حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Kenapa musti percaya adanya “Dajal” ?!

Posted by حَنِيفًا on January 9, 2008

Assalamu’alaikum,

Para ulama menetapkan setiap umat Islam mestilah percaya kepada 6 perkara asas dalam Islam yang dikenali ramai sebagai Rukun Iman:-

  1. Percaya kepada Allah
  2. Percaya kepada nabi dan Rasul Allah
  3. Percaya kepada malaikat
  4. Percaya kepada kitab
  5. Percaya kepada hari akhirat
  6. Percaya kepada qada dan qadar

Selain itu penganut agama Islam yang juga perlu mematuhi 5 Rukun Islam.

Rukun Islam.

  1. Syahadah
  2. Shalat
  3. Puasa
  4. Zakat
  5. Menunaikan Haji bila mampu

http://ms.wikipedia.org/wiki/Rukun_Islam

Seandainya:
Percaya adanya Dajal, maka percaya adanya “imam mahdi”, lalu…

Bagaimana dengan firman Allah Ta’ala !!:
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu “IMAM BAGI SELURUH MANUSIA”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang-orang yang dzalim”. (QS 2:124)

Ke”IMAM”an Mahdi (jika ada)…”Lebih besar dari” ke”IMAM”an Nabi Ibrahim a.s kah ??…(Sementara Muhammad s.a.w tidak nyatakan sebagai imam !!)

Seandainya:
Percaya adanya Dajal, maka percaya adanya “Nabi Isa a.s” turun lagi ke “DUNIA”, lalu…

Bagaimana dengan firman Allah Ta’ala !!:
“…Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. …” (QS 5:3)

Tidak cukupkah risalah yang dibawa “Nabi Muhammad s.a.w”, hingga begitu perlunya diturunkan lagi Nabi Isa a.s kedunia ??

Kenabian (/Kerasulan) tidak dapat dicapai dengan usaha (mis. dengan menuntut ilmu), akan tetapi dengan ilmu dan kebijaksanaan Allah semata. Nabi Muhammad s.a.w sudah dipersiapkan membawa misi keseluruh dunia, bagi sihitam dan siputih, bagi yang lemah dan kuat. Beliau telah dipersiapkan membawa risalah yang lurus (Dien yang sempurna) dan dengan itu menjadi penutup para “NABI” dan para “RASUL”.
Saya percaya 100% ritual ibadah beliau mengikuti tata cara sunahnya Nabi Ibrahim a.s. yang disampaikan oleh Malaikat Jibril.

Wassalam.

1. Penyelewengan QS 61:6 := “ahmad”
2. Dajal bermata satu tea !!
3. Cerita “2 boneka kodok KERMIT” saat bercengkrama

27 Responses to “Kenapa musti percaya adanya “Dajal” ?!”

  1. Herianto said

    Bagaimana kalo sekira kita menemui 2 dalil yang sama kuat (qath’i dan shahih) tetapi pengertian nya mengarah ke kontra (berlawanan) ?
    Kalo ada yg keshahihannya diragukan atau ada pemahamannya yg salah satu dianggap lemah tentu mudah memilahnya.
    Apakah paparan di atas termasuk dalam kasus ini ?

    @
    Inilah mas, saya seh manganggap hadist sebagai “second opinion”
  2. aricloud said

    Assalamu’alaikum
    Apa kabar mas haniifa? semoga sehat selalu dan makin produktif ngeblognya..
    Tentang Dajjal, mungkin ada baiknya mas refer juga pada hadits2. banyak sekali hadits2 shahih yang derajatnya juga mutawatir yang bercerita tentang Dajjal.
    Tanpa bantuan hadits2, maka penafsiran AlQuran akan bermacam-macam, sehingga akan memunculkan lebih banyak lagi kelompok-kelompok penafsir yang berbeda-beda.
    Jika bersikeras tidak ingin menggunakan hadits, maka tidak mungkin ada perdebatan dengan mereka yang menggunakan hadits (karena pasti susah nyambung).
    Buku-buku Agus Mustofa adalah contohnya. Sehingga banyak ulama malas mendebat buku-buku beliau karena memang pendasarannya sudah berbeda.
    Karena saya mendasari pemahaman tentang Dajjal melalui Al Qur’an dan Al Hadits, maka tidak mungkin menanggapi Postingan Mas Haniifa yang baru mendasarkan pada Al Quran.

    @
    Wa’alaikumsalam

    Terimakasih mas atas peringatannya Insya Allah akan saya refer.

  3. faubell said

    Assalamu’alaikum Mas Haniifa,

    Dajjal & ya’juj ma’juj hanya bisa dilawan dengan satu senjata yg paling ampuh yaitu “Tiada Tuhan selain Allah”. Kalau nggak nanti si Bleki akan menggongong terus, karena ada pepatah “Anjing Menggonggong Kafilah berlalu”, karena kafilah bawa DAGANGAN dan naik UNTA. Sedangkan si Bleki adalah tipe hewan yang setia pada TUANnya. Tetapi kalau yang datang kalifah, si bleki akan diam dan mempersilahkan masuk….

    Wassalam

    Wa’alaikum Salam @Mas Faubell,
    Ha..ha..ha..😀
    Saya jadi teringat [QS 4:45], dan beberapa hadits yang menyiratkan.
    Ternyata pepatah nuansa Islami…. membalas olok-olok mereka.

    Wassalam, Haniifa.

  4. adi isa said

    dajal bagi saya mungkin hanya perumpamaan atau kiasan.

    @Mas Adi Isa
    Insya Allah, saya sependapat… layaknya kiasan yang lain.
  5. […] di akhir jaman akan kembali, untuk membunuh Dajjal, mematahkan kayu palang juga membunuh […]

  6. […] dalam bahasan yang bahkan Al Hadist sebagai Second Opinion […]

  7. haniifa said

    Assalamu’alaikum,

    […] di akhir jaman akan kembali, untuk membunuh Dajjal, mematahkan kayu palang juga membunuh […]

    Isa.AS di akhir jaman akan kembali, untuk membunuh Dajjal, mematahkan kayu palang juga membunuh babi,,

    konon cerita, katanya, dikarenakan tuhan itu maha kuasa, sehingga mempunyai kuasa untuk turun pangkat menjadi manusia yang hina yang terbuat dari suatu tetesan, ini berarti ceritera palsu yang menjadikan kuasa dari maha kuasa menghancurkan maha suci, suatu kontra antara kemahaan yang menimbulkan nilai nol atau bahkan minus, bukankah seharusnya terjadi sinergis diantara maha??, bisa aja ini ceritera fitnatun Dajjal,,

    Jawaban simple by @haniifa:
    Catatan terakhir sangat mengesankan , “bisa aja ini cerita fitnatun Dajjal”
    Mohon maaf saya juga mengira demikian, sebab kalau pasu-an Iblis (dialiaskan Dajjal ?!) sudah berkeliaran … maka secara logika sebagai “Panglima pasu-an fitnatun” yang memberikan perintah. Atau singkat kata “Dajjal-nya” sudah ada, bukan ?!
    Al Qur’an menjelaskan dengan tegas bahwa musuh Nabi Adam a.s adalah Iblis, dan musuh utama keturunan beliau / manusia adalah keturunan iblis/syaitan.

    Sekarang mari kita lihat urgensinya:
    *) Isa.AS di akhir jaman akan kembali, untuk membunuh Dajjal, mematahkan kayu palang juga membunuh babi
    1. Kenapa hanya Nabi Isa a.s yang turun, bukan yang lain ?!
    2. Kenapa hanya kayu palang yang dipatahkan, bukankah banyak candi, gua, patung… dll tempat pemujaan selain Allah ?!
    3. Kenapa harus babi yang dibunuh, bukan kah Al Qur’an melarang memakannya saja…. dan yang haram itu banyak ?!
    4. Yang paling vital adalah didalam Al Qur’an dinyatakan “bila Allah berkehendak maka dijadikan kita hanya satu umat saja“, pertanyaannya adalah dengan cerita takhayul *) berarti secara explisit bertentangan dengan Al Qur’an, bukan ?!
    === END SESION 1 ===😀

    […]dalam bahasan yang bahkan Al Hadist sebagai Second Opinion[…]

    Telor apa Ayam ??, Ayam
    Ayam apa Telor ??, Telor

    Jadi mana urutan yang bener ??,

    A ) 1. Al Qur’an – 2. Al Hadist – 3. Ulil Amri – 4. Pribadi

    B ) 1. Pribadi – 2. Ulil Amri – 3. Al Hadist – 4. Al Qur’an

    Jadi A atau B ??, Tergantung kasus

    kayaknya cara yang “B” bisa lebih menjaga keterpeliharaan lingkungan kehidupan islami, dengan check rechek yang berkesinambungan gitu, sebab kalau rujukannya cuma sama Al Qur’an aja pastinya bakalan berat, beraat dan beraaaat banget, ideal nya seh kalau terjadi gabungan sinergis dari Al Qur’an, Al Hadist, Ulil Amri, seperti saran dari ayat itu, pastinya bakalan lebih cespleng hasilnya, ( itu juga kalau bisa gabung sinergis ), tapi masak seh di belantara blogger yang kayak hutan gini nggak nemu yang kompeten sama itu 3 bagian ya ??,

    Mungkin ngga ??, ngga Masa ngga mungkin ??, mungkin

    Bisa ngga ??, ngga Masa ngga bisa ??, bisa

    Pertanyaan klasik:
    1. Telor apa Ayam ??, Ayam
    2. Ayam apa Telor ??, Telor
    Jadi mana urutan yang bener ??,

    Jawaban simple by @haniifa:
    Insya Allah yang benar adalah.
    1. Telor apa ayam ?? jawab Telor karena telor ditulis duluan.
    2. Ayam apa telor ?? jawab Ayam karena ayam ditulis duluan.

    So….
    Al Qur’an atau Hadist ?? Jawab Al Qur’an sebab hadits menjelaskan Al Qur’an.
    dilain fihak….
    Ikutilah Sunnatullah dan sunah Rasull ?? Jawab Sunnatullah (baca: Al Qur’an) makanya hadits adalah second opinion
    === END SESION 2 ===😀

    Silahkan pilih sendiri ?!

    [QS 4:13] (Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar.

    [QS 4:14] Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan.

    [QS 8:13] (Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya; dan barang siapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya.

    Wassalam, Haniifa.

  8. aricloud said

    Assalammu’alaikum

    Apa kabar mas haniifa?

    Mengimani Hari Akhir adalah bagian dari Rukun Iman. Sebagian besar ulama juga berpendapat bahwa mengimani “Tanda-Tanda” nya pun juga bagian dari akidah. Dimana kemunculan Dajjal dan Nabi Isa adalah beberapa tanda-tandanya. Oleh karena Dajjal dan turunnya Isa telah banyak disampaikan melalui hadits-hadits shahih, maka otomatis ulama bersepakat bahwa kemunculan Dajjal dan Nabi Isa adalah sebuah kepastian dari Allah SWT. Apalagi Dajjal dan Isa seringkali disebutkan dalam hadits-hadits yang sama, dimana nabi Isa as kelak akan membunuh Dajjal.

    Namun tidak demikian dengan Al-Mahdi (Bukan Imam Mahdi)
    Kata “Imam Mahdi” tidak dikenal oleh kalangan Ulama Sunni. Namun dipropagandakan oleh Ulama-Ulama Syi’ah karena penisbatan kepada keturunan Imam Ali.
    Ulama-Ulama Sunni hanya bersepakat bahwa suatu saat akan muncul Khalifath Akhir Zaman, Khalifaturrasulullah SAW yang pada beberapa Hadits di sebut Al-Mahdi dengan nama Muhammad bin Abdullah.
    Ulama bersepakat bahwa kemunculannya akan menandai episode Tanda-Tanda Besar Kiamat. Dimana Setelah kemunculannya barulah Dajjal Nongol, dan kemudian Nabi Isa as kembali dan membunuh Dajjal.

    Memang Dajjal dan Al Mahdi tidak disebutkan dalam AlQuran, namun demikian Hadits-haditsnya banyak sekali mulai dari HaditsHadits yang lemah, Hasan, hingga Shahih. sehingga sebagian ulama bersepakat bahwa derajatnya Mutawattir.

    Beberapa referensi yang menurut saya Asyik dibaca adalah : Huru-Hara Kiamat(Ibnu Katsir) dan Tamasya ke Negeri Akhirat (Mahmud Al-Mishri) keduanya terbitan Al-Kautsar.

    Wa’alaikum Salam, @Mas Aricloud
    Khabar Alhamdulillah… baik-baik saja, dan semoga @Mas Ari jauh lebih baik dari saya, Amin.
    Soal referensi buku, memang selalu asyik untuk dibaca dan dikaji…😉
    Soal Dadjal, Imam Mahdi dan kedatangan Nabi Isa a.s memang selalu menjadi wacana yang ramai. Namun sampai saat ini, Insya Allah saya masih berpegang pada firman Allah dalam Al Qur’an (tentu sebatas pemahaman pribadi saja)

    [QS 3:185] Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati (al-amauti). Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
    Ref. tambahan : [QS 21:35], [QS 29:57] dan [QS 39:42]

    Para Malaikata berjiwa maka := pasti merasakan maut termasuk (Ya’juj dan Ma’juj jika didefinisikan sebagai malaikat)
    Nabi Adam a.s dan keturunannya := Pasti merasakan maut (termasuk Nabi Ibrahim a.s, Nabi Isa a.s, Nabi Musa a.s, Nabi Khidir…. Nabi Muhammad s.a.w, dan yang bergelar imam dalam tanda kutip)
    Iblis dan keturunannya := Pasti merasakan maut (termasuk Al Jin, syaithan… Dajjal kalau didefinisikan sebagai keturunan Iblis)

    Hanya Satu-satunya yang tidak merasakan al-maut yaitu Allah subhanahu wa ta’ala, dalam kontek ayat diatas jelas perhitungan (hisab) akan dijalankan setelah “Kiamat”. Dan menurut pemahaman saya sampai detik ini Allah menurunkan Al Qur’an sangat-sangat konsisten.
    Seluruh mahluq dihidupkan lagi setelah KIAMAT.
    (baik Nabi Isa a.s dan para Nabi yang lain… begitu juga manusia dan jin)

    Terima kasih sekali infonya mas.

    Wassalam, Haniifa.

  9. qarrobin said

    wah belajar lagi nih, dapet pemahaman baru, makasih ya saudaraku

  10. […] setelah Nabi Muhammad (صلى الله عليه وآله وسلم) meninggal, timbul banyak Dajjals (nabi palsu) di tanah Saudi. Pengikut Dajjals ini terbentuk menyimpang dan sekte-sekte sesat. Para sahabat […]

  11. […] Kenapa musti percaya adanya “Dajal” ?! […]

  12. pembela said

    @ Haniifa

    Jadi anda ngak mempercayai Isa as akan turun lg ke bumi….??? ydh gak percaya tp umat kristen mempercayai,… Tuhan Yesus akan turun lg ke bumi,… bukan untuk membawa agama baru,… tp untuk menjadi “IMAM” dan Hakim terakhir yg mngadili manusia….

    “wasalam”

    • @Mas Pembela
      Alhamdulillah, jangankan seorang Nabi Isa Al Masih yang sudah ada di syurga… bahkan para syuhadapun sekarang sudah hidup enak di syurga, maaf lho. jadi tugas Nabi Isa Al Masih sudah tuntas di muka bumi ini.
      Dan mengenai “IMAM” sayah kira baik Islam maupun kristen percaya Bapaknya para rasul pembawa kitab (Zabur, Tauret, Injil dan Al Qur’an) yaitu Nabi Ibrahim a.s (=Abraham versi kristian😦 )

      Wassalam, Haniifa.

  13. 😉😀

  14. […] dunk.  Saya menjadi peserta yang meragukan hal ini bukan karena alasan ini.  Informasi dari : Kenapa musti percaya adanya “Dajal” ?!  dan  hadits-yahudi-tentang-al-mahdi adalah salah satu yang saya kira menarik untuk dipahami […]

  15. guardiman said

    dajjal dari ciri-cirinya sekarang udah banyak bergentayangan apalagi di dunia maya tuh antara lain… sarangnya..di ffi dedengkot dan anak buahnya sering bergentayangan kemana-mana

    • @guardiman
      FFI mah ecek-ecek… hehehe, karena mereka amat sangat ketakutan… sayah dah berulang kali di block atau di ban pada forum tersebut.
      Bus on the way… .
      Berarti absolute tidak ada Imam Mahdi.. mosok Dajjal udah muncul tapi si Imam masih tapa..😀😆

      • ybraja said

        @haniifa……. …ada berita 2012 nih gan …..seorang muallaf baru namanya Ch.Olivia Wijaya yang berganti nama Aninda Chairunnisa diskusi sama Pendeta namanya Oikumene Anthony Domingus isi diskusinya panjang tapi asyik baca rangkumannya seru banget, yang ajak duluan diskusi Pendetanya karena denger kabar seorang pendeta di Australia bernama HERBERT SIMSON menjadi muallaf setelah berdiskusi dengan CH.Olivia Wijaya/Aninda Chairunisa……kalo belum baca dan tertarik langsung aja ke TKP Sumber : http://bisnisramai.blogspot.com/2012/06/diskusi-2012-seorang-muallaf-vs-pendeta_29.html#ixzz2934dcCqp

      • @Vbraja
        Neh sayah copas ..

        Oikumene Anthony Domingus : Berdasarkan ayat ayat injil,trinitas dalam hakekat “satu ” serta dosa waris,kebenaran qur’an serta kebenaran Nabi Muhamad selaku utusan,termasuk tentang yesus sebagai utusan,berdasarkan fakta obyektif bagi saya sudah beres dan tuntas,ini sesuai keilmuan saya dan hati nurani saya,saya menyerah.anda menang.anda membuat saya kagum luar biasa.saya akan berfikir tetap atau berpindah,saya perlu waktu.terima kasih kepada semuanya yang telah hadir dalam wall dialog hebat ini……
        21 jam yang lalu

        1. Alkitab bukan INJIL
        2. Trinitas sejatinya ada dalam kata : Bismi Alloh “Ar” Rohmaan “Ar” Rohiim.
        3. Yesus bukan Utusan Alloh. <

        PAHAM SAMPEAN !!!

      • ybraja said

        @haniifa……Maryam 71 sarang dajjal juga tuh gan

      • @Vbraja
        Haleluya… hehehe..😀
        Silahken sampean buka Al Qur'an, Surah Maryam dibagi 2 Suhuf (Suku, 'Ain)
        Suku Pertama : 1 s/d 58
        Suku Kedua : 59 s/d 98

        Surah Maryam[19]:59 :
        Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.

        Contoh mereka itu : Yesus, Paulus dan Para Paus serta Pendeta Kristen, Budha, Hindu dan Atheis, Syi’ah, Ahmadiyah dan JIL😆
        Maka berlaku (QS Maryam : 71)
        Dan tidak ada seorang pun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

  16. […] Rubi https://haniifa.wordpress.com/2008/01/09/kenapa-musti-percaya-adanya-dajal/ 4 jam yang lalu · […]

  17. Mas bro haniifa, mhon pencerahan mengenai Taqwa. Bagaimana petunjuk dlm Quran mengenai taqwa, dan jalan menuju derajat taqwa. Maturnuwon

  18. c1nt4y35u5 said

    ayo kita bersatu ga ada gunanya saling menghujat. bergabunglah dalam komunitas pencinta jesus sejati. (khusu kalangan sendiri, tidak terima non kristiani) di
    http://c1nt4y35u5.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: