حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Mekah sebagai pusat bumi 4

Posted by حَنِيفًا on May 14, 2008

Kebenaran vs kebetulan ?!

Bisakah…

Win-Win Solutions ?!

Didalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang terkenal dengan Ejaan Yang Disempurnakan (baca:EYD) dipopulerkan oleh Prof. Dr. Jusuf Syarif Badudu lewat acara Televisi Republik Indonesia (baca:TVRI) sekitar tahun 80’an.

1. Apa beda antara kebenaran dengan kebetulan ?!
Kata kebenaran dan kebetulan : Mempunyai awalan (prefiks) yang sama yaitu “ke” dan mempunyai akhiran (sufiks) yang sama yaitu “an” dan juga keduanya tidak mempunyai sisipan (infiks). Selanjutnya untuk lebih menjelaskan maka kita gunakan tanda baca pemisah “-”
Sehingga :
1a. ke-benar-an
1b. ke-betul-an
Oleh karena itu kita memdapat kata dasar “benar” dan “betul”, setelah pembungkus sebagai awalan dan akhiran dilepaskan. ( Istilah imbuhan ini bermakna sama dengan “encaptulation” dalam bahasa komputer yang berorientasi objek/OOP )…. *)

2. Apa bedanya kata dasar benar dengan betul ?!
2a. Untuk memahami makna kata dasar maka kita abaikan asal-usul suatu kata (baca:etimologi)
….Sehingga :
….Arti kata benar sama dengan arti kata betul (baca: benar = betul)
2b. Untuk memahami berbedaan kata dasar maka pisahkan berdasarkan suku kata.
….Sehingga :
….bernar = be-nar
….betul = be-tul
…*) Setelah mengulangi proses pembungkus yaitu suku kata “be
….Arti suku kata nar tidak sama dengan tul (baca: nar != tul)

3. Apa bedanya suku kata nar dengan tul ?!
Untuk memahami makna suku kata, maka kita harus memperhatikan susunan huruf-huruf (istilah susunan huruf-huruf bermakna sama dengan “constructor” dalam bahasa komputer yang berorientasi objek/OOP)
3a. Konsonan (huruf mati)
…..Sehingga :
…..nar = nr
…..tul = tl
…..Arti konsonan nr tidak sama dengan tl (baca: nr != tl)
3b. Vokal (huruf hidup)
…..Sehingga :
…..nar = a
…..tul = u
…..Arti vokal a tidak sama dengan u (baca: a != u)

Bukankan konstruksi bahasa “java”(Jawa = Bhs. Jawa + Bhs Sunda) ?!
(Indahnya Tatanan bahasa Indonesia Ejaan Yang Disempurnakan/EYD)

Manusia mempunyai 5 jari kiri dan 5 jari kanan jika dijumlahkan akan 10, dan dari semenjak kecil kita selalu mempergunakan anugrah itu (baca: dari Allah ta’ala) untuk berbagai keperluan salah satunya adalah untuk belajar berhitung baik untuk pertambahan maupun untuk pengurangan.

y. Kebenaran = K-e-b-e-n-a-r-a-n…..jumlah huruf 7
….benar = b-e-n-a-r…..jumlah huruf 5
….be = b-e…..jumlah huruf 2
….nar = n-a-r…..jumlah huruf 3
….nr = n-r…..jumlah huruf 2
….a = a…..jumlah huruf 1

x. Kebetulan = Kebetulan…..jumlah huruf 7
….betul = b-e-t-u-l…..jumlah huruf 5
….be = b-e…..jumlah huruf 2
….tul = t-u-l…..jumlah huruf 3
….tl = t-l…..jumlah huruf 2
….u = u…..jumlah huruf 1

Bukankan konstruksi x sama dengan y
?! (Indah buah bahasa Indonesia)

Manusia yang dilahirkan ditanah Nusantara (baca:Republik Indonesia) sejak dari TK hingga Perguruan Tinggi selalu menggunakan berbagai bahasa mulai dari Bahasa Ibu (bahasa Daerah), Bahasa Indonesia (Bahasa Persatuan) dan mendapatkan pelajaran bahasa tambahan yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk dipesantren-pesantern (Mata Pelajaran Agama Islam untuk sekolah umum).

BUKTI KEBENARAN = KEBETULAN

Bukti A : Bahasa Internasional, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab berasal dari Al Qur’an
Bahasa Inggris :
be ?!

Bahasa Indonesia :
jadi-lah ?!

Bahasa Arab (yang di Latinkan ) :
Kun ?!

Insya Allah, dengan ijinNya akan saya lanjutkan….
Sebagai bahan renungan:
Ka’bah (Mekah) mempunyai titik potong (400 BT, 23.50 LU)
Mari kita urai angka-angka diatas 0, 2, 3, 4 dan 5.

Bukti B : Aritmetika
1. Rumus Luas Persegi Panjang L = a x b
2. Rumus Luas Bujur Sangkar L’ = a2
3. Rumus Pythagoras c2 = a2 + b2

Dari ketiga rumus tersebut terdiri dari 3 huruf (a, b dan c), coba kita lihat relasinya !!!
Luas Persegi panjang :
L = a x b
L = 3 x 4
L = 12….. hasilnya bilangan (1, 2)😀

Luas Bujur Sangkar :
L’ = a2
L’ = ((3 + 4) / 2) 2
L’ = (3.5) 2
L’ = 12.25….. hasilnya bilangan (1, 2, 5)😀

Rumus Pythagoras :
c2 = a2 + b2
52 = 32 + 42

4. Rumus Luas lingkaran
L” = 2 x pi x r….dimana diameter = 2 r (jari-jari)……
(Penggunaan hurf “d” berkorelasi dengan Teorema: ax + b + cx + d = 100)

L” = pi x d
L” = 22/7 x 5
L” = 15.714285714285714285714285714286 … (pusing tak hingga looping)😀

Coba buktikan sendiri :
Luas Persegi Pajang “lebih kecil dari” Luas Bujur Sangkar “lebih kecil” dari Luas Lingkaran dimana a=3, b=4 dan c=5.
atau…
L << L’ << L”

Bukti C : Komputer Grafik & Desain
1. Tentukan titik 0
2. Buat Persegi Panjang = 3 x 4
3. Buat Bujur Sangkar = 3.5 x 3.5
4. Buat Lingkaran d = 5
Gunakan CorelDraw atau Adobe – Illustrator agar presisi. Selamat mencoba !!😀
Catatan :
Secara Matematis empat buah titik sudut Persegi Panjang bersinggungan dengan garis lingkaran.
Dan bisa 2 titik sudut Bujur Sangkar bersinggungan dengan garis lingkaran
Atau 1 titik sudut Bujur Sangkar yang bersinggungan dengan garis lingkaran … ??! Ka’bah😀

Bukti D : Geometri
Nabi Ibrahim a.s = 0 ………. (Sebagai Imamnya manusia, tetapi tidak diberikan Al-Kitab)
Nabi Musa a.s = 2 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Taurat)
Nabi Daud  a.s = 3 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Zabur)
Nabi Isa a.s = 4 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Injil)
Nabi Muhammad s.a.w = 5 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Al Qur’an)

Jika koordinat (x,y)=(0,0) dijadikan titik pusat maka Ka’bah😀
1. Lingkaran pertama memotong titik koordinat (x,y)=(0,2) dan (x,y)=(2,0)
2. Lingkaran kedua memotong titik koordinat (x,y)=(0,3) dan (x,y)=(3,0)
3. Lingkaran tiga memotong titik koordinat (x,y)=(0,4) dan (x,y)=(4,0)
4. Lingkaran empat memotong titik koordinat (x,y)=(0,5) dan (x,y)=(5,0)

Bukankah matrik 2 x 2 ?!
Bukankah nilai (value) matrix tersebut kombinasi “NOL” dan “Bilangan Positif” ?!
Bukankah kombinasi “NOL” dan “Bilangan Positif” bisa dipresentasikan oleh 0 dan 1 (biner) ?!

Bukti E : Sejarah Bangsa Indonesia masa lampau
Di tanah Pulau Jawa (java) terlahir Patih Gajah Mada yang terkenal dengan sumpahnya “Palapa
Gajah…pasukan Gajah menyerang Ka’bah…..dinamakan Tahun Gajah….
Mada = M – a – d – a……….Mada = Adam ……. (Manusia pertama Nabi Adam a.s didunia)
Tahun Hijriah, dikaitkan dengan hijrahnya Nabi Muhammad Saw sebagai nabi terakhir beserta para sahabatnya dari Mekah ke Madinah, dan merupakan pertama-tama hijriah sang Jungjungan.
Bukankah bangsa Indonesia diantara negera-negara Asia Tenggara yang pertama-tama mempunyai Satelit bernama “Palapa” ?!
Tidak cukupkah 350 tahun dijajah Bangsa Barat (Belanda) ?!
Tidak cukupkah 3.5 tahun dijajah Bangsa Timur (Jepang) ?!
Tidak cukupkah 35 tahun berhura-hura ?!

Bukti F : Sejarah Bangsa Indonesia kini
Transportasi darat yang mempunyai jalan cenderung lurus adalah “Kereta Api”.
Di Pulau Jawa jalan ini melewati empat (4) kota besar yaitu Jakarta-Bandung-Yogya-Surabaya
Jakarta = Universitas Indonesia
Bandung = Institut Teknologi Bandung (lambang Ganesha … Gajah)
Yogya = Universitah Gajah Mada
Surabaya = Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Siapa yang terkena bencana Tsunami yang paling parah ??
Siapa yang kelimpungan manangani kasus “Lapindo” ??
Siapa yang terkena dampak moneter terlama ??
Kemana ilmuan Barat yang dibangga-banggakan ??
Akibat siapa hingga Ekonomi luluh lantak begini ??
(Bisa kebenaran atau kebetulan ke-empat civitas academy tsb. yang repot)

Bukti G : Siapa Aja bisa Pusing …kalau masalah Ora kelar-kelar
Mudah-mudahan tidak “terlalu teknis” rekan ….😀
Asumsi:
Keraguan relasional :
1. One to Many….(Akal fikiran sendiri… ke… Teori Evolusi, Sejarah, Biologi… )
2. One to One……(Iman & Ketaqwan sendiri…ke…Tuhan Yang Maha Esa)
3a. One to One…..(Kepercayaan sendiri…ke….Kaka (baca:hanya satu bln Nikah & sdr kandung)
3b. One to Many…..(Kepercayaan sendiri…ke….Kaka1, Kakak2, Kakak Ipar, Kaka misan….)
——————-
Coba simak dialog dunia maya :
“kata kk duluan mana telur ama ayam ?” … ya telur dulu dunk.
Bilang sama kk:
Kalau ayam bertelur ??
baru ayam dulu…😀
(maksudnya sersan… )
——————-
Hasilnya :
Relasi 3a dan 3b … lenyap dari keraguraguan !!
Sisa :
1. One to Many….(Akal fikiran sendiri… ke… Teori Evolusi, Sejarah, Biologi… )
2. One to One……(Iman & Ketaqwaan sendiri…ke…Tuhan Yang Maha Esa)
(Insya Allah, suatu saat bisa memilih dan memilah….)
Clear…kawan !!😀

Kesimpulan :
Baik teori kebenaran maupun teori kebetulan semua datang dari Allah.
Kedua teori tersebut memang datang dari Allah Yang Maha Haq.

Insya Allah, dengan ijinNya akan saya lanjutkan….
Sebagai bahan renungan :
Ka’bah (Mekah) mempunyai titik potong (400 BT, 23.50 LU)
Terbukti baik teori kebenaran/kebutulan : 0, 2, 3, 4 dan 5.
Namun mucul urutan abjad (a, b, c, d) dan (x,y)
(0, 2, 3, 4, 5) —– (1, 2, 3, 4, 7) coba teliti dan buka Al Qur’an

Yaa…Allah, kami bersyukur telah dilahirkan dan dibesarkan di Bumi Indonesia.
Namun dimanapun kami berada selalu menghapkan wajah ke arah rumahMu (Ka’bah), Amin.

Wassalam, Haniifa.

Bersambung :
1. (Kebenaran dan Kebetulan) harus berpihak pada yang (benar dan betul)
2. Kepolosan anak-anak TK A
3. Perbedaan itu bagikan rambut dibelah 7.
4. Awas terkecoh bilangan sembilan belas (19).
5. Tukang batu yang silau kehebatan rencana Kanal Wong Londo

96 Responses to “Mekah sebagai pusat bumi 4”

  1. Herianto said

    Wadduh…
    Mumet mas, baca-baca dulu.
    Besok dibaca lagi dah, soalnya lompatan2 energi dari satu titik materi ke titik materi lain dari postingan ini perlu ditelusuri benar eh betul keterkaitannya …🙂
    Ah, apa ini benar-benar kebetulan aja ya ?
    Atau, betul-betul kebenaran ?😆

    @Mas Herianto
    Trim’s berat mas.
    ———————————————-
    Ini bukan buat mas Her… lho.

    Apa beda antara ke-benar-an dengan ke-betul-an?

    Bedanya….. ya hurufnya dunk… 😀
    1. benar = b-e-nar
    2. betul = b-e-tul
    Samanya…ya artinya dunk… 😀
    BENAR = BETUL

    Wassalam, Haniifa.

  2. agorsiloku said

    Benar dan Betul, saya malah berkomentar di blog Mas Herianto, padahal maksudnya di sini. Jadi saya kopi pais lagi :
    He…he… waktu dipostingkan, saya malah jadi mikir (sambil bingung), apa bedanya ya !. Saya pikirkan saja dalam bahasa sehari-hari kebenaran dan kebetulan dalam bahasa Indonesia ini ya. Dalam pemahaman saya :
    Kebenaran itu bekerja pada keobjektifan persoalan, sedangkan kebetulan lebih terasa pada penilaian pada objektifitasnya.

    Jadi kalau 1+1 = 2, jawaban ini benar.
    Kata 2 itu sebagai jawaban adalah betul. Betul sebagai jawaban 2 dan benar adalah kalkulasi 1+1nya tentu.

    Secara umum, saya menangkap bahasa komunikasi manusia Indonesia terhadap benar dan betul adalah begitu.

    Karena pandangan pada kata “betul” lebih memberikan penilaian pada faktor kejadiannya bukan pada hakikat “betul”nya maka kita bisa menganggap sesuatu betul, padahal tidak benar.

    (ini kalau kita tidak ingin menukar-nukarkan kata ini).

    Bolehkan ditukar-tukarkan antara benar dan betul.
    Jawab saya : Tidak, karena kata betul punya arti lain ketika menjadi kebetulan (sebagai kemunculan peristiwa yang dihitung secara statistik).
    Jadi kalau kita mencari kebenaran, kita terus mencari pada hakikat… sedang mencari kebetulan, maka yang kita cari adalah unda-undi…😀

    @mas Agorsiloku
    Alhamdulillah…
    Terimakasih mas, mengingatkan saya ketika mendengar percakapan 2 orang anak, katakanlah si “x” dan si “y”.

    Jadi kalau 1+1 = 2, jawaban ini benar.
    “Kata 2 itu sebagai jawaban adalah betul. Betul sebagai jawaban 2 dan benar adalah kalkulasi 1+1nya tentu.”

    Kira-kira dialognya seperti ini:
    x := Berapa 1 + 1 ??
    y := 2
    x := Ibu dan ayah kandungmu berapa ??
    y := Semua orang juga tahu kalau ibu kandung satu (1) dan ayah kandung satu (1) !?
    x := Saudara kandungmu berapa ??
    y := Saat ini Kakak satu (1), Adik (3) dan saya sendiri (baca: si “y”) jadi semua lima bersaudara (5)
    x := Nah… Ibu (1) + Ayah (1) = Anak-anak (5)
    y := Ohhh.. !! 😉
    x :=🙂
    _____________________________________________
    Anggap saja kita tidak tahu yang dipakai oleh blog ini :
    Operating System (OS) ??
    Web Server (Apache)
    Bahasa Pemograman (PHP)
    Database Server (MySql)
    Mail Server ??

    Tapi sebagai pemakai… Insya Allah, kita sama-sama tahu hal berikut :
    Search Engine Terms
    These are terms people used to find your blog.
    TodaySearch _____ Views
    ka’bah ___________ 1 … ??

    Top Posts & Pages
    These posts on your blog got the most traffic.
    TodayTitle________________________________ Views...??
    Mekah sebagai pusat bumi 4_________________ 1
    Mekah sebagai pusat bumi 3_________________ 1
    Mekah sebagai pusat bumi 2_________________ 1
    Mekah sebagai pusat bumi __________________ 1
    Kenapa Ka’bah harus di Mekah (Saudi Arab_____ 1

    Top Posts

    Shalat tahajud menambah keimanan., 243 views
    Matematika Islam: bisakah dipertahankan 6348 ?, 205 views
    About, 201 views

    Top Searches
    kemanusiaan.wordpress, batu hajar aswad, mekkah, greenwich

    Most Active
    Mekah sebagai pusat bumi 3, 66 views
    Mekah sebagai pusat bumi 4, 46 views
    Mekah sebagai pusat bumi, 44 views

    Blog Stats
    Total Views: 5,355
    Best Day Ever: ??
    Views today: 5 … ??

    Spam queue = 1 ???? (tentu sudah saya delete… )
    Data dibuka pada pagi hari… saat minum secangkir kopi dan sebatang rokok… 😀
    How, Who := ??

    Insya Allah,… kelak kita bahas bersama-sama
    ______________________________________
    Alhamdulillah…

    Ahirnya ada yang bertanya soal Spam ?? …. dengan tegas “Haniifa tidak tahu
    Silahkan nyang merasa nanya….😉
    Definisikan sendiri alasan mengapa saya tidak tahu.
    http://ayruel.minanghosting.com/2008/04/malaikat-robot/

    Wassalam, Haniifa.

  3. aricloud said

    Assalammu’alaikum

    Aduhh…seperti biasa, logika saya gak nyampe buat ngikutin gaya mas haniifa🙂
    Kebenaran vs kebetulan?

    1. wah..’kebetulan’ nih ada postingan bagus..
    2. wah..’kebenaran’ nih ada postingan bagus.. ?????????

    1. Al Quran adalah ‘kebetulan’ dari Allah SWT.. ?????????
    2. Al Quran adalah ‘kebenaran’ dari Allah SWT..

    1. ‘Kebenaran’ informasi yang dia miliki diperoleh secara ‘kebetulan’…
    2. ‘Kebetulan’ informasi yang dia miliki diperoleh secara ‘kebenaran’…????????

    Hmmm..tapi sebagai kata dasar, sepertinya benar=betul

    @#$?*%$😦

    Wa’alaikum Salam, @mas Aricloud
    Bahagia rasanya bersua lagi didunia maya …🙂
    Terima kasih mas, menegaskan apa yang menjadi kesimpulan saya

    Baik teori kebenaran maupun teori kebetulan semua datang dari Allah.
    Kedua teori tersebut memang datang dari Allah Yang Maha Haq
    ____________________________________________________________
    Firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surah Ali Imran ayat 7 :

    Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur’an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Rabb kami.” Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.(QS 3:7)

    Wassalam, Haniifa.

  4. d70no said

    hehe…nimbrung lg mas Haniifa yg rumit, ruwet, njelimet kata orang2. Kok bisa mikir sampe segitunya, apa gak sakit kepala tuh😀 . Ah, apa ini dan itu jadi suatu kebetulan ataw kebenaran apa yah ukurannya/dasarnya? prosesnya dan tujuannya?
    Aq seh sempet ditempelin koyo obat bacanya jg…hehe..pusing..sing..sing asli sampe gak bisa mikir2 3 hari. Yah, siapa tau mas Haniifa di suatu saat kelak jd seperti para penemu kebanggaan Indonesia..amin. Seperti Archimedes dengan Eureka nya, atow Newton sang penemu teori gravitasi, atow bahkan seperti Einstein sang penemu teori relativitas, dll. Mudah2an semua pemikiran mas Haniifa suatu saat dapat berguna bagi manusia dalam berbagai kalangan dan bangsa. Sayang khan dah pusing2 mas Haniifa tapi gak ada ngaruh buat kemajuan kemanusiaan. Sedikit banyak nya pemikiran mas Haniifa banyak memberikan pencerahan2 pikiran aq yg cooled (beku). Cuman kadang2 jg suka pusing ma bahasa programnya. eheheh…
    Eh … kok jadi kepanjangan yach, sorry mas. Aq mo bobok dolo abis kuli manggul neh. Trim’s atas pencerahannya maju terus pantang mundur membela yg haq. bubay dl yach maaf jika ada kata yg kebetulan atow kebenaran salah…😀

    @mas D70no
    Subhanallah….
    Terima kasih mas, telah mengingatkan saya pada firman Allah ta’ala :

    Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang batil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui. (QS 2:42)

    “…Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS 2:185)

    Puji syukur….kepada Allah
    Catatan mas d70no mudah-mudahan menjadikan kita mawas diri pada penyakit “Qolb” khususnya saya, umumnya kaum muslim, Amin.

    Wassalam, Haniifa.

  5. daengfattah said

    tentang bukti b yang pae aritmatika saya benar2 gak ngerti di buatnya
    pelan2 aja ya
    saya rasa informasi banyak yang kurang agar saya bisa memferivikasi ulang nih
    1. Mengapa anda mengambil rumus persegi panjang, bujur sangkar dan pitagoras?
    2. Kenapa a di rumus persegi panjang disamakan dengan a di rumus persegi dan a di pitagoras?
    3. Dari mana 3 dan 4 pada perhitungan luas persegi panjang itu datang?
    4. dari mana ((3 + 4) / 2) 2 pada rumus bujur sangkar datang?
    5. Kenapa harus pasangan 3,4, 5 yang di ambil pada rumus pitagoras?
    6. Kenapa mengambil Pi sebagai 22/7 padahal itu hanya pendekatan, pi yang sesungguhnya adalah 3.14159265358979323846.
    7. Apa arti dari pertidaksamaan luas persegi panjang, bujur sangkar dan lingkaran yang anda buat?
    8. Kenapa a=3, b=4 dan c=5?

    @mas Daeng Daeng Fattah
    Trim’s mas Daeng.
    Tentang bukti b yang pae aritmatika saya benar2 gak ngerti di buatnya
    pelan2 aja ya …

    Coba kila lihat lagi Bukti B:
    1. Mengapa anda mengambil rumus persegi panjang, bujur sangkar dan pitagoras?…
    Alasannya :
    a. rumus persegi panjang := menyatan luas (berdimesi 2)
    b. rumus bujur sangkar := menyatakan luas (berdimesi 2)
    c. rumus pithagoras := ??
    Jika c yang dimaksud dari rumus pithagoras dijadikan a pada rumus bujur sangkar….

    Maka dapat disimpulkan :
    c. rumus pithagoras := secara explisit menyatakan luas (berdimesi 2)
    Lalu….
    Ini kehebatan pithagoras, yaitu untuk meyakinkan maka beliau mencari pembuktian secara Geometris (berdimensi 2)
    Maka diterimalah teorema pythagoras baik secara aritmetika maupun secara geometrika 😉

    Insya Allah, saya lanjutkan…

    Wassalam, Haniifa.

  6. iwan said

    apa definisi pusat?
    dimana letak pusat bola?

    @mas Iwan
    Trim’s atas kunjungannya…
    1. Apa definisi pusat?Saya tidak tahu

    Misalkan saya dan istri diberikan kesempatan untuk melihat acara pemilihan ratu sejagat, anggap saja Miss Y (yang sexy) dan Miss X (yang manis) sebagai finalist.
    Istri := Menurut mas siapa pemenangnya ??
    Saya := Miss Y.
    Istri := Ah… sepertinya Miss X.
    Team Juri menyatakan Miss X sebagai pemenang…. jelas disini ada tiga sudut pandang (3) (definisi penilian)
    Istri := Tuhh.. khan, yang menang Miss X…jangan-jangan ada maunya ??
    Saya := Ahh.. tidak, se-sexy apapun saya lebih sayang kamu, buktinya kamu bersedia menahan sakit pada saat melahirkan anak keturunan kita. Dilain fihak Miss X tidak teruji sama sekali.
    Istri := Nah… kalau dijadikan istri kedua bagai mana… !?
    Saya := Yap… tetap saja saya pilihkamu, kamu kan lebih lama mengalami pahit getirnya pernikahan !!

    Firman Allah subhanahu wa ta’ala, dalam surah Ar Ruum 21 :

    Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS 30:21)

    2. dimana letak pusat bola?… Coba mas pelajari dulu... Insya Allah, akan saya lanjutkan

    Wassalam, Haniifa.

  7. Terima kasih untuk yang pertama. Masih utang banyak lo. Hehehe
    Oh ia
    Tentang luas lingkaran itu, saya rasa saudara salah konsep
    yang saudara tulis itu rumus keliling lingkaran bukannya luas lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah Pixrxr

    @mas Daeng Fattah
    Trim’s mengingatkannya, untuk yang ini saya bayar cash …😀
    Karena luas daratan dunia = 30% = 0,3
    dan luas lautan dunia = 70% = 0,7
    Maka kita dapat membuat sistem persamaan linier:
    x + y = 0,3
    x + y = 0,7
    (variabel x := daratan, variable y := lautan artinya anda salah me-linerkan karena daratan dan lautan berupa persamaan perbandingan )
    Sehingga…. saya menulis sbb:
    x + y = 0,3
    x’ + y’ = 0,7
    ( variabel x != x’ dan variabel y != y’, artinya negasi x = x’ dan negasi y = y’ )
    😉

    saya rasa saudara salah konsepwalah..pae.pae makanya saya buktikan dulu teorema pythagoras (Bukti B: 1,2 dan 3 bagaimana relasinya, baru merelasikan ke no:4 sebagai luas lingkaran ) 8)

    PR: pi yang sesungguhnya adalah 8) 3.14159265358979323846. ??

    Wassalam, Haniifa.

  8. iwan said

    apa definisi pusat?
    dimana letak pusat bola?
    anda bahkan nggak mampu menjawabnya, payah

    @mas Iwan
    Kaya anak TK ajah (Gus Dur mah ke DPR lho… ) 😉
    Apa nggak bisa baca Insya Allah !?

    Pantasan dikasih perumpamaan nggak mundeng-mudeng….😀

  9. iwan said

    makanya definisikan Pusat yg anda maksut itu apa?
    menurut saya pusat sebuah bola adalah sebuah titik dimana jarak titik tersebut ke kulit bola, dari manapun arahnya, sama.
    bahkan anak SD kelas satu pun tahu ini.

    balik lagi ke pertanyaan saya, maksut kata Pusat dalam judul dan artikel anda apa?

    jangan2 beda sama yg diajarkan di SD kelas 1.

    @mas Iwan
    Lho… masih disini toch…
    jangan2 beda sama yg diajarkan di SD kelas 1.….😀
    Kebanyakan “maksut(Baca: maksud, Tulis:maksud)… hayo belajar Bahasa Indonesia dulu.
    Nanti nggak lulus SDnya lho….

    Maksud hati memeluk gunung apa daya gunung meletus…😀

    Salam hangat, Haniifa.

  10. zal said

    ::Mas Haniifa, salam..

    sepertinya, meskipun selalu diiringi emoticons smile, koq ya terasa selalu menolak gagasan ya…, mungkin ini hanya perasaan saya saja… mohon maaf sudah bersuudzhon,
    menurut saya pendapat selalu relatif, apapun itu, sebab kebenaran amat luas meski mutlaq, oleh karenanya Nabi Muhammad SAW mengatakan “kepadaku telah dihamparkan bumi ini, hampir-hampir terlihat timur dan baratnya” ini adalah sebuah ibarat tidak sempurnanya sdudut pandang manusia,
    menurut saya, pandangan Mas Agor, Daeng Fattah dan pertanyaan Mas Iwan, adalah relatif wajar dan mendekati hal yang mutlaq harus dipertanyakan dari apa yang sampean postingkan :
    Misalnya Dari Judul Mas Haniifa menulis Mekkah sebagai pusat judul, tentu kita akan mengasumsikan satu titik yang darimanapun ditarik maka dia berada ditengah-tengahnya kan…, entah lagi kalau yang dimaksud, sebagai pusat pasar, pusat keramaian, ini memang lebih menilik sifatnya ketimbang posisinya…

    menurutku ini ya…apapun pendapat adalah kewajaran, sebagai ukuran yang mungkin dapat diraih pada saat itu, dan kemungkinan berkembang setelahnya..

    contoh, hukum relativitas, ini sangat terhubung dengan kelanjutan penilaian atas hukum gravitasi kan…, namun adakah yang ditolak dari keduanya saat ini, dan ini tidak tanggung-tanggung bahwa kedua hukum tersebut berasal 2 orang yang diakui secara umum oleh dunia…, yang ternyata tidak menjatuhkan yang satu dari keduanya. bahkan pendapat Darwin yang banyak di tolak, masih diperbincangkan sampai saat ini…

    mohon maaf ya…jika saya juga serasa menggugat dengan bahasa yang banyak menggunakan mohon maaf namun tetap aja namanya menggugat…

    @Mas Zal, salam..kembali.
    Trim’s kasih mas, telah bersedia berkunjung …😉
    Dan Allah berfirman dalam surat Ali Imran:

    Tidak ada doa mereka selain ucapan: “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir“. (QS 3:147)

    Saya tidak ingin membahas lebih banyak komentar mas Zal,
    Dimata saya mas Iwan kacau.com selain kafir, juga tidak menghormati Bangsa Indonesia yang berlandaskan kepada Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan kebebasan memilih salah satu agama yang tercantum dalam UUD Negera.
    Saya mencurigai beliau malah dari bangsa lain, yang fasih berbahasa Indonesia dan ini terbukti walau sudah saya arahkan untuk mempelajari (membaca kembali).
    1. Mekah sebagai pusat bumi
    2. Mekah sebagai pusat bumi 2
    3. Mekah sebagai pusat bumi 3
    4. Mekah sebagai pusat bumi 4
    Pertanyaan masih berputar-putar di tempat yang sama, dan Alhamdulillah… saya tidak tergoda untuk memaparkannya, insya Allah suatu saat.

    Wassalam, Haniifa.

  11. zal said

    ::subhanallah, istighfar…Mas, istighfar, bukankah tidak Allah ciptakan sesuatu dengan kesia-siaan, saya kira kacau.com, hanya sebuah perusahaan jasa online Mas, mungkin agak terlalu berlebihan juga rasanya menjudge sesorang kafir lantaran tidak berkeinginan membaca dimana dia tidak mendapatkan suatu keyakinan atasnya…, mungkin juga sebab tampilan web sitenya…lha memang biasanya hanya orang asing yang terbiasa menggunakan jasa online dalam berbisnis, bukan pribumi, sebab kita akan puas jika membeli langsung ke loket, sebab disana kepastian kita dapatkan, mohon maaf ya..jika yang saya sampaikan berlebihan… dan saya kira koq wilayah Allah, kita campuri, sementara Allah SAng Pencipta segalanya engga pernah tuh membuka siapa yang sudah dicapnya, sesat, kafir, musyrik atau yang sholihiin, mukminiin..atau apalah itu, kecuali yang disebutkan pada AQ, sebagai teladan…wassalaam…

    @mas Zal
    Astaghfirullah al’adzim…
    Ampunilah hambaMu yang lemah ini … Yaa Allah,
    Jauhkanlah kami dari api fitnah… Yaa Allah, Amin.

    @mas Zal
    hanya sebuah perusahaan jasa online Mas…😀
    Yang saya maksud 1 satu mas Iwan kacau.com adalah orang yang menulis

    iwan said 13 hours ago:
    @atas saya
    1. buktikan klo Tuhan itu ada!
    2. buktikan klo muhammad itu utusan Tuhan!
    3. buktikan klo Al-Quran itu dari Aseli dari Tuhan!

    Apakah dia bekerja di perusahaan tersebut ?? mas Zal tanya dunk
    Apakah dia atas nama perusahaan tersebut ?? mas Zal tanya dunk
    Apakah dia sendiri memfitnah perusahaan tersebut ?? mas Zal tanya dunk
    Apahah dia beragama ?? mas Zal tanya dunk
    Apakah dia yang mempromosikan perusahaan tersebut ?? mas Zal tanya dunk
    Apakah dia beragama ?? mas Zal baca dunk
    Apakah dia mendorong saya supaya kafir ???? mas Zal baca dunk
    Apakah saya meng-kafir-kan satu perusahaan ?? mas Zal baca dunk
    .
    .
    .
    Apakah dia menyadari kekeliruannya ?? Wallahu’alam.

    Allah subhanahu wa ta’ala berfirman pada surah Al Baqarah :
    __________________________________________________________
    Apakah kamu menghendaki untuk meminta kepada Rasul kamu seperti Bani Israel meminta kepada Musa pada zaman dahulu? Dan barang siapa yang menukar iman dengan kekafiran, maka sungguh orang itu telah sesat dari jalan yang lurus. [QS 2:108]

    Wassalam, Haniifa.

  12. yudhisidji said

    wah…. @ haniifa kalau bikin tulisan asyik juga yach ……
    saya pilih wujud bahasa sebagai pendekatan lokal bae lah……
    seperti benar dan betulnya @ mas haniifa itu……

    mana mungkin Tuhan itu laki2 gara gara pake pendekatan Lord, atau sebetulnya valentino Rossi sudah mencapai 6 putaran (kata slamet) atau 6 pusingan (kata misbun shidek)…..

    @mas Yudhisidji
    Trim’s mas, telah sudi berkunjung…
    Bahasanya agak nyeleneh yach… maksudnya biar saya pribadi mudah inget😀

    Salam hangat selalu, Haniifa.

  13. Wah. Masih belum ada post baru ya. Lagi sibuk apa ni haniifa🙂

    @mas Daeng Fattah
    Ada tapi belum bisa tercoret…🙂
    Trim’s mas.
  14. aduh saya jadi lieur🙂

    @Kang Achoey
    Nggak apa-apa lieur mah, berarti Kang Achoey menyimak….
    Trim’s atas kunjungannya.🙂

    Wassalam, Haniifa.

  15. smpputri said

    Yah kalau buat mencegah spam pasti kebenaran gak sam dengan kebetulan, kalau sama…..???
    maklum masih smp jadi bingung nih!!!

    @mba Smpputri.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Pertanyaan agak sulit, dijawab😀
    Jika Kebenaran di spam, yach sama dengan kebetulan di spam.
    Jika kebenaran nyepam, yack sama dengan kebetulan nyepam.
    Kalau saya di spam… yach sering banget. tapi buat apa dipikirkeun… nambah-nambahin pikiran nggak karu-karuan…
    (kalau hanya sekedar tahu… yach cukup tahu saja pola nyah)
    Nahh… kalau nyepamin orang/ jahil sama orang,
    Insya Allah, mudah-mudahan terpikirpun jangan.

    Wassalam, Haniifa.

  16. faubell said

    @haniifa
    Assalamu’alaikum Mas Haniifa,

    Kalau saya renungkan ada nuansa proses yang berbeda antara makna benar dan betul.
    be-nar = merasakan nar (neraka) dulu baru meyakini benar
    be-tul = merasakan sebagai tul (tool)dan tidak perlu merasakan nar

    Jadi benar diperoleh dari pengalaman sendiri dalam berproses menjalani kehidupan,sedang betul diperoleh dari mempelajari pengalaman orang lain, tanpa perlu mengalami rasanya nar itu.

    Pesan moral : AQ kalau tidak diyakini akan membuat si pelaku akan merasakan nar dahulu karena Sunnatulah, baru menyatakan bahwa AQ itu benar. Padahal AQ adalah tool teropong kauniyah yang betul karena sesuai dengan fitrah.
    he..he..he

    Teruslah bereksplorasi diri dalam Celupan-Nya dan senantiasa bersyukur, semoga Allah senantiasa memberikan ilham kepada Mas Haniifa sehingga menambah rasa syukur ke hadirat-Nya.

    Wassalam.

    Wa’alaikum Salam @Mas Faubell,
    Subhanallah….
    Ternyata mas ini, lebih menyelami makna yang tersirat manakala Nabi Muhammad s.a.w ditanya oleh seorang sahabat beliau :
    Tanya Sahabat := “Adakah peperangan yang lebih dasyat dari ini (Badar), Yaa…Rasulullah”.
    Jawab Rasulullah := “Ada, yaitu perang melawan hawa nafsumu sendiri !!”.

    Wassalam, Haniifa.

  17. Kurt said

    Waaduh hanya menyimak2 saja mas. Aku belum mudeng memahaminya. Tapi sekilas sih mengerti bahwa Sampean membuktikan dari sisi bahasa, logika dan matematika bahkan yang kebetulan sekalipun menuju kepada Yang Maha Asal. bener tah?🙂 salam kenal

    Wa’alaikum Salam @Mas Kurt,
    Alhamdulillah….
    Terima kasih mas, begitu kenal… langsung menyimak !!
    Suatu kehormatan besar buat saya.
    Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan ini berlipat ganda, Amin.

    Wassalam, Haniifa.

  18. Jiwa Musik said

    ck ck ck…. salut sualuuuut

    Terimakasih telah mengingatkanku ke ikhtiar2 Pak Yus Badudu buat bangsa ini, eh kalo sekitat tahun 80’an dulu jadi inget Prof. Ahmad Baiquni dari UGM kalo pengajian2 topiknya senada dg posting2 disini: Iqra (=Genggamlah Ilmu)

    @Jiwa Musik
    Sama…😉 , saya juga sering salut dengan para pemusik dalam penyampaian pesan moral.
    Baik melalui dentingan nada, lirik… ujung-ujungnya tergantung pilihan kita yach.
    Soal nada postingan… wah jauh dunk dengan beliau-beliau.
    Trim’s atas kunjungannya.

    Wassalam, Haniifa.

  19. heruyaheru said

    ah, ada-ada saja…

    @mas Heruyaheru
    Sudah selayaknya di ada-adakan…. maksudnya berlatih😉
    Seperti para pendekar “Samurai” supaya tingkat repleksi, ketangkasan, sportivitas… dsb menjadi meningkat kualitasnya.
    Trim’s atas kunjungannya.

    Wassalam, Haniifa.

  20. erander said

    Jadi kesimpulannya piye mas ?? apakah kebenaran dan kebetulan yang menyebabkan Mekah sebagai pusat bumi ? Sorry saya koq ga mudeng ya mas ? Maklum, saya ini termasuk kelompok adidas.

    Wadoh .. jangan² saya belum membaca postingan mas Hanif yang lainnya:mrgreen:

    @Mas Erander
    Lha iya tuh mas, kesimpulannya… heh !! saya ini seperti melempar batu sembunyi tangan dan kena kepala sendiri.😀
    Sulit merubah gaya seperti mas, tulisannya nyatai tapi tepat sasaran…
    (nggak keberatankan cuma baca-baca doang)

    Wassalam, Haniifa.

  21. konyol said

    واذ قال ربك للملائكة اني جاعل في الارض خليفة قالوا اتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال اني اعلم مالاتعلمون

    @Mas Konyol
    Yang dimaksud Al Baqarah ayat 30, yach !
    (Duhh… mata ini sedikit burek bacanyah, maklum kacamatanya belum diperbaiki😀 )
    Silahkan mas buka di :
    http://agorsiloku.wordpress.com/2008/06/21/nabi-adam-itu-perempuan-atau-laki-laki/#comment-20706

    Wassalam, Haniifa.

  22. Entah kebenaran atau kebetulan ya , aku ngundang kowe “Mbak “?
    Entah kebenaran atau kebetulan ya , kita asyik berdumel-dumel ria ?

    Fah, jane aku ki rodo males nanggepi topikmu – soale secara keseluruhan ora pathi mudeng maksudmu. Tapi daripada aku meneng blok dumel-dumelku mendingan aku melu ngedumel neng blogmu. …He he he

    Aku ngomentari sebagian wae sing rodo ngganjel sitik :

    @Di tanah Pulau Jawa (java) terlahir Patih Gajah Mada yang terkenal dengan sumpahnya “Palapa“
    Gajah…pasukan Gajah menyerang Ka’bah…..dinamakan Tahun Gajah….
    Mada = M – a – d – a……….Mada = A – d – a – m ……. (Manusia pertama Nabi Adam a.s didunia). DST

    Ngarakku Mas, nek kowe nulis buku kandel soal iki mestine payu, koyok Da Vinci Code kan isine yok koyok ngene.

    Lha hubungane Adam mbek GajahMada ki opo? Selain Mada mbok walik dadi Adam ?
    Ngopo kowe Rak Mbahas juga soal Hayam Wuruk atau Prabu Airlangga ?

    @Bukti D : Geometri
    Nabi Ibrahim a.s = 0 ………. (Sebagai Imamnya manusia, tetapi tidak diberikan Al-Kitab)
    Nabi Daud a.s = 2 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Zabur)
    Nabi Musa a.s = 3 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Tauret)
    Nabi Isa a.s = 4 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Injil)
    Nabi Muhammad s.a.w = 5 ………. (Turunan Nabi Ibrahim a.s dan diberi Al Qur’an)

    Mengapa Nabi Daud kok bisa nomornya dua, Musa tiga, dst ?

    Jan memang mumet aku melu mikir bareng wong pinter. Muga-muga wae aku ketularan pinter koyok kowe MAs ….

    SALAM Ya, MAS.

    Wis….Rak sah ndumel….He he he

    @Mas Lovepassword

    Soal supahe “Gajah Mada” := Arep kabeneran opo kabetulan jan satelit “Palapa” sing pertama-tama njebul di Asia toch😀
    Soal urutan :
    Ngene mas, tulisan “Bismillahir rahmanir rahim” ada yang pakai angka satu (1) (baca: surat al fatihaah) sementara di surat-surat yang lain nggak pake toch (baca: kecuali surah at taubah).
    Nah… saiki Rasulullah Nabi Ibrahim a.s adalah sebagai Imamnya manusia dan istilahe bapaknya “Tauhid”…. dengan demikian bisa disimpulkeun, berdasarkeun keturunan beliau :
    Nabi Ibrahim a.s := 0… or …1
    Nabi Daud a.s := 2
    Nabi Musa a.s := 3
    Nabi Isa a.s := 4
    Nabi Muhammad s.a.w := 5
    (Alasan kenapa Nabi Ibrahim a.s pakai index 0, karena bukan penyampai Kitab Al Qur’an sehingga merupakeun negasi dari 1 yaitu 0, dalam biner)
    Ternyata semua bilangan prima jika index Nabi Ibrahim a.s := 1 toch… dan kecuali khusus untuk Nabi Isa a.s…. selanjutnya alasane piye ?!
    Khusus Nabi Isa a.s faktor perkaliane := 1,2,4
    Angka satu (1) menunjukan Khalifah pertama Nabi Adam a.s
    Angka dua (2) menunjukkan hanya ada dua Manusia (sing ono nang Al Qur’an) yaitu Nabi Adam a.s dan Nabi Isa a.s sing nggak ono Bapak (tapi bukan yatim lho !!)
    Angka empat (4) yach… indexnya Nabi Isa a.s sendiri.

    Wahhh… matur nuwun banget lho, apresiasinya.

    Salam hangat dan ndumel sehat, Haniifa.

  23. Aku ngerti umpetane Riyadus, kono oyako meneh – entutono meneh….-
    Ben kapok….-

    Aku tak singsot-singsot wae…ya –

    Aku takut wajahku yang gantheng ikut ternoda oleh perang entut kalian. hik hik Hik…-

    @Mas Lovepassword
    Dasare cah guanteng… ya mestine tambah guanteng toch😉
  24. Aku wis rodo mudeng sitik maksudmu.

    Selanjutnya tak pikire sik.

    Yo wis : pokokke salam dumel sik…He he he

    @Mas Lovepassword
    Lali yach… lagune ndumel-ndumel ngak pake pikir-pikir, -GTMU- kamu😀
    Salam ndumel tapi menyehatkeun, @Raden Mas Haniifa.
  25. Gek ngerti aku nek kowe ki ndoro : Wih…- nganggo Raden Mas barang je ??

    @Mas Lovepassword

    Hallah… awe ndewe gelar dan anugrah berseliweran mulai dari “Si”, “Si Goblok”, “Si-alan”, “mas Hanifah”, “mbak Haniifa”,… dsb.
    Jadi untuk meningkatkeun diri… saiki pakai Om @Raden Mas Haniifa, PG (PG:= Pancen Guanteng, awas bukannya “Play Girl”😀 )

    Tapi kalau dadi, mas (@Hanif or @Haniif)… No what-what😉

    Tambah ngerti khan, Haniifa.

  26. Nulis jenengmu tambah angel wae :

    Om@Raden Mas Haniifa, PG : Lho PG kuwi jaremu kanggo aku, kok saiki mbok jaluk meneh.

    Aku tak nginceng no what-whatmu….- Isine ono pecel apa gule ya ???

    Wis tak inceng sik…-

    @Mas Lovepassword
    no what-what := sak karepmu, sing doyan pecel lele ok, sing doyan gule bule… ups ?!
    (kata nyah no=tidak, what=apa…. jadi no what-what diartikeun “TIDAK APA-APA ta iye😀 ” )
    Awas ngguyu… aku kehabisan obat anti ngguyu lho !!!

    Walah… PG diprotesi toch…
    Yo wes.. @Mas Haniifa .

  27. theloebizz said

    waaaaah semua dibahas secara ilmiah yaaaah bagooeesss…🙂

    @mba Theloebizz
    Alhamdulillah…
    Dengan sedikit pengetahuan ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan…
    Trim’s atas kunjungannya.

    Wassalam, Haniifa .

  28. fisha17 said

    Wah kereeeen keren..

    @Fisha17
    Duhhh… rasanya lebih keren “Mumpung masih bisa” , nuansa religi yang mendalam.
    Trim’s atas kunjungannya.

    Wassalam, Haniifa.

  29. @@bedjo said

    puyeng aku mas….. moco soko nduwur tekan ngisor gak ono sing mudeng blash….
    my head ache does’t play …. hehe, tapi kayaknya sih ilmiah ya ajarin aku piye ben mudeng mas. selain itu ada kebenaran and/or kebetulan lain ga yg selama ini dianggap biasa2 aja?? sekalian bukti2ne ya.. tp ojo terlalu ilmiah.

    Mas @@Bedjo

    Matur nuwon pareng pinara mas @@Bedjo.
    Jan aku sing rodo puyeng,…. ne rak ilmiah jarene non akademis.
    Lha piye toch api-e ya, ben wong-wong podo mudeng😦

    Bukti sing nggak ilmiah tapi nyata :
    Kebetulan := Mas Bejo baca postingan ini agak “head ache”,…
    Kebenaran := Saya membuat postingan kurang simple

    Wassalam, Haniifa.

  30. Pak guru . Cah TK meLapor :
    http://femalemind.wordpress.com/2008/07/03/the-greatest-love/#comments

    Hi Hi hi….kayaknya kamu perlu menunjukkan kejantananmu deh….-
    Hi Hi hi….serem.

    Bar 0,5 Mas + 0,5 Mbak – saiki “or” -mu

    diledek sama Miss Melankolis….-

    Kalau jadi aku perlu tak buktikan itu Pak Guru. Ayo sana. Ngomong sama Miss Melankolis : Dengan cara bagaimana kubuktikan kejantananku ????

    Hi Hi Hi….

    Aku nonton wae ah….-

    sinetron opo jenenge ? Cinta Fitri ? Bah rak tahu nonton sinetron.

    Selamat berjuang Pak guru.

    @Mas Lovepassword
    Dengan cara bagaimana kubuktikan kejantananku ????
    Jadi orang kudu sabar, nunggu penghulu beres walimahan… Clear😀
    Aku nonton wae..
    hi.hi.hi… masih teka nggak boleh nonton gituan…
    Selamat berjuang Pak guru.
    Trim’s, nanti pas honeymoon ku perjuangkan 05,wah+0,5huh… Clear😀

    Laporan diterima, Haniifa.

  31. Pak Guru, panjenengan sekarang kok jarang nongol. Jangan-jangan lagi semedi di bawah pohon duren, ngikut Kang Daeng Fatah. Awas lho Pak Guru, jangan sampe lupa pake helm juga.

    Jangan lupa durennya dibagi-bagi ya ?

    @Mas Lovepassword
    Masa rencana naik pesawat pake helm… memangnya saya pilot😀
  32. Eh, Pak Guru.

    Jangan-jangan kamu ini lagi sakit ya? Masuk angin atau radang tenggorokan seperti aku ? Jangan kebanyakan begadang Pak Guru. Jangan banyak makan es sama gorengan.

    @Mas Lovepassword
    Alhamdulillah…
    Sehat,… Ah kamu… orang lagi “sten be”…
    Syukurlah kerjaanku diganti anak-anak ke “Makasar”…
    hi.hi.hi… kalau udah ubanen gini kayaknya nggak kuat yach… nongkrong 10 hari disono… mana susah durian lagi…😦
    Gara-gara Cah Gantheng… aku jadi go-blog lagi dahhh…😀
    Jangan lupa minum obat batuknya, nanti kamu sakit lagi… kecian mba ayune @Hapitri

    Wassalam, Haniifa.

  33. Hi Hi hi, jadi panjenengan itu mau terbang to kayak Superman. Kirain. Yo wis yo wis. Terbang dulu sana.

    Nggak jadi terbang ? Ya sudah makan durian lagi saja. Makanya kalo semedi jangan lama-lama.

    @Mas Lovepassword
    duhh… kamu murud.. eh murid teka bandel…
    Nehhh mbak Ayune no tras lagi sama aku… cepot dah..😀
    Jaduwal supermen-nya jam wolu…. blon urusan tektek bengek… sampe bengek

    #Haniif

  34. Joi said

    alhamdulillah ada posting artikel mekah sebagai pusat pangea di situsnya Pa Maryanto (geophysicist Indonesia)
    http://salamology.wordpress.com/2008/10/09/mekah-sebagai-pusat-superkontinen-pangea-sepanjang-masa-7-giga-annum-umur-tatasurya/
    mudah2an bermaslahat..

    @Mas Joi
    Terima kasih infonya, Insya Allah…

    Wassalam, Haniifa.

  35. ikrarestart said

    wah benar benar pusing bacannya seperti kebenaran saja
    atau kebetulan saja sayanya yang guobllok😆

    @Mas Ikrarestart
    Duh… tersanjung saya neeh, sebab benar-benar pusing… berarti sangat menyimak tulisan sederhana ini. Terima kasih banyak.

    Wassalam, Haniifa.

  36. myrazano said

    Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

    Salam kenal dari saya, semoga blog saya yang pertama yang berbayar ini bisa menambah khasanah pemikiran dan wawasan ke-Islam-an kita semua terutama Allah dan Hakekat Ketuhanan

    Judul Posting Pertama Adalah “ Ternyata Allah Bukan Tuhan Sesungguhnya “

    http://Myrazano.com menunggu kunjungannya

    Dan selamat hari raya Idul Adha 1429 H
    Semoga Allah Memberkahi kita semua

    Dan ( lagi ) ditunggu kunjungannya

    Amin

    Wa’alaikum Salam wa rahmatullahi wa barakatuh, @Mas Myrazano
    Terima kasih atas kunjungannya dan Insya Allah kita memang saling mengisi khasanah ke Islaman kita.

    Wassalam, Haniifa.

  37. cenya95 said

    Kebenaran = Kebetulan, Dah lama tdk main ke sini.😉
    Mekah sebagai pusat bumi 1, 2, 3, 4., titik nol nya dimana ?
    Kalo di Paris, titik nol nya ada di depan gereja “Notre Dame”.
    salam

    @Mas Cenya95
    Mekah sebagai pusat bumi 1, 2, 3, 4., titik nol nya dimana ? Titik nol nya pada Batu Hajar Aswad.
    Ungkapan Mekah sebagai pusat bumi…. seumpama ungkapan @Mas Cenya95 “Duduk dikursi yang empuk” di kantornya…😀

    Wassalam, Haniifa.

  38. Heru said

    wah ke-betul-an aku main kesini, jadi saya ikut komentar biar g nyambung gpp biar jadi ke-benar-an klo saya pernah ke-betul-an mampir disini

    @Mas Heru
    Berkat ke-betul-an ada komentar ini, kita menjadi benar-benar nyambung bukan…😀

    Wassalam, Haniifa.

  39. omiyan said

    wah busyet dah bisa sejeli itu salut saya mah…..

    @Omiyan
    Alhamdulillah…
    Segala puji milik Allah, saya mungkin lebih salut akan kejelian @Omiyan yang membaca postingan sederhana ini.
    Terima kasih sudah bersedia mampir

    Wassalam, Haniifa.

  40. Itmam Aulia said

    Assalamu’alaikum..
    subhanallah… aku pernah baca artikel serupa, emang betul, mekkah sebagai pusat bumi adalah sebuah kebenaran, bukan “kebetulan”.

    Wa’alaikum Salam,@Mas Itmam Aulia
    Subhanallah…

    #Haniif

  41. latqueire said

    waduh waduh… angkanya banyak yah.. hehe.. nice post.. tapi saya bingung hahahaha

    @Mba LatQueire
    Subhanallah…
    Bingung tapi full senyum, jauh lebih baik daripada linglung😉
    Terima kasih lho, sedia mampir.

    Wassalam, Haniifa.

  42. […] bodoh 2Signs and “hidden” basmallahSaya tidak sepintar Dr. Rashad Khalifa, tapi tidak bodohMekah sebagai pusat bumi 4Mekah sebagai pusat bumi 3Mekah sebagai pusat bumi 2Mekah sebagai pusat bumiTahajud Perkuat Sistem […]

  43. uQ said

    aslm k hanifah

    maaf, sebelumnya, kebetulan sy sangat tertarik dengan topik ini, tapi bagaimana dengan Al-Quran 3:93,apakah masih terkait dengan pembahasan mengenai mekkah sebagai pusat bumi?jzk

    • haniifa said

      Wa’alaikum Salam, @UQ
      Al Qur’an 3:39

      Semua makanan adalah halal bagi Bani Israel melainkan makanan yang diharamkan oleh Israel (Yakub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: “(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar”.

      Subhanallah…
      Sejarah membuktikan bahwa Bani Israel terlahir dan berkembang biak di bumi Palestina dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengharamkan makanan dan minuman secara gradual, sehingga pada saat Tanah Palestina masih merupakan “pusat bumi” dalam tanda kutip… tatanan masyarakat disana sangat mungkin memakan daging BABI, namun seperti kita lihat Bani Israel diharamkan memakan daging DOMBA dibeberapa bagian.
      Saya haqul yakin di MEKAH pada jaman yang sama, tatanan masyarakatnya tidak mengkonsumsi daging BABI dan sejarah membuktikan bahwa masyarakat Jahilyah Mekah (Kisaran Ka’bah) adalah penggemar daging domba dan Khamar (baca: minuman keras)
      Jadi kalau Saudara @UQ korelasikan (QS 3:93) maka jelaslah bahwa “Mekah” memang dipersiapkan sebagai “PUSAT BUMI” dalam kaitan pola makan tatanan masyarakat sekitar “Masjidil HARAM

      Note:
      Seribu persen (1000%) saya yakin bahwa Ka’bah tidak pernah diinjak mahluk yang bernama BABI.

      Wassalam, Haniifa.

      • uQ said

        jzk atas jwbnnya, bagaimana dengan surat Ali imron:96 bila dikaitkan dengan mekah sebagai pusat bumi?

    • uQ said

      k, jika mekkah sbg pusat bumi dikaitkan dengan QS. 3:96, bgaimana?
      oia, definisi “pusat” bumi ini seperti apa k?
      lalu manfaatnya jika “pusat” bumi terletak di bumi, apa k?

      jzk

      @
      Pusat dalam artian Global…😉😀
  44. uQ said

    mf k, maksud sy lalu manfaat “pusat” bumi ada di mekkah, apa k?

    • haniifa said

      @Saudara UQ
      Jika umat islam diseluruh dunia ini memang benar-benar mengakuinya maka selain shalat menghadap kearah yang sama juga sistem penanggalan peribadatan umat ISLAM diseluruh dunia akan SAMA.
      Saya beri contoh:
      Mau sejago/sehebat apapun perhitungan HILAL di seluruh penjuru dunia, tetap saja pelaksanaan IEDUL ADHA harus sesuai dengan MEKAH.
      Mengenai korelasi dengan QS. 3:96 saudara UQ harus melihat QS 3:103 dampak dari penolakan MEKAH SEBAGAI PUSAT BUMI maka kita umat ISLAM akan bercerai berai… seperti setiap pelaksanaan Iedul Fitri😀

      Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS 3:103)

      Bagaimana menurut Saudara UQ, jika yang dimaksud “cerai-berai dari ayat” tersebut adalah karena terjadinya GEMPA BUMI yang dahsyat, akibat kelalaian perhitungan yang seharusnya bisa di prediksi lebih awal ?!

      Note:
      QS 3:96 perlu penelaahan lebih lanjut mengingat terdapat kata “biBAKKA” dan ini menimbulkan friksi dengan kaum NASHARA, insya Allah akan saya postingkan secara khusus.

      Wassalam, Haniifa.

  45. uq said

    hm, an pikir di dalam arti ayat bagian terakhir surat Ali imron:96″….menjadi petunjuk bagi semesta alam” itu maksudnya adalh “pusat, acuan ” tapi belum tahu maksud sebenarnya itu apa.
    kalau menurut antm ap?

    • haniifa said

      @Saudara Uq
      Subhanallah…
      Saya kira lanjutkan saja jalan pemikiran tsb.😀 , kiranya pemikiran kita hampir sama namun seperti yang disebut diatas jika kata “bibakka” diartikan KOTA maka ada sedikit kerancuan. Sayangnya sampai saat ini saya masih berfikir bahwa “bibakka” adalah suatu daerah yang mempunyai “karakter khusus” bisa dikatakan sebagai acuan atau titik pusat “SESUATU” adapun sekarang menjadi bagian dari kota MEKKAH itu lain soal, bahkan pusat kota sekalipun.

      Wassalam, Haniifa.

      • uq said

        jzk atas infonya, alhamdulillah waktu tgl 10 mei 2009
        an buat karya tulis tentang kebenaran mekkah sebagai pusat pergerakan lempeng tektonik superkontinen dalam surat Asy-syuura ayat 7, dan alhamdulillah masuk 10 besar di tingkat universitas an. alhamdulillahnya lagi setidaknya ada beberapa orang yang hadir di sana dapat mengetahui bahwa mekkah benar-benar sebagai pusatpergerakan lempeng tektonik superkontinen.

      • haniifa said

        @Mas Uq
        Subhanallah…
        Alhamdulillah, Selamat semoga perjuangan dan usaha @mas Uq diberi pahala yang berlipat ganda oleh Allah subhanahu wa ta’ala, Amin

        Ummul Qura… Wah menarik, tolong beri tahu infonya jika sudah di publish.

        Wassalam, Haniifa

  46. uq said

    af1, sebut Uq saja, tidak usah pakai MAS.
    iya insyaAllah.

    QS. Al Baqarah 2-4.
    “Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat”.
    Ali- Imron ayat 190:
    : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,”
    surat Adz-Dzaariyaat ayat 48:
    “Dan bumi itu Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami)”
    Sebenarnya daratan juga bergerak terus-menerus seperti awan, tetapi pergerakannya berbeda dengan pergerakan awan yang dapat dilihat secara kasat mata. Pergerakan daratan ini mendorong terbentuknya pecahan daratan menjadi benua dan pegunungan, hal ini sesuai dengan kandungan surat An-naml ayat 88:

    Artinya: “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

    Teori Tektonik Lempeng
    Teori lempeng tektonik adalah teori geologi yang menjelaskan gerakan skala besar dari permukaan bumi. Kerak bumi bagian luar dikatakan terbentuk dari dua lapisan, litosfera dan astenosfera. Litosfera yang berasal dari kerak paling luar dan paling atas ini terpecah menjadi tujuh lempeng besar dan beberapa lempeng kecil. Semua lempengan ini mengapung di atas astenosfera dan saling bergerak satu sama lain (www.lasonearth.wordpress.com

    Lempeng dan pergerakannya
    Menurut teori ini kerakbumi (lithosfer) dapat diterangkan ibarat suatu rakit yang sangat kuat dan relatif dingin yang mengapung di atas mantel astenosfer yang liat dan sangat panas, atau bisa juga disamakan dengan pulau es yang mengapung di atas air laut. Ada dua jenis kerak bumi yakni kerak samudera yang tersusun oleh batuan bersifat basa dan sangat basa, yang dijumpai di samudera sangat dalam, dan kerak benua tersusun oleh batuan asam dan lebih tebal dari kerak samudera. Kerak bumi menutupi seluruh permukaan bumi, namun akibat adanya aliran panas yang mengalir di dalam astenofer menyebabkan kerakbumi ini pecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yang disebut lempeng kerakbumi. Dengan demikian lempeng dapat terdiri dari kerak benua, kerak samudera atau keduanya. Arus konvensi tersebut merupakan sumber kekuatan utama yang menyebabkan terjadinya pergerakan lempeng (www.lasonearth.wordpress.com).

    Proses Terbentuknya Daratan
    Mekah berkemungkinan besar sebagai engsel lempeng di tengah superkontinen (gabungan semua benua dunia).
    Alfred Wagener, meteorologist Bangsa Jerman, penggagas awal Teori Kontinental Drift ini nyatakan bahwa benua-benua bergerak di bawa oleh arus. Semua benua-benua pernah menjadi satu, sebagai superkontinen, yang disebut Pangaea (Pangea, semua darat, bhs. Latin). Pangea terjadi pada 200 Ma “Million annum” (juta tahun) lalu. Prediksi umur itu dengan simpangan amat kecil (7 Ma) dari batas akhir penggabungan semua benua, yakni 277 – 207 Ma. Ide ini di perbaiki oleh Carey pada tahun 1945 dan Diet & Holden pada tahun 1970 disebutkan, ternyata sebagi pusat hemisphere Pangea selalu berada di Timur Tengah, dan berturut-turut di lokasikan di sekitar kota Aswan, Riyad, dan Laut Tethis. Dengan anggapan simpangan pengukuran sekitar 2 % (800 km) dari keliling bumi, maka terlihatlah mekah selalu masuk dalam lingkarannya (Maryanto, 2005).

    Johnson, 1998, menunjukkan peta geologi permukaan AAN (Anticline of Arabian – Nubian ). Antiklin adalah struktur lapisan dengan umur sama maka lebih dangkal di tengahnya. Ini juga disebut daerah orogenesa, atau dataran tinggi, atau “shield” (tameng). Collins pada tahun 2003, menyatakan bahwa hanya ada dua superplume (arus pusar naik terkuat) di bumi, yakni Dekat Afar dan Pasifik Selatan. Afar adalah ujung selatan Laut Merah. AAN lebih mungkin sebagai yang di maksudkan “dekat Afar” itu. memperlihatkan AAN bergerak putar melingkar searah jarum jam mengelilingi suatu titik di katulistiwa M. Semua himesphere Pangea (kumpulan benua-benua, terpisah laut atau tak terpisahkan laut) bergerak berputar mengelilingi titik M. Titik ini berada di katulistiwa dan di tenggara Arab. Semakin pinggir dari himesphere Pangea, kecepatan putarnya akan semakin besar, dan terbesar 6 cm/tahun (Maryanto, 2005).

    “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Qur’an dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura dan penduduk (negeri- negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya, segolongan dalam surga dan segolongan (lagi) dalam neraka” (QS As-Syuraa: 7).
    “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia “(QS Al-Imran: 96)

    Dalam surat as-Syuraa ayat 7 disebutkan bahwa penduduk Mekah disebut sebagai ummul qura’ artinya ibu negeri. Hal ini memungkinkan bahwa Mekah merupakan tempat awal/asal penduduk bumi sehingga bisa juga sebagai tempat permulaan pergerakan lempeng bumi. Selain itu, diperkuat lagi dengan surat Al-Imran ayat 96 bahwa “bait” atau rumah yang pertama kali dibangun oleh Allah adalah Bakkah atau Mekah.
    Tinjauan Ilmiah dan Bukti-Bukti Fenomena Pergerakan Bumi dan Mekah sebagai Pusat Pergerakan Lempeng Bumi
    Neil Amstrong telah membuktikan bahwa kota Mekah adalah pusat dari planet Bumi. Fakta ini telah di diteliti melalui sebuah penelitian Ilmiah.
    Ketika Neil Amstrong untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar angkasa dan mengambil gambar planet Bumi, menyatakan bahwa “ Planet Bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap”. Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata radiasi tersebut berpusat di kota Mekah, tepatnya berasal dari Ka’Bah. Radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung), hal ini terbuktikan ketika mereka mengambil foto planet Mars, radiasi tersebut masih berlanjut terus. Di tengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan, ada suatu area yang bernama ‘Zero Magnetism Area’, artinya adalah apabila kita mengeluarkan kompas di area tersebut, maka jarum kompas tersebut tidak akan bergerak sama sekali karena daya tarik yang sama besarnya antara kedua kutub.
    Itulah sebabnya jika seseorang tinggal di Mekah, maka ia akan hidup lebih lama, lebih sehat, dan tidak banyak dipengaruhi oleh banyak kekuatan gravitasi. Oleh sebab itu lah ketika kita mengelilingi Ka’Bah, maka seakan-akan diri kita di-charged ulang oleh suatu energi misterius dan ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah.
    Selain itu, penelitian lainnya mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air. Di sebuah musium di negara Inggris, ada tiga buah potongan batu tersebut ( dari Ka’Bah) dan pihak museum juga mengatakan bahwa bongkahan batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.
    Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah SAW bersabda, “Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam. ( Jami al-Tirmidzi al-Hajj (877) (www.islamuda.com).

    Dr Abd Al-baset Sayyid, ilmuwan Mesir (2008) menyatakan bahwa bidang magnet di Makkah adalah nol atau biasa disebut sebagai “Zero Zona”. Bidang magnet nol artinya di tempat tersebut gaya tarik magnet antar kutub selatan dan kutub utara sama. Sementara itu, di kota Greenwich yang dikenal sebagai kota nol meridian, bidang magnet di kota tersebut bernilai 8.5o. Hal ini mengakibatkan adanya perbedaan sebesar 8.5 menit antara belahan bumi selatan dan utara jika menghitung waktu dari Greenwich.

    Bila melihat kenyataan di atas, telah disebutkan bahwa Mekkah memiliki nilai magnet area sebesar nol, karena terletak diantara kutub utara dan kutub selatan, sehingga kedudukan benda-benda yang ada di Mekah tidak dipengaruhi oleh gravitasi, selain itu Mekah memiliki daerah yang mengeluarkan radiasi yang tidak terukur sehingga membuat daratannnya menggantung di atas air dan di Mekkah telah ditemukan batu tertua di dunia, yaitu: hajar aswad. Hal ini membuktikan bahwa Mekkah merupakan daratan yang tua dan seperti yang telah disebutkan dalam surat Asy-Syuura ayat 7, Mekah adalah Ummul Quura merupakan “induk” daratan Mekkah dan daratan di sekelilingnya.

    afwan ini hanya ringkasan isi KTI yang tim ana buat, smoga bermanfaat

    • haniifa said

      @Uq
      af1, sebut Uq saja, tidak usah pakai MAS.
      iya insyaAllah.

      Dari lubuk hati yang dalam saya mohon maaf.
      ____________

      Ada beberapa yang masih menjadi batu sandungan, bagi saya pribadi… semoga tidak @Uq memakluminya.

      Proses Terbentuknya Daratan

      1. Mekah berkemungkinan besar sebagai engsel lempeng di tengah superkontinen.
      @Uq merefer pada postingan @mas Maryanto dan Alhamdulillah… saya juga setia membacanya setiap ada wacana baru dari beliu, sayangnya sampai saat ini “saya pribadi” belum memahami asal-muasalnya terbentuk kerak bumi sebagai cikal bakal daratan…. kecuali asumsi ini.
      Singkatnya bagaimana keadaan bumi sebelum adanya superkontinen ?!
      Bagaimana proses terjadinya superkontinen ?!

      2. Para astronot (Neil Amstrong)telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi.
      Dalam suatu buletin saya sempat membaca bahwa “Neil Amstrong” mendengarkan suara adzan di “BULAN”, dalam pemikiran saya ungkapan tersebut sebagai sindiran secara halus kepada NASA bahwa sebenarnya posisi “beliau” masih di BUMI bukan di bulan demikian juga dengan photo-photo yang didapat.
      Saya teringat pesan seorang sahabat yang tidak diragukan sedikitpun ke-imanan dan ke-islaman nya:

      Begitu mudah ummat muslim terkesima dan percaya pada setiap pemberitaan, tanpa melakukan pendalaman seperti yang mas lakukan. Bahkan kecenderungan untuk menyimpulkan, bahkan tanpa membaca terlebih dahulu juga menjadi kebiasaan (saya kira ini bersumber dari kesalahan proses pendidikan di sekolah).

      3. Itulah sebabnya jika seseorang tinggal di Mekah, maka ia akan hidup lebih lama, lebih sehat, dan tidak banyak dipengaruhi oleh banyak kekuatan gravitasi.
      Rasulullah wafat kisaran 60 thn, di suatu pedalam Cina ada perkampungan yang penduduknya berusia rata-rata lebih dari 90 thn. Jadi saya kira tidak ada relevansinya dengan usia manusia.
      Faktanya Rasulullah… selama hidupnya senantiasa sehat, kecuali saat beliau mau wafat diberitakan menderita demam sedikit.

      4. Di sebuah musium di negara Inggris, ada tiga buah potongan batu tersebut ( dari Ka’Bah) dan pihak museum juga mengatakan bahwa bongkahan batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.
      Saya meragukan kesamaan “batu meteor” dengan “batu Hajar Aswad” ?!
      Menurut saya Batu Hajar Aswad tetap berwarna Hitam dan tidak bergeser seperti sedia kala, kecuali saat rekonstruksi Ka’bah !!

      Alhamdulillah…
      Ringkasan isi KTI Tim @Uq sangat-sangat bermanfaat.
      Insya Allah jika tidak keberatan akan saya postingkan, namun ada beberapa hal perlu saya edit (seperti yang saya sebut diatas)
      Terima kasih.

      Wassalam, Haniifa.

      • osamah said

        @hanifah
        anda =>Rasulullah wafat kisaran 60 thn, di suatu pedalam Cina ada perkampungan yang penduduknya berusia rata-rata lebih dari 90 thn.

        saya=>rasulullah wafat di madinah,temanya mekah.Jadi?

      • cekixkix said

        @Om Osamah
        Khekny disini mah blog pasar, elo mo nyambung kek, mo kagak kek dengan tema artikel, kagak ada nyang melarang.

        Khek gini, Elo dah disunat burungnye bloon ???

        jawab: Tunggu ke Mekah baru disunat… Cekixkix..kix..kix..

      • Eagle said

        @Saudarai Osamah
        Bisa tunjukan haditsnya yang mengatakan replay post harus relevan dengan tema?

        Atau menurut saudara, tidak perlu direplay jika ada orang yang bertanya namun tidak sesuai dengan tema?

      • Someone said

        Selevel bung Osamah, bisa-bisanya beropini murahan

  47. Ardi Surya said

    Pimpinan Pengobatan Alternatif Al-Mahdi/Sekretaris Ikatan Paranormal Indonesia (IPI) Kabupaten Asahan Ki Al Azen Suriono mengatakan bahwa menurut ajaran Islam hanya ALLOOOH Rabb Semesta Alam Pencipta Langit dan Bumi sebagai Tuhan yang sepatutnya disembah: “ALLOOOH Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah”. Lalu jadilah ia.” [Al Baqoroh:117]

    “Sesungguhnya misal (penciptaan) `Isa di sisi ALLOOOH, adalah seperti (penciptaan) Adam. ALLOOOH menciptakan Adam dari tanah, kemudian ALLOOOH berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.” [Ali Imran:59]

    ”Katakanlah: “Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yang dapat memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali?” katakanlah: “ALLOOOH-lah yang memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali; maka bagaimanakah kamu dipalingkan (kepada menyembah yang selain ALLOOOH)?” [Yunus:34]

    Tuhan juga memiliki semua yang ada, baik di bumi, langit, mau pun yang ada di antara keduanya: “Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya ALLOOOH itu ialah Al Masih putera Maryam”. Katakanlah: “Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak ALLOOOH, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi semuanya?” Kepunyaan ALLOOOH-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan ALLOOOH Maha Kuasa atas segala sesuatu.” [Al Maaidah:17]

    Tuhan juga telah ada sebelum segala sesuatu ada (awal). Tuhan juga akan tetap ada, ketika yang lain telah musnah (akhir): “Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” [Al Hadiid:3]

    “Oleh karena itu, tidak mungkin Tuhan lahir, ketika makhluk lain sudah ada, atau pun meninggal, ketika makhluk lain masih ada. Jika ada, itu tidak lain hanyalah makhluk ciptaan Tuhan belaka,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Kamis (4/6) di Kisaran.

    Hanya ada satu Tuhan, yaitu: Allah.

    “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya ALLOOOH salah satu dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.” [Al Maa-idah:73]

    ALLOOOH tidak punya sekutu.

    “Katakanlah: “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Jawabnya: ” ALLOOOH.” Katakanlah: “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain ALLOOOH, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudharatan bagi diri mereka sendiri?”. Katakanlah: “Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi ALLOOOH yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah: “ALLOOOH adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa”. [Ar Ra’d:16]

    “Dan katakanlah: “Segala puji bagi ALLOOOH Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.” [Al Israa:111]

    Maha Suci ALLOOOH dari mempunyai anak dan sekutu.

    “ALLOOOH sekali-kali tidak mempunyai anak, dan sekali-kali tidak ada tuhan (yang lain) beserta-Nya, kalau ada tuhan beserta-Nya, masing-masing tuhan itu akan membawa makhluk yang diciptakannya, dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan mengalahkan sebagian yang lain. Maha Suci ALLOOOH dari apa yang mereka sifatkan itu,” [Al Mu’minuun]

    “dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. [Al Ikhlas:4].

    @
    Matur nuwon sugeng pinarak…😀😆
  48. Filar Biru said

    @Ardi surya

    Allah tidak sama dengan Alloooh. tolong dikoreksi lagi bisa bahasa arab tidak?
    terimakasih

    salam

  49. […] hari yang sama (tanggal : Juli 3, 2009 ) @Haniifa mendapat award dengan nomor urut satu sekaligus. Entah “kebetulan” atau “kebenaran” namun yang jelas satu sama lain bertolak belakang imej yang terbentuk dalam benak saya, dan sebagai […]

  50. […] Konstruktor : Awhaina ( أَوْحَيْنَ ) adalah  (  ن – ي -ح – و- ا )  atau dilatinkan (Alif – Wau – Ha – Ya – Nun) yang  menurut beliau  kata “auhaina” sebetulnya berasal dari kata dasar Wa-Ha-Ya yang berarti wahyu . Rupanya terlalu menyederhanakan ilmu tajwid dan nahwu sebagaimana kata dasar “benar” atau “betul” diberi imbuhan ke-an menjadi kebenaran atau kebetulan, tapi mohon maaf serupa tapi tak sama. […]

  51. Assalamu’alaikum,
    Subhanallah, tulisan Mas Hanifa selalu bagus. Saya benar-benar harus belajar banyak dari Mas hanifa, karena pengetahuan saya masih sangat minim sekali. (Dewi Yana)

  52. arkasala said

    Subhanallah
    Masih banyak yang harus saya pelajari dari Kang Haniifa ini. Saya betul2 salut sama tulisan Akang. Inilah mungkin yang disebut ilmu yang amaliah dan beramal ilmiah. Pelan-pelan saya harus membacanya Kang untuk berusaha menambah ilmu terutama ilmu agama.
    Terima kasih atas segala pencerahan yang ada disini. Mohon ijinnya juga saya ikut membaca ketika offline alias saya save beberapa artikel Kang Haniifa.
    Salam hangat selalu🙂

  53. […] Mekah sebagai pusat bumi 4 […]

  54. hamba, said

    – jika saya mau mengantarkan undangan kerumah anda, tiba tiba saya ketemu anda dijalan,apa yang saya katakan ?
    -kebenaran sekali, saya bertemu anda disini ,ini undangan untuk anda ! atau
    -kebetulan sekali, saya bertemu anda disini ,ini undangan untuk anda!

    mana kata yang layak kita pakai ?
    -kebenaran Allah dan Rasulnya . atau
    -kebetulan Allah dan Rasulnya .

  55. hamba, said

    mana yang tepat saya katakan ? jika saya mau mengantarkan undangan kerumah anda, tiba tiba saya ketemu anda dijalan,apa yang saya katakan ?
    -kebenaran sekali, saya bertemu anda disini ,ini undangan untuk anda ! atau
    -kebetulan sekali, saya bertemu anda disini ,ini undangan untuk anda!

    mana kata yang layak kita pakai ?
    -kebenaran Allah dan Rasulnya . atau
    -kebetulan Allah dan Rasulnya .

  56. hamba, said

    haniif , saya tdk mau terlalu pusing memahami sendiri tulisan kamu,saya hanya tanya aja langsung ama kamu ,bukankah kamu berfahamkan syi’ah ? apa perbedaan faham kamu dengan faham sunnah wal jama’ah ?

  57. hamba, said

    Saya bukan menuduh tapi hanya menyangka,justru saya ingin tau apakah sangkaan saya benar ? dari itu saya tanya langsung,eh ternyata salah !saya belum baca banyak blog kamu ini tapi saya agak bingung.

    • rubon said

      Bung Hamba
      Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS 2:109)

      Riwayat Isa Al Masih akan turun kembali ke bumi berasal dari AHLUL KITAB !!!

  58. hamba, said

    SAYA MENYANGKA KAMU SYI’AH KARENA SAYA MELIHAT DARI JUDUL BLOG KAMU,”https://haniifa.wordpress.com/2009/11/22/saya-adalah-seorang-syiah/.MAAF SAYA SALAH SANGKA.
    FAHAM MANA YANG SANGAT KAMU YAKINI ? SUNNI,SALAF,SUNNAH WAL JAMA’AH,WAHABI ATAU YANG LAINNYA ? ALASANNYA?. MAAF JIKA SAYA SALAH !

  59. hamba, said

    -saya juga kurang mengerti yang jelas itu cuma faham kelompok, semacam organisasilah tanya aja yg lebih mengerti masalah kapan saja faham faham itu muncul dan apakah itu mengkotak kotakkan Islam ? masing masing punya prinsif yang berbeda.dan insya Allah semua tujuan satu dan bersumberkan pada Islam,Iman dan Ihsan.
    selama AlQur’an dan Al Hadist dan pokok ajaran masih dipegang saya kira tdk masalah.

    • rubon said

      Bung Hamba
      Adanya golong-menggolong justru karena hadits palsu, sebagaimana anda mempercayai bahwa ajaran nabi muhammad s.a.w masih belum lengkap sehingga perlu di “imani” bahwa Isa Al Masih akan turun kembali ke bumi yang ke dua kalinya dan meluruskan ad diin islam !!!

      Buktinya anda termasuk ahlul fitnah karena dengan mudahnya menyangka seseorang berfaham syi’ah tanpa diselikidi terlebih dahulu:mrgreen:

  60. hamba, said

    – HANIIF, ANDAI SAYA TIDAK RELA KAMU SEBUT KRISTEN APAKAH KAMU TIDAK TAKUT KEPADA ALLAH SWT DAN NABI MUHAMMAD SAW ?
    – SAYA TELAH MENANYA KAMU, APAKAH KAMU SYIA’AH KARENA SAYA SALAH SANGKA DAN SAYA TERBUKTI SALAH DAN SAYA MENGAKUI KESALAHAN SAYA DAN SAYA TELAH MINTA MAAF KEPADA KAMU ?
    – TAPI KENAPA KAMU MASIH MENYEBUT SAYA KRISTEN ? APAKAH KARENA SAYA PERCAYA AKAN TURUNNYA NABI ISA AS ?SAYA KIRA BEGITULAH YANG SAYA YAKINI,APAKAH KEYAKINAN ITU TELAH MENGELUARKAN SAYA DARI ISLAM DAN JADI KRISTEN ?
    – SAYA BELUM MENERIMA TUDUHAN KAMU,HANYA ALLAH SWT DAN NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI HUJJAH SAYA.

  61. hamba, said

    SEMOGA ALLAH SWT MENGAMPUNI DOSA SAYA,DOSA SELURUH KELUARGA SAYA,DOSA KALIAN SEMUA DAN DOSA SELURUH UMAT NABI MUHAMMAD SAW.

    • Semoga Allah mengampuni dosa saya baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja demikian juga mengampuni dosa-dosa kedua orangtuaku dan seluruh keturunanku.
      Yaa Allah ampuni seluruh dosa-dosa bani Adam a.s karena sesungguhnya manusia ditakdirkan masuk syurga yang Engkau janjikan dan berilah taufik serta hidayahMu bagi umat Nabi Ibrahim a.s., umat Nabi Daud a.s, umat Nabi Isa Al Masih dan Umat Nabi Muhammad s.a.w , AMIIN YAA ALLAH YAA ROBBAL’ALAMIN.

    • Someone said

      Bung Hamba, naif sekali anda !!!
      Katanya anda menanti kedatangan Isa Al Masih yang kedua kalinya, tapi anda sama sekali tidak mendo’akan keselamatan bagi umat Nabi Isa alaihi salam ?!

      • @Mas Someone😀
        Bijituhlah kalau Islam katepe, egois, merasa dirinya paling bersih dan berkacamata kuda… hehehe….

        Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (QS 2:177)

        Dalam benak orang-orang semacam @Oom Hamba, yang dimaksud anak-anak yatim itu cuma umat Nabi Muhammad s.a.w, padahal Rasulullah tidak mencontohken demikian, dalam arti kata mau anak yatim dan janda-janda tua baik kaum YAHUDI atau NASHRANI beliau senantiasa menyantuni.

        Demikian juga orang yang minta-minta atau orang yang memerlukan pertolongan, Rasulullah tidak pernah pandang bulu untuk menolong mereka, sekurang-kurangnya Rasulullah medo’aken mereka agar terlepas dari penderitaan, contohnya do’a thai’f.

        Hamba Ahlul kitab itu seperti keledai pakai kacamata kedelei.. hehehe….

    • cekixkix said

      @Om Hamba
      Dah kheknya elo ngakuin dosa ke pendeta, trus jadi muallaf sekalian otongnye disunat…. ntar gue sumbang roti buaya… Cekixkix…kix…kix…..

    • the70no said

      Klo menurut daku, domba-domba Yesus tidak perlu do’a @Hamba-nya domba😦

    • the70no said

      Bukan begitu @Hamba Yesus ??:mrgreen:

  62. […] ketiga itulah yang penting.  Yang memusingkan, kalau mau, nih contohnya : Kebenaran Vs Kebetulan.   Bisa sampai ke rumusan dari dalil Phytagoras dan pembuktian konstruksi benar sama dengan betul […]

  63. ke-betul-an ..> biasanya identik dengan hal atau kejadian yang tidak disengaja.
    awalan dan akhiran yg menyertai melemahkan kata betul tsb.
    ke-benar-an.> awalan dan akhiran yg menyertai menguatkan kata benar tsb,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: