حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Nabi Adam a.s bukan manusia pertama 2

Posted by حَنِيفًا on May 26, 2009

Assalamu’alaikum,

Kesalahan yang sangat fatal akibat dari tulisan @Mas Agus Mutofa adalah banyak-nya orang berasumsi bahwa kalau bukan Nabi Adam a.s manusia pertama maka dipastikan  seorang WANITA.
Sebagaimana pendapat seorang rekan dibawah ini:

Pada kata nafsi di ayat 7/189 selama ini diartikan dengan diri yang hukum isimnya muannas atau feminine gender, tetapi wujud diri itu adalah lelaki atau muzakkar, masculine gender. pengertian itu hanya dipengaruhi oleh cerita tentang Adam sebagai manusia pertama di bumi. pengertian itu tampaknya masih dikungkung oleh kesadaran bahwa bumi ini saja yang berpenduduk manusia. padahal sebenarnya kata nafsi itu adalah wanita, baik wujudnya maupun jenisnya. itulah manusia biang, daripadanya Allah menjadikan anaknya tanpa bapak yaitu proses parthenogenese yang berlaku pada Maryam putri Imran.

dari manusia biang ini lahirlah lelaki yang kemudian menjadi suaminya. dalam hal ini orang mengartikan istrinya karena dipengaruhi seperti yang disebutkan di atas. bila manusia biang tersebut adalah lelaki bagaimana mungkin ia berparthenogenese. padahal Al Qur’an memuat istilah zawjuha berarti suaminya pada beberapa ayat lain [2/232 dan 58/1] sama dengan istilah yang dipakai dalam ayat 4/1, 7/189 dan 39/6. yang berartikan istrinya tercantum dalam Al Qur’an pada ayat 2/102, 4/20 dan 21/90 dengan memakai istilah zawjuhu.

kata li yaksuna dalam ayat 7/189 itu memperlihatkan isim muzakkar pada zawju tadi. jika orang mengartikan nafsi dan zawja dalam ayat suci ini dengan muannas, maka darimana datangnya muzakkar pada fi’il yaksuna. kalau orang berpendapat manusia pertama itu lelaki maka itu berarti susunan bahasa Al Qur’an adalah salah dan harus diperbaiki atau memang kita yang belum dapat paham sepenuhnya bahwa ada perkembangan komunitas manusia selain di bumi, yang mana biangnya adalah perempuan.

Argumentasi yang sama saya dapati dari rekan diskusi dunia maya, sayangnya karena “kesibukan beliau” sepertinya rehat sejenak….😀

Agar tidak menjadi rancu maka akan saya bahas terlebih dahulu penggunakan kata “li” dari argumentasi diatas:

Kata li yaksuna dalam ayat 7/189 itu memperlihatkan isim muzakkar pada zawju tadi. jika orang mengartikan nafsi dan zawja dalam ayat suci ini dengan muannas, maka darimana datangnya muzakkar pada fi’il yaksuna

Huruf Alif bertemu Lam penggunaan lam mempunyari karakteristik Qamariah (samar/perempuan) dan Syamsiah (terang/laki-laki), jadi jelas datangnya muzakkar pada fi’il yaksuna dari alif “lam” Syamsiah.
Bahkan penggunaan huruf Alif-Lam “Syamsiah” ini,  Allah subhanahu wa ta’ala lebih menegasi penggunaan  huruf “lam”  diganti dengan huruf “Lam-Alif
1. “…Fiil ardhi khalifah…” := menggunakan huruf “Lam-alif” sehingga bumi tidak bergender tapi bukan Al Qamar, perhatikan susunannya hurufnya (Lam := mati, Alif := fathah)
2. “…li adama fasjadu…” := menggunakan huruf “Lam-Alif”,  perhatikan satu huruf hijaiyah “Lam-Alif” mejadi  dua (1 Lam-Alif := 1 Lam fathah + 1 Alif kasrah) jelas proses pengandaan manusia berasal dari Nabi Adam a.s.

Dari bentukan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Khalifah pertama Nabi Adam a.s adalah seorang laki-laki bukan wanita, sehingga walaupun pendapat rekan dibawah ini “benar” namun penempatan tafsir ayat secara komprehensif tidaklah benar karena jelas bahwa yang dimaksud pada (QS 7:189) bukanlah Nabi Muhammad s.a.w atau Nabi Adam a.s sementara rekan-rekan tersebut memaksakan pakem yang telah ditegasi oleh Rasulullah dan diakui oleh para Ulama terdahulu jelasnya agar tidak lepas dari kontektual maka dijedakan dalam bentuk SATU HAMZAH (‘ain).

Ingat Surah Al Alaq 1-5 adalah ayat yang pertama turun namun tidak ditempatkan pada urutan pertama pada Al Qur’an, demikian juga tanda-tanda baca pada Al Qur’an baik nomor ayat, waqaf maupun tanda hamzah (‘ain) yang ditulisa oleh Zaid bin Tsabit semua langsung dibawah pengawasan Rasulullah dan diverifikasi oleh Malaikat Jibril.
Saya tidak habis mengerti bagaimana rekan kita ini berasumsi bahwa semua ayat yang mengandung kalimat “min nafsiw wahidatiw wa khalaqa minhaa zaujaha” ditujukan kepada Nabi Adam a.s, jika demikian samalah artinya setiap kata Rasul pada seluruh ayat Al Qur’an berarti Nabi Muhammad s.a.w…😀

Saya rasa komentar rekan ini, tidak menyadari kekeliruan penafsiran yang diperoleh dari rujukan beliau :

Agus Mustofa begitu wah ndak rame kita nich, dengan adanya buku beliau kita akan kembali membuka pola fikir baru, dan semangat kembali membuka firman ALLAH iya nggak? mengenai manusia pertama mari kita analisa surat 4/1;
disinilah kunci sebenarnya yang harus kita pahami. coba simak kata min nafsiw wahidatiw wa khalaqa minhaa zaujaha. arti dari zauja adalah pasangan juga sama dengan zaujii dan zaujuu apa bila dia bersandarkan pada HA berarti pasangan perempuan dan kalau dia bersandarkan pada HU berarti pasangan lelaki. jadi zaujaha itu artinya pasangan perempuan yaitu suaminya, disambut kata sebelumnya wahidah bukan wahidin kemudian ditambahkan lagi dengan kata minha bukan minhu. wahidah perempuan wahidin laki-laki, minha darinya perempuan, minhu darinya lelaki. Dimana didapat arti sebenarnya adalah suaminya, yakni Al-Quran sendiri QS 58/1 seorang perempuan yang membantah suaminya (Zaujihaa). jadi apabila kita terjemahka pada bahasa Indonesia arti dari QS 4/1 adalah; Wahai manusia Taqwalah pada TUHAN-mu yang menciptyakan kamu dari satu diri dan menciptakan dari padanya suaminya, dan membiakkan dari keduanya lelaki dan perempuan yang banyak. Taqwalah pada ALLAH yang kamu sama meminta pada-NYA dan kasih sayang. Bahwa ALLAH adalah penjaga atasmu.
Oke jelas mybro, Al-Quran memang menggelitik fikiran bukan? jadi jelaslah manusia pertama itu perempuan bukan lah lelaki dan dalam penelitian ilmuwan juga sperti itu sama dengan Al-Quran tidak sama dengan Alkitab bahwa manusia pertama itu lelaki yaitu Adam dan memang aneh kok sama dengan hadits, yang jelas manusia pertama itu dan suaminya menyekutukan ALLAH pada QS 7/189-190 ini fakta dari Al-Quran. tapi sebagai manusia pertama di Bumi memang Adam sekaligus sebagai khalifah pertama.

Jelas sangatlah fatal akibatnya, karena penafsiran Surah Al ‘Araaf 189-206 dianggap Nabi Adam a.s !! dan pemaksaan tersebut maka menjadi tidak aneh sehingga banyak kalangan berkesimpulan cikal-bakal manusia dari seorang wanita (tunggal), yang seharusnya diartikan sebagai  “KAUM WANITA” (jamak).

(bersambung…)

Wassalam, Haniifa.


22 Responses to “Nabi Adam a.s bukan manusia pertama 2”

  1. Ve said

    Ooh gt ya…

  2. Filar Biru said

    @haniifa

    coba kita kaji yang ini

    http://filarbiru.wordpress.com/2009/05/26/teori-gila/

    calam cayang

  3. Filar Biru said

    penasaran juga ogut nih postingan lo haniifa ditunggu sambungannya ya, ogut belon bisa koment kayaknya nich…maklum masih penasaran:D

    jangan2 lebih hebat lagi

    Ayo ditunggu episode selanjutnya

    awas kalau lama2 penasarannnnnnnnn

    salam sayang

  4. saya jadi makin tertarik mengikuti diskusi ini, mbak ifa, sekaligus bisa menambah pengetahuan saya soal-soal agama. saya akan menunggu perkembangan diskusi ini pada postingan berikutnya, mbak. salam silaturahim.

    ____________________

    @Mas Sawali Tuhusetya
    Salam SItaturahim kembali @mas

    Wassalam, Haniifa.

  5. mrmahesa said

    Assalamualaikum
    Jika disimak Al’araaf 189 dari sudut tata bahasa arab,memang tak salah dalil-dalil nya.Karena berasal dari Al-Qur’an yg pasti tak ada yg salah.Tapi liat juga ayat selanjutnya 199 ja’ala lahu syuroka’a,ternyata isim yg disebutkan pada ayat 189 menyekutukan Allah.Timbul pertanyaan,”adakah seorang nabi yg menyekutukan Allah..?? jelas tidak ada.Yang pasti al’araaf 189 bukanlah seorang nabi tapi seorang musryikin.

    Nah begini klo kurang tepat menyimpulkan ayat2 al’quran,jadi ga sinkron gt loh.Lagipula knp tidak tengok tafsirannya juga.Koq asal kharepe dewek..hehe.

    Ada lagi neh sanggahan nya,namun dikarenakan msh bersambung..ya udah deh ditunggu aza kelanjutannya.

    maaf kang haniif,komen saya hanya sebatas ilmu yg dangkal.Mungkin kang hanif lebih menguasai nahwu sorof.

    wassalam….

    • haniifa said

      Wa’alaikum Salam, @Mr Mahesa.
      adakah seorang nabi yg menyekutukan Allah..?? jelas tidak ada.Yang pasti al’araaf 189 bukanlah seorang nabi tapi seorang musryikin.

      Subhanallah…
      Memang benar @Mr Mahesa, sayapun berpendapat demikian.

      Siapakah dia yang dimaksud (QS 7:189) ?!
      Ini salah satu hal yang cukup menarik untuk dibahas.

      Wassalam, Haniifa.

  6. […] terbaru haniifa on Nabi Adam a.s bukan manusia pe…mrmahesa on Nabi Adam a.s bukan manusia pe…sawali tuhusetya on Nabi Adam a.s bukan manusia…sawali tuhusetya on Nabi Adam a.s bukan […]

  7. Lambang said

    Siapakah perempuan yang melahirkan adam? Lalu apakah perempuan itu juga dilahirkan? siapa yang melahirkan perempuan itu? Lalu siapa yang melahirkan ibu dari perempuan itu? Jika di terus diurutkan sampai ke belakang tidak ada titik temunya. Jika Allah sudah menyebut dalam Al-Qur’an nabi Adam adalah manusia pertama, ya imani saja. Maaf jika pendapat saya berbeda.

    ____________

    @Mas Lambang
    Yang menyusui yang pasti IBU-IBU dunk, masak susu sapi eh… denkow😀
  8. Lambang said

    Saya kan bertanya siapa perempuan yang melahirkan adam. Bukan tentang menyusui.
    Aneh sekali. Enggak nyambung banget.

    • frozen said

      sabar mas😆

    • konyol said

      Mungkin maksudnya perempuan yang bisa menyusui adalah perempuan yang telah bersalin…😆

      __________________

      @Mas Konyol
      Pertanyaannya serupa tapi tak sama dengan di artikel “Mekah sebagai Pusat Bumi 4” :

      “kata kk duluan mana telur ama ayam ?” … ya telur dulu dunk.
      Bilang sama kk:
      Kalau ayam bertelur ?? baru ayam dulu…😀

      Entah pertanyaan pinter dijawab bodoh, atau pertanyaan bodoh yang jawab pinter…. !!!

      Wassalam, Haniifa.

  9. frozen said

    *baca-baca*

    Wah, menambah “wawasan” saya😀

    ___________

    @
    😀
  10. Lambang said

    Weleh… weleh…
    Komen saya (no 7 dan 8) koq bernada emosi gitu. Tolong cek komen saya yang ini, lihat IP addressnya… pasti beda dengan yang di atas. Itu hanya orang yang ingin menjelekkan nama saya saja. Mohon maaf untuk semuanya.

    Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya terakhir:

    http://islamabangan.wordpress.com/2009/05/27/berhenti-berkomen/

  11. WEDUL SHERINIAN said

    Terlepas dari berbagai penafsiran, kita tahu bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dari paparan diatas seolah-olah bahwa Adam dan Hawa itu terlahir dari satu Tubuh (Indukan). Karena sumber benih (telur) itu biasanya ada pada Wanita (yang melahirkan). Sehingga seolah-olah manusia pertama adalah “INDUKAN” tadi. Tapi dasar Allah Maha Kuasa atas sesuatu lebih kuat. Kun Fayakun. Jika mau bisa saja manusia lahir dari batu..hehehe. Jadi kalau aku pribadi tetap berpendapat bahwa Adam adalah manusia Pertama.

    @
    Alhamdulillah, kalau sayah berpendapat Nabi Adam a.s adalah Khalifah pertama dan ini sesuai dengan Al Qur’an.😀
  12. […] Nabi Adam a.s bukan manusia pertama 2 […]

  13. Samaranji said

    @ gus hanifa
    (kayaknya sy su’ul adab dey kalo cuman manggil kang/ mas. Boleh y manggil getu ?).

    Bukankah dlm QS.2 : 30 itu tidak mengisyaratkan Nabi Adam as sebagai “khalifah pertama” ? (kalo sbg “khalifah”, YA).

    Dng tidak disebutkan sbg “khalifah pertama” bisa jadi khalifah sebelumnya adl dari golongan “makhluq” lain kan ? Dan makhluk lain itu bukanlah yg terbuat dari tanah itu.

    Terimakasih jika berkenan menjelaskan ditengah kesibukan ngebahas “laler ijo”, gus.
    Wassalamu’alaikum.

  14. Samaranji said

    Assalamu’alaikum…

    Duh lama nian “uzlah”nya kangmas @haniifa ?
    Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada Panjenengan, ijinkan saya berpendapat begini : http://debu-semesta.blogspot.com/2010/12/clue-nabi-adam-alaihi-salam.html.Maturnuwuun.
    Semoga saja kangmas @haniifa sehat selalu.

    Wassalamu’alaikum.

  15. Nick said

    Mempelajari ilmu jng lah partial..Td ada konteks “…sama yg dng penemuan ilmuwan”,smua baru “katanya”.Harus jelas ilmuwan yg mana?biologi?fisika?matematika?kimia?sebutkan BASIC REFERENCY,pembuat buku,thn berapa?Hati2 jabaran kata ‘Induk/Biang’.Dari bahasa keilmuwan mana kita menjabarkannya.Salah memandang,salah arti/sesat.Tata bahasa Al Qur’an tdk bisa dilihat dr satu ilmu,ingat itu firman dari Yang Maha Berilmu.Tdk hanya dilihat dr nahu shoropnya saja.Ada bahasa ilmu kompleks(semua ilmu terlibat),ada bhs ilmu bahasa arab,ada bhs nalar,ada aqli dan bathin.Dan smua ilmu manusia tuk menterjemahkan smua ciptaan Alloh masih relatif!Hanya keyakinan yg ada.Untuk meyakinkan harus terjun sampai ke dasar..Runut gmn asal mula kejadian alam semesta dr ilmu Hakikat,Ilmu Sareat,ilmu Tirakat,ilmu Marifat..jng membuat statement yg bisa menyesal dikemudian hari,malah2 menyesatkan orang..Cari bukti kalo memang ada perempuan sblm nabi adam.Siapa namanya?Apakah Namanya di abadikan di Al Qur’an?Kalo tdk ada,jng mengada-ngada,bahkan bawa2 ilmuwan segala,bisa jd Ilmuwan yg mengatakan ada manusia pertama adalah wanita yaitu Ilmuwan yg mau menyesatkan keyakinan agama islam.Trus yg dibicarakan bkn ngadu argumen,bicarakanlah ‘Ahlaq dan Kedermawanan..APLIKASI CHOY!tuh lihat disekitar kita anak2 kecil jd gelandangan,bnyk tetangga kita yg tdk pernah kita tanya ‘apakah anda hr ini makan?apa yg sy bisa sy bantu?’..jng ilmu hebat,tp NATO,NOT ACTION TALK ONLY.

  16. tarsyid said

    test

  17. darussalam said

    saudaraku membahas tentang orang yang pertama dilahirkan didunia,itu ada yang mengatakan adam, dan ada yang mengatan bukan adam. sampaikan pendapat anda masing masinng dengan arif. bukkankah selama ini yang sudah diyakini oleh mayoritas umat islam, adalah adam orang pertama dilahirkan didunia.? sudah banyak quran dan hadis menerangkan hal itu.jadikan hati suci dengan mengimani alloh berkuasa atas segala sesuatu,walau banyak pendapat yang berbeda. wassalam buat saudaraku muslim,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: