حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Pesona Al Qur’an dalam dunia Matematika

Posted by حَنِيفًا on August 13, 2009

Assalamu’alaikum,


Watch beautiful and powerful story about his journey to Islam.

Adam diturunkan ke bumi bukan karena dosa yang di perbuatnya, melainkan karena Allah SWT menginginkan seorang khalifah di bumi untuk mengatur dan menyejahterakan alam.’’ (Jeffrey Lang).

Prof Dr Jeffrey Lang,nama lengkapnya. Sehari-hari dia bekerja sebagai dosen dan peneliti bidang matematika di Universitas Kansas, salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat. Gelar master dan doktor matematika diraihnya dari Purdue University pada tahun 1981. Ia dilahirkan dalam sebuah ke luarga penganut paham Katolik Roma di Bridgeport, Connecticut, pada 30 Januari 1954.

Pendidikan dasar hingga menengah ia jalani di sekolah berlatar Katolik Roma selama hampir 18 tahun. Selama itu pula, menurut Lang—sebagaimana ditulis dalam catatan hariannya tentang perjalanannya mencari Islam menyisakan banyak pertanyaan tak berjawab dalam dirinya tentang Tuhan dan filosofi ajaran Kristen yang dianutnya selama ini.

‘’Seperti kebanyakan anak-anak lain di kisaran tahun 1960-an hingga awal 1970-an, saya melewati masa kecil yang penuh keceriaan. Bedanya, pada masa itu, saya sudah mulai banyak bertanya tentang nilai-nilai kehidupan, baik itu secara politik, sosial, maupun keagamaan. Saya bahkan sering bertengkar dengan banyak kalangan, termasuk para pemuka gereja Katolik,’’ paparnya.

Menginjak usia 18 tahun, Lang remaja memutuskan menjadi seorang atheis. ‘’Jika Tuhan itu ada dan Dia punya belas kasih dan sayang, lalu mengapa ada begitu banyak penderitaan di atas bumi ini? Mengapa Dia tidak masukkan saja kita semua ke dalam surga? Mengapa juga dia menciptakan orang-orang di atas bumi ini dengan berbagai penderitaan?’’ kisah Lang tentang kegelisahan hatinya kala itu. Selama bertahun-tahun, pertanyaan-pertanyaan seperti itu terus menggelayuti pikirannya.

Dihadiahi Al Qur’an akhirnya Lang baru mendapat jawaban atas berbagai pertanyaan tersebut ketika ia bekerja sebagai salah seorang asisten dosen di Jurusan Matematika, Universitas San Francisco. Di sanalah, ia menemukan petunjuk bahwa Tuhan itu ada dan nyata dalam kehidupan ini. Petunjuk itu ia dapatkan dari beberapa mahasiswanya yang beragama Islam.

Saat pertama kali memberi kuliah di Universitas San Francisco, Lang bertemu dengan seorang mahasiswa Muslim yang mengambil mata kuliah matematika. Ia pun langsung akrab dengan mahasiswa itu. Mahmoud Qandeel, nama mahasiswa tersebut. Dia berasal dari Arab Saudi.

Mahmoud, kata Lang, telah memberi banyak masukan kepadanya mengenai Islam. Menariknya, semua diskusi mereka menyangkut dengan sains dan teknologi. Salah satu yang pernah didiskusikan Lang dan Qandeel adalah riset kedokteran. Lang dibuat terpana oleh jawaban Qandeel, yang di negaranya adalah seorang mayor polisi.

Qandeel menjawab semua pertanyaan dengan sempurna sekali dan dengan menggunakan bahasa Inggris yang bagus.

Ketika pihak kampus mengadakan acara perpisahan di luar kampus yang dihadiri oleh semua dosen dan mahasiswa, Qandeel menghadiahi asisten dosen itu sebuah Al Qur’an dan beberapa buku mengenai Islam.

Atas inisiatifnya sendiri, Lang pun mempelajari isi Al Qur’an itu. Bahkan, buku-buku Islam tersebut dibacanya hingga tuntas. Dia mengaku kagum dengan Alquran. Dua juz pertama dari Al Qur’an yang dipelajarinya telah mem buat dia takjub dan bagai terhipnotis.

‘’Tiap malam muncul beraneka ma cam pertanyaan dalam diri saya. Tapi, entah mengapa, jawabannya segera saya temukan esok harinya. Seakan ada yang membaca pikiran saya dan menuliskannya di setiap baris Alquran. Saya seakan menemukan diri saya di tiap halaman Alquran,’’ ungkap Lang.

Telaah Al Qur’an

Sebagai seorang pakar dalam bidang matematika dan dikenal sebagai seorang peneliti, penjelasan yang didapatkannya tidak langsung ia percayai begitu saja. Ia meneliti dan menelaah secara lebih mendalam ayat-ayat Al Qur’an. Beberapa ayat yang membuatnya kagum dan telah membandingkannya dengan ajarannya yang lama adalah ayat 30-39 surah Al Baqarah tentang penciptaan Adam.

Dalam bukunya Losing My Religion: A Call for Help, Jeffrey Lang secara lengkap menjelaskan pergulatannya dalam memahami ayat 30-39 surah Al Baqarah tersebut.

‘’Saya membaca ayat tersebut beberapa kali, namun tak kunjung sanggup menangkap apa maksud Alquran,’’ ujarnya. ‘’Bagi saya, Alquran sepertinya sedang menyampaikan sesuatu yang sangat mendasar atau mungkin keliru. Lalu, saya membacanya lagi secara perlahan dan saksama, baris demi baris, untuk memastikan pesan yang di -sampaikan,’’ lanjutnya.

Ketika membaca ayat ke-30 surah Al Baqarah, ‘’Dan, ingatlah ketika Tuhanmu berkata kepada malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.’ Malaikat berkata, ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi, mereka adalah orang-orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah. Padahal, kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan menyucikan Engkau?’ Allah berfirman, ‘Sesungguhnya, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui’.’’ Menurut Lang, ayat ini sangat mengganggunya. ‘’Saya merasa sangat kesepian. Seakan-akan penulis kitab suci ini telah menarik diri saya ke dalam ruang hampa dan sunyi untuk berbicara langsung dengan saya,’’ ujarnya.

’Saya berpikir, keterangan ayat tersebut ada sesuatu yang keliru. Saya protes. Lalu, saya baca lagi. Saya amati dengan saksama. Sebab, menurut ajaran yang pernah saya dapatkan, diturunkannya Adam ke bumi bukan menjadi khalifah, tetapi sebagai hukuman lantaran dosa Adam. Namun, dalam Al Qur’an, tidak ada satu kata pun yang menjelaskan sebab-sebab diturunkan Adam karena perbuatan dosa,’’ jelasnya.

Menurut Lang, pertanyaan yang di utarakannya sama dengan pertanyaan malaikat yang menyatakan bahwa manusia itu berbuat kerusakan.

‘’Tapi, saya merasa ada sesuatu yang lain dari keterangan ayat selanjutnya.

Allah hanya menjawab, ‘Sesungguhnya, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.’ Jawaban ini terkesan sederhana dan enteng, namun mengandung makna yang dalam,’’ ungkapnya.

Lang menjelaskan, dalam Alkitab, jawaban Tuhan atas pertanyaan malaikat disampaikan tentang hukuman yang diberikan karena berbuat dosa. ‘’Penjelasan ini berbeda dengan Al Qur’an. Al Qur’an menjawab pertanyaan para malaikat dengan memperlihatkan kemampuan manusia, pilihan moral, dan bimbingan Illahi.

Allah mengajarkan manusia (Adam) nama-nama benda.’’ ‘’Ayat tersebut menunjukkan kemu liaan dan kemampuan manusia yang tidak diberikan kepada malaikat,’’ ujarnya.

Bahkan, pada ayat ke-39 dite rangkan, ‘’Adapun orang-orang yang tidak beriman dan mendustakan ayatayat Kami, mereka adalah penghuni neraka dan mereka kekal di dalamnya.’’ ‘’Saya merasa ayat ini makin kuat menyerang saya. Namun, saya semakin percaya akan kebenaran Alquran dan meyakini agama Islam yang dibawa oleh Muhammad SAW,’’ jelasnya.

Islam rasional


Islam agama rasional

Sekitar tahun 1980-an, belum banyak pelajar Muslim yang menuntut ilmu di UniversitasSan Francisco. Sehingga, kalau bertemu dengan mahasiswa Muslim di area kampus, menurut Lang, itu merupakan hal yang sangat langka.

Ada cerita menarik tatkala Lang sedang menelusuri kampus. Secara tak terduga, ia menemukan sebuah ruangan kecil di lantai bawah sebuah gereja. Ruang tersebut rupanya dipakai oleh beberapa mahasiswa Islam untuk menunaikan shalat lima waktu.

Kepalanya dipenuhi tanda tanya dan rasa ingin tahu. Dia pun memutuskan masuk ke tempat shalat tersebut.

Waktu itu, bertepatan dengan waktu shalat Zuhur. Oleh para  mahasiswanya, dia pun diajak untuk ikut shalat. Dia berdiri persis di belakang salah seorang mahasiswa dan mengikuti setiap gerakannya.

Dengan para mahasiswa Muslim ini, Lang berdiksusi tentang masalah agama, termasuk semua pertanyaan yang selama ini tersimpan dalam kepalanya. ‘’Sungguh luar biasa, saya benar-benar terkejut sekali dengan cara mereka menjelaskan. Masuk akal dan mudah dicerna. Ternyata, jawabannya ada dalam ajaran Islam,’’ tuturnya.

Sejak saat itu, Lang pun memutuskan masuk Islam dan mengucapkan dua kalimah syahadat. Dia menjadi seorang mualaf pada awal 1980. Ia mengaku bahwa dengan menjadi seorang Muslim, banyak sekali kepuasan batin yang didapatkannya.

Itulah kisah perjalanan spiritual sang profesor yang juga meraih karier bagus di bidang matematika. Dia mengaku sangat terinspirasi dengan matematika yang menurutnya logis dan berisi fakta-fakta berupa data riil untuk mendapatkan jawaban konkret.

‘’Dengan cara seperti itulah, saya bekerja. Adakalanya, saya frustrasi ketika ingin mencari sesuatu, tapi tidak mendapat jawaban yang konkret. Namun, dengan Islam, semuanya rasional, masuk akal, dan mudah dicerna,’tukasnya.

Prof Lang saat ini ditunjuk oleh fakultasnya sebagai pembina organisasi Asosiasi Mahasiswa Islam guna menjembatani para pelajar Muslim dengan pihak universitas. Tak hanya itu, dia bah kan ditunjuk untuk memberikan ma ta kuliah agama Islam oleh pihak rektorat.

Ia menikah dengan seorang perempuan Arab Saudi bernama Raika pada tahun 1994. Mereka dikaruniai tiga anak, yakni Jameelah, Sarah, dan Fattin. Selain menulis ratusan artikel ilmiah bidang matematika, dia juga telah menulis beberapa buku Islam yang menjadi rujukan komunitas Muslim Amerika. Even Angels ask: A Journey to Islam in America adalah salah satu buku best seller-nya. Dalam buku itu, dia menulis kisah perjalanan spiritualnya hingga memeluk Islam.

Beberapa tahun belakangan ini, Lang aktif pada banyak kegiatan Islami dan dia merupakan pembicara inspirasional yang paling terkenal di sebuah organi sasi pendidikan bernama Mecca Centric. Di sana, dia melayani konsultasi segala sesuatu tentang Islam ataupun kegiatan kepemudaan.sya/dia/berbagai sumber/kem/RioL

From Atheism to Belief by Dr. Jeffrey Lang


http://www.youtube.com/view_play_list?p=0FD4420349D8F552

Losing my Religion: A Cry for Help by Dr. Jeffrey Lang


http://www.youtube.com/view_play_list?p=8C53C7E1FFD36652
_________________________________________________________________
Sumber: http://swaramuslim.com/islam/more.php?id=5656_0_4_0_M

Wassalam, Haniifa.

About these ads

57 Responses to “Pesona Al Qur’an dalam dunia Matematika”

  1. adi isa said

    kang, pertamanya…hehehehe

  2. adi isa said

    kang hanif, dari post diatas:
    “Adam diturunkan ke bumi bukan karena dosa yang di perbuatnya, melainkan karena Allah SWT menginginkan seorang khalifah di bumi untuk mengatur dan menyejahterakan alam.’’ (Jeffrey Lang)

    jadi bukan karena dosa adam dan hawa turun kebumi. (ingat dosa waris kristen)

    sejalan dengan,
    sumber:
    http://feriadiisander.wordpress.com/2009/06/07/nabi-adam-as-dosa-waris-dan-haji/

    “……..Kita akan menggali makna mengapa nabi Adam as dan hawa harus turun ke alam dunia tamasya ini. Dalam ilmu tasawuf, sebagaimana yang diajarkan dalam pelajaran ma’rifat secara turun temurun oleh para raja-raja tasawuf hingga kepada kita Bahwa”
    Karena kehendak Allah Subhanahu wa Taala jualah, agar dunia ini dipenuhi dengan manusia, maka adam dan hawa diperintahkan harus turun ke dunia;
    Adam dan hawa, dengan suka cita mendengar dan turut kehendakNya;
    sekalipun mereka harus meninggalkan Kerajaan Syurga yang indah dan Kekal; mereka harus memasuki dunia tamasya yang sunyi dan lenggang, lagi penuh dosa dan cela, lagi penuh susah dan sengsara;

    Adam dan Hawa pun melangkah keluar meninggalkan Kerajaan Syurga yang indah dan senang, dengan sekejab;
    Adam dan Hawa pun melangkah keluar.
    Adam melalui pintu sebelah kanan;
    “ Syidratul Yaqien”namanya, maka turunnya di Syafa.
    Hawa, melalui pintu sebelah kiri;
    “Ainal Yaqien”namanya, maka turunnya di Marwah.
    Kedua tempat ini (syafa dan marwah) letaknya agak berjauhan;
    ………”

    adapun postingan kang hanif, saya salut 2 jempol

    salam hangat.

  3. Fietria said

    Ketigaxx
    Kadang saya tersentuh dengan para mualaf yang begitu semangat mempelajari Islam sementara yang Islam keturunan kurang semangat mempelajari agamanya. Saya pernah baca di salah satu blog tentang ‘Yesus vs Isa Almasih’ cerita tentang Paulus F.Tengker yang dulunya pendeta kemudian memeluk Islam karena bermimpi melihat Yesus di kalahkan Isa Almasih. Cerita ini sangat terkenal di dunia maya, ribuan blog telah mengcopas dan memuat cerita ini. Sebagian ada yang percaya cerita ini namun sebagian juga ada yang tak percaya karena ditemui keganjilan2 ketika Paulus F. Tengker menceritakan kegiatan ibadahnya sebelum jadi mualaf. Coba saja cari di google, masukkan nama Paulus F. Tengker.
    Kalau berminat, kalau tidak juga tak apa2. :lol:

    • haniifa said

      @Tuan Putri Fietria
      Insya Allah, tertarik dunk… :D
      Postingan diatas semata-mata mengurangi tuduhan dari seorang komentator kepada saya, dan Alhamdulillah sudah sebar namun beliau tak kunjung tiba, berikut ajakan saya :

      Mohon maaf, saya sedang mengajak @Mas Karl Karnadi untuk membuktikan komentar nya mengenai:

      Dan btw sama sekali tidak relevan dan bahkan agak misleading untuk anda (maksudnya @Haniifa) menyebutkan kredibilitas orang (mahasiswa, dosen, sampai peserta olimpiade matematika Internasional)

      Untuk @Mas Karl Karnadi mari kita bicara baik-baik apapun disiplin ilmu /status sosial saudara disini:

      http://haniifa.wordpress.com/2009/08/11/konsep-bilangan-biner-berawal-dari-al-quran/

      Wassalam, Haniifa.

      Salam hangat selalu, Tuan Putri.

      #Haniifa.

  4. zoudib said

    @kang Adi,
    @kang Haniifa

    Marhaban yaa ramadhan..!!!!

    ditunggu komentarnya dari saudara2 pena ku…

    http://zoudib.wordpress.com/2009/08/10/marhaban-yaa-ramadhan-1430h/

    http://zoudib.wordpress.com/2009/08/13/tentang-sepertiga-awal-tengah-dan-akhir-romadhon/

    http://zoudib.wordpress.com/2009/08/12/tentang-waktu-imsya/

    hanya ingin berbagi,
    salam hangat
    zoudib

  5. qarrobin said

    @Adi Isa, Tuan Putri, Zoudib dan Haniifa

    2 jempol ke atas

  6. Lata said

    inilah ‘sirrullah’… rahasia Allah… keajaiban2 di dalam tiap sendi kehidupan yang bahkan jarang kita sadari :) terimakasih wacana di atas sangat bermanfaat :) sayangnya, saya gak mahir berurusan dengan angka kecuali yg ijo2.. heheheh…

  7. mel said

    Itulah Indahnya Pesona Islam,,terdiri dari Al-Qur’an dan Al Haditz…

  8. Nice Post

    Gue juga lagi bikin artikel maksud Adam&Hawa diturunkan ke bumi.

  9. rubon said

    Betul ternyata, Al Qur’an diturunkan untuk rahmatan lil ‘alamin.

  10. tai said

    TAI ANJING KOK DIBIKIN BLOG!!!

  11. arhsa said

    Even Angels ask: A Journey to Islam in America

    saya dah baca sebagian buku ini versi arab dengan judul حتى الملئكة تسأل (hatta al-malaikah tas`alu)

    subhanallah kisah perjalanan beliau, saat awal-awal mengerjakan shalat ditempatnya, dia gundah, jangan-jangan ada teman-temannya meliat ia shalat, apa yang akan ia jawab jika ditanya orang terpelajar seperti dia meletakan kepalanya dilantai. tapi kemudian beliau menjadi muslim yang baik seperti yang mas Haniifa post.

    terkadang, kesadaran para mu`alaf untuk beribadah dan meningkatkan pemahaman terhadap agama mengalahkan orang yang semenjak lahir telah menjadi muslim.

    inspirasi yang sangat dalam.
    salam sayang.

    • haniifa said

      @Kang Arhsa
      Alhamdulillah
      Jadi lebih meyakinkan sekali bahwa beliau itu seorang Islam sejati, apalagi Akang membaca dari riwayatnya dari sumber versi Arabnya…. Subhanallah

      Terimakasih sekali @kang, karena telah melengkapi postingan ini.

      Salam hangat selalu saudaraku, Haniifa.

  12. sportif dong said

    Breaking News:

    Setelah berusaha melakukan pendekatan kepada pihak “Rezim Saudi” agar menghentikan intervensi di Irak dan tidak mendapatkan respon positif, pemerintah Irak melalui Penasehat Perdana Menteri Mathlabi, menyatakan secara resmi adanya bukti-bukti otentik yang membongkar jaringan “Wahabi Esktrem” yang dibekali oleh fatwa-fatwa dan doktrin serta instruksi dari para “Ulama Wahabi” dan pejabat pemerintah Saudi yang menganjurkan pembunuhan masyarakat sipil Irak yang bermazhab Syi’ah.

    Dalam diskusi Talkshow dalam Televisi Alalam terungkap adanya “Skenario Global Amerika dan Yahudi” dengan kakitangan “Rezim Saudi” melalui kelompok-kelompok teroris anti Pluralisme Muslim, terutama di Irak, Lebanon dan Timur Tengah bahkan Indonesia.

    Menurut seorang akademis Irak yang tinggal di London, Amerika memang sengaja menggunakan kelompok-kelompok anti persatuan mazhab-mazhab Islam ini sebagai cara untuk menakut-nakuti warga dan Pemerintah Irak agar mengharapkan kehadiran Amerika di Irak. Disisi lain, rezim Saudi dan rezim-rezim Arab pro Amerika yang lazim disebut “Poros Moderat Arab” sengaja menciptakan ketegangan sektarian demi mengalihkan perhatian warga Arab di Teluk dari proses demokrasi yang berjalan di Irak. Sebagaimana diketahui Saudi dan rezim-rezim Arab di Teluk tidak menganut sistem demokrasi namun sangat dilindungi oleh Ameriks Serikat yang menggunakan standar ganda; kadang menggunakan HAM dan Demokrasi sebagai kartu tekan dan kadang mendukung rezim-rezim otoriter demi melindungi kepentingan imperialistiknya.

    Seiring dengan makin dekatnya realisasi penarikan pasukan AS di Irak, aksi biadab para pelaku aksi teror terhadap warga sipil Muslim Syi’ah melalui pembunuhan, bom bunuh diri dan peledakan mobil, Mousel dan propinsi-propinsi berpenduduk mayoritas Syiah belakangan ini makin meningkat.
    Yang memprihatinkan, kaum Syi’ah yang jumlahnya melampaui 65 persen dari total penduduk setiap hari dipancing kesabarannya melalui pembantaian demi pembantaian, malah dilukiskan oleh media-media pro “Rezim Wahabi” sebagai pelaku pembunuhan terhadap kaum muslimin Sunni. Tidak sedikit orang awam di Indonesia yang terpengaruh dan terhasut oleh tayangan video yang dimanipulasi tersebut.

    Aksi teror kelompok “Wahabi Ekstrem” melalui Al-Qaeda, Taliban dan Ragam Nama Organisasi telah menyebar dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu sasaran utama di Asia Tenggara, karena posisinya yang sangat strategis dalam peta dunia Islam. Salah satunya adalah dengan adanya teror “BOM” diberbagai daerah di Indonesia.

    Sudah saatnya Umat Islam di Indonesia secara khusus dan Bangsa Indonesia serta Pemerintah secara umum melakukan antisipasi terhadap ciri-ciri “Wahabi Ekstrem” yang dapat dikenali melalui cara berpakaian, gaya berbicara serta pola komunikasi yang khas. Salah satu pemahaman “Wahabisme Saudisme” yang mesti disorot adalah “LIPIA” yang mendidik generasi muda Indonesia dengan “Doktrin Wahabi” yang secara terangan-terangan mengabaikan ke-Indonesia-an dan Budaya Lokal. Inilah “Mazhab Teroris Transnasionalis” yang menjadi ancaman serius bagi NKRI dan Persatuan Bangsa.

    Merdekaaa, Merdekaaa, Merdekaaa

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • haniifa said

      @Syia’ah bin kacamata kuda
      Betul sekali Tuan Syi’ah Yang di Muliaken Setan Rusuh… :D :lol:

      IRAK :( dibombardir oleh Amrik plus konco-konconya, walaupun tidak terbukti memproduksi bom Kimia

      IRAN :P jelas-jelas membuat BOM NUKLIR dan Amrik plus konco-konconya pura-pura tidak tahu

      Catatan:
      Negara Irak ==> Ada Islam Hanif dan Syi’ah Bengkok
      (Negara Irak banyak para syuhada yang gugur dan mereka hidup di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, Amin)

      Negara Iran ==> Semuah Syi’ah Bengkok
      (Negara Iran yang semua penduduknya menunggu Imam Mahdi Al Mesias)

      Negara Amrik cs ===> Mayoritas menunggu Imam Mahdi Al Mesias
      (Di ketuai oleh negara Linggis sebagai provokator atau munding dosol… :P )

      *** Warning ***
      @Sodara-sodara
      Kaum Syi’ah sudah terbiasa merubah-rubah tulisan,pemahaman,arti bahkan mengurangi dan menambah Al Qur’an… jadi sangat tidak aneh jika mereka membuat berita-berita bohong

      Contoh:
      Ayatullah Kucing (baca: Khomeni) ===> artinya kucing juga mendapatken wahyu :D :lol:

      Wassalam, Haniifa.

  13. qarrobin said

    @sportif dong, nanya nih,
    1. bagaimana cara matinya khomeini, saya denger2 dalam keadaan teraniaya, benarkah? saya benar2 tidak tahu lho, makanya nanya langsung ama orang syi’ah(spotif dong)

    2. ini menurut saya, kalo emang ke 12 Imam Syi’ah adalah benar2 dijanjikan oleh Allah, maka Allah akan menjadikan mereka pemimpin seperti Khalifah Abu Bakar, Umar dan Usman, dan dikenang di dalam sejarah sebagai pemimpin Ummat Islam.

    3. Kalo memang setelah Muhammad harus ada satu Imam setiap zaman, insya Allah, saya yakin Allah akan mewahyukan secara terang2an.

    4. Kalo emang harus meyakini imam mahdi yang belum muncul, bukankah kita semua termasuk syi’ah akan mati dalam kejahilan, karna imam mahdi belum muncul.

    5. Bagaimanakah cara bertawassul dengan imam mahdi, apakah dengan zikir, jika ada, apakah ada metodologinya seperti bermursyid. Apakah bisa dijelaskan dengan teori fisika

    6. Bukankah tanpa bershalawat kepada Sayyidina Muhammad, maka amal dan ibadah kita tidak diterima

    7. Jika imam mahdi ghaib, bisakah dijelaskan secara fisika

    8. menurut saya jika memang Imam diteruskan secara silsilah biologis, maka silsilah itu haruslah ibn Muhammad, bukan ibn Ali

    semoga berkenan menjawab,
    wassalam, qarneyn

  14. swastika87 said

    w3. yup maz… tulisannya bagus2 yah

    @
    Hatur tengkiu ;)
  15. risnadi said

    subhanaLLah………al-quran sudah tak perlu di ragukan lagi kebenarannya……………semoga kita termasuk orang yang bisa mengamalkan al-quran secara keseluruhan……..amien

  16. hh said

    …..Sebab, menurut ajaran yang pernah saya dapatkan, diturunkannya Adam ke bumi bukan menjadi khalifah, tetapi sebagai hukuman lantaran dosa Adam.
    >>Ajaran apa yang pernah dia dapatkan yang menyatakan bahwa diturunkannya Adam ke bumi sebagai hukuman lantaran dosa Adam?
    Kalau menurut ajaran kristen, Adam tidak diturunakn ke bumi dari surga, tetapi diciptakan langsung di bumi. Dan, pada penciptaan itu Adam sempurna adanya, tidak berdosa.
    ____________________________
    …….Lang menjelaskan, dalam Alkitab, jawaban Tuhan atas pertanyaan malaikat disampaikan tentang hukuman yang diberikan karena berbuat dosa. ‘’Penjelasan ini berbeda dengan Al Qur’an. Al Qur’an menjawab pertanyaan para malaikat dengan memperlihatkan kemampuan manusia, pilihan moral, dan bimbingan Illahi.
    >>Dimana terdapat dalam alkitab bahwa malaikan bertanya kepada Tuhan tentang hukuman yang diberikan karena berbuat dosa?
    _____________________________
    Adi Isa: Adam dan hawa, dengan suka cita mendengar dan turut kehendakNya;
    sekalipun mereka harus meninggalkan Kerajaan Syurga yang indah dan Kekal; mereka harus memasuki dunia tamasya yang sunyi dan lenggang, lagi penuh dosa dan cela, lagi penuh susah dan sengsara;
    >>Kalau saat Adam dan Hawa turun, dunia ini sunyi dan lengang…..bagaimana anda menyebutkan bahwa dunia ini penuh dosa dan cela, penuh susah dan sengsara? Apakah sudah ada manusia di bumi sebelum Adam turun? Apakah Adam berdosa? Kalau ya, apa dosanya?
    Tolong di jawab ya.
    Salam

    • lovepassword said

      @HH : Mungkin sudut pandangnya Ketika manusia makan buah larangan itu lho.
      ===============================================================
      Adam dan hawa, dengan suka cita mendengar dan turut kehendakNya;
      sekalipun mereka harus meninggalkan Kerajaan Syurga yang indah dan Kekal; mereka harus memasuki dunia tamasya yang sunyi dan lenggang, lagi penuh dosa dan cela, lagi penuh susah dan sengsara; >>Kalau saat Adam dan Hawa turun, dunia ini sunyi dan lengang…..bagaimana anda menyebutkan bahwa dunia ini penuh dosa dan cela, penuh susah dan sengsara? Apakah sudah ada manusia di bumi sebelum Adam turun? Apakah Adam berdosa? Kalau ya, apa dosanya?

      ==> Lha itu persepsinya masa depanlah.

      Dari sisi yang baik menuju sisi yang jauh lebih tidak baik. Maksudnya dari tempat yang baik, keluar lalu menuju tempat yang tidak sebaik semula. gicu lho.

      SALAM

  17. lovepassword said

    Jeffrey Lang adalah seorang penulis yang baik, isi bukunya seru gicu loh. Tetapi saya rasa untuk jadi penulis yang baik, mestinya nggak perlu jadi atheis dulu. Masalahnya dia bisa menjawab banyak pertanyaan sulit dengan kalem dan berempati ( terlepas anda setuju attau tidak), lha para pakar agama banyak banget yang serba pokoknya.

    @HH : Saya rasa buku itu juga lumayan menarik buat kamu.

    SALAM

    • hh said

      Mas LP,
      pertanyaan saya adalah: Mana ayat alkitab yang dikutip oleh Mr. Lang itu yang memuat jawaban Tuhan terhadap pertanyaan malaikat tentang hukuman yang diberikan Tuhan kepada Adam dan Hawa karena berbuat dosa?

      Tidak boleh mengada ada, lho.

      salam

  18. lovepassword said

    @Mas HH : Aku coba mengerti dulu isi pertanyaanmu . Mungkin kamu sedang menanggapi yang ini : Lang menjelaskan, dalam Alkitab, jawaban Tuhan atas pertanyaan malaikat disampaikan tentang hukuman yang diberikan karena berbuat dosa.

    Kemudian kamu tanya : Mana ayat alkitab yang dikutip oleh Mr. Lang itu yang memuat jawaban Tuhan terhadap pertanyaan malaikat tentang hukuman yang diberikan Tuhan kepada Adam dan Hawa karena berbuat dosa?

    Kamu sungguh pinter kali ini :) Hi Hi Hi

    OK deh, Secara tekstual menurutku tidak ada tanya jawab antara Tuhan dan Malaikat di dalam Alkitab ( dalam kasus akankah manusia berbuat dosa). Tetapi makna kalimat itu secara subtansial sebenarnya tidak terlalu salah.

    Menurut pendapatku : Prof Lang pada saat itu sedang membandingkan konsep dosa asal vs konsep bahwa keadaan manusia sekarang adalah rencana Allah, jadi bukan karena dosa asal. Jadi saya kira sudut pandangnya seperti itu.

    Jadi kira2 nalar Prof tersebut gini ya

    Kristen ( sebagian besar ) : Keadaan manusia keluar dari zona sebelumnya menjadi harus bekerja, sakit kala melahirkan, dsb adalah akibat dosa besar manusia pertama yang lebih dikenal dengan konsep dosa asal

    Islam secara umum : Keadaan manusia seperti ini, bekerja, dsb adalah bagian dari rencana Allah, karena manusia memang dirancang seperti itu , tujuannya adalah sebagai khafilah atau pengatur atau pengelola bumi dsb.

    Nalar Prof Lang tersebut secara umum bisa saya anggap benar.Sudut pandang Kristen dan Islam secara umum memang saya rasa seperti itu. Tindakan Nabi Adam makan buah larangan di dalam perspektif Islam tidak dianggap sebagai dosa yang cukup besar sehingga sampai seolah-olah memutuskan hubungan manusia dengan Tuhan.

    Meskipun benar secara umum, tetapi memang ada sisi2 lain yang bisa juga anda lihat:

    Konsep pengelola bumi sebenarnya bukannya tidak ada sama sekali di dalam Kristen. Meskipun konsep ini secara umum bolehlah jika saya katakan agar tertutup oleh konsep dosa asal – tetapi saya rasa beberapa penafsir Kristen yang lebih liberal atau progresip memang cenderung sejalan dengan pemikiran Prof Lang tersebut : Bahwa manusia itu menjadi bekerja, dsb itu memang ya sudah fitrahnya gicu, nggak ada kaitannya dengan dosa asal.

    Para pemikir Katholik tertentu yang dekat dengan teologi pembebasan misalnya Ivan Illich penulis buku descholing society biasanya juga cenderung cukup sependapat bahwa Itu semua rencana Tuhan. Gambaran kasar pendapat mereka : Tuhan merancang manusia itu ya dipenuhi rasa ingin tahu. Dari rasa ingin tahu itu mungkin bisa timbul kesalahan tetapi pada sisi sebaliknya karena rasa ingin tahu itu manusia akan berkembang.

    Kalo sudut pandangnya adalah pemikir Indonesia, saya kebetulan sempat berkenalan online dengan seorang pendeta yang kira2 pemikirannya sama dengan pemikiran Prof Lang tersebut. Namanya adalah Ioanes Rakhmat. Beliau penulis Gramedia , pakar Kitab Suci – sering juga menerjemahkan pemikiran2 dari pemikir Kristen yang lebih liberal semacam john shelby spong.

    Menurut Pak Ioanes Rakhmat, konsep berkat asal lebih cocok ketimbang konsep dosa asal, karena yang namanya bekerja, dsb ya memang aslinya ya gicu bukan karena dosa sebenarnya. Kamu baca saja blognya dia di di ioanesrakhmat dot blogspot dot com.

    SALAM

    • hh said

      Terimakasih atas jawaban mas LP yang mengatakan bahwa tidak ada tertulis dalam Alkitab seperti yang ditulis oleh Mr. Lang tersebut.
      _____
      Tetapi dalam hal ini, Mr. Lang telah berlaku sembrono dalam menulis. Kalau benar tertulis seperti itu dalam bukunya, berarti dia telah membohongi semua pembaca bukunya.
      _______
      Itulah perbedaan kita, kawan.
      Dalam kristen,
      Tuhan merencanakan segala sesuatu yang baik bagi manusia. Hidup tanpa cela/dosa, karena Tuhan itu adalah Suci adanya.

      Kalau menurut Islam, Allah yang membuat fitrah manusia itu seperti sekarang ini, penuh penderitaan, peperangan, bencana, dll.

      Untuk apakah Tuhan membuat FITRAH manusia seperti itu? Apa alasan Tuhan untuk membuat hal seperti itu, yang secara jelas dapat kita lihat, akibat dosa itu, manusia mengalami sengsara, bencana alam dan bencana kelaparan, mengalami kematian, dan lain lain.

      Bumi ini diciptakan sempurna, indah, penuh dengan kedamaian. Tentu penghuninyapun harus sempurna, dimana manusia sebagai pengelolanya harus hidup suci. Karena Tuhan adalah Suci, maka seluruh ciptaanNya adalah juga suci.

      Salam

      • @Kang Hh
        Kalau menurut Islam, Allah yang membuat fitrah manusia itu seperti sekarang ini, penuh penderitaan, peperangan, bencana, dll.
        __________________________
        Mohon maaf saya komentari, mengenai isi sampean salah sama sekali.
        1. Manusia itu faktanya berbeda-beda, baik kulit, rupa, bahasa…dll
        2. Dengan perbedaan itu seharusnya manusia mengambil hikmahnya bukan pertentangan.
        3. Oleh karena itu fitrahnya manusia menurut ISLAM adalah ( QS 42:8 ) “Dan kalau Allah menghendaki niscaya Allah menjadikan mereka satu umat (saja)…”

        Dalam kristen,
        Tuhan merencanakan segala sesuatu yang baik bagi manusia. Hidup tanpa cela/dosa, karena Tuhan itu adalah Suci adanya.

        ____________________________________
        Saya tidak aneh dengan pendapat sampean diatas, karena bukan menjadi rahasia umum lagi jika seorang keluarga kristen anaknya hamil diluar nikah bagi mereka itu adalah hal yang biasa dan bukan aib tapi karena rencana tuhan :mrgreen:
        Sampean mungkin bisa lihat diberita tepe sebagai contohnya: Narkoba, Hamil diluar nikah …. saya pribadi walaupun berbeda agama namum sungguh sangat menyesalkan, masih muda belia, cantik tapi harus meringkuk dibalik jeruji… saya tidak mengatakan soal masa depan kehidupannya, namun yang jelas untuk mengembalikan citranya saja perlu perjalanan yang sukar dan mendaki.

        Wassalam, Haniifa.

      • Paula Abdul said

        Hanifa: Saya tidak aneh dengan pendapat sampean diatas, karena bukan menjadi rahasia umum lagi jika seorang keluarga kristen anaknya hamil diluar nikah bagi mereka itu adalah hal yang biasa dan bukan aib tapi karena rencana tuhan.
        Jangan sentimentil jika berpendapat mbak, banyak keluarga muslim yang anaknya hamil di luar nikah, belum lagi terdaftar yg menggugurkan, waktu sekolah saya punya teman berjilbab tapi melakukan aib, tertangkap tidur bersama pacarnya di kost2an. Inilah kenyataan yang harus disikapi dengan adil tanpa memojokkan. Soal bejad moral tidak pandang agama tertentu mbak.

        ____________________

        @Tante Paula Abdul
        Pernah nonton festival Kaum Nudis di Brazil belon ?!
        atau…
        Pernah tahu pantai Kaum Nudis di Belanda ?!
        atau…
        Tahu sampean arti Nudism ?!…

        Kalau Om atau Tante usianya lebih dari 21 thn, silahken cari di mbah Gugel : nudism :mrgreen:

        Salam hangat dari Om Haniifa

  19. lovepassword said

    @Mas HH tercinta : Salam. Hi hi hi – Logika kamu yang ini kok ya malah lebih mirip logika ateis ketimbang logika orang Kristen .

    Tetapi dalam hal ini, Mr. Lang telah berlaku sembrono dalam menulis. Kalau benar tertulis seperti itu dalam bukunya, berarti dia telah membohongi semua pembaca bukunya. ===> Membohongi itu kalo disengaja. Hi Hi Hi. Kemungkinan besar sang prof menunjukkan gambar besar perbedaan itu lha ketika menyangkut detail sudut pandang sang prof lagi kepikiran mengenai hal tsb dalam Islam sehingga timbul tulisan seperti itu. Itu kemungkinan lho ya, aslinya mana saya tahu.

    =========================================================

    Kalau menurut Islam, Allah yang membuat fitrah manusia itu seperti sekarang ini, penuh penderitaan, peperangan, bencana, dll.

    Untuk apakah Tuhan membuat FITRAH manusia seperti itu? Apa alasan Tuhan untuk membuat hal seperti itu, yang secara jelas dapat kita lihat, akibat dosa itu, manusia mengalami sengsara, bencana alam dan bencana kelaparan, mengalami kematian, dan lain lain.

    ===> Kebanyakan umat beragama mensyukuri karunia Tuhan, bahkan teori dari kesempurnaan lukisan kita tahu bagaimana canggih penciptaNya bertebaran di banyak buku Islam. Desain Cerdas juga jelas bukan konsep yang ditolak oleh banyak buku Kristen. Hi Hi Hi. Aneh sekali bukan jika anda mengaitkan penderitaan, bencana alam dsb sebagai cacat produk dari ciptaan Tuhan.

    Saya tidak akan berdebat dengan anda dalam arti membantah dengan logika antik versus antik. Saya cerita saja ke anda enak versus enak gicu yah :

    Di dalam filsafat ada pertanyaan besar terhadap logika Ketuhanan, yang namanya logika Ketuhananan itu Kristen juga termasuk jadi anda nggak usah kuatir nggak dapet bagian :)

    Pertanyaannya gini : Jika Tuhan ada mengapa ada kejahatan ?
    Pertanyaan ini lazim disebut sebagai pertanyaan Epicuros.

    Lha logika pertanyaan ini : 1. Jika Tuhan Maha Kuasa dan Tuhan Maha Baik mestinya Tuhan ingin tidak ada kejahatan dan Tuhan berkuasa mewujudkan keinginannya tersebut

    Faktanya kejahatan ada. Lha adanya kejahatan berarti Tuhan itu mungkin Maha Kuasa tetapi tidak Maha Baik atau Tuhan itu aslinya sih memang baik tetapi Tuhan tidak Maha Kuasa sehingga walaupun Tuhan nggak senang tetapi Tuhan tidak berdaya menghadapi kejahatan.

    Saya sudah ngobrol mengenai hal ini beberapa waktu yang lalu, lama banget, berdiskusi dengan rekan atheis yang memprotes keberadaan Tuhan dengan logika seperti ini. Hi Hi Hi.

    OK kembali ke topik :

    Kalo yang kamu tanyakan adalah penderitaan, sengsara dsb – sudut pandangmu kok ya suram betul sama seperti rekan2 ateisku itu.

    Masalah penderitaan dsb sayangku cintaku berdasarkan ajaran agama Islam dan Kristen sebenarnya juga nggak beda jauh sih : Tidak bisa digeneralisasi model kau itu.

    Penderitaan bisa saja ada karena cobaan, ujian misalnya saja kamu pernah baca mengenai Ayub sayangku cintaku

    Pemderitaan bisa saja karena hukuman, misalnya dalam kasus Sodom dan Gomora

    Penderitaan bisa saja berkah yang tersembunyi
    Penderitaan bisa saja sebagai batu pijakan untuk meloncat ke tahap selanjutnya.Kalo anda naik kelas maka anda harus ikut ujian dulu.

    Pemotongan ranting pohon membuat pohon berbuah, lempung yang dibakar dibentuk supaya indah, dsb. Saya tidak yakin kamu tidak pernah mendengar ini. Karena cerita semacam kepahitan lalu mendapatkan yang indah2 itu kan universal sifatnya.

    Lha karena pandanganmu kali ini agak burem binti burem maka kamu melihat penderitaan dari satu kacamata saja, yaitu penderitaan dari kacamata bahwa penderitaan itu selalu berarti buruk.

    Padahal sayangku cintaku, MAS HH : dalam agama Kristen sendiri yang namanya penderitaan itu tidak dipandang seburuk penilaian kau itu.

    Padahal penderitaan itu bisa saja buruk tetapi bisa juga nggak.

    Begitu juga sebaliknya yang namanya keberhasilan itu juga bisa saja ujian gicu lho. Banyak manusia yang berhasil melewati ujian penderitaan tetapi banyak yang gagal melewati ujian keberhasilan , kata Dai Sejuta Umat kemarin di TV hi hi hi .

    Demikian Mas HH, terimakasih

    SALAM

  20. wawan said

    Al-Qur’an Adalah Mukjizat Islam Yang Kekal

    Mukjizat, sebagaimana telah kita bahas sebelum ini, termasuk salah satu cara untuk membuktikan kenabian para nabi melalui risalah mereka. Oleh karena itu, setiap nabi pasti memiliki mukjizat. Demikian juga dengan nabi kita, Nabi Muhammad saw, beliau memiliki beberapa mukjizat, di antaranya: terbelahnya bulan, bertasbihnya kerikil di tangan beliau, pemberitaan perkara-perkara yang ghaib, dan masih banyak lagi mukjizat yang dimiliki oleh Nabi saw. Bahkan, dapat dikatakan bahwa kehidupan Nabi saw dan sabda-sabda Beliau seluruhnya adalah mukjizat. …bersambung…

    • @Wawan Ahlul agama Syi’ah
      Al-Qur’an Adalah Mukjizat Islam Yang Kekal
      _______________________________________________
      PERTAMA:
      hua.ha.ha…. sudah tahu Agama Islam itu sangat percaya dan yakin pada Al Qur’an dan Al Qur’an itu adalah mukjizat sampai akhir zaman, bukan yang kekal… dasar Agama Syi’ah selalu membuat hiperbolis :P

      KEDUA:
      Lucunya kitab pegangan utama Agama Syi’ah adalah Usul Al Kafi(RUN) bukannya Al Qur’an dan yang kedua adalah hadits-hadits yang diterjemaahkan dalam bahasa PARSI/PERSIA sehingga menyimpang dari aslinya… hehehe.. bahasa kerennya sunah nabi Muhammad s.a.w yang di tahrif :mrgreen:

      Wassalam, Haniifa.

  21. dede said

    Mukjizat Sesuai dengan Kondisi-Kondisi Sosial dan Keilmuan

    Mukjizat-mukjizat para nabi dan perbuatan-perbuatan di luar kebiasaan yang didatangkan oleh mereka itu sesuai dengan kondisi sosial masyarakat setempat, dan juga sesuai dengan tingkatan keilmuan pada zaman itu.

    Misalnya, pada masa Nabi Musa as hidup terkenal dengan sihir. Maka, mukjizat yang didatangkan oleh Musa saat itu pada lahirnya adalah sihir yang mencengangkan, yang dapat mengalahkan tukang-tukang sihir Fir`aun. Apa yang dilakukan oleh Musa as dengan tongkatnya itu adalah berupa fenomena sihir, meskipun pada hakikatnya ia sangat jauh dari perbuatan sihir.

    Dan pada masa `Isa as terkenal dengan kemajuan ilmu kedokteran. Maka, datanglah `Isa as dengan mukjizat-mukjizat yang menjadikan semua ahli kedokteran dan manusia secara keseluruhan tercengang menyaksikannya. Misalnya, menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya, dan menyembuhkan orang yang berpenyakit sopak.

    Adapun pada masa Nabi Muhammad saw, maka syair, retorika dan kefasihan telah mencapai tingkatan yang tertinggi, bahkan ia telah menjadi tolok ukur kemajuan suatu kabilah yang hidup di semenanjung Arab saat itu•

    Kemudian datanglah Nabi Muhammad saw dengan membawa mukjizat al-Quran al-Karim, yang di dalamnya mengandung kalimat-kalimat yang agung dan kefasihan yang mencengangkan orang Arab yang paling fasih sekalipun.
    …bersambung… ke Mengapa Mukjizat Nabi Muhammad saw Berupa Perkataan?

    • @Dede bin Saba’
      Mukjizat Sesuai dengan Kondisi-Kondisi Sosial dan Keilmuan
      bla…bla…bla….
      Mengapa Mukjizat Nabi Muhammad saw Berupa Perkataan?

      ___________________________________________
      Agama syi’ah tidak biza menafsirkan kata “AUHA RABBUKA” kepada Nahl (lebah) jadi kebingungan sendiri… hua.ha.ha… masa ada lebah punya “HATI”, padahal menurut Agama Syi’ah ILHAM itu adalah perkataan dalam hati, tapi mereka lupa bahwa ILHAM itu ada yang membuat manusia menjadi TAQWA ada juga yang membuat menusia menjadi FUJUR (Takabur, uzub, riya…dsb), makanya si Ahamadinedjad melaksanakan SHALAT RIA di jalanan, begitu juga si IMAM SYI’AH yang melaksanakan SHALAT RI’YA di depan KUBURAN IMAM KHOMEINI :D :lol: … tidak ada sunah Nabi Muhammad s.a.w yang demikian, dasar syi’ah ahlul bid’ah …

      Mengapa Mukjizat Nabi Muhammad saw Berupa Perkataan? :P
      ________________________________
      Agama Syi’ah mengikari ayat dan terjemaah berikut (QS 16:68)
      Dan Tuhan semesta a’lam mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”.

      Wassalam, Haniifa.

  22. hh said

    @Mr. Haniifa

    Saya tidak aneh dengan pendapat sampean diatas, karena bukan menjadi rahasia umum lagi jika seorang keluarga kristen anaknya hamil diluar nikah bagi mereka itu adalah hal yang biasa dan bukan aib tapi karena rencana tuhan

    => Dalam kepercayaan kristen, Tuhan menciptakan segala sesuatunya baik. Yang merusak kebaikan itu adalah dosa.

    Kang Haniifa, apakah hamil diluar nikah itu sesuatu yang baik? Tentu tidak bukan? Kalau tidak baik, itu berarti bukan dari Tunan.

    Saya belum pernah mendengar pengakuan dari seseorang bahwa hamil diluar nikah itu atau seks pra nikah itu bukanlah suatu aib, tetapi karena seseorang itu lebih menuruti kemauannya sendiri, sering tidak memikirkan bahwa perbuatan seperti itu adalah aib. Dengan perkataan lain, perbuatan itu tetaplah dianggap sebagai aib, tetapi tidak menghiraukannya lagi, harena lebih mengutamakan kemauannya sendiri.

    Sama sekali tidak ada ajaran seperti itu dalam kekristenan.

    Jadi, kalau ada sebagian orang yang menganggap itu bukanlah suatu aib, hal itu adalah dari kemauannya sendiri, bukan dari Tuhan.
    ____________________
    Sampean mungkin bisa lihat diberita tepe sebagai contohnya: Narkoba, Hamil diluar nikah …. saya pribadi walaupun berbeda agama namum sungguh sangat menyesalkan, masih muda belia, cantik tapi harus meringkuk dibalik jeruji… saya tidak mengatakan soal masa depan kehidupannya, namun yang jelas untuk mengembalikan citranya saja perlu perjalanan yang sukar dan mendaki.

    => Jangan buta, kang hanif. Perbuatan perbuatan yang anda sebutkan diatas tidak hanya dilakukan oleh penganut agama tertentu, tetapi dari semua agama dan semua lapisan masyarakat. Apakah anda yakin bahwa tidak ada dari umat Islam yang melakukan hal seperti itu? Kalau tidak ada, syukur alhamdulillah. Tetapi, kalau ada, tanyakanlah sama mereka, apakah mereka menganggap itu sebagai suatu aib atau bukan? Kalau menganggapnya sebagai aib tetapi tetap melakukannya, mengapa mereka melakukan itu? Apakah karena menuruti kemauan sendiri atau atas perintah Tuhan?

    salam

    NB. Pertanyaan saya ttg tulisan Mr. Lang, yang menyatakan bahwa menurut alkitab, ada tanya jawab antara malaikat dengan Tuhan ttg hukuman adam akibat dosa, belum/tidak anda tanggapi.

    • @Kang Hh
      => Dalam kepercayaan kristen, Tuhan menciptakan segala sesuatunya baik :D . Yang merusak kebaikan itu adalah dosa.
      __________________________
      Dalam kepercayaan ISLAM, Allah menciptakan yang baik dan yang buruk… yang baik harus dipelihara sedangkan yang buruk harus dijauhi.
      Mohon maaf menurut saya pandangan Kristiani sangat aneh, sebab IBLIS adalah mahlug ciptaan Allah… dan IBLIS berikut keturunannya senantiasa menggoda manusia untuk berbuat jahat/tidak baik.
      Satu hal lagi yang terpenting setiap ada kerusakan dimuka bumi ini maka menurut kepercayaan ISLAM, Allah senantiasa memeliharanya… karena hanya Allah yang Maha Pemelihara seluruh alam semesta ini.

      Jadi, kalau ada sebagian orang yang menganggap itu bukanlah suatu aib, hal itu adalah dari kemauannya sendiri, bukan dari Tuhan.
      _________________________
      Essensinya bukam masalah aib, tapi soal tanggung jawab orang tua biologis… dengan kandungan diluar nikah maka akan memberikan celah bagi wanita/pria untuk berbuat yang lebih fatal lagi… misal membunuh bayi. Oleh karena itu HUKUM ISLAM sangat keras dalam perihal PERJINAHAN.

      => Jangan buta, kang hanif. Perbuatan perbuatan yang anda sebutkan diatas tidak hanya dilakukan oleh penganut agama tertentu, tetapi dari semua agama dan semua lapisan masyarakat.
      ____________________________
      Dalam hal ini saya sepakat dengan sampean, tapi sampean juga jangan membutakan diri… kegiatan haram/perjinahan itu mayoritas dilakukan di tatanan masyarakat non Muslim, BARAT, INDIA, JEPANG, KOREA mereka sudah melakukan secara vulgar dan kasat mata. begitu juga AGAMA SYI’AH di IRAN dengan kawin kontraknyah :mrgreen:

      NB. Pertanyaan saya ttg tulisan Mr. Lang, yang menyatakan bahwa menurut alkitab, ada tanya jawab antara malaikat dengan Tuhan ttg hukuman adam akibat dosa, belum/tidak anda tanggapi.
      Reply

      ______________________
      Baik sayah komentari perilah ini:

      >>Ajaran apa yang pernah dia dapatkan yang menyatakan bahwa diturunkannya Adam ke bumi sebagai hukuman lantaran dosa Adam?
      Kalau menurut ajaran kristen, Adam tidak diturunakn ke bumi dari surga, tetapi diciptakan langsung di bumi. Dan, pada penciptaan itu Adam sempurna adanya, tidak berdosa.

      ________________________
      Justru saya jadi aneh membaca komentar sampean :D
      Dogma kristen menurut saya, Penyaliban “YESUS” penebusan dosa, lha dosa siapa ?!
      Saya setuju dengan penciptaan Nabi Adam a.s itu sempurna adanya, bahkan penciptaan sayah, kucing, cacing, bumi, matahari semua juga sempurna… hehehe…

      Wassalam, Haniifa.

      • lovepassword said

        hi hi hi, kalo para pakar lagi diskusi ternyata enak juga dibacanya. :) Mendingan aku ngumpet dulu ah.

        @ ;) :D
  23. parantos sahur na kang ? :)

  24. Paula Abdul said

    Saya jadi makin bingung…. Adam dan Hawa diusir dari syurga… Kapan Adam dan Hawa menghuni syurga? Bumi diciptakan beserta isinya lalu Adam diciptakan terakhir dari tanah (bumi) untuk mengurus bumi, dan di tempatkan di bumi bukan di syurga. Apakah ada tanah di syurga? …. hati2 jika menafsir….

    • @Oom Paula Abdul
      Apakah ada tanah di syurga?
      ______________________
      Hua.ha.ha… Jadi menurut sampean di Syurga isinya cuma api yang panas gituh ?!
      Itu mah NERAKA atuh Om… eh… Tante !!! :mrgreen:

      …. hati2 jika menafsir….
      ______________________
      Lha sampean sangat tidak masuk akal sekali, masak keadaan disyurga lebih buruk dari pada keadaan di bumi, lalu ngapain dunk orang-orang mengharapkan Syurga ?! :D :lol:

      • Paula Abdul said

        buah nangka buah kedondong ndak nyambung dong….
        apakah di syurga ada tanah? jawabnya kedondong…..
        keadaan di syurga lebih baik dr bumi, buah nangka buah kendondong…
        Adam diciptakan memang untuk ditempatkan di bumi, Adam diciptakan dari tanah, tanah itu bumi…

      • @Paula Abdul
        buah nangka buah kedondong ndak nyambung dong….
        _____________________
        Sama-sama buah-buahan, makan dong jangan diplototin doang:mrgreen:

        apakah di syurga ada tanah? jawabnya kedondong…..
        keadaan di syurga lebih baik dr bumi, buah nangka buah kendondong…

        _____________________
        Mau pohon Nangka ataupun pohon Kedongdong harus ditanam di TANAH DONK :D :lol:

        Adam diciptakan memang untuk ditempatkan di bumi, Adam diciptakan dari tanah, tanah itu bumi…
        _____________________
        Nabi Adam a.s diciptakan dari tanah syurga, kalau Adam Air diciptaken pakai tanah bumi… :P

      • Paula Abdul said

        lukisan surga yg duniawi ada tanah ada nangka ada kedondong
        ______________________

        @Om dan Tante Paula
        Selamat sampean juga ntar masuk syurga-syurgaan alias NERAKA JAHANAM…. :mrgreen:
        Pantasan tuhanya juga tuhan-tuhanan alias PATUNG YESUS….. hua.ha.ha…
      • Paula Abdul said

        lha koq malah menghujat agama lainnya… mudah2an sampeyan yang masuk syurga2an di mana ada nangka ada kendondong, ngerujak dong…

        @Paula Abdul
        Umat Islam mah semuah mengharapkan Jannah, Firdaus.. dsb :D :lol:

        Silahken sampean gosok tenggorokannya pakai biji kedonggong dong.. hua.ha.ha…

  25. dedekusn said

    Kang, sy masih blm bisa nulis Arab di blog WP,

    • @Kang Dede Kusn
      1. Dari Editor WP… pilih mode HTML (ada 2 mode: Visual dan HTML)
      2. Memperbesar dan merubah Fon Style Arab:

      ‘t_Ap style=”line-height:30pt;font-size:24pt;font-family:’traditional arabic’;text-align:right;direction:rtl;margin:0;padding:5px 0;”t_A t_B/span style=”font-family:Traditional Arabic;”t_B’ …..tulisan arab…. t_A/spant_B t_A/p_t_B

      Catatan:
      t_A = karakter lebih kecil
      t_B = karakter lebih besar
      Jika huruf dirasakan kurang besar maka:
      line-height:30pt… 30 ganti sesuai dengan keinginan
      font-size:24pt… 24 ganti sesuai dengan keinginan

      3. Coba copas/replace tulisan ini .tulisan arab = أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَـنِ الرَّجِيمِ
      4. Sebaiknya jangan mengukan type italic.
      5. Jika ingin merubah warna clik mode: VISUAL.

      Selamat nyobian…

  26. swastika87 said

    Taqobballaullahu minna wa minkum
    Shiyamana washiya minkum

    Minal aidin wal faidzin
    Mohon maaf lahir n Batin

    Met Idul Firi ya maz…

    thanx bgt ya atas infonya…
    ntar aku coba…

    oya, awardnya gak lupa diajak mudik kan maz?
    hhe

  27. artikel yang dapat mencerahkan hati

    @SKM
    Matur nuwon.. :D
  28. [...] Pesona Al Qu’ran dalam dunia Matematika [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: