حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Alasan mengapa jumlah Istri hanya 4

Posted by حَنِيفًا on April 29, 2009

Assalamu’alaikum,

Dalam Islam umat itu digambarkan sebagai satu umat Ummatan Wahidatan, karena memiliki kesatuan akidah, syariah, dan prinsip muamalah dalam postingan sebelumnya kata “Wahidatan” dapat juga disimpulkan sebagai Satu kesatuan sistem GLOBAL dalam unit yang kecil maka kita dapat juga mengumpakan satu keluarga, seperti yang digambarkan pada Hadits Rasulullah s.a.w berikut :

Perumpamaan orang-orang mukmin (sebutan bagi orang-orang Islam yang beriman) dalam saling mengasihi, saling menyayangi,  saling menyantuni adalah bagai satu tubuh. Bila salah satu  bagian tubuh menderita sakit, maka terasa sakitnya di seluruh tubuh. (HR Bukhari dan Muslim).

Di tatanan keluarga umumnya di dinakhodai oleh kepala rumah tangga atau  Suami dari istri-istrinya dan Ayah dari anak-anaknya.

Subhanallah…
Firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam Al Qur’an surah An Nisaa  ayat 3 :

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَـنِ الرَّجِيمِ

Aku memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk

أَوَإِنْ خِفْتُمْ أَلاَّ تُقْسِطُواْ فِى الْيَتَـمَى فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُمْ مِّنَ النِّسَآءِ مَثْنَى وَثُلَـثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلاَّ تَعْدِلُواْ فَوَحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَـنُكُمْ ذلِكَ أَدْنَى أَلاَّ تَعُولُواْ

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

Siklus Menstruasi

Mentruasi merupakan hal yang dialami oleh setiap perempuan setiap bulannya. Mentruasi merupakan proses dalam tubuh perempuan dimana sel telur (ovum) yang berjalan dari indung telur menuju rahim, melalui aluran yang diberi nama tuba fallofi. Pada saat tersebut, jaringan endometrial dalam lapisan endometrium di dalam rahim menebal sebagai persiapan terjadinya pembuahan oleh sperma.

Jika terjadi pembuahan, dinding ini akan semakin menebal dan menyediakan tempat janin tumbuh. Tai, jika tidak terjadi pembuahan, jaringan endometrial ini akan hancur dengan sendirinya dan keluar melalui vagina dalam bentuk cairan menstruasi. Sedangkan siklus menstruasi sendiri dimulai dari hari pertama mentruasi hingga satu hari sebelum mentruasi berikutnya. Pada keadaan normal siklus terjadi selama 28 hari.

Pada hari 1 sampai 7 : Menstruasi; pada hari pertama ketika pertama kali mengalami menstruasi, terjadi pengeluaran cairan mentruasi akiba rontoknya jaringan endometrial dari dalam rahim. Proses ini terjadi sekitar 7 (tujuh) hari. Sedangkan jumlah darah yang keluar tergantung setebal apa jaringan yang rontok tersebut.

Pada hari 8-12 (fase follicular); pada masa ini terjadi menstruasi telah berhenti. Kemudian secara otomatis sel telur yang tadinya ada di dalam rahim ikut hancur bersama didnding endometrial. Oleh karena hal itulah pada fase ini terjadi proses ovum lagi. Proses yang berlangsung dalam indung telur (ovarium) ini bertujuan untuk mematangkan follicle (telur yang belum matang), untuk siap dibuahi. Pada fase ini hormon estrogen meningkat.

Pada hari 12-14 (Masa Ovulasi); pada fase ini adalah fase biasa yang disebut masa subur. Pada masa ini, ovum sudah berpindah dari tuba fallofi dan siap untuk dibuahi. Ovum yang sudang matang dikeluarkan dari indung telur ke tuba fallofi oleh fibrio, jaringan yang ada di ujung tuba fallofi. Ukuran ovum normal sekitar 0,5 mm, yang merupakan sel terbesar dalam tubuh perempuan. Pada sebagian perempuan, fase ini diikuti oleh rasa sakit yang disebit mittelschmerz yang terjadi dalam beberapa jam.

Pada hari 14-28 (Fase Luteal); setelah menunggu lama di tuba fallofi, nasib ovum akan ditentukan pada fase ini. Jika sudah dibuahi, ovum akan bergerak ke rahim dan tumbuh sebagai embrio yang berkembang lanjut menjadi janin. Akan tetapi jika tidak, ovum akan tetap di rahim kembali ke masa menstruasi. Ada masa inilah biasanya terjadi peningkatan hormon estrogen besar-besaran. Dan disinilah biasanya terjadi Premenstrual Syndrome (PMS)

(Sumber dari @Mas Halilintar )

Jika masa bersih diri seorang wanita 7 (tujuh hari), maka:
Siklus “Merah” sampai bersih adlah 28 / 7 := 4 (empat)

[QS 4:3] := Maksimal 4 istri (empat).

Sekarang perhatikan (HR Bukhari dan Muslim) oleh karena khalifah keluarga adalah SUAMI maka jika ada satu keluarga dengan 4 istri sudah selayaknya sebagai satu umat ummatan wahidatan, demikian pula jika sepasang pasutri dan  tetap saja disebut “Umatan Wahidatan“.

Diturunkanya Nabi Adam a.s sebagai Khalifah (pria) pertama dimuka bumi lebih memaknai lagi dominasi kaum PRIA. 😀

Wassalam, Haniifa.

35 Responses to “Alasan mengapa jumlah Istri hanya 4”

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR WB
    Hmmm..disini letaknya…kita bisa memisah mana dunia…

    sekedar Nb….nich haniifa…

    disaat berlayar dgn sebuah perahu besar,,,,
    nyetir sendirian,dayung sendirian,masang tali sendirian,masak sendirian,mancing sendrian,,,,,
    wach rakus amat…atau terlalu egokah ini….minimal bawa 1,2,3,4 kek…..
    menuju tujuan….
    jgn tergoda yg namanya rayuan maut dunia ,,,cinta,,cinta,,,cinta,,,,,
    Akankah anda sanggup mencintai makhluk?
    Apapun keinginan yg dicintai,sanggup anda laksanakan dan restui..?
    bagaimana di saat yg dicintai menginginkan selingkuh?
    Apalagi yg dicintai menyuruh ntuk makan tahinya?
    Sanggupkah…..?

    YANG LAYAK DICINTAI HANYA ALLAH.

    WASSALAM

    __________________________

    Wa’alaikum Salam, @Mas Ayruel
    Itulah bedanya kita dengan umat yang lain, didalam Al Qur’an selalu di awali “Bismillahir rahmaanir rahiim” kecuali At Taubah, artinya kita juga harus selalu mendahulukan rasa KASIH SAYANG bukan cinta kasih.
    Apalagi dikuatkan dengan hadits Rasulullah : Setiap pekerjaan awalilah dengan “basmallah”.

    Wassalam, Haniifa.

  2. lovepassword said

    Pak Guru, aku sudah ke Hapitri sesuai saran kamu. Tiwas aku GR pake kamu tulis khususnya untuk Mas Eko, hi hi hi. Jangan-jangan itu malah cerita tentang kamu.

    _________________

    @Mas Lovepassword
    Lempar batu kena batok sendiri…😀
    Udah jelas nyang dikangeni sampean… hehehe
    • lovepassword said

      Itu gosip Pak Guru🙂 🙂 Duh ???

      _________________

      @Mas Lovepassword
      Gosip, tapi kamu tugas “keluar pulau” ngapain ?! tugas… atau tuggaassss😀
  3. cenya95 said

    Hmmm… maksimal 4, kalo siklus merah nya normal. Lha… kalo tidak normal, hitungannya bagaimana, Mas ?
    sedikit ilustrasi : tersurvei 2 wanita bermerah ria bersamaan di bulan pertama, bulam kedua masih sama hanya berselisih jam, dan bulan ketiga sang merah sudah saling berkejaran. Nah kalo dah begini rumus tersebut tak berlaku, Mas.😀 Harusnya rumus tersebut dikurangi dengan faktor kesalahan error sehingga akan diperoleh angka yang ideal. Bagaimana ?
    Salam hangat selalu.

    _____________

    @Mas Cenya95
    tersurvei 2 wanita bermerah ria bersamaan di bulan pertama, bulam kedua masih sama hanya berselisih jam, dan bulan ketiga sang merah sudah saling berkejaran.

    Nambah aja lagi !! dua (2) istri yang masih muda and mak nyush (maksudnya tanya dulu “lampu merahnya”…😀 ) pasti koefisien errornya lebih kecil.

    Wassalam, Haniifa.

  4. yang saya tau Nabi Saw memiliki istri sampai 4 adalah untuk membantu beliau didalam menyebarkan agama Allah,kalau sekarang ini masih ada yang menirunya (pologami)perlu dipertanyakan apa tujuannya

    Sejarah singkat menstruasi. Sewaktu nabi Adam memetik buah larangan Allah disorga dulu getahnya menimpa tubuh Siti Hawa yang berakibat pada terjadinya siklus itu. menurut ilmu kedokteran hal ini terjadi karena perubahan yang terjadi dalam tubuh wanita dalam segala sisi pertumbuhannya,menandakan siwanita itu sudah dewasa. trims atas kesempatan ini…

    ______________

    @Martias Oyonk
    Betul sekali berpoligami saat ini harus jelas tujuannya, namun bisa saja Allah subhanahu wa ta’ala menunjukkan jalan setelah berpoligami.

    Terima kasih kembali, Haniifa.

  5. bermanfaat banget pak..!

    kalo masalah poligami mah
    kayanya bukan utk didiskusikan
    tapi diamalkan…! hehe

    koncinya bukan pada kekuatan argumen
    tapi keberanian dan keikhlasan…!

    ____________________

    @Mas Insan Muhammadi
    Subhanallah…
    koncinya bukan pada kekuatan argumen
    tapi keberanian dan keikhlasan…!

    Betul ungkapan diatas, namun dengan memberikan argumen yang positip tentang poligami… Insya Allah akan merubah paradigma masyarakat tentang poligami yang salah kaprah selama ini. Sehingga akhirnya akan muncul keberanian yang disertai keikhlasan, Amin.

    Wassalam, Haniifa.

  6. adi isa said

    saya rasa, soal ayat itu emang punya makna dan pembelajaran
    dan sepertinya saudara haniifa sudah mengulas secara “bilangannya” hehehehe…itulah sebagian ilmu yang sampai kepada manusia yang berakal.

    mas, tolong ulas, soal 4 pintu kabba, boleh nggak.
    salam
    adi isa.

    ___________

    @Mas Adi Isa
    Terimakasih @mas, dan Insya Allah…😀

    Wassalam, Haniifa.

  7. usman said

    sepertinya siklus haid tidak ada hubungannya dengan nikah dengan 4 wanita, aku kok belum tau hadisnya ya??? kalo ada tolong bantu dong

    • haniifa said

      @Mas Usman
      sepertinya siklus haid tidak ada hubungannya dengan nikah dengan 4 wanita

      Mohon maaf @mas sepetinya hanya terfokus pada siklus haid dengan aktivitas sexualitas belaka tampa melihat esensi darinya, mari kita lihat :
      Seperti diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan: ‘Umar bin al-Khaththab datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya mengatakan: ‘Wahai Rasulullah, aku binasa.’ Beliau bertanya: ‘Apa yang membinasakanmu?’ Ia menjawab: ‘Aku mencampuri isteriku dari arah belakangnya., selanjutnya Rasulullah menerangkan kedua ayat dibawah ini.

      Firman Allah dalam QS Al Baqarah ayat 222-223, berbunyi.
      222. Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah kotoran“. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri

      223. Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.

      Hikmah apa yang bisa kita ambil ?!
      1. Seandainya libido Umar ibn Khatab tinggi sekali, dan birahinya justru memuncak saat melihat kecantikan istrinya yang saat itu masa-masa haid.
      2. Seperti diatas dan beliau belum berpoligami.

      Saya kira banyak sekali yang mempunyai perilaku yang serupa beliau terutama dinegara-negara barat…😀 , Apa yang mereka lakukan ?! justru mereka mentradisikan lewat dubur. Astaghfirullah…

      Wassalam, Haniifa.

  8. kangBoed said

    hmm… empat yaaa… asyiiik mau mau… hmm.. tapi… satu aja bingung yaaaa.. apalagi empaaaat…*bingung 4x*.. hehehe..

    • haniifa said

      @Kang Boed
      Oleh karena itu Al Qur’an mewanti-wanti, kalau kamu tidak sanggup berlaku adil ambil satu saja… dan kenyataanya mayoritas umat islam beristri satu, tapi saya juga sama kalau diberikan kesanggupan… mau-mau ah, Insya Allah.

      *bingung 4x*… wah sudah pasti, wong istri satu plus anak enam ajah… tiap harinya rumah sudah seperti kapal pecah !!😦

      Terima kasih atas kunjungannya, Haniifa.

  9. Si Tukang Ronda said

    Ass Wr Wb
    enak dong punya istri 4
    kalau yang satu cekcok ada 3 lagi ni yang antri hihihi
    tapi gua harus kuat dong kalu enggak bisa berabe hihihi
    lo punya obatkuat nggak jangan2 lo punya 4 juga

    lam kenal
    STR

    _________________________

    Wa’alaikum Salam, @Si Tukang Ronda
    Alhamdulillah…
    Sampai detik ini masih bertahan cukup satu …😀
    Obat kuat, resepnya ajah yach.
    1. Kuat menahan malu sama calon mertua baru, jika udah ubanan.
    2. Kuat duitnyah.
    3. Kuat diomelin jika telat gajian.
    4. Kuat mendengar tangisan dan rengekan.
    5. Kuat-kuatin ajah kalau nggak kuat.

    Salam kenal kembali, Haniifa.

    • @Haniifa
      5. Kuat-kuatin ajah kalau nggak kuat.

      whchhh…Kuat nggak kuat.harus kuat…..
      Nb aja sich….
      iya nich baru balik dari hutan….lumayan lach buat isi perut..dll
      wassalam

      ___________

      @
      😀
  10. Si Tukang Ronda said

    @haniifah @ udo chan

    ngapain kalian ke hutan?
    apa udah bosan ama komputer?

  11. WANDI thok said

    Jadi apa alasannya mbak? kok jadi ter muter, ku gak paha tuh…. dasar wong bingungan😀

    ________________

    @
    Cari alasan ngeles sama istri…😀
  12. […] 2009Rahasia Al Qur’an dibalik huruf Hijaiyah May 13, 2009Mekah sebagai pusat bumi 5 May 9, 2009Alasan mengapa jumlah Istri hanya 4 April 29, 2009Nun April 26, […]

  13. vina said

    wah-wah-wah empat istri kok dihubungkan dengan menstruasi?

    Tapi kenyataannya banyak tuh yang beristri lebih dari 4…

    _____________

    @Mba Vina
    wah-wah-wah empat istri kok dihubungkan dengan menstruasi?
    Tapi proses kehamilan tergantung pada menstruasi yach….

    Kenyataannya banyak yang beristri dari 4
    Apakah bisa disebut banyak jika 1000 orang dari 250.000.000 orang… ?!
    Kalau istilah kerennya kira-kira 0,0004% masak sih disebut banyak….😀

    Wassalam, Haniifa.

  14. Lambang said

    Istri empat? Namanya juga dewata, bisa banyak istri.

    _____________

    @
    Mas Dewata waktu ngombe kopi bareng saya… katanyah masih bujangan😀
  15. Jelasnggak said

    Jika masa bersih diri seorang wanita 7 (tujuh hari), maka:
    Siklus “Merah” sampai bersih adlah 28 / 7 := 4 (empat)

    ===> Ya ammmmplooop…!!!

    Pinter banget nyambunginnya yak!!.

    Tahun 2009.. ya owoh…makin kreatip aja kalian ini yak…

    Kenapa ngga gini aja nih :

    Perbandingan pria dan wanita adalah 1:2
    Perbandingan kematian pria dan wanita adalah 4:6

    Jadi 6 – 2 = 4.
    Itulah sebabnya boleh 4 isteri.

    Hi hi hi hi….

    Muslim-muslim ini..

    Maap ini bukan menghina atau ngajak berantem.. tapi cuman mau nunjukin aja ke-***-an kalian…

    @Jelasnggak
    Kalau Cewek Lesbi atau Cowoknya homo bisa tolong hitung ?!😀😆
  16. konyol said

    @jelasnggak
    tahun 2009 dari perbandingan kelahiran dan mortalitas.
    Jadi 6 – 2 = 4.
    Itulah sebabnya boleh 4 isteri.

    Lalu bagai mana tahun-tahun yang lain ?!

    hehehe… jelas nggak standar😆

  17. jelasnggak said

    @Muslimin dan muslimat yang dikasihani saya.

    Saya ada pertanyaan kedua.

    Owoh kalian membatasi kalian untuk berkawin maksimal 4.

    Kenapa Muhamad melanggarnya dengan berkawin 9..?

    Kenapa..?

    Hayo jawab..?

    (mudah2an ngga ada yang jawab : dia kan nabi, jadi oke2 saja lah..Itu jawaban yang salah karena Perintah owoh jelas kawin 4 maksimal.)

    Bisa..?

    he he..

    .
    .
    .
    salam

    @
    Yesus poligami lho ?!😀😆
  18. kedok nafsu gede said

    wualahhhhhh,
    ini nafsu gede aja yang diandelin,
    harusnya ditambah lagi tuh analisanya,

    1. jika mens barengan empat-empatnya, berarti harus nambah 3
    2. jika istrinya 50% pada lagi ga horny, harus nambah 2
    3. jika semalam butuh pelampiasan 3x, istri ga sanggup, harus nambah cadangan 2

    berapa tuh,

    dasarrr napsu yang dikedepanin,,,,

    • Konyol said

      kek.kek.kek
      Hebat yach !!! Nabi Muhammad s.a.w sampai beristri 4 dan rukun-rukun lagih.
      Bagaimana dengan pendeta, Paus yang nggak punya istri… Apa “itunya” nggak berfungsi sebagaimana mestinya !?
      Atau jangan-jangan “lewat belakang”…😆

      • Irlander said

        Jangan gitu bung, punya pendeta tetep berfungsi kok, buktinya kemaren saya baru diceritain temen waktu dulu mau ketekisasi pendetanya nunjukin koleksi dvd porno loh, artinya fantasi mereka tetep jalan walau cuma digesek2 ketembok sama knalpot😀

    • masyono9 said

      kamu ini ngarang-ngarang aja

      • Irlander said

        @Masyono9

        Kalo pendeta koleksi dvd xxx itu beneran loh mas, sumpah ane gak ngarang🙂

  19. mazterall said

    kok malah lari ke pendeta?
    jawab dong pertanyaan jelasnggak

    • haniifa said

      @Mazterall
      Mau jawab apa !! wong saya sendiri nggak ngerti yang dimaksud dengan “Owoh kalian membatasi kalian untuk berkawin maksimal 4.”

      Apa sampean ngerti yang dimaksud kata OWOH… pada pertanyaan manusia nggak jelas….😀:mrgreen:

  20. […] cuman ngasih  […]

  21. […] Islam yang umatan wahidatan ini juga bisa kita baca dari berbagai hadits yang semua ulama menyepakati […]

  22. […] Alasan mengapa jumlah Istri hanya 4 […]

  23. Mantap bos infonya..bookmark dolo ahhhh buat future reference. apa coba…

    @😉😀
  24. Ali said

    Analisa bagus………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: