حَنِيفًا

haniifa.wordpress.com

Pesan terakhir Yesus sebelum disalib (tamat)

Posted by حَنِيفًا on May 28, 2009

Salam Damai,

Saya acap kali menemukan dalam berbagai media, kata-kata  “Yesus” saat di Salib di bukit Bukit Golgota. Sudah menjadi kelaziman jika si terhukum mengucapkan pesan-pesan terakhir saat eksekusi dijalankan, berikut ini adalah salah satu “pesan” yang tertulis pada seluruh “Injil” sekarang.

Eli, Eli, lama sabachthani.

ē’lī,‘ē’lī, lā’mu sābăk’thunī.

ā’lē,’lē, lä’mä säbäkh’thänē.

ALKITAB, dengan kata lain, “Bukunya Allah berisikan atau mendeklarasikan Allah sebagai sang pencipta! Dalam bahasa Ibrani, dikenal 3 kata, “Elohim“, “Yahweh“, dan “Adonai” yang ketiga kata ini adalah predikat sekaligus atribut utama (main attributes) dari Tuhan Allah kita. Elohim artinya Sang Pencipta (The Creator One), Yahweh artinya Sang Penebus (The Reedemer One), Adonai artinya Sang Majikan (The Master One).

Sumber : Everhart G.Awuy (PusakaRohani.No:521/2002)

Jika melihat determinasi diatas seharusnya “pesan” beliau akan menjadi :
Elohim, Elohim lama sabachthani.
atau…
Yahweh, Yahweh lama sabachthani.
atau…
Adonai, Adonai lama sabachthani.

Lalu mengapa “Yesus”  memohon kepada “Eli“,  Siapakah  dia ?!

Karena saya bukan “ahlinya” maka mencari-cari tahu lagi arti “Adonai“, “Yahweh” dan “Elohim” dan ini yang saya peroleh :

Adonai is the plural of Adon, meaning “Lord, Lord, LORD, master, or owner” (the word Adon derives from a Ugaritic word meaning “lord” or “father”). In the Tanakh, the word Adon can refer to men and angels as well as to the LORD God of Israel (e.g., Exodus 34:23). God is called the “Lord of lords”(Deuteronomy 10:17) and Psalm 8:1 mentions God as “YHVH our Lord.”

The plural form Adonai, like the plural form Elohim, is regularly used with singular verbs and modifiers, so it is best to construe the Name as an “emphatic plural” or “plural of majesty.” When the plural is formed using a singular possessive ending (“my Lords”), it always refers to God, and occurs over 300 times in the Tanakh in this form.

The Masoretes ensured that the sacred Name of the LORD YHVH would not be taken in vain by putting the vowel marks for Adonai under the letters in the running text (ketiv). They did this to remind the reader to pronounce Adonai regardless of the consonants in the text (qere). However, Adon and Adonai also appear as Names of God in the Hebrew Masoretic text, and some of these will be listed here.

Kebingungan saya untuk sementara waktu terjawab setelah membaca artikel berikut:

Yeshua (Jesus) is YHVH in the flesh

Yeshua Ha-Mashiach (Jesus Christ) is YHVH “come in the flesh.” Indeed, to say “Jesus Christ is Lord” (Phil 2:11; Romans 10:9) is to confess Him as Adonai — or YHVH — Himself. According to the New Testament, salvation is experienced only by “changing your mind” and personally trusting that Yeshua/YHVH was executed as kapparah (atonement) for your sins, that He was physically pronounced dead and buried, and that He was raised from the dead in vindication of His glory and to function as our Kohen Gadol (High Priest) in heaven (1 Cor. 15: 3-4). There is no other Mediator before the Father and no other Name given to mankind for salvation (Acts 4:12).

Jelas bukan !!!, Yesus tidak akan menggunakan kata-kata “Elohim“, “Yahweh” atau “Adonai”… sebab memanggil dirinya sendiri… :D ,  namun pertanyaan berlanjut, Apakah “Eli” merupakan jamak dari “Elohim” ?! ternyata bukan.

The word Elohim is the plural of El (or possibly of Eloah) and is the first name for God given in the Tanakh: “In the beginning, God (Elohim) created the heavens and the earth
(Genesis 1:1):

Menurut Ahmad Deedat :

Hebrew Arabic English
Elah Allah God
Ikhud Ahad One
Yaum Yaum Day
Shaloam Salaam Peace
Yahuwa Ya Huwa Oh He

Jika menuruti tabel diatas maka redaksi yang  “benar” pesan  “Yesus” adalah : Elah, Elah lama sabachthani.” .
( Kata “Eli” tidak bisa diganti dengan kata “El“, sebab “Esi” bukan “es“… :D )

Saya dapati dari Oom Wiki Silsilah “Yesus” ternyata terdapat kata “Eli” dari Lukas 3:23-38 versi Alkitab Kabar Baik (BIS) dicatat:

3:23 Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun.
Menurut pendapat orang, Ia anak Yusuf,
anak Eli,  :D
3:24 anak Matat, anak Lewi, anak Malkhi, anak Yanai, anak Yusuf,
3:25 anak Matica, anak Amos, anak Nahum, anak Hesli, anak Nagai,
3:26 anak Maat, anak Matica, anak bintang, anak Yosekh, anak Yoda,
3:27 anak Yohanan, anak Resa, anak Zerubabel, anak Sealtiel, anak Neri,
3:28 anak Malkhi, anak Adi, anak Kosam, anak Elmadam, anak Er,
3:29 anak Yesua, anak Eliezer, anak Yorim, anak Matat, anak Lewi,
3:30 anak Simeon, anak Yehuda, anak Yusuf, anak Yonam, anak Elyakim,
3:31 anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud,

Sedangkan Silsilah Yesus, menurut Oom yang sama :D :
1. Natan
2. Matata
3. Mina
4. Melea
5. Elyakim
6. Yonam
7. Yusuf
8. Yehuda
9. Simeon
10. Lewi
11. Matat
12. Yorim
13. Eliezer
14. Yesua
15. Er
16. Elmadam
17. Kosam
18. Adi
19. Malkhi
20. Neri
21. Sealtiel
22. Zerubabel
23. Resa
24. Yohanan
25. Yoda
26. Yosekh
27. Simei
28. Matica
29. Maat
30. Nagai
31. Hesli
32. Nahum
33. Amos
34. Matica
35. Yusuf
36. Yanai
37. Malkhi
38. Lewi
39. Maltat

40. Eli

41. Yusuf

42. Yesus

Dari dua keterangan yang jelas dan pasti tersebut  bisa disimpulkan bahwa “Yesus” menangis saat disalib sambil mengingatkan “Kakek(baca: Eli) agar jangan meninggalkannya, karena semua ini hanyalah kebohongan atau “Sandiwara Penyaliban” dan Alhamdulillah terjawab sudah teka-teki pesan terakhir “YESUS” saat mengambil peran ditiang SALIB :

Eli, Eli, lama sabachthani.

Kakek, Kakek kenapa meninggalkan aku !!

Wassalam, Haniifa.

About these ads

83 Responses to “Pesan terakhir Yesus sebelum disalib (tamat)”

  1. Fitri said

    Semoga saja cerita di atas adalah benar. Tapi sayang sudah tamat. Kapan mau bikin seri ke 2 lagi?
    Salam.

  2. KangBoed said

    hehehe.. bingung.. *geleng geleng*.. yang saya senang.. adalah perkataan TOBAT dan LAHIR BARU..
    - langkah pertama : Tobat
    - langkah kedua : Lahir Baru.. bukan hidup di pimpin oleh jasad.. tetapi hidup di pimpin oleh ROH dan Kebenaran..
    Hidup dalam Mati.. Mati dalam Hidup.. Mati sebelum Mati..
    hmm… nyambung gak yaaaa.. sorry OOT.. :wink:
    Salam Sayang
    Salam Rindu.. untukmu.. :lol:

    • kancrutt said

      KangBoed sayang2an mulu ama mas Haniffa? bukan berarti…kan? :D

      ____________

      @Mas Kancrutt
      Ya, udah kalau bigitu “saya sangat sayang sama @mas Kancrut” atas kepintarannya… :D

      Salam Sangat Disayangkan, Haniifa.

      • kancrutt said

        makasih bro, tapi ogah ah pake kata “sayang” kesan klo sesama jenis jadi kaya hombreng :D

        ________________

        @Mas Kancrutt
        Wahh…. saya tidak sepiktor bigitu :D
      • kangBoed said

        *ngelirik ataaas*.. hehehe..
        Salam salaman..
        Jabat Eraaaaat..
        Peluk Pelukaaan..
        Cium ciumaaaaaan.. *huuuueeeextzzzzz*.. :mrgreen:
        Salam Sayang buat semua saudaraku
        Salam Taklim

        *cengar cengir keledai*.. :lol:

      • fietria said

        liat nama saya tapi enggak mau tegur sapa..busyetttt sombong banget

    • haniifa said

      @Kang Boed
      Coba perhatikan kebiasan buruk para Ahli Kitab :

      Bahasa Inggris: dari nama “HELI”
      (23) Jesus Himself, when He began [His ministry], was about thirty years of age, being the Son, as was supposed, of Joseph, the son of Heli,

      Bahasa Indonesia: menjadi nama (H)“ELI”
      (23) Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun. Menurut pendapat orang, Ia anak Yusuf, anak Eli,

      **** Ingat huruf “H” dibuang (-) ****
      _____________________________________________________________

      Bahasa Inggris : dari nama “ESLI”
      (25) The son of Mattathias, the son of Amos, the son of Nahum, the son of Esli, the son of Naggai,

      Bahasa Indonesia: menjadi nama (H)+”ESLI”
      (25) anak Matica, anak Amos, anak Nahum, anak Hesli, anak Nagai,

      **** Ingat huruf “H” ditambahkan (+) ****
      _____________________________________________________________

      Injil Versi patgulipat:
      Lukas 3:23 minus huruf “H”
      Lukas 3:25 plus huruf “H”

      Kesimpulan:
      -H + H := 0 alias hampir susaah didapat INJIL asli :D

      Wassalam, Haniifa.

  3. Filar Biru said

    Wah…wah… bingung juga nic mas haniifa, apa benar begitu ya sebagian lagi saya baca Eli=Tuhan, mana yang benar?

    salam dari saudaramu

    • haniifa said

      @Mas Filar Biru
      Sama saya juga bingung abis nggak ada acuan yang standar pada Bible… :D , Kelihatannya @Kang Boed yang nggak bingung seeh

      Salam Hangat, Haniifa.

  4. kangBoed said

    hehehe.. nyanyi dulu aaaaaah..
    bingung.. bingung.. aku binguuuuung..
    pusing.. pusing.. aku pusiiiiiiiiiing..
    *manggut mangut*.. hehehe.. pegangan dunk.. biar gak jatuuuh..
    hahaha.. karena tidak mengertinya.. karena saking OONsurOON.. jadinya kaga bingung.. dari pada mikir benar dan salah.. mendingan kita pelajari dan pahami eseeeensi dari perjalanaaan para nabi dan rasul.. sehingga bisa kitaaa ambil manfaatnya.. dalam rangka menata diri.. membenahi diri.. membersihkan jiwa.. meraih ketenangan jiwa.. kebenaran hakiki bukan ini dan itu.. tetapi akan bangkit dan hiduup dalam jiwa jiwa yang tenang.. dalam hati yang bersih.. hati yang merasakan kehadiranNYA.. hati yang mencintaiNYA lebih dari segalanya.. mari mari kita berjalan bersama mengumpulkan mutiara mutiara kehidupan.. yang terbentang di sekalian alam dan diri ini.. berguru kepada perjalanan sang diri.. hirup Eling dalam kesadaran dan waspada dalam mengambil keputusan.. membentuk akhlakul kharimah.. berusaha mewujudkan SPIRIT ISLAM sebagai RAHMATAN LIL ALLAMIN.. *bukan hanya muslimin*.. tetapi menjadi anugerah bagi seluruh manusia..
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Rindu.. :lol:

    • haniifa said

      @Kang Boed
      Esensinya saya ingin mengingatkan rekan-rekan untuk menjaga keseimbangan kajian Al Qur’an yang sebenar-benarnya.
      Coba @kang Boed pelajari metoda penipuan + dan - , insya Allah akan mendapatkan manfaat yang banyak dikemudian hari.

      Telah terjadi inkonsisten metoda perhitungan Dr. Rashad Khalifa, perhatikan dengan seksama.. !
      __________________________________________
      1. Perhitungan lafadz “Allah” sebanyak 2698, kandungan lafadz “Allah” dalam Basmallah setiap awal surah Al Qur’an “dibuang“.
      2. Perhitungan jumlah total ayat Al Qur’an, kandungan lafadz “Allah” dalam Basmallah setiap awal surah Al Qur’an “ditambahkan“

      Pola plus-min telah lama dilakukan oleh musuh ISLAM dalam berbagai ASPEK termasuk sejarah, hadits… bahkan penulisan mushaf Al Qur’an.

      Wassalam, Haniifa.

      • KangBoed said

        hehehe.. pokoknya okeeee.. makanya saya harus belajar banyak dari sampeyaaaan.. *muka ngarep ON*.. hehehe..
        Salam Sayang

  5. Filar Biru said

    @ Kang

    wele-wele calam cayangnya kaga bernti :P
    aku calam juga kang
    apa itu OONsurOON

    kakang mala buat bingung and pusing

    ______

    @
    :D
    • KangBoed said

      yayaya.. pokoknya apa sih nyang engga.. buat saudara saudaraku tersayaaaaaaaaaang..
      Salam Sayang
      Salam Rindu.. untukmu.. :lol: :mrgreen: :lol:

  6. @haniifa
    Bravo…terpecahkan juga akhirnya…kirim ke wedul mealui email sangat bagus sekali nich…

  7. Assalamu alaikum

    oh..yach saya punya bahan pemikiran”’cuma belum dapat melukiskannya…begini:

    untuk menyentuh hati nasrani bagaimana dgn ini:

    1.Umat Islam takkan dimarahi Nabi Isa AS.sebab umat islam tak melanggar yang diperintahkannya serta meninggalkan larangannya

    2.Tak menuhankan yesus tak melanggar ajaran Nasrani

    3.Beribadah pada ALLAH SWT tak bertentangan dgn agama apapun.

    4.Tidak menyekutukan Sang pencipta,Sang pencipta pasti meridhoi walau tak masuk kristen.

    5.Tanpa trinitas .ALLAH takkan marah

    segitu dulu

    Wassalam

  8. Ziadi Nor said

    Melihat dari keyakinan agama lain, smakin mnguatkan dan mnambah kpercayaan kita kepada Islam, karena terbukti keaslian dan keotentikan y. Tdk sperti yg lain, antara kitab suci yg satu dgn yg lain isinya saling bertentangan.berpikirlah…

    • haniifa said

      @Mas Ziadi Nor
      Terimakasih @mas atas apresiasinya, Insya Allah umat Islam semakin yakin… dan saya juga berharap umat non muslim agar tidak terdistorsi dalam mempelajari dan atau mengkaji AL QUR’AN terlebih demi kemajuan ILMU dan TEKNOLOGI.

      Wassalam, Haniifa.

  9. [...] tersirat dan tersurat menjadi bahasa nasional atau internasional, sebagai mana yang tercermin pada Injil Lukas 3:23 dan 3:25 dari dua bahasa, sampai-sampai kita tidak tahu lagi bahasa ASLINYA. Bahasa Inggris: dari nama “HELI” (23) Jesus [...]

  10. jelasnggak said

    Yesus adalah TUh@n \”Yang Menjadi Manusia\”.

    Logika dari sini nih –> Jika TuH@n Maha Kuasa, maka, Tuh@n bisa jadi apa saja. (setuju kan ?)

    Tuh@n Maha Kuasa, maka, Tuh@n bisa menjadi manusia.
    Menurut injil kepercayaan kristiani, Yesus adalah Tuh@n yang menjadi \”daging\”.

    Logis kan..?

    Lanjutkan!

    Yesus pada saat itu tuh sedang bertindak sebagai \”manusia\” yang berteriak pada Tuh@nnya.

    Kata eli itu ngga ada sangkut pautnya dengan tunggal atau jamak.
    Sebab Eli yang dimaksud di situ adalah Plural Majesty.

    Janganlah menyerang sifat keTuh@nan Yesus dari sisi manusianya, dan sebaliknya.

    Ngerti? (kayaknya sih ngga ya)

    Belajar yang banyak mas..

    Tahun 2009 lho ini… he he he

    • konyol said

      Yesus bisa berdarah
      Yesus bisa dipaku
      Yesus suka makan
      Yesus suka ke belakang
      Yesus artinya didunia fana,
      logika mana dalam keabadian tapi ada diduni fana :lol:

      • jelasnggak said

        @Konyol

        Kamu nulis:

        Yesus bisa berdarah
        Yesus bisa dipaku
        Yesus suka makan
        Yesus suka ke belakang
        Yesus artinya didunia fana,
        logika mana dalam keabadian tapi ada diduni fana

        Yeeee…

        Barusan di jelasin…

        nih baca :

        Logika dari sini nih –> Jika TuH@n Maha Kuasa, maka, Tuh@n bisa jadi apa saja. (setuju kan ?)

        Tuh@n Maha Kuasa, maka, Tuh@n bisa menjadi manusia.

        Ngerti ngga nih..? (kayaknya sih nggak ya.. :lol:)

      • konyol said

        kek.kek.ke.kek
        Sampean aja yang setuju sendiri
        persetujan aja minta-minta sama saya… minta persetujan sama Yesus, tapi YESUS udah di SALEB yach :lol:

      • @JELAS NGGAK
        hhh…
        Pencipta menjadi Ciptaan
        tetap statusnya CIPTAAN

        ____________________

        @All
        Buat rekan-rekan yang budiman, uraian yang lengkap “CIPTAAN” silahkan kunjungi :

        http://ayruel.wordpress.com/2009/05/10/mungkinkah-allah-menciptakan-tuhan/

        Wassalam, Haniifa.

      • haniifa said

        @Mas Ayruel
        Coba perhatikan cara mereka bermain DIKOTOMI.

        - Kata eli itu ngga ada sangkut pautnya dengan tunggal atau jamak.
        + Artinya ELI adalah sebuah NAMA ORANG bukan
        ____________________
        -
        Sebab Eli yang dimaksud di situ adalah Plural Majesty.
        + Plural artinya JAMAK :D

        Wassalam, Haniifa

    • haniifa said

      @Mas Jelasnggak
      Logikanya Nggak Jelas :D

  11. konyol said

    SETUJUUUUU… eh belon :lol:

    • haniifa said

      @Mas Konyol
      Kalau yang ini saya setuju… :D
      Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga“, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. (QS 5:73)

      Terbukti orang-orang KAFIR mengatakan bahwa “salah satu dari tiga adalah” :
      1. Adonai
      2. Yahweh
      3. Elohim

      Wassalam, Haniifa.

  12. Ternyata Yesus bukan keturunan Nabi Ibrahim AS.
    Kalau Nabi Isa AS itu baru murni keturunan Nabi Ibrahim AS

    ___________

    @
    :D
  13. jelasnggak said

    @Konyol

    Kamu berkata:

    kek.kek.ke.kek
    Sampean aja yang setuju sendiri
    persetujan aja minta-minta sama saya… minta persetujan sama Yesus, tapi YESUS udah di SALEB yach

    ==> Lho..?

    Berarti menurut kamu , yang namanya Tuh@n itu ngga MAHA KUASA yah..?

    pantess…

    Memang Owoh sama TuH@n Kristen beda..

    Owoh ngga maha kuasa, TuH@n kristen maha kuasa.
    :lol:

    —-

    @Ayruel
    Kamu berkata:

    hhh…
    Pencipta menjadi Ciptaan
    tetap statusnya CIPTAAN

    –> Status adalah irrelevant di sini…

    Yang sedang dibicarakan di sini adalahKemampuan.

    Jika Tuh@n adalah Maha kuasa, maka Tuh@n BISA menjadi manusia.

    Logika Kristen lebih masuk akal daripada logika muslim.

    Orang muslim berkata kalau Owoh maha kuasa, tapi mereka menolak mengatakan Owoh BISA menjadi manusia.

    Ngerti ngga nih..? (kayaknya sih nggak yak!)
    :lol:

    —-

    @haniifa.

    Kamu katakan:

    Coba perhatikan cara mereka bermain DIKOTOMI.

    Mananya yang dikotomi..?

    Kamu nih tau arti dikotomi ngga sih…?
    Jangan2 asal ngomong doang ..(biar keliatan keren :lol:)

    Kamu katakan:

    Kata eli itu ngga ada sangkut pautnya dengan tunggal atau jamak.
    + Artinya ELI adalah sebuah NAMA ORANG bukan

    –> Nih perhatikan!

    **Hanya karena saya berkata kata eli ngga ada sangkut pautnya dengan tunggal atau jamak…………. , Bukan berarti arti kata eli itu menjadi NAMA ORANG…!

    Ngerti ngga niw…? (kayaknya sih enggak yak!)

    YAng dimaksudkan ELI itu adalah Tuh@n. Kalau kamu tertarik, nanti saya kasih tau penjelasannya secara lebih detail. (tapi kayaknya sih ngga ya)

    Kamu katakan:

    Terbukti orang-orang KAFIR mengatakan bahwa “salah satu dari tiga adalah” :
    1. Adonai
    2. Yahweh
    3. Elohim

    –> Adonai, YhWh, eliohim, Eli adalah sama.

    Itu plural majesty. Ngerti?

    .
    .
    .
    .

    Kalian ini….
    Sudah tahun 2009… tapi mikir masih begini….

    .
    .
    .
    Kasihan juga sih..

    • konyol said

      wek wek wek
      Tau artinya “plural” :lol:

    • haniifa said

      @Mas Konyol
      Mungkin yang dimaksud Plural Majesty adalah huruf “E” double pada Eli… ascii value E bisa 98 atau 60

      @Mas Jelasnggak
      Saya nggak tahu DIKOTOMI dink :D

    • Konyol said

      @Jelasnggak
      Kata kamu:
      –> Adonai, YhWh, eliohim, Eli adalah sama.

      Menurut Kitab Injil-mu :
      3:23 Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia (YESUS) berumur kira-kira tiga puluh tahun.
      Menurut pendapat orang, Ia (YESUS) anak Yusuf (BAPAK), anak Eli (KAKEK),

      Kesimpulan :
      Eli, Eli, lama sabachthani.
      Kakek Eli, Kakek Elli lama sabachthani…. :lol:

      • jelasnggak said

        @Haniifah

        Kamu ini yaa…
        Kok ngga belajar-belajar sih..? :lol:

        Kamu berkata :

        Menurut Kitab Injil-mu :

        3:23 Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia (YESUS) berumur kira-kira tiga puluh tahun.
        Menurut pendapat orang (bisa orang aring atau orang utan), Ia (YESUS) anak Yusuf (BAPAK), anak Eli (KAKEK),

        Kesimpulan :
        Eli, Eli, lama sabachthani.
        mbah, mbah lama sabachthani….

        Injil Lukas 3:23 memang berkata seperti itu,

        3:23 Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia (YESUS) berumur kira-kira tiga puluh tahun.
        Menurut pendapat orang, Ia (YESUS) anak Yusuf (BAPAK), anak Eli (KAKEK),…

        Injil tidak berkata bahwa TERIAKAN ELI dari Yesus artinya adalah YESUS TERIAK MEMANGGIL KAKEKNYA.

        Yang menarik kesimpulan seperti itu tuh kamu sendiri.

        Tingkat kepintaran seseorang itu bisa dilihat dari caranya orang tersebut ngomong…
        Jadi kalau kita mau ngomong atau nulis sesuatu, lebih baik dipikir dulu.

        Untuk kasus kamu (dan @konyol) lebih baik kalau sebelum nulis dipikir dulu.. kemudian dipikir lagi..lalu dipikir lagi….. :lol:

        .
        .

        Ini tahun 2009 lho…. udah 1400 tahun…

        .
        .
        kasihan juga sebenarnya.

      • konyol said

        @jelasnggak
        Yang menarik kesimpulan seperti itu tuh kamu sendiri.

        Yeee…. orang saya berdua sama @haniifa kok, nggak bisa itung yach ?! 1 + 1 = 2… anak teka juga tahu :lol:

    • Konyol said

      LAGI AHH… :lol:

      @Jelasnggak
      Kata kamu:
      –> Adonai, YhWh, eliohim, Eli adalah sama.

      Menurut Kitab Injil-mu :
      3:23 Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia (YESUS) berumur kira-kira tiga puluh tahun.
      Menurut pendapat orang (bisa orang aring atau orang utan), Ia (YESUS) anak Yusuf (BAPAK), anak Eli (KAKEK),

      Kesimpulan :
      Eli, Eli, lama sabachthani.
      mbah, mbah lama sabachthani…. :lol:

  14. Haniifa said

    @Mas Jelasnggak
    YAng dimaksudkan ELI itu adalah Tuh@n
    1. Tuhan mana ?!
    2. Tuhan dalam bahasa Ibraninya apa ?!

    The word Elohim is the plural of El (or possibly of Eloah) and is the first name for God given in the Tanakh: “In the beginning, God (Elohim) created the heavens and the earth” (Genesis 1:1):

    Menurut @mas Jelasnggak :
    ___________________________
    –> Adonai, YhWh, eliohim, Eli adalah sama.

    Itu plural majesty. Ngerti?
    ___________________________
    Elohim (eliohim) jamak dari El, kalau begitu plural majesty adalah JAMAKnya dari JAMAK dunk :D

    Duhh… maaf saya nggak ngerti DIKOTOMI !!

    Wassalam, Haniifa.

    • Konyol said

      @Haniifa
      Kalau @mas nggak ngerti DIKOTOMI, maksudnya begini mungkin… saat YESUS di SALIB menangis dan ber teriak.

      Plural majesty, Plural majesty, lama sabachthani.

      Jadi YESUS bisa DUA BAHASA yaitu ENGLISH dan HEBREW… :lol:

      • jelasnggak said

        Tolong yang serius dikit lah..

        Saya rasa kita semua ngga akan seneng kalau dikatakan sebagai OON…:lol:

        @ :D :lol:
    • haniifa said

      @Mas Konyol
      Sepengetahuan saya Nabi Isa Al Masih bisa bicara walau dalam buaian ibunda Maryam, Tapi masak sewaktu YESUS di salib PENONTONnya bisa juga DUA BAHASA… :D

      Wassalam, Haniifa.

      • Konyol said

        Khan Nabi Isa Al Masih bukan YESUS…
        so..
        Terserah “YESUS” mau manggung dimana dulu dunk ?! :lol:

    • jelasnggak said

      Ini coba ya…

      Tanya-tanya dulu dih sama orang yang lebih pinter dari kalian..

      Cari di google arti dari plural majesty.

      ya..?

      ck.ck.ck.

      kasihan banget.

  15. WEDUL SHERINIAN said

    Kalau Gue pribadi kok gak merasa Yesus memanggil Kakeknya (Eli). Karena Konteks yang ada dalam Al-Kitab tidak ada sangkut pautnya dengan Kakek Yesus. Menurutku konteks panggilan Eli membuktikan itu Bukan Yesus yang disalib. Karena Tuhan (Allah) tidak mungkinmeninggalkan Nabinya.

    • jelasnggak said

      Lalu siapa yang di salib..?

      Ada namanya ngga..?

      Ada penjelasannya ngga di quran hadist dll.?

      Bisa kasih tau di sini..?

      Owoh kalian saja ngga tau SIAPA yang disalib…

      ck..ck..ck..

      udah tahun 2009 masih aja mikirnya begini..

      _______________

      @Mas Jelasnggak
      Makanya saya kasih tahu, bahwa yang disalib itu DISERUPAKAN WAJAHNYA dengan Nabi Isa Al Masih… yang pendeta YAHUDI dan NASHRANI memberi nama YESUS cucunya ELI :D

      Haniifa.

  16. Abas said

    Asyik juga nich diskusinya. Omong-omong toefel Yesus berapa yach?

    @ ;) :D
  17. Akmal said

    Sungguh menarik. Saya minta ijin untuk menyimak ya? Thanks

    _____________

    @Mas Akmal
    Silahkan @mas, dan terimakasih atas kunjungannya

    Wassalam, Haniifa.

  18. Fietria said

    @konyol dan @jelasnggak, sama-sama berdebat tapi ada kata-kata yang kurang serius, tuh. *ngelirik atas*
    silahkan di lanjutkan debatnya, saya nunggu kesimpulan saja.

  19. gusmuktar said

    seruh nich….coba ilmu santet ane ach…

    • haniifa said

      @Mas Gusmuktar
      Wahhh… kayaknya beliau nggak perlu disantet, soalnya sudah menyanteti burung kutilang dalam celananya sendiri:

      jelasnggak said 1 hour ago:

      Dicari…

      Cabai paling pedas seluruh dunia…

      (buat burung kutilang… supaya ramai kicaunya)

      Maksudnya kalimat “ramai kicaunya” adalah burung kutilang dalam celananya manu-manuan kepanasan sama cabai… :D

  20. aji said

    kesimpulannya bener kata si jelasnggak, ini sdh tahun 2009!
    tp kenapa pola pikirnya masih spt orang2 di jaman paulus yang percaya ada tuhan pergi ke debu alam semesta yang bernama bumi dan mati konyol didalamnya demi menyelamatkan manusia? aduh…Tuhan semesta alam turun kebumi….planet yg tak artinya di semesta raya ini. Aduh…tuhan semesta alam makan dan minum, berak dan kencing, berdarah-darah dan mati. Aduh tuhan semesta alam yg maha kuasa musti disalib untuk menyelamatkan ciptaannya yg bernama manusia…

    dan Allah, jikalau Allah berkehendak cukup mengatakan “kun fa yakuun…”, maka jadilah ia! maha besar dan kuasa Allah!!!

    -tuhan adam= Allah
    -tuhan nuh=Allah
    -tuhan ibrahim=Allah
    -tuhan musa = Allah
    -tuhan yesus= Allah
    * paulus said: tuhan = yesus
    -tuhan muhammad = Allah

    Ajaran para nabi sama semua kok, mengajak pada satu tuhan : Allah.

    “Hukum yang TERUTAMA ialah : Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu ESA.” (Markus 12:29).

    maka celakalah paulus!
    _____________________

    @Mas Aji
    “Hukum yang TERUTAMA ialah : Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu ESA.” (Markus 12:29).
    Karena redaksi sudah dirubah oleh si Paulus maka sekarang semuah orang harus percaya pada Al Qur’an. Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, (QS 112:1)

    Wassalam, Haniifa.

  21. ardi said

    Hmmm… manggil kakek langsung namanya ya? Misal kakek lo namanya bedjo, lo ngomong ke dia, “bedjo, bantuin dong,” instead of “kek, bantuin saya dong..”. Tapi kalo orang barat jaman skrg sih masih mgkn manggil orang (siapapun, kecuali ortunya mungkin) dgn namanya. Tolong selidiki lagi dong, jamannya Yesus disalib tu budayanya gimana. Biar ngga rancu dan lo malah melakukan kebohongan publik..

    • @Ardi
      Ini ada 3 bahasa yang sayah juga tidak tahu mana yang lebih kuna atau sejaman dengan jamannya Yesus disalib.
      ____________________________
      Eli, Eli, lama sabachthani.

      ē’lī,‘ē’lī, lā’mu sābăk’thunī.

      ā’lē,’lē, lä’mä säbäkh’thänē.
      _________________________

      Eli => Bapaknya si Yesus, artinya Yesus bukan Nabi Isa Al Masih

      ē’lī => Kakeknya si Yesus, artinya Yesus bukan Nabi Isa Al Masih

      ā’lē => Uyutnyah (Bapak Kakek) si Yesus, artinya Yesus bukan Nabi Isa Al masih.

      Allah berfirman :

      dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah“, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan `Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (QS 4:157)

      Kesimpulan:
      Yang disalib memang si YESUS tapi bukan Nabi Isa Al Masih, karena si YESUS punya Ibu kandung dan Bapak kandung serta Kakek Nenek, bahkan mungkin beliau punya banyak istri dan anak-anak :D

      Wassalam, Haniifa.

      • Yehua_Nazaret said

        nie aku mau ksih sedikit penjelasan kepada ente smua ya?
        kenapa dia menyebut nama Eli bukan Elohyim,adonai atopun yahova?
        sebenarnya nama Tuhan itu banyak sekali jika di jabarkan karena sesungguhnya Tuhan itu Esa dan tidak bernama kita bebas menyebut Tuhan dengan apapun dan sesungguhnya makna kata “El” yang disebut Yudas (ma’ap ane gak setuju kalo yang ada di atas salib itu Yesus tapi ane pecaya kalo itu Yudas yang diserupakan wajahnya oleh Allah dan mirip Yesus) pada saat Yudas disalib dan mau mati dia menyebut “Eli-Eli Lamasabakh Tani” itu butuh sedikit pengertian bahasa,nah gini lowh kawan
        El mempunyai makna yaitu Berdiri sendiri sama kayak makna “Aleph” dalam Ibrani “Alif” dalam makna Arab dan “Alpha” pada makna Yunani yang artinya Sang Awal.
        maka pada saat Yudas di salib berkata El maka artinya yang disebut bukan kakeknya dia tapi El yang Maha Awal (kuasa) lha trus kenapa dia berkata Eli?darimana huruf i dibelakangya?huruf itu adalah makna dari “li” yaitu aku dalam arti makana kepemilikan dalam bahasa ibrani atau “my” dalam bahasa inggris.
        jadi intinya Eli-Eli Lamasabakh Tani adalah Allahku (yang Maha Awal,berdiri sendiri,akbar) mengapa kau tinggalkan aku…
        dia menyebut Allah bukan kakeknya…

  22. [...] Pesan terakhir Yesus sebelum disalib (tamat) [...]

  23. Roy Rey said

    Numpang Comment yah….

    Semakin hari…semakin tau…

    Thank

  24. Roy Rey said

    numpang ngeceng ah ama bos haniffa
    buat yang doyan film gratisan….

    http://royrey.wordpress.com/2010/07/02/gratisa/

  25. Bakso..bakso

  26. http://mahditukangbakso.wordpress.com/cerita-yesus-disogok-ala-tukang-bakso/

  27. Beladiri Terkuat diperkenalkan oleh seorang muslim….

    http://mahditukangbakso.wordpress.com/ba-ji-quan-8-mata-angin-beladiri-terkuat/

  28. yozaa said

    anjing kalian semua..
    tau nya menghina aja..
    BOM AJA TU MASJID SEMUA

    • Mandra said

      @Kang Haniifa
      Assalamu’alaikum Warrohhmatullaahi Wabarokaatuh

      Salam kenal @Kang. Ijin menyimak dan copas yaa.. Juga koment sesekali..

      Salam kenal juga buat semua teman-2 Kang Haniifa.

      Terima kasih.
      Wassalamu’alaikum Warrohhmatullaahi Wabarokaatuh.

      • Mandra said

        Waah salah… Harusnya mau reply @Yozaa…

        @Yozaa.

        Makanya.. berpikir donk… Jadi, agama yang kamu yakini ga’ jadi bulan-2an… He he he….

  29. Fisabilillah said

    Allah Maha Kuasa, Maha Berkehendak. Tetapi, Allah tidak akan merendahkan diri dengan menjadi ciptaan-Nya sendiri.Jika Allah menjadi manusia, dimana letak bedanya?. Allah Maha Agung dan Maha Mulia, & tidak mungkin mau menjadi ciptaan-Nya seperti manusia

  30. Fisabilillah said

    Allah Maha Kuasa, Maha Berkehendak. Tetapi, Allah tidak akan merendahkan diri dengan menjadi ciptaan-Nya sendiri.Jika Allah menjadi manusia, dimana letak bedanya?. Allah Maha Agung dan Maha Mulia, & tidak mungkin mau menjadi ciptaan-Nya seperti manusia. Karena keagungan dan mulia Allah manusia tidak bisa melihat Allah dengan kasat mata. Ingat!!! Kristen dan Yahudi adalah penyimpangan dari Islam. Kalau umat Kristen sudah menemukan kitab Injil yang asli,, sudah jelas diberitahukan akan kedatangan Muhammad. Kami umat muslim mengetahui hal ini dari Al-Qur’an, dan bukti beberapa injil yang isinya asli dari Yesus tentang beliau adalah Nabi Allah yang mana bukti itu bertolak belakang dengan injil palsu yang banyak beredar sekarang, revisi manusia kafir.

  31. Bejo said

    Alhamdulillah saya sampai sekarang dan sampai ajal menjemput saya, saya akan tetap menjadi seorang muslim…

  32. Patel said

    Sebaiknya tak usah pada bertikai, Allah sudah sediakan EMPAT surga lho! Semua kebagian, jangan risau!
    QS.55:62.Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi.

  33. Patel said

    Dan Muhammad menyembah DUA ILAH;
    QS.6:99. Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak;
    DIA dan KAMI. Kami adalah istilah baku di dalam Quran untuk menunjuk kepada Allah. Lalu sembahan yang satu lagi, DIA, yang menurunkan air hujan dari langit…
    Jelas sekali Muhammad mengenal DUA ILAH, bukan Tauhid dia!
    Dari pada ribut berdebat tidak karuan, lebih baik kembali kepada Tauhid (Ibrahim): Sembahlah DIA (tanpa nama), Pencipta dirimu!

  34. Patel said

    Mengaku Tauhid (Ke-esa-an Tuhan), tetapi ada DUA SESEMBAHAN. Lalu mengaku Pemilik Surga, ternyata sediakan EMPAT SURGA, maka banyaklah muslim akan tertipu, bingung, akan memasuki Surga asli atau Surga tiruan, yang tiga lagi?
    Siap-siaplah untuk ditipu Allah, sebab
    QS.8:30. Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.
    Memang Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya kok (ini kesaksian Quran lho!)

  35. Patel said

    ABU BAKAR, PANGLIMA PERANG MUHAMMAD PUN RAGU AKAN KESETIAAN ALLAH:
    Setiap kali Abu Bakar teringat akan posisinya di hadapan Allah, dengan penuh kesangsian ia akan berucap: ”Demi Allah! Aku takkan merasa terjamin dan aman dari makar-Nya Allah (Arab: ’la amanu limakr Allah’) kendati satu kakiku sudah berada di dalam Surga!” ” (Sumber: Khalid Muhammad Khalid, Successors of the Messenger, translated by Muhammad Mahdi al-Sharif [Dar al-Kotob al-Ilmiyah, Beirut Lebanon, 2005], Book One: Abu Bakr Has Come, p. 99).
    Dengan sebelah kakinya masuk Surgapun, Abu Bakar masih belum yakin akan benar-benar memasuki Surga! Apalagi sebelum Abu Bakar meninggal dunia, lebih besar lagi kesangsiannya. Abu Bakar tidak merasa aman dari ‘makar’nya Allah. Nampaklah, di ‘belakang-otaknya’ Abu Bakar paham bahwa Allah adalah penipu.

  36. Patel said

    DAN MUHAMMAD JUGA SAMPAI BERMOHON-MOHON AGAR JANGAN DITIPU ALLAH!
    Dalam kumpulan hadits shahih oleh Ibnu Abbas (3551) dicatat doa permohonan yang biasa dipanjatkan oleh Muhammad… “Rabbi A‘inni Wa La Tu‘in ‘Alayya, Wansurni Wa La Tansur ‘Alayya, WAMKUR Li Wa La TAMKUR ‘Alayya, Wahdini Wa Yassir Lil-Huda, Wansurni ‘Ala Man Bagha ‘Alayya. Rabbiy‘alni Laka Shakkaran, Laka Dhak-karan, Laka Rahhaban, Laka Mitwa‘an, Laka Mukhbitan, Ilaika Awwahan Muniba. Rabbi Taqabbal Tawabati, Waghsil Hawbati, Wa Ajib Da‘wati, Wa Thab-bit Hujjati, Wa Saddid Lisani Wahdi Qalbi, Waslu Sakhimata Sadri.”
    Dalam bahasa Indonesia… “Ya Rabbi belalah aku dan jangan membela lawanku, buatlah aku jadi pemenang, bukan pecundang, rancanglah pengelabuan (tipu-daya) bagiku dan bukan melawan aku, tuntun dan berilah bimbingan untukku, berilah kemenangan untukku dan bukan untuk mereka yang menentang aku. Ya Rabbi, biar aku senantiasa bersyukur kepadaMu, senantiasa mengingat Engkau, selalu takut akan Engkau, selalu taat kepadaMu, senantiasa merendah di hadapanMu, selalu kembali kepadaMu. Ya Rabbi, terimalah taubatku, sucikanlah aku dari dosa-dosaku, jawablah doa-doaku, kokohkanlah kesaksianku, teguhkanlah ucapan-ucapanku, bimbinglah kalbuku dan singkirkanlah sifat khianat (penohok) dari hatiku.”

  37. Patel said

    KETAHUILAH, POSTING-POSTING DI ATAS hanya sebagian dari Buku yang sudah diterbitkan, menelanjangi semua tipuan Allah dan Muhammad terhadap umat muslim.
    Buku itu berjudul “Yang Haq dan Yang Batil”, yang dapat Saudara peroleh dengan bantuan mbah Google.
    Judul itu saja Saudara key-in, untuk di search oleh Google.
    Atau search duluan ‘Bukti dan Saksi’, di dalamnya ada juga Buku itu!
    Sampai jumpa di Surga Adn, jumpa dengan Teman yang tertinggi (Yesus Kristus)!
    SALAM KASIH.

    • Yehua_Nazaret said

      masuk neraka jah loe hahaha

    • cekixkix said

      @Om Patel
      Nehhh, gue copas dari artikelnye nyang ini:
      http://haniifa.wordpress.com/2010/10/29/al-mahdi-alaihi-salam/

      Alkitab Al Mahdi Al Yesus Al Yahudi :

      Terbit dalam dua bahasa –Arab dan Inggris– The True Furqan kemudian resmi diterbitkan oleh WinePress Publishing pada Juni 1999 dengan ISBN 1579211755. Buku itu dijual dengan harga 16.04 dolar melalui Amazon.com [Internet] atau 19,95 dolar melalui Omega 2001 PO Box 293627 Sacramento, CA 95829.

      Buku itu mah, buatan anteknye si YESUS MELETUS…. Cekixkix…kix…kix..

  38. Yehua_Nazaret said

    nie aku mau ksih sedikit penjelasan kepada ente smua ya?
    kenapa dia menyebut nama Eli bukan Elohyim,adonai atopun yahova?
    sebenarnya nama Tuhan itu banyak sekali jika di jabarkan karena sesungguhnya Tuhan itu Esa dan tidak bernama kita bebas menyebut Tuhan dengan apapun dan sesungguhnya makna kata “El” yang disebut Yudas (ma’ap ane gak setuju kalo yang ada di atas salib itu Yesus tapi ane pecaya kalo itu Yudas yang diserupakan wajahnya oleh Allah dan mirip Yesus) pada saat Yudas disalib dan mau mati dia menyebut “Eli-Eli Lamasabakh Tani” itu butuh sedikit pengertian bahasa,nah gini lowh kawan
    El mempunyai makna yaitu Berdiri sendiri sama kayak makna “Aleph” dalam Ibrani “Alif” dalam makna Arab dan “Alpha” pada makna Yunani yang artinya Sang Awal.
    maka pada saat Yudas di salib berkata El maka artinya yang disebut bukan kakeknya dia tapi El yang Maha Awal (kuasa) lha trus kenapa dia berkata Eli?darimana huruf i dibelakangya?huruf itu adalah makna dari “li” yaitu aku dalam arti makana kepemilikan dalam bahasa ibrani atau “my” dalam bahasa inggris.
    jadi intinya Eli-Eli Lamasabakh Tani adalah Allahku (yang Maha Awal,berdiri sendiri,akbar) mengapa kau tinggalkan aku…
    dia menyebut Allah bukan kakeknya…

    • cekixkix said

      Nehh,gue kasih nyaho….

      Yehua, Ye itu asal katanye Ye Elo…. , Hu dari Hutang…, a dari kata Aye

      Jadi Yehua_Nazaret artinye Eli Banyak Hutang di Nazaret…. Cekixkix…kix..kix…

      Nah sekarang elo jelasin arti nama engkongnye Yesus (ELI :lol: ) ?????? :lol:

  39. priya said

    sama – sama agama impor kok saling menghujat ya…

    • cekixkix said

      @Om Priya
      Klo gituh elo, suka makanan bangke ayam dong… kan sama-sama punya mulut dengan LELE DUMBO… Cekixkix…kix….kix….. Te-ol-oel…. :D :lol:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: