Allah,the One.’ …. Tafsir Pickthal,QXP

        Masih disebut asma Allah, walaupun perlu pemahaman lebih lanjut…

        #Haniifa.

      • sportif dong said

        Gimana baiknya aza, da anda mah pinter…pinter kodex :mrgreen:

      • haniifa said

        @Mr. Sportif Dong

        @Haniifa cs
        Saya tidak merasa sombong (coba anda telaah lagi komentar2 saya). Dari awal diskusi saya meminta kalian semua untuk menampilkan dalil sebagai bahan rujukan, kemudian dibahas bersama. Hanya itu saya kira.

        Nggak malu saudara dengan statement sendiri…❓

        Satu ayat saja (QS 112:1), saudara tidak pahami !!

        #Haniifa.

      • sportif dong said

        @Oho Oho

        Kemlatak itu apa artinya sih?😕
        ________________

        @All
        Cara kaum Syi’ah mencari teman Kaum Kristen….😀
        Silahken panggil kawan kerabat kalian dan tunjukan kepada saya:
        Satu ayat saja (QS 112:1), kalian tidak paham !!

        #Haniifa

  28. oho oho said

    ora sudi belajar maring wong kemlatak kaya haniifa bok dadi keblinger…ihi ihi…😀😀
    __________________

    @Saudara Oho Oho
    😀
    @All
    Oho – oho = setan_rusuh@yahoo.com

    #Haniifa.

  29. sportif dong said

    @Haniifa

    Makanya tampilkan dalil yg menjadi bahan rujukan tentang shalat tarawih berjama’ah😐

    • haniifa said

      @Tuan Sportif Dong
      Satu ayat saja (QS 112:1), saudara tidak pahami !!

      • sportif dong said

        Kaya anak kecil aza anda itu, dari dahulu kala anda tidak bisa menampilkan dalilnya. Makanya pinter juga tidak ada artinya, kalo pemahamannya keliru.🙂

      • haniifa said

        @Tuan Sportif Dong
        Kaya anak kecil aza anda itu
        _____________________
        Siapa kayak anak kecil ?!
        Secara bahasa Al Qur’an saya pahami (QS 112:1)
        Fakta: saya hitung total lafadz Allah pada seluruh teks Al Qur’an
        Secara bahasa Matematika saya pahami (QS 112:1)
        Secara tata bahasa Nasional saya pahami (QS 112:1)
        Secara tata bahasa Internasional saya pahami (QS 112:1)

        Lalu apa yang saudara pahami pada (QS 112:1) = NOL BESAR.

      • sportif dong said

        Yg saya pahami tentang (QS 112:1) adalah Allah itu Esa.
        ___________________

        @Sportif Dong
        😛
        Baca lagi dung tulisan sendiri… hehehe

        #Haniifa.

      • haniifa said

        @Tuan Sportif Dong
        Makanya pinter juga tidak ada artinya, kalo pemahamannya keliru.
        _______________________
        Silahkan sekarang saudara tunjukan kepahaman saudara tentang satu ayat saja yaitu (QS 112:1) !!!

        Saya tunggu…

    • sportif dong said

      Saya juga menunggu dari dulu anda untuk menampilkan dalil yg menjadi bahan rujukan tentang shalat tarawih berjama’ah.😆

      • haniifa said

        @All
        Fakta :
        Wawansyah –> Kaum Kristen
        Sportif Dong –> Kaum Syi’ah

        Kaum Syi’ah dan Kaum Kristen adalah perpanjangan tangan kaum YAHUDI.

        Rujukan Dalil Naqli (QS 2:18) :
        Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar).

        Wassalam, Haniifa.

      • sportif dong said

        Alhamdulillah, trimksh anda telah mengingatkan diri anda sendiri🙂

      • haniifa said

        @Sportif Dong
        Hua.ha.ha…
        Saudara Kriten sampean datang juga akhirnya…
        Setelah sampean menggong-gong….😀😆

  30. setan haniifa said

    anjing haniifa teh jalma pinter kablingerrr…te bakal bisa ngehargaan kana jalma lainna keras kepala bin kolot alias kemlatak… dah sulit di sembuhkan biarin ja ia pamerkan semua ilmunya.. yang menjadikan haniifa jadi angkuh dan kemlatak… andai si hanifa tau ilmunya itu bsa bermanfa`at buat arang lain jika Alloh mengijinkan dia akan menjadi orang yang rendah hati dan bisa lebih arif lagi…hufh…😦 tapi sayang … akankah haniifa bisa jadi orang yang rendah hati..???semoga saja bisa… agar tidak menjadi anjing keblinger terus… hufh..😦
    _____________________________________________

    @Saudara-saudara
    Komentar diatas ini kira-kira bau apa yach…

    setan_rusuh@yahoo.com = Kristen apa Syi’ah ?!😀

    #Haniifa.

  31. setan haniifa said

    goblog……goblog wong nek wis keblinger emang susah di sembuhkan…harus di mandikan dengan air kencing dulu kali,baru sembuh..😀😀😀 hufh..😦
    anjing haniifa teh jalma pinter kablingerrr…te bakal bisa ngehargaan kana jalma lainna keras kepala bin kolot alias kemlatak… dah sulit di sembuhkan biarin ja ia pamerkan semua ilmunya.. yang menjadikan haniifa jadi angkuh dan kemlatak… andai si hanifa tau ilmunya itu bsa bermanfa`at buat arang lain jika Alloh mengijinkan dia akan menjadi orang yang rendah hati dan bisa lebih arif lagi…hufh…😦 tapi sayang … akankah haniifa bisa jadi orang yang rendah hati..???semoga saja bisa… agar tidak menjadi anjing keblinger terus… hufh..😦

  32. setan haniifa said

    goblog……goblog wong nek wis keblinger emang susah di sembuhkan…harus di mandikan dengan air kencing dulu kali,baru sembuh..😀😀😀 hufh..😦
    anjing haniifa teh jalma pinter kablingerrr…te bakal bisa ngehargaan kana jalma lainna keras kepala bin kolot alias kemlatak… dah sulit di sembuhkan biarin ja ia pamerkan semua ilmunya.. yang menjadikan haniifa jadi angkuh dan kemlatak… andai si hanifa tau ilmunya itu bsa bermanfa`at buat arang lain jika Alloh mengijinkan dia akan menjadi orang yang rendah hati dan bisa lebih arif lagi…hufh…😦 tapi sayang … akankah haniifa bisa jadi orang yang rendah hati..???semoga saja bisa… agar tidak menjadi anjing keblinger terus… hufh..😦

  33. sportif dong said

    @Haniifa cs

    Istilah Syi’ah untuk pertama kalinya yg mengatakan adalah Rasulullah saw, ini bisa dilihat dari firman Allah swt, sbb:

    “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk” (QS. Al- Bayyinnah:7)

    Para mufasir dari berbagai mazhab dan golongan telah menyepakati bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Imam Ali as. Setelah turunnya ayat ini, kemudian Rasulullah saw bersabda kepada Imam Ali as :

    “Mereka adalah kamu dan Syi’ahmu. Kamu dan Syi’ahmu akan datang pada hari kiamat dalam keadaan ridha dan diridhai, sedangkan musuh-musuhmu akan datang dalam keadaan dimurkai dan tertengadah” (Ash-Shawa’iqul Muhriqah, bab II hal 99)

    • haniifa said

      @Tuan Syi’ah yang dimuliaken
      Silahkan sekarang tunjukan kepahaman Tuan Yang Mulia, satu ayat saja yaitu (QS 112:1) !!!

    • qarrobin said

      coba gih kesini http://www.hanifislam.com
      cari zulkarnayn disitu
      dan tanyakan siapa imam mahdi di masa depan

    • haniifa said

      @Saudara Sportif Dong
      Saya kutip terjemaahan ayat yang saudara utarakan:

      “Sesungguhnya orang-orang yang ber-IMAN dan mengerjakan amal shaleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk” (QS. Al- Bayyinnah:7)

      Pada artikel diatas jelas saya tulis dengan huruf cetak tebal:

      Astaghfirullahal adzim, jika kita telisik lebih jauh maka jelas sekali bertentangan dengan (QS 17:110) dimana kita diwajibkan menyebut Asma Allah atau Ar Rahman secara langsung:

      Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (QS 17:110)

      c. Proclaim, “He is the One and only GOD”….. Tafsir Khalifa.
      ___________________
      Tanggapan saudara :Oh, no what-what:mrgreen:

      Pertanyaan terbesar saya: Bagaimana IMAN saudara terhadap Al Qur’an ?!

      Pesan saya:
      Jangan lupa tanggal 9 Rabi’ul Awwal hari “Bapak” saudara SIA😛 ,Baba Syuja’ Uddin alias Abu Lulu’ah Al Majusi yang telah menusuk Khalifah Umar bin Khattab

      Wassalam, Haniifa.

  34. setan haniifa said

    cekixkix lo jangan nyuruh insaf ma gw tapi tujukan sama guru kemlatak lo tuh yang sok paling… hacim…biar dia nyadar akan kelakuannya yang kemlatak tu..hufh..😦 sebenernya orang berilmu seperti guru kemlatak lo si haniifa ntu ga layak sama sekali lemiliki sifat kemlatak kaya gitu…hufh…😦😦 seharusnya orang berilmu seperti guru kemlatak mu itu bersifat rendah hati dan arif dalam tutur,tingkah dan lakunya…agar si haniifa bisa berwibawa yang seharusnya bisa iya sandang tau…hufh…😦😦 tapi entahlah apa yang ada di otaknya hingga gurumu itu jadi kemlatak seperti itu… huf…😦😦

    • haniifa said

      @Om Setan_rusuh
      Imin-imin, jangan lupa iminnya…eh tolenya diobatin..😀😆

      Bisa bantu-bantu saudara Syi’ah mu:

      https://haniifa.wordpress.com/2009/08/14/sekawan-wawan-syah-ahlul-bidah/#comment-4626

    • setan haniifa said

      goblog……goblog wong nek wis keblinger emang susah di sembuhkan…harus di mandikan dengan air kencing dulu kali,baru sembuh..😀😀😀 hufh..😦
      anjing haniifa teh jalma pinter kablingerrr…te bakal bisa ngehargaan kana jalma lainna keras kepala bin kolot alias kemlatak… dah sulit di sembuhkan biarin ja ia pamerkan semua ilmunya.. yang menjadikan haniifa jadi angkuh dan kemlatak… andai si hanifa tau ilmunya itu bsa bermanfa`at buat arang lain jika Alloh mengijinkan dia akan menjadi orang yang rendah hati dan bisa lebih arif lagi…hufh…😦 tapi sayang … akankah haniifa bisa jadi orang yang rendah hati..???semoga saja bisa… agar tidak menjadi anjing keblinger terus… hufh..😦 DASAR TAI KUCINGGGGGG LO…… EE MAMBU…. GOBLOG-GOBLOG tai lo pada…😛😛😛

      • haniifa said

        @Kaum Kristen = setan_rusuh@yahoo.com
        @Kaum Syi’ah = sportif@yahoo.com

        harus di mandikan dengan air kencing dulu kali,baru sembuh..
        _________________________
        hua.ha.ha kalau saya mandi air kencing tapi bisa wudhu dan shalat nggak batal, lha sampean coba apa yang terjadi pada tubuh kalian-kalian ?!

        cekixkix said
        August 15, 2009 at 8:22 am

        @Om Setan_rusuh
        Makanan pokok kutil, cemilan tai kucing… lha minumnya ape Om ?!… Cekixkix…kix..kix..

        Minumnya kaum Kristen dan kaum Syi’ah ternyata air kencing… duhhh barang haram masuk ke tubuh…😦

      • cekixkix said

        @Om Kresten setan alas
        Suka bir kencing !!, Mau nggak elo air kencing gue… Cekixkix…kix…kix…

      • bangsat haniifa said

        haniifa dan cekixkix = guru gendeng dan murid sableng..😛😛
        gurunya pinter keblinger jd goblog dan kemlatak…
        muridnya culun ra teyeng mikir bisanya melu-melu tok goblog sih…😛😛
        seharusnya guru dan murid ntu di mandikan ma air kencing biar waras lagi… hua ha ha…😀😀😀

      • haniifa said

        @Mas Bangsat bin Setan
        Sampean munding ge ngalebok sabunHua.ha.ha

      • abifasya said

        aduh punten atuh diskusina tong mamawa anjing ….
        anjing mah kandangan we atuh.

  35. setan haniifa said

    anjing hanifah dah … hapusin semua tuh… bikin malu aja.. ilang reputasiku nanti…. hua ha ha ha..😀😀😀 dasar tai kucing lo… keras kepala … mikir… mikir…. goblog..😛😛😛

  36. arhsa said

    saya cari-cari di blog saya, serasa ada yang kurang, sepertinya ada yang hilang, ternyata benar, pemilik blog yang jenius ini belum masuk dalam daftar inspirasi saya, mohon maaf kang, sekarang linknya dah nampang di blogrol inspirasi,

    merdeka

  37. sportif dong said

    @Haniifa cs

    Alhamdulillah, sudah ada sedikit perubahan. Karena menurut fitrah manusia yg lurus, manusia selalu mendambakan; kebahagiaan, kesejahteraan, keadilan dan kedamaian.🙂

    • haniifa said

      @Syia’ah bin kacamata kuda

      Versi Syi’ah:
      Karena menurut fitrah manusia yg lurus, manusia selalu mendambakan; kebahagiaan, kesejahteraan, keadilan dan kedamaian….
      (didunia yach betul, tapi saudara melupaken kehidupan di akhirat…😛 )

      Versi Islam:
      Fitrah manusia itu jadilah orang yang hanif (lurus mengikuti sunah Allah dan sunah Rasul) di dunia dan Insya Allah mendapat syurga di akhirat kelak,Amin😀

      Wassalam, Haniifa.

  38. wawan said

    Atas nama Wawan (sportif dong) masuk spam lagi ngga ya?🙂

    @Wawan

    Weleh…weleh, tapi tolong bahasa doggie-nyah jangan dipakai ahh.. apa sampean nggak malu ?!

    (tapi terserah @Oom Setan Wawan Rusuh ajah, itukan mulut/tangan sempean sendiri…:mrgreen: )

  39. sportif dong said

    Belum lama berakhirnya perang dunia ke II, pada tahun 1948 muncullah negara Israel di Palestina. Setelah Imperialisme mulai hilang secara perlahan, dunia kembali disibukkan dengan semangat yang jauh lebih mengerikan lagi yaitu Zionisme. Anehnya bantuan Eropa dan negara-negara Barat kepada negara Yahudi baru tersebut terus mengalir begitu derasnya hingga hari ini. Walaupun, berdirinya negara ilegal tersebut mendapatkan tentangan keras dari masyarakat yang tinggal di kawasan itu, tetapi bantuan serta pengakuan dari negara-negara barat tak kunjung reda. Timur Tengah memanas, lalu meletuslah perang Arab dan Yahudi di kawasan itu. Semua fenomena ini tak lain merupakan indikasi kuat tentang semakin mendekatnya era kedatangan Kerajaan Israel yang dinantikan? bagi pengikut Yahudi, dan era kedatangan Almasih bagi umat Kristiani. Ditunjang lagi dengan maraknya apa yang dapat kita sebut dengan gelombang pembunuhan karakter Islam di Eropa dan negara Barat lainnya. Termasuk usaha untuk memperburuk potret Islam di seluruh dunia. Sesungguhnya dengan fitnah Zionisme dan barat yang ditujukan ke seluruh dunia bahwa Islam memiliki misi untuk menghancurkan dunia, bahwa Timur Tengah adalah pusat terorisme
    Internasional, dan kaum muslim akan membunuh siapa pun selain dari golongan agamanya sangat mengelisahkan. Sampai hari ini, dapat dikatakan bahwa secara umum, Zionisme dan Barat telah berhasil menjalankan misinya tersebut.

    • haniifa said

      @Syia’ah bin kacamata kuda
      Betul sekali Tuan Syi’ah Yang di Muliaken Setan Rusuh…😀😆

      IRAK😦 dibombardir oleh Amrik plus konco-konconya, walaupun tidak terbukti memproduksi bom Kimia

      IRAN😛 jelas-jelas membuat BOM NUKLIR dan Amrik plus konco-konconya pura-pura tidak tahu

      Catatan:
      Negara Irak ==> Ada Islam Hanif dan Syi’ah Bengkok
      (Negara Irak banyak para syuhada yang gugur dan mereka hidup di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, Amin)

      Negara Iran ==> Semuah Syi’ah Bengkok
      (Negara Iran yang semua penduduknya menunggu Imam Mahdi Al Mesias)

      Negara Amrik cs ===> Mayoritas menunggu Imam Mahdi Al Mesias
      (Di ketuai oleh negara Linggis sebagai provokator atau munding dosol…😛 )

      Wassalam, Haniifa.

  40. Assalamu’alaykum

    Wah penjelasan yang gamblang dan mempunyai dalil yang kuat. Hujjahnya mantep bgt.

    Salam kenal dari kami. KApan2 mampir ke blog kami

  41. […] Dan satu lagi perlawanan menghadapi kejahatan paham Kristen yang mempunyai perilaku bagaikan Domba berbulu Srigala dan tidak malu-malu mengeluarkan kata-kata kotor dan jorok jika dalam posisi yang terpepet, pendek […]

  42. abifasya said

    Subhanallah…
    Perdebatan yang panjang
    Kalo gak salah berawal dari masalah Imam Mahdi
    awalnya saya masih belum nyambung dengan perdebatan Kang Haniip dengan Mas wawan ini…..,
    Terlepas dari semua perdebatan di atas…. Al Hamdulillah saya bisa mengambil hikmah terutama dari keluasan ilmu yang dimiliki kang haniip. Hujjahnya sulit untuk di bantah…. semuanya menyentuh nalar dan logika karena kang haniip menggunakan dalil-dlail yang supra logik ….
    Aku bangga padamu sobat
    Teruskan diskusinya silahkan
    dan satu lagi yang bikin aku bangga dari semua perdebatan di atas
    engkau tidak berkata dengan ucapan yang bisa menjadi kategori RIDDAH seperti kata “ANJING” (maap)
    Salaaaaaaam
    Wallahu fi aunil abdi maa damal abdu fiaunil akhikhi…
    Intanshurullaha yanshurkum
    Amiiiiin

  43. […] Sekawan Wawan syah ahlul bid’ah […]

  44. […] sempit, ketika segala keterbatasan melanda kita….kita melupakan takwa kita.  Allah – azza wa jalla menegasi, hubungan horizontal menjadi titik tolak berpikir dan bertindak menjadi hal penting, […]

  45. […] Setan Rusuh as Ahlul Agama […]

  46. Mado said

    Saya kira ini blog ttg Islam, padahal ttg TAI KUCING..

    Saya heran yang satu bagga-banggain imam mahdinya, yang satunya tak kalah dengan bantahan seakan2 paling benar.. Tapi isi kepalanya hanya ada tai kucing dan kotoran-kotoran lainnya.. Memalukan

  47. […] Sekawan Wawan Syah Ahlul bid’ah […]

  48. […] Sekawan Wawan Syah Ahlul bid’ah […]

  49. […] kawanan sekawan @Wawansyah17 […]

  50. […] Sekawan Wawan Syah Ahlul bid’ah […]

  51. […] Sekawan Wawan Syah Ahlul bid’ah […]

  52. […] Sekawan Wawan Syah Ahlul bid’ah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: