حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Rahasia dibalik Surah Al Faatihah

Posted by حَنِيفًا on May 16, 2009

Assalamu’alaikum,

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Ibnu Kathir adalah seorang sarjana cerdas dan alim-ulama di abad 14 dan telah melahirkan sebuah karya yang sangat terkenal yaitu tafsir Ibn Kathir.

“The scholars say that Al-Fatihah consists of twenty-five words, and that it contains one hundred and thirteen letters.” (Tafsir Ibn Kathir for Surah al-Fatihah)

Dengan dasar itulah Oom Wiki menulis rekan….😀 , dan sudah barang tentu “sang kontributornya” mempunyai landasan yang menurutnya syah dan kuat. Saya tidak tahu dengan pasti metode yang beliau gunakan, namun rasanya jika saya menghitung dengan metode berdasarkan ucapan (lafal) maka akan menemukan kesesuaian.

Misal :  “ar rahmaanir rahiim” yang dihitung adalah huruf-huruf alif, ra, hha, mim, nun, ra, hha, yaa, dan mim sedangkan huruf “lam” diabaikan  selain itu huruf “alif” diabaikan juga jika bertemu dengan “mad”  (mis: “dhoolin“) dan yang paling penting beliau tidak mengikut sertakan “Basmallah” dan sebagai gantinya adalah tanda waqaf pertengahan ayat 7 diasumsikan sebagai no ayat, lihat gambar dibawah ini:

Al Faatihah113

A1 = 18 A2 = 11A3 =10A421 A5 = 15A6 = 17 dan A7 = 21 maka  total 113 huruf.

Seandainya jumlah 113 huruf Al Faatihah diterima dalam tanda kutip perhitungan tidak mengikut sertakan “basmallah“, lalu bagaimana dengan berdasarkan tafsir Ibnu Kathir untuk Surah Al-Faatihah para ulama meyatakan hanya 25 kata saja ?!

Dengan rendah hati saya mohon bantuannya untuk menghitung kata pada surah Al Faatihah pada gambar dibawah, dengan jumlah total huruf sebanyak 140 huruf sebagaimana yang terlihat.

al-faatihah5-2Ada baiknya peringatan dari rekan,  yang sangat berharga ini kita perhatikan sebelum membahas lebih lanjut.

Apakah pasantren-pasantren dan para Islamic Studies yang menekuni, memperdalam ilmu-ilmu Al Qur’an melihat ini sebagai batu sandungan atau sebagai bidang baru yang perlu ditelaah dengan lebih seksama ?!

Perhitungan sementara:

Surah Al Faatihah := 30 kata

Hijaiyah := 30 huruf

Al Qur’an := 30 juz

Wassalam, Haniifa.

60 Responses to “Rahasia dibalik Surah Al Faatihah”

  1. agorsiloku said

    Itulah cantiknya sebuah bangunan kata-kata yang memiliki konstruksi dan kekuatan tertentu.
    Jika lapisan atas bangunan diambil, akan tampak isinya, jika ada satu huruf terambil, akan ada saluran baru “yang mengalir”, atau menjadi “bocor”. Kalau atapnya di lepas, maka jumlah dindingnya akan sama. Setiap masing-masing batu-bata yang terpasang adalah bentukan-bentukan struktur yang luwes dan terukur.
    Seperti juga jumlah 114 atau 113 (jika tidak disertakan Al Fatihah).
    Jika kita bilang jumlah huruf Al Fatihah 2×5 + 2×7 = 140 huruf. jika 2×5 = 10, 2 x 7 = 14 maka disatukan 1014, lalu angka diambil menjadi 114, maka sama dengan jumlah surah AQ, dan ragam informasi lain.
    Namun, otak-atik itu, mengikuti banyak aturan dan tidak bisa diterima pula untuk sejumlah aturan. Banyak ragam kemungkinan itu, ada dalam banyak keindahan komposisi.

    Ini menjelaskan, setidaknya seperti tumpukan batu bata tersusun dalam keteraturan dan komposisi “otak-atik” yang paling logis dan mungkin. Keseluruhan kombinasi, yang ditunjukkan oleh Mas Haniifa adalah sisi yang menarik, karena tiang-tiang pancang yang menyesaki di antara batu-bata itu tampak semakin terbuka.
    Kadang terlintas dalam angan, apa yang akan ditemukan manusia satu abad mendatang dengan komposisi ini.

    Pemahaman yang belum ada dalam masa keemasan Islam atau mufassir masa lalu, dan diera pentium duo to core atau intel core i7 ada fenomeno yang menjelaskan kemurnian petunjukNya.

    Subhanallah…

    ________________

    @Mas Agorsiloku
    Subhanallah…
    Selain piawai memilih judul dan isi postingan, ternyata @mas juga sangat piawai memaparkan “perumpamaan” dengan lugas, tegas namun bagaikan mie instan… langsung bisa di cerna.😉
    Saya hanya memberi catatan kecil saja mengenai sbb:
    Namun, otak-atik itu, mengikuti banyak aturan dan tidak bisa diterima pula untuk sejumlah aturan. Banyak ragam kemungkinan itu, ada dalam banyak keindahan komposisi.
    Walaupun beragam kemungkinan namun tetap saja kita harus mempunyai satu standar baku dan sebagai muslim, Insya Allah kita sepakat bahwa Al Qur’an-lah yang menjadi tolok ukur.
    Seperti “pemahaman” jumlah Surah Al Qur’an = 113 (jika tidak disertakan Al Fatihah), apa dan bagaimana metoda-nya, namun tetap saja Surah Al Fatihah harus terlibat dalam analisisnya, sebagaimana “perumpamaan” keberadaan tabel-19.

    Wassalam, Haniifa.

    • lanjut kemari …. penunjukan-penunjukan yang luar biasa … subhanallah … menemukan komen se7 dr mas Argorsiloku… pagi yang cerah seruput kopi sambi udud subhanallah Maha Benar Allah

      @
      Subhanallah…
  2. Assalamu alaikum…
    30 kata….entahlah….
    seandainya wa…diikut sertakan…maka la gimana?
    di ayat terakhir wa lad dhoooolllin…

    baru nemu itu….
    wassalam..

    • haniifa said

      Wa’alaikum Salam, @Mas Ayruel Chana
      Alhamdulillah…
      Saya yakin @mas, sudah menelitinya dengan cermat.
      30 kata…. entahlah…
      asumsi:
      a. wa lad := 2 kata, maka total := 31 kata.
      b. wa-lad := 1 kata, maka total := 30 kata.

      Subhanallah…
      Mungkin bila sekedar menepis jumlah kata Al Faatihah = 25, atau 29 kata… dengan ada pertanyaan @mas diatas gugur sudah. Namun mohon maaf sebelumnya untuk sementara saya tidak menerangkan “definisi” menurut para ahlinya, bukannya “keukeuh” pada posisi 30, alangkah baiknya @mas Ayruel mereview ulang setelah membaca :
      .. Sign := ada -tanda- ——- 1 Kata
      a. Unsign := TIDAK ada -tanda- ——- 2 Kata
      b. Unsign := TIADA -tanda- ——- 1 KATA

      *** (perhatikan !! kata tiada asal katanya dari “tidak”+ “ada”)

      Insya Allah, menarik !!
      Oleh karena itu saya beri tanda “merah” pada huruf “lam-alif” dalam postingan “Rahasia Al Qur’an dibalik huruf Hijaiyah”

      Sejujurnya saya juga masih memerlukan alasan yang kuat antara; (“wa-ladh” + dhollin) atau (wa + “ladh dholin”) ?!
      Namun apapun alasannya keberadaan “lam-alif” disini seperti menggambarkan 2x proses penggabungan dalam huruf yang sama. Apakah mencirikan “lam-alif” adalah pangkat 2 ?!….😀

      Wassalam, Haniifa.

  3. WANDI thok said

    Ibnu Kathir yang betul Ibnu Katsir

    _________________

    @Mas Wandi Thok
    Ibnu Katsir, Ibn Katsir, Ibn Kathir atau Ibn Katheer… 😀 hanya sekedar penulisan latin (tergantung gaya bahasanya juga lho…) , namun saya yakin “Objek” yang dimaksud sama.
    Lalu kajian @mas sendiri, bagaimana ?!

    Wassalam, Haniifa.

  4. cenya95 said

    Otak atik angka memang mengasyikkan, Mas.
    Perhitungannya dapat disesuaikan dengan keinginan seperti mengambil angka 113 dengan tidak mengikutsertakan “Basmallah”, begitu pula dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang dilakukan Mas Argosiloku.
    Mo dibilang suka-suka, tidak juga karena perhitungan mengikuti kaidah bahasa (analisa fonem bahkan analisa morfem). Tentunya dalam perhitungan ini, harus menguasai morphologi… ya, Mas.
    sayang daku tidak tahu tata bahasa arab, jadi tak dapat ikut berhitung, Mas, Maafkan daku.
    Hanya sekedar beri komen ajah.
    salam superhangat.

    ps. Daku tidak boleh terlibat partai, lho… jadi jauh dari tim sukses.

    • haniifa said

      @Mas Cenya95
      sayang daku tidak tahu tata bahasa arab, jadi tak dapat ikut berhitung
      _____________
      Subhanallah

      Allah berfiman dalam surat (QS 68:52)
      “Dan Al Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat.”

      Mohon maaf sepertinya tidak ada kaitannya antara keberpengetahuan fonem maupun morfologi… , sayangnya kita sama-sama nggak tahu Linguistik… apalagi bhs. Inggris atau Arab ?!😦

      Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (QS 7:179)

      Berangkat dari ayat tersebut diatas maka menurut pemahaman saya :
      Al Qur’an: Tidak ditulis tangan oleh Nabi Muhammad s.a.w tapi langsung dibawah pengawasan Rasulullah.

      Kembali kemasalah fonem atau morfem, justru saya menghindari distorsi dari Linguistik yang lain, karena saya berasumsi Bhs. Arab bukan Al Qur’an tapi Subset darinya.
      Contohnya: “Lam-alif” satu huruf tapi bisa berubah menjadi 2 fonem dan bisa mengandung arti sendiri.

      “Morfofonemik” diatas dalam bahasa Inggris misalnya pada kata SEA dan SHE, huruf “s” adalah dua fonem yang berbeda padahal hurufnya sama…😀

      Wassalam, Haniifa.

  5. kangBoed said

    hmm.. ambil tikar.. glesoood duduk.. sambil bengong dengerin mas haniifa memberikan pencerahan buat saya.. *muka melas*.. kang bukannya 313.. dan intinya pada Bismillahhirahmanirahim.. *geleng geleng*.. gak ngerti.. mohon pencerahaaaaaaaan..
    Salam Sayang
    Salam Taklim

    • haniifa said

      @Kang Boed
      kang bukannya 313..
      ___________
      Coba Akang gelar tikar disini.

      .. dan intinya pada Bismillahhirahmanirahim
      ____________
      Jumlah huruf pada Bismillahhirahmanirahim := 19, begitu juga jumlah total huruf Alif yang berdiri sendiri pada Al Faatihah := 19,… jadi tepatnya mungkin maksud @Akang “Bismillahhirahmanirahim adalah super inti Al Qur’an kali yach…😀 dan Surah Al Faatihah sebagai Umul Kitab.

      Wassalam, Haniifa.

      • kangBoed said

        ooo… kitunya nembeu terang… hatur nuhun pisan atuh… ari titik na di palih mananya akang haniifa nu bageur..
        Salam Sayang

        ____________

        @
        Sawangsulna, nu kasep😉
  6. the70no said

    Alhamdulillah, bertambah lagi satu khazanah keilmuan, Mas Haniifa ini teliti amat yach. Tetapi selalu saya lebih menekankan pada aplikasi apa yang didapat dari sekedar tulisan/blog/pendapat. Jadi orang tidak terpusingkan hanya oleh angka dan hitungan. Sejauh apa masalah kehidupan dapat dijawab oleh Al-Qur’an? Sebesar apa manfaat yang diperoleh ummat dari para cendekia Muslim? Sepanjang yang saya tahu, ummat dan para cendekia Muslim semestinya bersatu padu meneruskan risalah kenabian dalam mencari keridloan Alloh SWT. Semangat ini harus terus membara dan terpatri di sanubari Mukminin hingga akhir zaman. Jadi apa yang dapat disumbangsihkan oleh masing2 Mukminin?

    ______________

    @Mas The70no
    Jadi apa yang dapat disumbangsihkan oleh masing2 Mukminin?
    Kembali kepada dirinya masing-masing dan kita hanya bisa berharap kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata.

    Wassalam, Haniifa.

  7. kangBoed said

    hehehe…
    mo ngelanjutin dikit aaah.. 313.. Dan Fatihah itu terdiri dari 3 1 dan 3
    3 di Tuhan
    1 antara Hamba dan Tuhan
    3 lagi di Hamba
    mudah mudahan beneeer…
    Salam Sayang

    _______________

    @Kang Boed
    3 disisi Allah
    1 disisi Nabiullah dan Rasulullah, habluminallah lebih kuat
    3 disisi manusia biasa, habluminas yang lebih kuat
    😉
    Salam Hangat, Haniifa.
  8. Rohedi said

    Kang @Boed, Pernyataan akang bisa dijadikan pijakan AF(A) Formula bentuk solusi umum smart solver SMT yang kelahirannya diinspirasi oleh Perjalanan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW itu. Wassalam. Rohedi.

    • haniifa said

      @Mas Rohedi
      Subhanallah…
      Dengan smart solver SMT dari @Mas Rohedi, jadi terpikir nilai TANGEN dari dari Masjidil Haram -> Masjidil Aqsa -> Sidratul Muntaha.

      Tentu bagi @mas sangat mudah jika mengasumsikan “Sidratul Muntaha” adalah salah satu dari tujuh (7) lapisan Atmosfir ?!

      Wassalam, Haniifa.

  9. kangBoed said

    Salam persahabatan mas Rohedi.. maaf yaaa saya baru belajar mas tolong diberi pencerahan.. juga sama kang Haniifa.. 313 tadi apakah berhubungan dengan Martabat tujuh.. ataukah kedalam Rahasia Penciptaan.. hehehe.. puntennya rada cereweeeet.. hihihi..
    Salam Sayang
    Salam Taklim

  10. haniifa said

    @Kang Boed
    Martabat sami jeung “Pangkat”
    Huruf Alif dan “Lam”, huruf “Lam” bisa Syamsiah atau Qomariah
    Tapi…
    Huruf Alif dan “Lam-alif”, huruf “Lam-alif” nya hanya bisa Syamsiah dalam hal ini satu huruf “Lam-alif” berubah seolah-olah 2 huruf yaitu “lam” dan “alif kalau dalam penulisan latin adalah :
    *) jumlah lam-alif := 1^2 seolah-olah berubah menjadi 2^1 huruf.
    Jika angka tersebut dijumlahkan maka 1+2 := 2+1 sama-sama 3.
    Jadi
    313 -> 3+1+3 := 7, merujuk secara Khusus ke ayat ke-7 surah Al Faatihah.

    Perhatikan jumlah (Alif :=3, Lam := 2 dan tanda “tasjid” nya ) sebelum tanda wafaq “lima^lam alif”, sehingga huruf “Lam” seolah-olah merepresentasikan :
    2 + 2 := 4
    2 * 2 := 4….. lam di-tasjid-kan😀
    2^ 2 := 4

    Sekarang perhatikan setelah tanda “waqaf” jumlah huruf (Alif := 3, Lam := 4) tidak termasuk “Lam-alif” dan karena “lam-alif” seolah-olah “MARTABAT” (baca: pangkat) dua (2) maka: 3^2 + 4^2 := 5^2
    Jika kebalikan darinya *)
    Qomariah dari (5^2) adalah 5 + 2 := 7
    Qomariah dari (3^2 + 4^2) adalah 3 + 4 := 7

    Punten disimpulken:
    313 := Martabat 7, bukan 7 Ayat tapi ayat ke-7 dari Surah ke-1

    Wassalam, Haniifa

    • kangBoed said

      bengoooong.. *manggut manggut*.. waaah.. *geleng geleng*.. bingung.. hebaaaat.. lengkap beneran.. terus hubungannya dengan rahasia penciptaan.. ???.. hihiihi
      Salam Sayang

      _________________

      @
      Hubungannya dengan penciptaan.. ???
      3. Allah mencipatakan : 7 benua, 7 lapis bumi, 7 lapis langit
      1. Para Rasulullah mengajarkan lewat kitab-kitabNya
      3. Manusia menciptakan : 7 hari, 7 tangga nada, pusing 7 keliling….😀
      • KangBoed said

        ooo.. kalau gak salah.. 1 antara itu terdapat dalam jiwa jiwa yang tenang.. fitrah diri.. ilmu jempol.. waaaah bayi dunk..
        Salam Sayang
        Salam Rindu.. untukmu..:mrgreen:
        ____________

        @😉😀
  11. Assalamu alaikum

    Hmmm…coba yang ini ach ..ngotak ngatik

    140 x 30 = 4200
    4200 : 7 = 600
    600 : 30 = 20

    Sifat 20 : 20 (140 : 7)= 0
    kok berputar 2 disitu juga yach
    140 x 7 = 980
    140 : 7 = 20
    980 : 20 = 49
    49 x 30 = 1470

    perhatikan 1470 ..apa maksudnya ada 7 …7 ayatkah?
    kita tes:
    1470 : 7 = 210 …kalo hilang nol ..ach mirip lagi : Jumlah lam tanpa dikiut sertakan lam alif yaitu : 21

    210 : 30 = 7
    210 : 21 = 10

    7 x 10 = 70
    70 x 20= 140

    segitu dulu ach.. …
    wassalam…dan moga bermanfaat

    • eit salah…

      70 x 20 = 1400
      1400 : 10 = 140

      mohon koreksi oleh semua yach…

    • Assalamu alaikum

      oh iya…saya baru ingat bahwa 20 itu adalah 19…
      seperti koment haniifa di http://agorsiloku.wordpress.com/2007/06/06/misteri-bilangan-nol/#comment-18717

      kita itung “ke” nya yuk

      1.1 ke 2
      2.2 ke 3
      3.3 ke 4
      4.4 ke 5
      5.5 ke 6
      6.6 ke 7
      7.7 ke 8
      8.8 ke 9
      9.9 ke 10
      10.10 ke 11
      11.11 ke 12
      12.12 ke 13
      13.13 ke 14
      14.14 ke 15
      15.15 ke 16
      16.16 ke 17
      17.17 ke 18
      18.18 ke 19
      19.19 ke 20

      hasilnya 19 kan….
      20 ke ……(unknown)

      apa ada hubungannya dengan WUJUD (sifat 20 ) Sifat Nafsiah ..Its Only ALLAH punya.
      Atau ada hubungannya dengan Alif di Bismi…Asal kata Ismun kalo pake alf Bi Ismi…
      kalau di ikut sertakan alif …Ayat 1 Alfatihah(basmallah) = 20
      Alif di ghoibkan….hmmm..pasti ada tujuannya.

      20 Sifat ALLAH dgn wujud : 20 Alfatihah dgn alif pada Ismi = 0
      19 Sifat ALLAH tanpa Wujud : 19 huruf basmallah tanpa alif = 0

      mohon pecahkan..bersama2
      Wallahu a’lamu bisshowab

      wassalam …again

  12. kangBoed said

    waaaah.. gimana yaaa cara ngitungnya… matematikanya dapat 5.. *geleng geleng*.. nasiiiib.. *muka merah*.. pulang dulu kang Haniifa..
    Salam Sayang
    _____________

    @
    😉😀
  13. vina said

    Hmm 313, wah-wah-wah sudah menjurus ke trinitas nih. Tuhan Bapa, Tuhan anak, roh kudus?
    Tuhan ada 3 tapi disebut 1, Tuhan ada 1 disebut 3.

    Saya setuju dgn pendpat 70no, memangnya ada yang kurang dari ayat2 Al-Qur’an sampai harus di hitung2 segala dan dibuat penafsiran berdasarkan pendapat anda sendiri, lalu memaksa semua orang percaya dengan penafsiran2 anda.
    Ini udah merusak akidah islam.

    • haniifa said

      @Saudari Vina
      Trinitas sebenarnya 3 Asma namun tetap 1.
      Basmalah ada 3 lafadz yaitu :
      1. ‘Bismillaahir’, 2. ‘rahmaanir‘ dan 3. ‘rahiimi’
      Trinitas tidak lain adalah Basmallah bukan Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Roh Kudus.

      so…sebutlah
      1. Allah,2. Ar Rahmaan atau 3. Ar Rahiim…. *** PAHAM ***

      Wa qala Allahu ta’ala: Qulid’ullaha awid’ur rahmaana

      Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (QS 17:110)

      Jadi islam tidak menganjurkan ber-trinitas tapi ber-basmallah.

      Wassalam, Haniifa.

      • KangBoed said

        hmm.. seru nih… dah sampai 3 rahasia kehidupan.. sayang alam kandungannya dilewat.. : .. mangga dibeberkan kang Haniif anu Bageur ???…
        Salam Sayang..
        Salam Rindu untukmu..😆:mrgreen:😆

  14. Lambang said

    Cari kursus bahasa khayangan terdekat. *lirik sana sini, cari …*
    __________

    @
    😀
  15. […] Rahasia dibalik Surah Al Faatihah […]

  16. jelasnggak said

    Kata TEMPE sesuai dengan 313.

    T di abjad, direpresentasikan dengan kata ascii 100
    E = 98
    M = 39
    P = 49
    E = 60

    Kalau dijumlahkan, maka hasilnya 313.

    Hebat memang…!!!

    • konyol said

      Huruf ASCII E = 69 dan e = 101

      Ngertikan ASCII ….😆
      Lagian nilai ASCII E kok dua kali, dasar PLURAL …😆

      • jelasnggak said

        Ya Aaammmpyuuunnnn…!!

        Ascii Pake dibahas segala… ha ha ha…

        Kamu tau ngga sih kalau saya tuh sebenernya lagi nyindir..?

        .
        .
        Cetex banget sih muslim-muslim ini..

        Kalian itu demen banget utak-utik angka sih..:lol:

        Tujuannya apa gitu lho..? Buat nyeneng-nyenengin diri sendiri..?

        Kebenaran suatu agama itu bukan terletak dalam hitungan seperti itu..

        Apa kalian pikir kalau hitungan udah nyambung begitu, lalu suatu agama bisa dianggap sebagai agama yang bener…?
        Ngga kan..?

        Agama yang bener itu dilihat dari ISI nya.

        Nih saya kasih contoh.

        Misal, Ada kitab suatu agama yang ayat-ayatnya berisi gini:

        1. Kawinialah wanita sebanyak-banyaknya
        2. Bunuhlah orang yang tidak seiman dengan kamu
        3. Serang dan rampaslah negara lain yang lebih kecil dari negara kamu
        4. Paksalah semua orang masuk agamamu.
        5. Paksalah semua wanita memakai penutup muka, kalau tidak menurut, bunuhlah dia
        6. Kalau istri kamu tidak menurut, pukullah dia. Itu tak apa-apa
        7. Rampoklah tetangga kamu yang tidak seiman dengan mu.

        Nah, Jelas di kitab itu ada 7.

        Kalau kita sambungin ke banyaknya benua, maka, jumlah ayat itu akan sama dengan jumlah benua di bumi ini.

        Dengan begitu, (kalau saya mengikuti pola pikir kalian) kitab agama itu bisa dianggap sebagai kitab dari langit. (karena ayatnya sama dengan jumlah benua😆

        he he he..

        Kebenaran dari suatu agama itu ngga bisa dilihat dari utak-atik angka seperti yang kalian lakukan ini…

        ngerti ngga niww? (kayaknya sih ngga yaaa….:lol:

      • konyol said

        @jelasnggak
        kamu komen diatas
        100 + 98 + 39 + 49 + 60
        Kalau dijumlahkan, maka hasilnya 313.😆

        sekolahnya jaman batu yach😆 , dasar POLITEIS

      • konyol said

        @Jelasnggak
        Sampaena yang mengawali penulisan, sampean sendiri yang menyanggah… dasar munafikun.
        Coba baca sendiri:

        jelasnggak said
        May 30, 2009 at 2:29 pm
        Kata TEMPE sesuai dengan 313.

        T di abjad, direpresentasikan dengan kata ascii 100😆
        ——————
        jelasnggak said
        May 31, 2009 at 2:13 am
        Ya Aaammmpyuuunnnn…!!

        Ascii😆 Pake dibahas segala… ha ha ha…

        Kamu tau ngga sih kalau saya tuh sebenernya lagi nyindir..?

        Nyindir apa NYENGIR KUDA ?!😆

    • jelasnggak said

      Ehem..

      Udah tahun 2009 lho ini….

      .
      .

      .

      ps:mudah2an sih ngga ada yang marah ya.. he he he..😆

      • konyol said

        Taun 2009 gini… masih ada yang nggak bisa itung-itung TEKA.
        100 + 98 + 39 + 49 + 60
        Kalau dijumlahkan, maka hasilnya 313.😆

        buat apa marah sama orang yang ber-IQ jongkok😆

  17. Filar Biru said

    @ Jelasnggak

    terimakasih atas atensinya!

    Saya tidak akan menyalahkan anda dalam pandangan kepercayaan anda, karena terlalu panjang untuk dibahas. Kita melihat islam atau agama apapun tidak bisa dari satu sisi saja, khusus agama islam, didalam islam yang haq dan yang batil itu jelas, sejelas telapak tangan kita memandang. Atau dinisbat dengan matahari maka seterang tengah hari.

    Untuk melihat seberapa hebat diri kita, maka ikutlah bermain dengan orang terhebat, kalau anda hebat bermain catur maka tantanglah orang yang terhebat bermain catur agar anda tahu berapa besar potensi dan kapasitas anda.

    7 point yang anda katakan adalah benar, namun anda tidak menjelaskan sesuai dengan dalilnya, yang artinya anda hanya melihat kulitnya saja, tingkat pemahaman anda seperti ini sangat disayangkan. Kalau ingin belajar agama islam dengan baik maka bertanya kepada sumber yang benar. Kesimpulan saya anda mengenal islam hanya dari kulitnya saja tidak lebih dari itu.

    Agama ini tidak perna mengajarkan hal buruk dalam bentuk apapun. Anda boleh bertanya kepada pemeluk islam dimanapun anda berada terutama pada ulama-ulama.

    Salam hormat saya

    Disini di warung ini saya tidak akan menaggapi koment anda yang saya anggap sebagai sikap protes anda terhadap islam, namun perlu anda ketahui Islam ada dimuka bumi ini tidak perna minta pamri kepada anda.

    • jelasnggak said

      @filar biru.

      Kamu berkata:

      Untuk melihat seberapa hebat diri kita, maka ikutlah bermain dengan orang terhebat, kalau anda hebat bermain catur maka tantanglah orang yang terhebat bermain catur agar anda tahu berapa besar potensi dan kapasitas anda.

      ==> Setuju.

      Makannya saya ngga pernah lagi respon omongannya si konyol itu kan…

      Sory Nyol.. jangan tersinggung…kamu memang mesti belajar lebih banyak.

      Kamu berkata:

      7 point yang anda katakan adalah benar, namun anda tidak menjelaskan sesuai dengan dalilnya, yang artinya anda hanya melihat kulitnya saja, tingkat pemahaman anda seperti ini sangat disayangkan. Kalau ingin belajar agama islam dengan baik maka bertanya kepada sumber yang benar. Kesimpulan saya anda mengenal islam hanya dari kulitnya saja tidak lebih dari itu.

      7 Point yang mana shihh…?

      7 ayat itu ya maksud kamu..?

      hi hi hi..

      Begini.

      Saya tuh TIDAK mengatakan bahwa 7 ayat itu milik agama islam.
      Kan saya tulis dengan jelas di atas.

      Yang saya maksudkan itu adalah begini.

      Kalau kita mau berfikir dewasa, kita ngga akan menghubung-hubungkan angka dengan kebenaran suatu agama.

      Gitu..

      Ngerti ngga niww?

      Marah aja sih …

      ck.ck.ck.

      ampunilah.

      • konyol said

        @Jelasnggak
        Nahhh kan mulai tidak berbobot…

        Kalau kita mau berfikir dewasa, kita ngga akan menghubung-hubungkan angka dengan kebenaran suatu agama.

        Ini bukan dari Agama yang lurus gituh :
        Nabi Muhammad s.a.w mengikuti ritual Nabi Ibrahim a.s berkeliling Ka’bah 7x (TUJUH) namanya THAWAF,klik ini buktinya.
        Dan
        Lari-lari kecil antara Bukit Shafa ke bukit Warwah 7x (TUJUH) namanya SA’I, klik ini buktinya.

        INGAT “TUJUH”, IQ JONGKHOK😆

  18. Filar Biru said

    @jelasnggak

    hu…ternyata anda tidak mengerti apa yang saya maksudkan dari sini sudah ketahuan tingkat Intelegensia Quard anda jelek sekali. Anda ingin beragumen dengan saya namun tidak bisa nyambung, dibanyak blog anda hanya bisa beranalogi kosong. Perlu anda ketahui di blog anda saya sudah jawab tentang Ayat Ar Rum 1-6 yang anda katakan bahwa ayat itu hanya buatan Muhammad.
    Anda memang tidak bisa membaca sejarah dengan baik.

    Kalau memang seorang Muhammad hanya pandai berkata-kata kosong sudah ratusan tahun lalu banyak umat yang meninggalkannya, bukankah agama ini tetap eksis sampai hari ini?

    Diblog Wedul anda saya tantang juga tentang diskusi ilmiah namun anda gentayangan kesana kemari. Ternyata tidak ada “ekosistem” yang tepat buat anda. Habitat yang bagaimana sesungguhnya anda?

    • konyol said

      Ekosatrio kalau melawak dibayar, kalau @Jelasnggak memeng “E” jelas nggak pake “logika”😆

      A : “Kita harus membersihkan Kamar mandi, udah kotor sekali!”
      B : “Kenapa?, Kita baru saja membersihakan kamar mandi itu minggu lalu. Apa kita harus membersihkan kamar mandi setiap hari..?”
      Membersihkan kamar mandi setiap hari adalah tidak perlu. (kecuali kalau kita adalah orang yang gila kebersihan). Dengan mengambil dan mengubah point si A, maka, point si B akan terlihat lebih masuk akal.

      Walaupun “Ee” ASCII membludak dikamar mandi, LOGIKANYA POINT B ?!

      Dasar IQ Jongkok😆

      Daripada terbawa jongkok mending comment disini hehehe 7x sehari, @Jelasnggak pake Logika kan😆

      • konyol said

        Link logika Jongkok😆
        http://jelasnggak.wordpress.com/2009/05/25/straw-man/

        ___________
        @Mas Konyol
        Hemmm….
        Saya ada risi melihat kenyataannya kayak gitu ;(

      • Yesus said

        Tidak apa-apa saudaraku, dia adalah salah satu termasuk domba-domba yang tersesat.
        _________

        @
        😉😀
      • haniifa said

        @Mas Konyol
        Rupanya TEMEN MASA KECILnya @Mas Jelasnggak “Ee” di Kamar Mandi sembarangan TIAP HARI

        Wahh… kasian juga yach😀

      • Fietria said

        @Yesus

        mana kitab injilmu yang asli?

      • Yesus said

        @Saudariku Fietria
        Kitab Zabur dani Musa, telah saya “urapi” dengan kata lain telah saya genapi… demikian juga Kitab Injil telah di genapi oleh Muhammad, oleh karena itu cukuplah firman Allah yang paling genap dan lengkap… Seperti hukum makan daging babi pada Al Kitab Zabur tidak ada maka saya genapi bahwa mulai kedatangan Al Masih diharamkan makan daging babi… kalau sekarang nekat memakan daging babi maka timbul flu babi karena media virus tersebut ada dalam tubuh manusia pemakan daging babi.

  19. Filar Biru said

    @ Yesus

    Ca ile

    Nabi Isa diutus untuk Bani Israel jadi yang tersesat itu adalah bani israel

    ________________

    @Mas Filar Biru
    Subhanallah…
    Cerita itu sebenarnya datang dari para pendeta YAHUDI, seperti Al Qur’an ajarkan bahwa Nabi Ibrahim a.s adalah Imamnya seluruh manusia… jadi dari seluruh kitab-kitab yang ada sudah menjadi hukum bagi seluruh manusia keturunan Nabi Adam a.s, adapun Nabi Muhammad s.a.w menerima kitab yang paling lengkap sudah menjadi kehendak Allah.

    Wassalam, Haniifa.

  20. Bossmu said

    To Rekan Muslim,

    Orang yang namanya “Jelas nggak” ini memang sudah mempunyai tugas untuk mengobok-obok islam, banyak sekali yang mencoba untuk menjelaskan atau pun mengcounter statement dia mengenai tuduhan2 yang dibuat secara sistimatis yang dikomandani oleh “Robert Morrey” seperti yang dia tuliskan:
    1. Kawinialah wanita sebanyak-banyaknya
    2. Bunuhlah orang yang tidak seiman dengan kamu
    3. Serang dan rampaslah negara lain yang lebih kecil dari negara kamu
    4. Paksalah semua orang masuk agamamu.
    5. Paksalah semua wanita memakai penutup muka, kalau tidak menurut, bunuhlah dia
    6. Kalau istri kamu tidak menurut, pukullah dia. Itu tak apa-apa
    7. Rampoklah tetangga kamu yang tidak seiman dengan mu

    Dimana KAMI dan rekan-rekan muslim sudah menerangkan seterang terangnya, tapi dasar tidak mendapatkan hidayah dari Allah SWT dia lebih senang mengikuti jalannya paulus dari pada jalannya Yesus.
    Bukankah Islam mengajarkan: TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MEMELUK ISLAM

    Allah menakdirkan dia untuk menjadi pengikut sang Paulus, dan menjadi penentang kebenaran yang disampaikan yesus.
    Dulu diblog iman kristen dia membuat statement bahwa islam memaksa wanita memakai penutup kepala (jilbab/kerudung), setelah saya bantah bahwa sebenarnya bible menganjurkannya penggunaan penutup kepala dan hanya biarawati yang menaatinya, sekarang berubah tuduhanya emnjadi cadar….
    Berkali kali saya katakan bahwa islam tidak pernah mengajarkan pencaplokan negara lain, justrus sebaliknya kristenlah khususnya yang dilakukan oleh paus diawal tahun 1900 yang membuat pasukan untuk merebut negara lain, dan saat ini diwakili oleh amerika… eh yang namanya jelas nggak tetap membandel untuk mengatakan hal tersebut.
    Orang satu ini selalu menggembar nggeborkan islam mengajarkan pembunuhan terhadap pemeluk agama lain,,,, sebuah tuduhan yang keji, tapi ditanya dari mana anda mendapatkan statement itu, tidak jawab….
    Itulah sifat tentara salib melalui milis

    Wassalam…

    ________________

    @Mas Bossmu

    Terimakasih catatan yang berharga ini, semoga rekan-rekan se ikhwan maklum.

    Wassalam, Haniifa.

  21. gusmuktar said

    mohon ijin kpd mas hanifa untuk saya meminta kpd ALLAH SWT spy jelasgak diadzab oleh ALLAH SWT. untuk mas hanifa tetaplah berkarya, untuk yg lain ,jangan hiraukan

  22. […] kita lihat rahasia dibalik surah Al Fatihaah dan Al Baqaarah  perhatikan penulisan […]

  23. […] sampai akhir zaman, sebagaimana yang saya hitung ulang pada Jumlah huruf Surah Al Faatihah, Jumlah Total Surah, Juz serta Ayat Al Qur’an dan Jumlah Total Lafadz Allah. Secara pribadi saya mengucapkan terimakasih kepada Dr. Rashad […]

  24. […] Rahasia dibalik Surah Al Faatihah […]

  25. GEmiNIUS said

    keajaiban angka 19 dlm AL QURAN
    Ahmed Deedad

  26. […] pm@Parhobass Terima kasih info nyah, tapi jujur saja tidak semua informasi dari Oom Wiki sayah terima mentah-mentah, neehh… buktinya. […]

  27. […] serius, tentu saja banyak dijumpai, termasuk yang saya melengkapi pengetahuan, misalnya tentang Al Faatihah. Beliau tidak hanya mengutip dan menyebarkan, namun juga sekaligus memaparkan dan menganalisis.  […]

  28. […] kita lihat rahasia dibalik surah Al Fatihaah dan Al Baqaarah  perhatikan penulisan […]

  29. Free Webmaster Guide

    Thank you for another great article. just wanted to throw you a big thanks – you and I’ll bookmark it and come back later Add Free link

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: